Advertisements

16 Jenis Lele, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

5 min read

Gambar Jenis Lele

Jenis dan Macam Lele – Selama ini, mungkin kita hanya akrab dengan satu jenis lele yang biasa diolah dan kemudian dimakan. Kenyataannya, ada banyak jenis lain yang mungkin tidak Anda sangka masih berkeluarga dengan ikan yang memiliki nama ilmiah Clarias ini.

Jenis Lele

Dilansir dari Wikipedia, setidaknya ada 50 spesies ikan lele yang penyebarannya berada dihampir seluruh dunia. Menarik untuk menyimak kekayaan jenis ikan lele, ciri, dan juga habitatnya seperti di bawah ini, sudah kami suguhkan info lengkapnya untuk Anda!

Jenis dan MacamMacam Di Seluruh Dunia

1. Lele Jawa

Lele Kaca

Lele jawa atau juga yang banyak menyebutnya dengan lele kampung adalah jenis lele yang banyak menyebar di benua India dan Asia Tenggara dan kini sudah banyak ditemui di Pulau Jawa. Dengan nama latin Clarias batrachus, ikan ini memiliki sesuatu yang unik.

Sama-sama berbadan licin seperti ikan lele kebanyakan, ikan lele jawa ini memiliki kemampuan berjalanan di darat untuk mencari lokasi atau tempat yang lebih berair bagi mereka. Biasanya, lele jawa atau Clarias batrachus memiliki panjang tumbuh paling panjang setara dengan 215 mm.

Apabila Anda perhatikan lebih dekat, lele jawa memiliki ciri khas adanya bintik-bintik kecil warna putih, yang biasanya terdiri 2-5 bintik, di bagian sepanjang badan tepat di bawah gurat sisi. Untuk harga bibit ikan lele jawa dengan berat 1 kg memiliki harga antara Rp45.000 sampai Rp66.000.

2. Lele Dumbo

Lele Dumbo, Harga Lele Dumbo,Jenis Ikan Lele Dumbo

Siapa sangka, jenis lele dumbo ternyata berasal dari Afrika. Banyak yang menyukai jenis lele satu ini karena memiliki ukuran yang lebih besar dan patilnya tidak setajam lele jenis lain. Selain itu, ikan lele dumbo memiliki kekuatan hidup yang lebih besar, bahkan bisa hidup di got sekalipun.

Sayangnya, ketika ikan ini diolah untuk dijadikan santapan, daging lele dumbo cenderung rapuh sehingga mudah hancur. Ikan berkumi ini cocok dibudidayakan di Indonesia dan bisa menjadi ladang usaha yang manis untuk Anda. Harga bibit dengan ukuran 9-10 cm yaitu Rp170,- per ekornya.

3. Limbat

Limbat, Ikan Limbat, Lele Limbat, Harga Ikan Limbat

Limbat atau yang dikenal memiliki nama latin Clarias Nieuhofii adalah jenis ikan lele yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Jika kebanyakan warna ikan lele hitam, di kulitnya bisa Anda jumpai seperti bercak warna kuning. Panjangnya sendiri bisa mencapai 490 mm.

Jika tertarik untuk budidaya atau mencoba icipi olahan dari limbat, Anda bisa membeli ikan tersebut dengan harga kisaran Rp110.000 per kilonya.

4. Blue Catfish / Lele Amerika

Blue Catfish

Blue Catfish merupakan ikan lele yang Amerika yang terbesar karena ukurannya bisa mencapai panjang 165 cm dan berat 68 kg. Ikan lele biru juga memiliki daya tahan hidup yang lama, yaitu 20 tahun. Secara visual, blue catfish memiliki bintik-bintik hitam di bagian belakang dan samping.

Penyebaran lele biru antara lain di Sungai Missouri, Ohio, Tennessee, dan Arkansas, dan Rio Grande, dan selatan di sepanjang Pantai Teluk ke Belize dan Guatemala. Ikan ini memang terbilang sulit untuk di Indonesia karena habitatnya yang merupakan ikan air dingin.

5. Channel Catfish

Channel Catfish

Bisa dibilang, jenis lele satu ini akan mudah dikenali dibanding dengan ikan lainnya. Sebab, ikan ini memiliki ekor yang lebih bercabang dan rahang atas yang menonjol. Warna channel catfish ini adalah coklat zaitun dengan warna perut putih dan samar bintik coklat.

Di Amerika Utara, Channel Catfish termasuk dalam ikan yang banyak diburu dan bisa ditemukan di danau dan sungai air tawar. Rata-rata, ikan channel catfish memiliki bobot memiliki berat antara 2-7 pon dan panjang 12 hingga 24 inci dan tidak menutup kemungkinan untuk tumbuh lebih besar lagi. Biasanya, channel catfish ditemukan di Meksiko utara dan ke Colorado, berada di dasar sungai dekat lumpur.

6. Flathead Catfish

Flathead Catfish

Sama seperti namanya, ikan lele Flathead adalah ikan dengan kepala datar yang panjangnya bisa mencapai tiga hingga empat kaki dengan berat bisa melebihi 100 pound. Memiliki warna hitam zaitung dan juga bintik kuning pucat. Biasanya, flathead catfish ditemukan di Amerika Utara sebagai salah satu ikan air tawar.

Lele jenis ini biasanya makan cacing, serangga, dan udang. Habitatnya, flathead catfish berada di waduk atau sungai besar di mana yang airnya mengalir lambat dan berlumpur yang ada di Amerika Utara.

7. Lele Cory

Lele Cory / Corydoras Perunggu

Siapa bilang kalau ikan lele tidak cocok dijadikan ikan hias dalam akuarium? Ada beberapa jenis  lele yang cantik dan cocok sebagai isi akuarium Anda, salah satunya adalah ikan lele cory. Ikan ini biasanya memiliki ukuran kecil, hanya sekitar 2-3 inci.

Memelihara ikan cory tidak sulit, apalagi mengingat sifat ikan yang tidak tempramen atau tenang dan biasanhya menghabiskan waktu di dasar dekat bebatuan akuarium. Saat memberi makan, ikan lele cory menyukai pelet. Untuk harga ikan cory, ia bisa dibeli $ 5.99 atau sekitar Rp65.000.

8. Lele Kaca

Lele Kaca

Jenis ikan lele yang dapat dipelihara di kolam lainnya yaitu lele kaca atau glass catfish. Lele ini juga disebut sebagai ikan hantu karena tubuhnya yang berkesan menerawang sehingga tampak seperti hantu. Biasanya, ikan lele kaca ini ditemukan di kawasan Asia Tenggara.

Ikan air tawar ini terbilang unik karena mereka menyukai akuarium yang cenderung gelap daipada akuarium terang. Nah, lele kaca adalah tipe omnivore yang akan senang diberi makan makanan seperti cacing. Jika Anda berminat pelihara ikan ini, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp15.000 per ikan.

9. Pictus Catfish

Pictus Catfish Care

Spesies ikan lele yang diberi nama pictus catfish ini terkenal dengan antenanya yang berwarna silver dan panjang. Walau ukurannya kecil, antara 2-3 inci, sebaiknya hindari untuk memelihara bersama jenis ikan lain yang ukurannya lebih kecil karena bisa dimangsa sewaktu-waktu!

Untuk memelihara ikan lele pictus ini, Anda perlu akuarium yang besar karena mereka bergerombol dan menyukai tempat tinggal yang luas. Harga pictus catfish mulai dari $8.66 atau Rp110.000.

10. Upside Down Catfish

Upside Down Catfish

Anda ingin lele hias yang menggemaskan dan bisa dipelihara unik di akuarium rumah? Coba jatuhkan pilihan pada lele jenis Upside Down Catfish atau lele terbalik. Ikan satu ini punya bentuk yang lucu dengan warna oren dengan bintik hitam. Disebut ikan terbalik karena mereka punya kebiasaan berenang terbalik, tapi tetap bisa berenang dengan normal juga.

Nah, jika Anda ingin memiliki ikan lele terbalik ini, siapkan akuarium sedang hingga besar lengkap dengan tanaman-tanamannya. Sebab ikan satu ini suka ‘merumput’ atau bersembunyi dibalik tanaman-tanaman di akuarium. Untuk urusan makanan, mereka menyukai makanan campuran antara nabati dan daging.

11. Otocinclus Catfish

Otocinclus Catfish

Jenis  lele hias satu ini berasal dari Amerika Selatan dan terkenal sebagai ikan lele yang pemarah dan suka bertengkar. Banyak yang menyukai memelihara Otocinclus catfish karena tingkahnya. Sama seperti Upside Down Catfish, apabila ingin memelihara ikan Otocinclus Catfish, Anda harus memberi banyak tanaman dalam akuarium.

Selain dengan tanaman, menambahkan kayu apung juga disarankan dalam memelihara ikan otonclus catfish, sebagai alat untuk mengurangi stress. Untuk makanan, mereka biasanya makan dari ganggang atau lumut yang didapat dari akuarium. Harga seekor ikan lele otocinclus ini berkisar $3.49 atau Rp40.000.

12. Striped Raphael Catfish

Striped Raphael Catfish

Termasuk dalam daftar ikan lele hias, tapi ukuran Striped Raphael Catfish ini lebih besar daripada yang lain, yaitu antara 9-10 inci. Walau ukuran besar, ikan ini cenderung sebagai ikan yang tenang dan tahan banting apabila dipelihara bersama ikan yang lebih agresif.

Biasanya, makanan Striped Raphael Catfish seperti pelet dan juga daging segar seperti cacing darah atau udang air asin. Menjadi kesukaan ikan lele hias, striped Raphael catfish adalah ikan lele yang cantik dengan dengan garis-garis hitam dan putih luas yang membentang sepanjang tubuh mereka.

13. Lele Phyton

Lele Phyton, Lele Piton

Kalau untuk dikonsumsi, jenis lele ini jelas sangat cocok. Alasannya karena lele phyton memiliki tingkat gerak yang cenderung lebih aktif. Dengan begitu, maka rasa dagingnya pun akan lebih gurih dibandingkan yang lain.

Mengingat kandungan lemak lele ini juga sedikit, tentu ini akan membuatnya lebih menarik lagi. Untuk harga, lele ini dijual dalam kisaran harga antara

14. Lele Sangkuriang

Lele Sangkuriang

Lele yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang relatif lebih panjang jika dibandingkan dengan lele biasa. Lele ini memiliki kebiasaan yang juga berbeda dengan mayoritas lele yang biasa dijumpai di pasaran. Alasannya karena biasanya ia lebih suka makan di dasar kolam.

Lele ini lebih mudah bertahan hidup di perairan meski dengan kandunagn oksigen tinggi dan ia lebih mudah bertahan dari berbagai pencemaran bahan organik. Sedangkan untuk harganya, Anda bisa mendapatkan lele sangkuriang dengan mengeluarkan uang 20.000 hingga 25.000 per kilogramnya.

15. Lele Mutiara

Lele Mutiara

Jenis yang satu ini bisa dikatakan sebagai jenis yang cukup istimewa. Hal ini mengingat namanya yang memang sedang banyak digemari dan menarik perhatian. Singkatnya, lele tersebut memang memiliki keunggulan di atas rata-rata jika dibandingkan jenis lele lain pada umumnya. Dari segi harga, tentu saja juga tidak bisa dipungkiri bahwa lele mutiara memang lebih mahal.

16. Lele Masamo

Lele Masamo

Lele yang satu ini memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan lele biasa. Hal ini bisa juga dipengaruhi oleh nafsu makannya yang sangat tinggi. Tidak hanya sampai di sana, lele tersebut cukup agresif. Membudidayakan lele ini sangat menarik karena memiliki harga jual yang 2-4 kali lebih tinggi dibandingkan biasanya.

Lele masamo ternyata juga memiliki keseragaman yang cukup tinggi dan cukup mudah bertahan dari stress maupun penyakit. Harga lele ini bisa mencapai 50-100 ribu per kilogramnya.

Ternyata banyak sekali bukan jenis ikan lele yang ada di dunia ini? Tidak hanya yang memiliki habitat di Indonesia atau Asia saja, di negara air dingin seperti Amerika pun lele memiliki penyebaran yang besar. Selain bisa dikonsumsi, ternyata beberapa ikan lele bisa dibudidaya dan dijadikan sebagai ikan hias yang cantik untuk ditaruh dalam akuarium.

Sama seperti memelihara ikan jenis lain, agar tumbuh besar dan berkembang dengan baik, kita perlu tahu bagaimana cara merawat dan makanan yang cocok untuk lele. Nah, jadi diantara kedua belas ikan di atas, mana yang paling menarik untuk Anda?

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *