54 Jenis Ikan Koi, Harga, Gambar dan Penjelasan Lengkapnya
Advertisements

54 Jenis Ikan Koi, Harga, Gambar dan Penjelasan Lengkapnya

Jenis Ikan Koi, Budidaya Ikan Koi, Ikan Mas Koi

Ikan

54 Jenis Ikan Koi, Harga, Gambar dan Penjelasan Lengkapnya

54 Jenis Ikan Koi, Harga, Gambar dan Penjelasan Lengkapnya

Hewan.id – Jenis Ikan Koi ternyata beragam. Tidak hanya satu saja. Ikan yang masih berkerabat dengan ikan Mas ini rupanya dibedakan berdasarkan warna kulitnya. Uniknya, penamaan Koi menggunakan nama-nama dalam istilah Jepang. Mengapa begitu? Konon karena ikan ini pada mulanya populer di Jepang.

Untuk membedakan ciri-ciri tubuh ikan Koi sangatlah sulit. Sebab, jenis ikan Koi ini punya warna yang mirip-mirip. Coraknya juga sama. Namun pada dasarnya Koi itu punya 3 warna dasar yang selalu ada, yaitu: putih, hitam dan oranye.

Jenis Ikan Koi, Budidaya Ikan Koi, Ikan Mas Koi

Meski populer di Jepang, tapi ternyata Koi bukan berasal dari sana. Sebuah buku kuno yang membahas seputar Koi berhasil ditemukan sebagai temuan arkeologis. Ini disebut-sebut sebagai referensi tertua tentang ikan koi. Di sana disebutkan bahwa Koi itu berasal dari daratan Cina. Maksudnya, ikan ini habitat aslinya itu di perairan tawar Cina.

Jadi selama ini masyarakat salah kaprah karena menganggap koi berasal dari Jepang. Penamaan ikan Koi pun menggunakan istilah-istilah dalam bahasa Jepang. Namun memang pengembangan varietas Koi hingga jumlahnya ratusan hingga hari ini terjadinya di Jepang. Para pecinta Koi di negara inilah yang mempelopori.

Jenis Ikan Koi Jepang

Loading...

Tapi terlepas dari itu, Jenis Ikan Koi memang sudah kadung dikenal dari Jepang. Orang Indonesia mungkin masih awam dengan nama-namanya. Kecuali para pecinta ikan hias. Kebanyakan namanya dibuat dengan teknik fusion atau penggabungan dari dua nama indukannya.

Untuk harga Ikan Koi ini beragam. Tergantung pada jenis dan umurnya. Di bawah ini adalah 54 Jenis Ikan Koi, penjelasan lengkap dan gambarnya. Seluruh Koi yang disebutkan di bawah ini adalah Koi-Koi yang terkenal. Belum semua jenis Koi bisa dibahas, karena jumlahnya yang terlampau banyak.

1. Jenis Ikan Koi Kohaku

Jenis Ikan Koi Kohaku

Jenis ikan Koi Kohaku memiliki warna tubuh putih dengan corak kemerahan di atasnya. Ciri-ciri ikan Koi ini nampak seperti sapi berwarna putih-merah. Kohaku sangatlah terkenal dan jadi varian yang banyak penggemarnya.

  • Harga Ikan Koi Kohaku: Rp200.000/ekor

2. Ikan Koi Taisho Sanke

Jenis Ikan Koi Taisho Sanke

Hampir mirip dengan Kohaku, hanya saja jenis ikan Koi Taisho Sanke ini memiliki corak hitam pula di bagian atasnya. Jadi ada 3 warna: putih, merah dan hitam. Ciri-ciri ikan Koi Taisho Sanke tergolong Koi yang mudah dijumpai karena gampang pemijahannya.

  • Harga Ikan Koi Taisho Sanke: Rp300.000

3. Ikan Koi Goromo

Jenis Ikan Koi Goromo

Jenis ikan Koi Goromo memiliki nama lain Koromo. Ikan ini merupakan hasil persilangan antara Kohaku dengan Asagi. Pada bagian atas tubuhnya ada corak bulat-bulat warna hitam keunguan bagaikan buah anggur. Ciri-ciri ikan Koi Goromo memiliki 4 varian warna corak, yaitu: indigo, ungu, biru dan hitam.

  • Harga Ikan Koi Koromo Rp400.000

4. Ikan Koi Kawarimono

Jenis Ikan Koi Kawarimono

Untuk jenis ikan Koi Kawarimono ini merupakan spesies hibrid atau persilangan. Di mana warna tubuhnya malah jadi aneh, tidak seperti Koi. Ciri-ciri ikan Koi ini tidak memiliki warna tubuh merah khas Koi. Tapi warna tubuhnya justru warna-warna lain seperti ungu polos, hijau polos, biru polos, coklat polos dan lain sebagainya.

  • Harga Ikan Koi Kawarinomo: Rp200.000/ekor

5. Ikan Koi Showasansoku

Jenis Ikan Koi Showasansoku

Jenis ikan Koi Showasansoku lebih dikenal dengan Koi Showa. Memiliki warna tubuh yang bagus sekali, kombinasi merah, hitam dan putih. Berbeda dengan kebanyakan jenis lainnya, Ciri-ciri ikan Koi Showa punya corak yang memenuhi tubuhnya, sehingga nampak seperti batu marmer saja.

  • Harga Ikan Koi Showasansoku: Rp1000.000/ekor

6. Ikan Koi Ogon

Jenis Ikan Koi Ogon

Ciri-ciri ikan Koi Ogon sungguh sangat indah warna Koi Ogon, yakni kuning keemasan. Jenis ikan Koi Ogon ditemukan tahun 1946 oleh seseorang bernama Sawati. Tentu saja Koi Ogon adalah jenis persilangan antara Koi berpunggung kuning (tidak diketahui namanya apa) dengan jenis Shiro-Fuji. Awal percobaan belum menghasilkan warna emas seluruh tubuh, namun setelah 6 kali generasi keturunan dari Koi yang disilangkan itu, jadilah si Ogon emas yang eksotis.

  • Harga Ikan Koi Ogon: Rp1500.000/ekor

7. Ikan Koi Shiro Bekko

Jenis Ikan Koi Shiro Bekko

Jenis ikan Koi Shiro Bekko punya warna dasar kulit warna putih susu. Ciri-ciri ikan Koi ini dengan corak tutul-tutul hitam yang agak jarang. Ikan ini menjadi primadona para pecinta Koi karena dipandang sangat manis, seperti permen susu.

  • Harga Ikan Koi Shiro Bekko: Rp800.000/ekor

8. Ikan Koi Hikarimoyomono

Jenis Ikan Koi Hikarimoyomono

Untuk jenis ikan Koi Hikarimoyomono juga memiliki dasar warna kulit putih, hanya saja putihnya keperakan. Ciri-ciri ikan Koi ini pada bagian punggungnya ada corak aneh, seperti tulang rusuk hitam melintang di kanan dan kiri punggung. Hikarimoyono cukup langka keberadaannya, jarang yang punya.

  • Harga Ikan Koi Hikarimoyomono: Rp700.000/ekor

9. Ikan Koi Utsurimono

Jenis Ikan Koi Utsurimono

Jenis Ikan Koi Utsurimono memiliki 3 varian warna dasar kulit, yaitu: putih susu, merah kejinggaan dan kuning. Masing-masing warna pun punya Ciri-ciri ikan Koi dan nama sendiri dalam bahasa Jepang, yakni: Shiro-Utsuri (warna putih), Hi Utsuri (warna merah) dan Ki Utsuri (warna kuning).

  • Harga Ikan Koi Utsurimono: Rp800.000/ekor

10. Jenis Ikan Koi Hikari-Utsurimono

Jenis Ikan Koi Hikari Utsurimono

Pada dasarnya jenis ikan Koi Hikari-Utsurimono adalah variasi warna dari Koi Utsurimono yang memiliki warna dasar kulit merah kejinggaan. Ciri-ciri ikan Koi ini ada corak hitam-hitam pula sebagaimana jenis Koi pada umumnya.

  • Harga Ikan Koi Hikari Utsurimono: Rp900.000/ekor

Baca Lagi: 6 Ciri-Ciri Arwana Golden Red, Harga, Cara Merawat dan Gambarnya

11. Ikan Koi Asagi

Jenis Ikan Koi Asagi

Jenis ikan Koi Asagi sangat unik, sebab punggungnya berwarna biru agak kelabu. Pada bagian kepalanya putih dan merah seperti Koi pada umumnya. Konon ciri-ciri ikan Koi ini bila semakin banyak warna birunya, bakalan semakin mahal. Namun jangan sampai warna putih dan merah khas Koi-nya hilang.

  • Harga Ikan Koi Asagi: Rp1100.000/ekor

12. Ikan Koi Kinginrin

Jenis Ikan Koi Kinginrin

Ciri-ciri ikan Koi Kinginrin memiliki tubuh seperti Karper. Warna kulitnya kuning, tidak menampakkan bahwa ia jenis ikan Koi. Namun rupanya meamng ia salah satu jenis Koi hasil persilangan. Tubuhnya yang terlalu mirip Karper, membuatnya jadi sering dikira ikan Karper (ikan mas). Ia juga agak mirip dengan ikan Koi Ogon, hanya saja warna kuningnya lebih terang.

  • Harga Ikan Koi Kinginrin Rp900.000/ekor

13. Ikan Koi Shusui

Jenis Ikan Koi Shushui

Jenis ikan Koi Shusui agak mirip dengan Hikarimoyomono, hanya saja porsi warna merahnya lebih banyak. Ciri-ciri ikan Koi Shushui juga sama-sama punya corak seperti tulang rusuk yang menjari kelabu pada bagian punggungnya.

  • Harga Ikan Koi Shusui: Rp400.000/ekor

14. Ikan Koi Tancho

Jenis Ikan Koi Tancho

Sungguh sangat unik jenis ikan Koi Tancho ini. Sebab ciri-ciri ikan Koi ini memiliki badan warna putih susu, dengan jidat kepalanya ada bulatan warna jingga kemerahan. Ikan Tancho ini sangat digemari karena dianggap membawa hoki, bulatan itu nampak seperti uang koin yang merah menyala, membawa keberuntungan.

  • Harga Ikan Koi Tancho: Rp800.000/ekor

Baca Lagi: 19 Harga Ikan Koki, Berdasarkan Jenis-Jenisnya

15. Jenis Ikan Koi Shiro Utsuri

Jenis Ikan Koi Shiro Utsuri

Jenis ikan Koi Shiro Utsuri punya tubuh warna putih dengan corak hitam-hitam. Ikan ini sangat cantik saat berenang di air, nampak berkilau bagaikan batuan alam. Ciri-ciri ikan Koi ini ukuran tubuhnya cukup besar mirip Karper. Corak hitamnya ada di bagian samping tubuh dan sedikit di pangkal sirip.

  • Harga Ikan Koi Utsuri: Rp700.000/ekor

16. Ikan Koi Ki Utsuri

Jenis Ikan Koi Ki Utsuri

Warna jenis ikan Koi Ki Utsuri kombinasi jingga dan hitam. Ciri-ciri ikan Koi ini warna dasarnya jingga dengan hitam sebagai coraknya. Ukuran tubuhnya agak kecil, sirip dan ekornya warna hitam. Jenis Utsuri ini juga ada yang warnanya jingga kemerahan, namun kebanyakan yang jingga (oranye) yang mudah ditemukan.

  • Harga Ikan Koi Ki Utsuri: Rp850.000

17. Ikan Koi Kumpay Slayer

Jenis Ikan Koi, Harga Ikan Koi, Ciri-Ciri Ikan Koi, Gambar Ikan Koi

Sering disebut sebagai Butterfly Koi. Jenis ikan Koi Kumpay Slayer memiliki sirip yang panjang melambai bagaikan sayap kupu-kupu. Ciri-ciri ikan Koi ini warna tubuhnya kombinasi jingga- silver keputihan atau kuning-silver keputihan.

  • Harga Ikan Koi Kumpay Slayer: Rp1500.000/ekor

18. Ikan Koi Matsuba

Jenis Ikan Koi, Harga Ikan Koi, Ciri-Ciri Ikan Koi, Gambar Ikan Koi

Jenis ikan Koi Matsuba punya tubuh relatif besar mirip Karper. Warna tubuhnya ada yang oranye, ada pula yang kuning. Pada bagian punggungnya, ciri-ciri ikan Koi ini terdapat sekumpulan sisik berwarna agak hitam yang memanjang dari bawah kepala hingga dekat ekor.

  • Harga Ikan Koi Matsuba: Rp500.000/ekor

19. Ikan Koi Ogon Platinum

Jenis Ikan Koi, Harga Ikan Koi, Ciri-Ciri Ikan Koi, Gambar Ikan Koi

Sebagaimana jenis Ogon emas, kalau Ogon Platinum ini pun tidak menampakkan ciri-ciri Koi yang khas, yakni tiadanya warna putih dan merah. Justru tubuh jenis ikan Koi ini warnanya silver sangat mewah, nuansa platinum sungguh terdapat pada dirinya.

  • Harga Ikan Koi Ogon Platinum: Rp1200.000/ekor

20. Jenis Ikan Koi Ogon Yamabuki

Jenis Ikan Koi, Harga Ikan Koi, Ciri-Ciri Ikan Koi, Gambar Ikan Koi

Jenis ikan Koi Ogon Yamabuki dikenal pula sebagai Ogon saja atau Ogon biasa. Ciri-ciri ikan Koi ini warnanya kuning keemasan dengan sedikit background kulit putih susu. Siripnya kombinasi putih dan kuning.

  • Harga Ikan Koi Ogon Yamabuki: Rp900.000/ekor

21. Ikan Koi Kujaku

Jenis Ikan Koi, Harga Ikan Koi, Ciri-Ciri Ikan Koi, Gambar Ikan Koi

Untuk jenis ikan Koi Kujaku ini sering pula disebut ikan Koi Champion. Seolah hendak mengikuti lomba ikan hias, warna tubuhnya nampak sangat cerah. Kombinasi merah, putih dengan banyak polkadot sisik hitam di bagian punggungnya. Siripnya warna putih susu.

  • Harga Ikan Koi Kujaku: Rp500.000/ekor

22. Ikan Koi Hariwake

Jenis Ikan Koi, Harga Ikan Koi, Ciri-Ciri Ikan Koi, Gambar Ikan Koi

Jenis Ikan Koi Hariwake punya tubuh warna putih dan kuning. Warna dasar kulitnya putih susu, dengan cotrak kuning yang besar di bagian dekat kepala dan dekat ekornya. Memiliki sirip dada, sirip perut dan ekor warna putih susu pula.

  • Harga Ikan Koi Hariwake: Rp600.000/ekor

23. Ikan Koi Tancho Kikusui

Jenis Ikan Koi, Harga Ikan Koi, Ciri-Ciri Ikan Koi, Gambar Ikan Koi

Varian ikan Koi Tancho, dengan tubuh warna putih susu dan bulatan jingga di kepalanya. Rupanya beberapa jenis ikan Koi Tancho ini memiliki perbedaan pada warna bulatan di dahinya itu serta warna tubuhnya. Kalau yang Kikusui, bulatannya jingga dan tubuhnya putih bersih, putih susu semuanya.

  • Harga Ikan Koi Tancho kikusui: Rp700.000/ekor

24. Ikan Koi Kumonryu

Jenis Ikan Koi, Harga Ikan Koi, Ciri-Ciri Ikan Koi, Gambar Ikan Koi

Jenis ikan Koi Kumonryu warnanya kombinasi putih susu dan hitam legam. Warna putihnya lebih banyak daripada hitamnya. Coraknya cenderung abstrak sekali, jadi dipastikan tiada yang memiliki bentuk corak tubuh yang sama. Sirip dadanya pun ada yang putih semua, ada pula yang hitam semua.

  • Harga Ikan Koi Kumonryu: Rp600.000/ekor

25. Ikan Koi Ki Bekko

Jenis Ikan Koi, Harga Ikan Koi, Ciri-Ciri Ikan Koi, Gambar Ikan Koi

Warna Koi Ki Bekko sangat cantik, kuning cerah dan terang. Ada beberapa spot corak hitam sebagaimana Koki lainnya. Jenis ikan Koi Ki Bekko ini jadi favorit para pecinta Koi.

  • Harga Ikan Koi Ki Bekko: Rp500.000/ekor

26. Jenis Ikan Koi Aka Bekko

Jenis Ikan Koi, Harga Ikan Koi, Ciri-Ciri Ikan Koi, Gambar Ikan Koi

Sama dengan Ki Bekko, bedanya ada pada warna dasar kulitnya yang oranye. Sangat mirip ikan Karper. Corak hitamnya terkonsentrasi di area tubuh bagian atas dan agak menyamping, sepanjang punggung.

  • Harga Ikan Koi Aka Bekko: Rp500.000/ekor

27.  Ikan Koi Shusui Asagi

Jenis Ikan Koi, Harga Ikan Koi, Ciri-Ciri Ikan Koi, Gambar Ikan Koi

Jenis ikan Koi Shusui Asagi punya tubuh warna putih dengan bercak polkadot sisi hitam yang menjari di punggungnya. Siripnya warna oranye. Pada bagian dekat ekor juga ada sedikit warna jingga.

  • Harga Ikan Koi Shusui Asagi: Rp600.000/ekor

28. Ikan Koi Tancho Goromo

Jenis Ikan Koi, Harga Ikan Koi, Ciri-Ciri Ikan Koi, Gambar Ikan Koi

Tancho Goromo punya tubuh putih keperakan. Bagian kepalanya ada corak bulatan hitam. Tapi bulatan ini agak asimetris. Terkadang di sekitar bulatan ada warna jingga atau merahnya.

  • Harga Ikan Koi Tancho Goromo: Rp700.000/ekor

29. Ikan Koi Tancho Goshiki

Jenis Ikan Koi, Harga Ikan Koi, Ciri-Ciri Ikan Koi, Gambar Ikan Koi

Jenis ikan Tancho Goshiki mirip sekali dengan Gormo, hanya saja warna tubuhnya bukan putih, malah abu-abu. Pada bagian kepalanya ada bulatan warna oranye. Siripnya warna putih. Di bagian punggungnya juga ada garis pendek warna putih susu.

  • Harga Ikan Koi Tancho Goshiki: Rp700.000/ekor

30. Ikan Koi Tancho Kohaku

Jenis Ikan Koi, Harga Ikan Koi, Ciri-Ciri Ikan Koi, Gambar Ikan Koi

Jenis ikan Koi Tancho Kohaku memiliki warna tubuh putih susu. Terdapat bulatan oranye di dahinya. Seluruh tubuhnya hanya warna susu saja, termasuk sirip-siripnya. Bahkan bola matanya pun putih susu, dengan titik pupil hitam yang kecil sekali.

  • Harga Ikan Koi Tancho kohaku: Rp700.000/ekor

31. Ikan Koi Tancho Kujaku

Hampir mirip dengan jenis ikan Koi Tancho Kohaku, hanya saja Kujaku ini punya titik-titik hitam di bagian warna puith tubuhnya. Sirip titik hitamnya ini merata di sekujur tubuh bagian atas dan samping. Sedangkan bagian perut bawahnya tetap putih susu.

  • Harga Ikan Koi Tancho Kujaku: Rp700.000/ekor

32. Ikan Koi Tancho Sanke

Seluruh jenis ikan Koi Tancho memiliki bulatan pada bagian dahinya, si Sanke ini juga punya di bagian dahinya, warna oranye. Tubuhnya warna putih susu dengan bercak hitam khas Koi. Siripnya warna putih susu dengan sedikit bercak hitam.

  • Harga Ikan Koi Tancho Sanke: Rp700.000/ekor

33. Ikan Koi Nezu Ogon

Jenis ikan Koi Nezu Ogon punya tubuh warna emas tua dengan agak kehitaman. Ikan ini punya ciri khas pada bagian bibirnya yang lebar dan tebal, jadi seperti bukan Koi saja. Bahkan ada bebeapa Nezu Ogon yang menampakkan sedikit ada kumisnya. Sungguh ikan yang aneh!

  • Harga Ikan Koi Ogon: Rp1000.000/ekor

34. Ikan Koi Orenji Ogon

Untuk jenis ikan Koi Orenji Ogon ini warnanya Oranye keemasan. Bagian sisiknya yang di dekat punggung dan tubuh bagian samping agak gelap. Kepalanya oranye kekuningan. Siripnya juga oranye, agak keputihan. Begitu pun ekornya oranye keputihan.

  • Harga Ikan Koi Orenji Ogon: Rp900.000/ekor

35. Ikan Koi Ai Goromo

Jenis ikan Koi Ai Goromo punya warna dasar putih. Terdapat corak warna oranye dengan tutul-tutul hitam. Siripnya warna putih susu. Bola matanya seperti tidak nampak karena warna putih susu juga, seperti warna kulit di dekat matanya.

  • Harga Ikan Koi Ai Goromo: Rp600.000/ekor

36. Ikan Koi Budo Goromo

Budo Goromo punya warna dasar tubuh putih susu. Coraknya mayortas hitam dengan sedikit kemerahan di tepiannya. Jenis ikan Koi ini termasuk yang banyak dipelihara para pecinta Koi.

  • Harga Ikan Koi Budo Goromo: Rp600.000/ekor

37. Jenis Ikan Koi Sumi Goromo

Mirip dengan Budo Goromo, hanya saja tubuhnya tidak ada kemerahannya. Coraknya hitam semua. Jenis ikan ini juga jadi kebanggaan para penggemar Koi karena dianggap mirip porselen saja.

  • Harga Ikan Koi Sumi Goromo: Rp600.000/ekor

38. Ikan Koi Goshiki Goromo

Bisa dibilang, jenis ikan Koi Goshiki Goromo adalah perpaduan antara Budo dan Sumi Goomo. Warnanya putih susu dengan corak kehitaman dan kemerahan. Bedanya, ada titik-titik sisik hitam yang menyebar tipis di seluruh tubuhnya. Ekornya bersih, warna putih susu saja.

  • Harga Ikan Koi Goshiki Goromo: Rp600.000/ekor

39. Ikan Koi Kin Showa

Untuk membedakan ikan Koi memang susah. Sebab, jenis ikan Koi punya tubuh yang mirip-mirip. Kalau bukan pakarnya, tentu kesulitan mengenali masing-masing jenisnya. Termasuk si Kin Showa ini, Ciri tubuhnya ada pada corak hitamnya yang tertutup warna putih, jadi seolah ada selaput putih yang menutupi sekujur badannya.

  • Harga Ikan Koi Kin Showa: Rp500.000/ekor

40. Ikan Koi Yamato Nishiki

Jenis ikan Koi Yamato Nishiki juga sangat mirip dengan Kin Showa. Hanya saja warna dasar tubuhnya putih keperakan. Siripnya unik, seperti lebar dengan garis sekat yang jelas. Pupil matanya hitam dan nampak agak besar.

  • Harga Ikan Koi Yamato Nishiki: Rp600.000/ekor

41. Ikan Koi Doitsu Hariwake

Bisa dibilang Doitsu Hariwake adalah jenis ikan Koi paling mewah. Tubuhnya warna putih keperakan bak mutiara. Ada corak kuning muda di beberapa lokasi menyebar. Siripnya warna putih keperakan pula. Bola matanya yang satu sisi berkelopak putih dan kelopak yang satunya lagi kuning.

  • Harga Ikan Koi Doitsu Hariwake: Rp700.000/ekor

42. Ikan Koi Kikusui

Jenis ikan Koi Kikusui sering dianggap Koi yang sangat cantik. Tubuhnya warna putih susu selembt sutra. Corak jingganya begitu terang. Tubuhnya berkilau jika di dalam air, seolah dilapisi plastik.

  • Harga Ikan Koi Kikusui: Rp800.000/ekor

43. Jenis Ikan Koi Ochiba Sigure

Ochiba Sigure sering dipandang sebagai Koi yang kelam. Warna tubuhnya begitu pucat, putihnya susu tapi pucat. Oranyenya juga pucat. Jadi mirip sama ikan yang sedang sekarat. Kurang diminati, kecuali untuk keperluan melengkapi koleksi para maniak Koi saja.

  • Harga Ikan Koi Ochiba Sigure: Rp200.000/ekor

44. Ikan Koi Beni Kumonryu

Jenis ikan Koi Beni Kumonryu sungguh sangat cantik warna tubuhnya. Lain dari yang lain, bagaikan bermotif batik yang rumit. Corak tubuhnya besar-besar dan perpaduan 3 warna: hitam, putih dan jingga. Siripnya panjang menyamping warna putih. Ikan ini sangat mahal dan jadi primadona kalangan orang kaya di Jepang.

  • Harga Ikan Koi Kumonryu: Rp1500.000/ekor

45. Jenis Ikan Koi Benigoi

Keunikan dari Koi Benigoi ada pada tubuhnya yang gempal. Gendutnya ikan ini memang sangat lucu dan berbeda dari jenis ikan Koi yang lainnya. Warna tubuhnya jingga terang. Mulutnya nampak panjang. Sirip dan ekornya juga jingga.

  • Harga Ikan Koi Benigoi: Rp900.000/ekor

Baca Lagi: 19 Harga Ikan Koki, Berdasarkan Jenis-Jenisnya

46. Ikan Koi Haijiro

Sama dengan Aka Haijiro, hanya saja jenis ikan Koi Haijiro ini warnanya hitam agak kelabu. Bagian kepalanya nampak agak kotak. Siripnya warna hitam agak kelabu juga dan berbentuk segitiga.

  • Harga Ikan Koi Haijiro: Rp400.000/ekor

47. Ikan Koi Aka Haijiro

Jenis ikan Koi Aka Haijiro berwarna oranye tua. Bagian ujung siripnya warna putih. Begitu pun dengan ujung ekornya juga putih. Yang lainnya dari tubuh ikan ini full oranye tua.

  • Harga Ikan Koi Aka Haijiro: Rp300.000/ekor

48. Ikan Koi Chagoi

Hampir mirip dengan Chagoi, hanya saja tubuhnya warna abu-abu. Kekuningannya masih ada, tapi sangat tipis. Secara penampilan, kurang cantik dan jenis ikan Koi ini sepi peminat.

  • Harga Ikan Koi: Rp200.000/ekor

49. Ikan Koi Kigoi

Jenis ikan Koi Kigoi punya tubuh warna kuning muda. Ada cerat-certa putih pada bagian samping tubuhnya sehingga nampak seperti ikan yang terkelupas kulitnya.Bola matanya agak besar dan menonjol ke samping. Warna putih bening dengan pupil hitam.

  • Harga Ikan Koi: Rp200.000/ekor

50. Ikan Koi Midorigoi

Sungguh sangat unik jenis ikan Koi Midorigoi ini. pasalnya tubuhnya berwarna hijau muda. Bagian punggungnya ada corak seperti tulang rusuk warna hitam. Jenis Koi ini cukup langka dan memiliki harga yang cukup mahal, bisa puluhan juta rupiah per ekor.

  • Harga Ikan Koi Midorigoi: Rp600.000/ekor

51. Ikan Koi Soragoi

Sering disebut sebagai Koi Hantu, sebab warnanya hitam menyeramkan. Namun hitamnya semu kelabu mirip sama ikan Lele. Tubunya sebesar Karper. Jenis ikan Koi Soragoi kurang diminati sebagai ikan hias karena warnanya tidak indah.

  • Harga Ikan Koi Soragoi: Rp400.000/ekor

52. Jenis Ikan Koi Tancho Showa

Jenis ikan Koi Tancho Showa punya tubuh warna dasar putih. Ada corak hitam sebagaimana Koi pada umumnya. Bagian dahinya juga seperti ikan Tancho lain, ada bulatannya warna jingga. Terkadang ada Tancho Showa yang bulatan jingganya tertindih corak hitamnya.

  • Harga Ikan Koi Tancho Showa: Rp700.000/ekor

53.  Ikan Koi Nagashima

Ikan Koi Nagashima juga sangat unik. Bntuk tubuhnya mirip Karper. Coraknya banyak dan penuh. Ikan ini termasuk yang paling sering dipelihara para pecinta Koi.

  • Harga Ikan Koi Nagashima: Rp800.000/ekor

54. Jenis Ikan Koi Shusui Yamaju

Ikan Koi Shusui Yamaju punya tubuh yang antik, seperti keramik. Ukuran tubuhnya gempal. Pada bagian punggungnya ada corak rusuk menjari.

  • Harga Ikan Koi Shusui Yamaju: Rp600.000/ekor

54 jenis-jenis ikan Koi yang mesti diketahui. Semuanya hanya sebagian dari keseluruhan spesies Koi yang ada di planet bumi ini. Memang, Koi itu ikan yang mudah buat dikawin-silangkan. Bahkan persilangan ikan Koi sendiri menjadi hobi juga, selain sekadar memelihara dan ikut kontes ikan hias.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ikan

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top