Advertisements
Connect with us

12 Jenis-Jenis Ikan Kerapu, Harga Ikan Kerapu Terbaru

Jenis Ikan Kerapu, Harga Ikan Kerapu, Gambar Ikan Kerapu

Ikan

12 Jenis-Jenis Ikan Kerapu, Harga Ikan Kerapu Terbaru

12 Jenis-Jenis Ikan Kerapu, Harga Ikan Kerapu Terbaru

Loading...

Hewan.id – Buat kamu pecinta seafood pasti sudah tidak asing lagi dengan Ikan Kerapu? Jenis ikan laut ini memang sangat populer dan disenangi karena rasanya lezat. Ikan dari anggota suku Serranidae ini termasuk komoditas unggulan yang laris.  Jenis ikan Kerapu sendiri ada banyak loh. Kira-kira ada 12 spesies yang dikenal masyarakat. Beberapa di antaranya sangatlah besar, bisa mencapai bobot 100 kg.

Ikan Kerapu termasuk jenis ikan laut pelagis-dalam, artinya ia hidup di dekat dasar laut yang dangkal. Kabarnya kini Kerapu mulai sulit ditemukan di laut karena gencarnya penangkapan tanpa disertai pelestarian. Selain itu, kondisi laut yang tercemar juga membuat habitat Kerapu makin sedikit saja.

Bahkan di Jakarta kini nelayan semakin sulit menangkap jenis Ikan Kerapu. Tepatnya semenjak program reklamasi pantai itu mulai dijalankan. Sehingga laut menjadi semakin sempit karena ditimbun. Namun di balik polemik langkanya ikan Kerapu ini justru menuai sisi positif bagi para nelayan. Karena harga jualnya jadi tinggi. Kisaran Rp200.000 –Rp500.000/kg. Tergantung jenis kerapu apa. Bahkan ada sumber menyebutkan bahwa jenis ikan kerapu bebek harganya bisa tembus 4 juta rupiah per ekor, untuk yang varietas unggulan pasar ekspor ke Asia Timur.

Jenis Ikan Kerapu, Harga Ikan Kerapu, Gambar Ikan Kerapu

Jenis Ikan Kerapu

Loading...

Dalam dunia ikan Kerapu ini, rupanya Kerapu terbagi menjadi 2 macam, yaitu:

  • Ikan Kerapu Hibrida/ Hibrid/ Rekayasa Genetika/ Hasil Perkawinan Silang
  • Ikan Kerapu Non Hibrida/ Non-Hibrid/ Alami/ Asli

Jenis Ikan Kerapu yang Varietas hibrida ini sengaja dibudidayakan oleh manusia dengan teknik kawin silang. Tujuannya untuk mempercepat masa panen dengan hasil yang melimpah. Pasalnya, kalau keberadaan Kerapu Non-Hibrid (alami) di laut, itu masa panennya hanya 1 tahun sekali. Jumlahnya pun tidak pasti. Tidak mungkin dapat memenuhi permintaan konsumen yang banyak sekali.

Misalnya jenis ikan Kerapu Cantik. Merupakan persilangan dari ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus) yang berjenis kelamin betina dengan Kerapu Batik (Epinephelus microdon). Nama CANTIK diambil dari fusion (gabungan) antara nama maCAN dan baTIK.

Jenis Ikan Kerapu Cantik

Jenis Ikan Kerapu Cantik

Sungguh unik memang. Dan hasil perkawinan silang ini pun bisa dipanen setelah 8 bulan dipelihara. Karena ini hasil kawin silang, maka kelajuan produksinya bisa sesuka hati digenjot.  Langsung saja mari dibahas lebih detail. Di bawah ini adalah daftar jenis-jenis Ikan Kerapu yang sudah diketahui:

1. Kerapu Macan

Jenis Ikan Kerapu Macan adalah jenis ikan kerapu non-hibrid atau varietas asli. Kerapu ini memiliki nama ilmiah Epinephelus fuscoguttatus. Hidup di perairan dekat terumbu karang. Disebut Macan karena corak tubuhnya yang seperti macan. Harga ikan kerapu Macan per kg kurang lebih Rp500.000. Kalau beli yang sudah matang, kisaran Rp100.000 per porsinya.

2. Kerapu Tikus/Bebek

Namanya memang adalah Kerapu Tikus. Namun terkadang ada orang yang juga menyebutnya sebagai ikan kerapu bebek. Ini adalah salah satu dari jenis ikan kerapu yang merupakan ras asli. Habitatnya di laguna dan perairan berkarang besar. Ikan ini memiliki corak totol-totol hitam. Selain untuk konsumsi, Kerapu Bebek juga biasanya dipelihara dalam aquarium. Nama spesiesnya adalah Chromileptes altivelis. Harganya bisa tembus Rp4000.000 untuk yang unggulan grade 1 dan ini harga di negara Hongkong atau Taiwan sana.

3. Kerapu Cantang

Ikan Kerapu Cantang adalah ikan hasil persilangan antara Kerapu Macan dengan Kertang. Namanya saja Cantang, untuk mengingatkan pada indukannya yang merupakan maCan dan kerTang. Ikan ini memiliki nama scientific E. lanceolatus × E. fuscoguttatus. Harganya antara Rp100.000- Rp150.000/kg.

4. Kerapu Sunuk

Jenis Ikan Kerapu Sunuk dikenal pula dengan nama Kerapu Merah. Nama ilmiahnya adalah Plectropomus leopardus. Kerapu ini merupakan spesies asli yang hidup di perairan berterumbu karang. Ikan ini jadi primadona di kalangan pemancing, baik di Indonesia maupun Amerika. Karena kalau dimasak, sungguh lezat dagingnya.

5. Kerapu Batik

Ikan Kerapu Batik adalah jenis ikan Kerapu yang hidup di kawasan laguna pantai. Bentuk ikan ini sedikit menyeramkan karena seperti penuh dengan corak koreng. Wajahnya galak seperti bergigi tajam. Bola matanya besar menonjol warna biru. Ikan ini mulai terancam punah karena rusaknya habitat. Nama spesiesnya adalah Epinephelus polyphekadion. Harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan per ekornya. Kisaran Rp100.000- Rp1000.000 karena semakin langkanya.

6. Kerapu Kustang

Pemberian nama jenis ikan kerapu di Indonesia memang unik. Selalu menggabungkan 2 julukan dari dua ikan induknya. Seperti Kustang ini sudah dapat ditebak merupakan persilangan dari ikan Kerapu Tikus yang betina dengan Kerapu Kertang jantan. Jadilah varian hibrid ini yang harganya kurang lebih Rp100.000 hingga Rp200.000 per kg.

7. Kerapu Balong

Nama lain jenis ikan Kerapu Balong adalah kerapu Muara. Dinamai Muara karena memang hidup di perairan muara. Kerapu Balong juga sangat suka berenang di perairan dekat hutan mangrove. Tubuh ikan ini gempal dengan corak khas kerapu yang loreng-loreng. Harganya bisa mencapai Rp150.000 hingga Rp250.000 per kg.

8. Kerapu Lumpur

Epinephelus tauvina menjadi nama spesies dari jenis ikan kerapu ini. Disebut Kerapu Lumpur karena hobinya berenang di dasar pasir laut. Ikan ini bisa hidup hingga kedalaman 100 meter. Tapi mulai kedalaman 50 meter di bawah permukaan air laut pun sudah bisa dijumpai. Harganya rata-rata, Rp200.000 -Rp300.000/kg.

Baca Lagi: 110 Jenis Ikan Laut, Nama-Nama, Habitat, Ciri Fisik, Sifat dan Gambarnya

9. Kerapu Kertang

Jenis Ikan Kerapu Kertang bisa dibilang sebagai rajanya ikan-ikan di dekat terumbu karang. Kerapu yang memiliki nama spesies Epinephelus lanceolatus ini memiliki tubuh yang besar. Bagian wajahnya seperti tidak ada bola matanya, padahal ada. Uniknya, ikan ini menjadi simbol dari Queensland, salah satu negara bagian di Australia. Memang di perairan Australia sendiri, kerapu sangatlah banyak. Harga Kerapu Kertang kisaran Rp300.000 – Rp500.000kg.

10. Kerapu Giant Grouper

Ini adalah jenis ikan kerapu yang dipanggil ikan monster. Tubuhnya bisa besar sekali, bagaikan ikan paus saja. Nama ilmiahnya adalah Epinephelus lanceolatu. Ikan ini pertama kali dijumpai di perairan Australia. Namun di Indonesia juga kadang ada orang mancing yang dapat ikan ini. Seperti pernah terjadi di Sambas, seorang nelayan berhasil menjaring Kerapu Giant Grouper berbobot tubuh 150 kg. Harga jual ikan ini tentu saja mencapai jutaan rupiah karena saking besarnya.

11. Kerapu Cantik

Kerapu Cantik adalah varietas persilangan antara jenis ikan kerapu Macan dengan Kerapu Batik. Ikan ini menjadi komoditas budidaya yang sangat menguntungkan. Karena cepat masa panen, besar dan tinggi tingkat permintaannya. Kerapu Cantik harganya Rp100.000 – Rp200.000/kg.

12. Kerapu Nipah

Sama dengan Kerapu Giant Grouper. Jenis ikan Kerapu yang disebut Kerapu Nipah ini bobot tubuhnya bisa menapai 50-150 kg, bahkan lebih. Ini adalah ikan raksasa yang biasa dijumpai di perairan muara. Mengingat besarnya tubuhnya, pastilah umur Kerapu ini sudah tua.

Loading...
Advertisements

Continue Reading

More in Ikan

To Top