Connect with us

100 Jenis Ikan Hias Air Laut dan Tawar, Nama-Nama Ikan Hias

Akuarium Air Laut

Ikan

100 Jenis Ikan Hias Air Laut dan Tawar, Nama-Nama Ikan Hias

100 Jenis Ikan Hias Air Laut dan Tawar, Nama-Nama Ikan Hias

Loading...

Hewan.id – Ikan hias adalah jenis ikan yang dipelihara untuk estetika saja. Maka dari itu, ikan ini tidak dimakan. Namun sebatas ditaruh akuarium. Jenis ikan hias di dunia ini ada banyak sekali. Terutama yang dari golongan ikan air laut. Beraneka ragam jenis itu, memiliki nama, warna dan rupa yang sungguh cantik sekali.

Memang ciri khas jenis ikan hias ini adalah warnanya yang mencolok. Jika biasanya ikan hanya memiliki satu warna, hitam. Maka kalau ikan hias memungkinkan seluruh warna ada. Sepertinya ikan badut yang terkenal dengan nama ikan nemo, memiliki warna perpaduan oranye, putih dengan sedikit hitam.

Oleh karena mayoritas ikan hias itu adanya di laut. Maka tak heran bila harga jual ikan ini begitu fantastis. Melebihi ikan konsumsi. Selain menangkapnya yang susah, jenis ikan hias juga biasanya membutuhkan perawatan khusus setelah ditangkap dari laut. Agar kualitasnya terus baik.

Akuarium Air Laut

Loading...

Beda dengan ikan konsumsi yang biasanya begitu ditangkap sudah bisa langsung dibekukan. Kalau ikan hias air laut harus terus berada dalam air. Begitu pun dengan ikan hias air tawar, setelah ditangkap maka harus selalu dicelupkan dalam air terus, agar tidak mati.

Harga dari jenis ikan hias yang terlampau mahal inilah yang terkadang justru menjadi penyebab kemunculan tren ikan hias. Hobi ikan hias yang penuh dengan gengsi dan permainan harga mengikuti mekanisme pasar. Hanya orang berduit saja yang bisa merasakan geliatnya.

Tentu para pecinta ikan tahu tentang mahalnya harga ikan arwana, louhan, cupang, koi, koki yang merupakan jenis ikan hias air tawar. Belum lagi ditambah mahalnya harga ikan hias laut seperti Lionfish yang beracun itu. Si kuning Yellow Tang dan saudaranya yang biru, Blue Tang. Belum lagi ikan Kakatua yang juga eksotis. Serta ikan Angelfish yang juga banyak peminatnya.

Akuarium Air Laut

Semua jenis ikan hias di atas memiliki harga yang mahal untuk ukuran ikan. Namun apadaya, namanya saja orang yang sedang hobi dan maniak. Meski mahal, maka akan diikuti saja tren memelihara ikan warna-warni ini.

Di antara para pecinta ikan maupun orang awam. Terkadang masih bingung tentang nama-nama ikan. Saking banyaknya jenis ikan hias, tidak mungkin bisa dihafalkan satu-satu. Dan bahkan mustahil dipahami jika tidak melihat wujud ikannya secara langsung.

Namun jangan khawatir lagi. Karena di bawah ini telah disusun 100 Jenis Ikan Hias, Nama-Nama Ikan Hias Air Tawar & Laut Terlengkap. Daftar nama-nama ikan hias ini bisa menjadi referensi sebelum memutuskan terjun ke dalam hobi ikan hias ini.

50 Jenis Ikan Hias Air Tawar

Akuarium Air Laut

Jenis Ikan Hias Air Tawar artinya adalah ikan-ikan yang hidup di perairan air tawar, seperti sungai dan danau. Jumlah ikan tawar hias di dunia ini lebih sedikit daripada ikan laut hias. Namun soal kecantikan paras tubuhnya tidaklah kalah. Di dunia ini ada beberapa nama-nama spesies ikan tawar hias yang dikenal, antara lain:

1. Ikan Mas

2. Ikan Gurameh

3. Ikan Black Ghost

4. Ikan Catfish

5. Ikan Cupang

6. Ikan Koi

7. Ikan Koki

8. Ikan Sembilang

9. Ikan Arwana

10. Ikan Tiger Botia

11. Ikan Neon Tetra

12. Ikan Cory Doras

13. Ikan Lunjar

14. Ikan Blenduk

15. Ikan Discus

16. Ikan Gupi

17. Ikan Gurame Padang

18. Ikan Komet

19. Ikan Bala-Bala

20. Ikan Kumpai

21. Ikan Angelfish

22. Ikan Louhan

23. Ikan Mickey Mouse

24. Ikan Nisa

25. Ikan Molly

26. Ikan Oscar

27. Ikan Rainbow Fish

28. Ikan Redfin

29. Ikan Silver Dollar

30. Ikan Sepat

31. Ikan Sapu-Sapu

32. Ikan Wakin

33. Ikan Tinca-Tinca

34. Ikan Sterlet

35. Ikan Sturgeon Putih

36. Ikan Sumetera

37. Ikan Cupang Penang

38. Ikan Betta minnopina

39. Ikan Betta Mandor

40. Ikan Betta rutilans

41. Ikan Ancistrus leucostictus

42. Ikan Cupang Bintik

43. Ikan Ancistrus hoplogenys

44. Ikan Betta persephone

45. Ikan Cupang Brunei Betta macrostoma

46. Ikan Balasak

47. Ikan Betta simplex

48. Ikan Betta livida

49. Ikan Betta pallivina

50. Ikan Betta albimarginata

Baca Lagi: 50 Contoh Aquarium Ikan Hias Air Tawar dan Air Laut

50 Jenis Ikan Hias Air Laut

Akuarium Air Laut

Ikan Hias Air Laut adalah jenis ikan hias yang hidup di perairan laut. Oleh karena luasnya lautan yang ada di planet bumi ini, maka jumlah dari ikan hias laut ini sangat beragam. Beberapa di antaranya mesti dipelihara dengan hati-hati karena mengandung racun. Namun tetap aman dipelihara, seperti ikan di bawah ini:

1. Ikan Lionfish

2. Ikan Angelfish

3. Ikan Kakatua

4. Ikan Kuda Laut

5. Ikan Butterfly Fish

6. Ikan Yellow Tang

7. Ikan Blue Tang

8. Ikan Dottyback

9. Ikan Watchman Goby

10. Ikan Badut

11. Ikan Koral Plati

12. Ikan Ekor Pedang

13. Ikan Mbu Putterfish

14. Ikan Buntal Hijau

15. Ikan Pteoris Miles

16. Ikan Fahaka

17. Ikan Pari

18. Ikan Blue Devil

19. Ikan Naga

20.  Ikan Pelangi

Itulah seluruh jenis ikan hias, baik yang hidup di perairan tawar maupun laut. Nama-nama ikan di atas hanyalah mewakili saja dari keseluruhan total ikan hias yang ada di dunia ini. Mengingat planet bumi memang memiliki beragam ikan yang cantik dan cocok sekali dipelihara dalam aquarium.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ikan

To Top