Advertisements
Connect with us

15 Ikan Hias Air Laut, Cara Merawatnya dan Akuarium yang Cocok

Ikan Nemo

Ikan

15 Ikan Hias Air Laut, Cara Merawatnya dan Akuarium yang Cocok

15 Ikan Hias Air Laut, Cara Merawatnya dan Akuarium yang Cocok

Loading...

Hewan.id – Ikan Hias Air Laut nampaknya mulai dilirik oleh para pecinta ikan. Karena jenis ikan ini memiliki warna tubuh yang eksotis. Belum lagi bentuk ekor dan siripnya yang melambai-lambai begitu eloknya. Ditambah kepalanya yang terkadang bagaikan bunga yang menonjol-nonjol. Memelihara ikan hias laut ini sungguh bikin bahagia.

Jenis ikan hias air laut ada banyak sekali mengingat banyaknya ikan laut. Ukurannya bermacam-macam, ada yang kecil dan ada yang besar. Tipe habitatnya pun ada yang pelagis dan ada pula yang demersal. Ikan ini umumnya memiliki harga lebih mahal ketimbang ikan hias air tawar. Karena untuk menangkapnya kan juga butuh peralatan yang lebih sulit. Bahkan terkadang untuk menangkap ikan hias laut ini, mesti menyelam dan menjaring secara manual.

Ikan Hias Air Laut dapat menjadi komoditas yang ekonomis. Selama ini pemanfaatan ikan laut kebanyakan hanya untuk tujuan konsumsi. Padahal ikan laut itu banyak sekali yang bentuknya unik dan tidak lazim dikonsumsi.

Namun ada yang perlu diperhatikan bahwa ada beberapa jenis ikan laut yang ternyata beracun. Secantik apapun ikan ini kalau ternyata beracun maka tidak layak dipelihara sebagai ikan hias air laut. Untuk itu, perlu kehati-hatian dalam memilih jenis ikan hias laut. Supaya tidak fatal dampaknya untuk kesehatan dan tubuh.

Di bawah ini beberapa jenis ikan laut yang beracun. Janganlah pelihara ini, secantik apapun bentuknya:

  • Lion Fish
  • Buntal / Ikan Fugu
  • Butana
  • Pari Listrik
  • Lepu / Ikan Batu Karang
  • Sembilang / Ikan Lele Laut

15 Jenis-Jenis Ikan Hias Air Laut:

Ikan Hias Air Laut itu bermacam-macam. Setidaknya dibedakan ke dalam 2 jenis, yaitu:

  1. Berdasarkan pada habitatnya
  2. Berdasarkan pada kepekaannya terhadap salinitas

Kalau berdasarkan habitatnya, ikan hias air laut dibedakan atas ikan demersal dan ikan pelagis. Kalau demersal itu yang hidup di perairan dalam. Sedangkan pelagis yang hidup di dekat permukaan air laut, tidak lebih dari 200 meter dari permukaan laut.

Selanjutnya, kalau berdasarkan pada kepekaannya terhadap salinitas. Ikan air laut dibedakan menjadi ikan Euryhalin dan ikan Stenohalin. Kalau Euryhalin itu yang mampu hidup di perairan pantai dengan kadar garam yang fluktuatif. Sedangkan Stenohalin tidak tahan dengan fluktuasi kadar garam, mereka hidupnya di perairan berterumbu karang. Agak jauh dari pantai.

Karena banyaknya jenis ikan air laut. Maka akan diambil beberapa sampel yang mana ikan-ikan di bawah ini adalah yang terbaik untuk dipelihara dalam akuarium. Sebab memiliki bentuk tubuh dan warna yang sangat cantik. Juga tidak memiliki racun maupun efek mematikan bagi manusia.

1. Ikan Angelfish

Ikan Angelfish

Ikan Angelfish

Loading...

2. Ikan Banggai

Ikan Banggai

Ikan Banggai

3. Ikan Blue Devil

Ikan Blue Devil

Ikan Blue Devil

4. Ikan Blue Tang

Ikan Blue Tang

Ikan Blue Tang

5. Ikan Butterfly

Ikan Butterfly

Ikan Butterfly

6. Ikan Dottyback

Ikan Dottyback

Ikan Dottyback

7. Ikan Flame Angel

Ikan Flame Angel

Ikan Flame Angel

8. Ikan Kakatua

Ikan Kakatua

Ikan Kakatua

9. Ikan Kuda Laut

Ikan Kuda Laut

Ikan Kuda Laut

10. Ikan Mandarin

Ikan Mandarin

Ikan Mandarin

11. Ikan Moorish Idol

Ikan Moorish Idol

Ikan Moorish Idol

12. Ikan Nemo

Ikan Nemo

Ikan Nemo

13. Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra

14. Ikan Watchman Goby

Ikan Watchman Goby

Ikan Watchman Goby

15. Ikan Yellow Tang

Ikan Yellow Tang

Ikan Yellow Tang

Baca Lagi: 110 Jenis Ikan Laut, Nama-Nama, Habitat, Ciri Fisik, Sifat dan Gambarnya

Cara Merawat dan Akuarium yang Cocok

Untuk merawat ikan hias air laut, seseorang mesti memperhatikan banyak hal. Mulai dari akuarium hingga pakannya. Untuk jenis akuarium, pilihlah yang ukurannya sesuai dengan bentuk tubuh ikan. Sedangkan pakannya, juga ditentukan apakah tergolong ikan omnivora, herbivora atau karnivora.

Oleh karena ini jenis ikan air laut, maka juga mesti diatur kadar salinitas. Jangan sampai memiliki salinitas rendah karena ikan laut itu kan terbiasa hidup di perairan air asin.

Selain tingkat keasinan, yang mesti diperhatikan juga adalah kadar oksigen. Berilah alat untuk mengatur oksigen dalam akuarium. Supaya selalu dalam jumlah yang cukup untuk ikan hias air laut.

Ikan air laut terbiasa hidup di perairan yang kaya dengan terumbu karang. Maka bisa ditambahkan terumbu karang asli maupun palsu dalam akuarium. Sebaiknya pilih yang palsu saja. Kalau pun asli, cukup dengan batu-batu karang yang sudah terhempas dan mati, yang biasanya ditemukan di sepanjang pantai. Ini untuk menghindari eksploitasi terumbu karang dan memutus rantai penjualan terumbu karang asli.

Cara merawat ikan hias air laut juga sangat bergantung pada upaya reproduksinya. Usaha mengawinkan ikan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan angka harapan hidup. Selain itu juga akan menguntungkan karena bakalan mendapatkan anakan ikan baru.

Jika semua cara merawat ikan hias sudah dilakukan. Yang terakhir adalah soal kebersihan, kasih sayang dan konsistensi dalam merawat. Rutinlah menguras akuarium dan mengganti airnya. Paling tidak seminggu sekali.

Kemudian berilah kasih sayang kepada ikan-ikan. Sering mengajak komunikasi bisa menjadi solusi. Lalu konsistensi dalam merawat, janganlah mudah bosan pada ikan yang dipelihara. Jangan suka mengabaikan jadwal memberi makan dan menguras bak akuariumnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading

More in Ikan

To Top