Jenis Ikan Discus – Ikan gepeng berwarna-warni yang mempunyai banyak penggemar ini berasal dari lembah sungai Amazon, Amerika Selatan. Ikan ini populer dikarenakan warnanya yang cerah dan memikat serta bentuknya yang unik. Tubuhnya bulat dan gepeng mirip cakram. Warna khas yang biasanya ada pada ikan ini adalah merah, biru, hijau, dan cokelat. Warna ini juga sesuai dengan jenis ikan discus masing-masing.

Jenis Ikan Discus, macam Ikan Discus

Klasifikasi Ikan Discus

  • Nama Ilmiah      : Symphysodon aequifasciatus
  • Filum                  : Chordata
  • Kelas                  : Actinopterygii
  • Ordo                  : Cichliformes
  • Family                : Cichlidae
  • Genus                : Symphysodon Heckel, 1840

Morfologi Ikan Discus

Ikan discus juga memiliki ukuran yang unik karena sama panjang dan sama tinggi. Ukurannya saat kecil hanyalah 2,5-5 sentimeter. Ikan ini tumbuh sangat cepat pada bulan-bulan awal dengan bertambah satu inci tiap bulan dalam tiga bulan. Setelah itu, pertumbuhan mereka melambat hingga mencapai ukuran penuh ikan dewasa, maksimal 15 atau 22 sentimeter. Berikut ulasan selengkapnya yang bias anda simak.

Jenis Ikan Discus di Dunia Paling Termahal

1. Snake Skin

Sesuai namanya, ikan discus ini bermotif sepeti kulit ular. Mereka mempunyai corak tipis vertikal yang berwarna merah atau biru. Karena keunikan coraknya, ikan ini sering dikawinsilangkan dengan berbagai jenis ikan discus lainnya supaya muncul corak baru dari jenis snake skin. Perkawinan silang yang pernah terjadi memunculkan ragam jenis baru seperti blue diamond snake skins, leopard snake skins, pigeon snake skins, dan red spotted golden leopard snake skins.

Ikan discus Snake Skin ini telah diketahui menghasilkan beragam varian baru seperti Pigeon Snake Skin, Leopard Snake Skin, Blue Diamond Snake Skin, dan Red Spotted Golden Leopard Snake Skin. Maka dari itu ikan discus jenis ini disebut-sebut memiliki harga termahal hingga mencapai jutaan. Namun supaya lebih tepat, berikut harga ikan discus Snake Skin berdasar ukurannya.

– Ukuran 5 cm: Rp 60.000

– Ukuran 15 cm: Rp 100.000

– Ukuran 20 cm: Rp 180.000

– Ukuran 25 cm: Rp 200.000

2. Super Red Melon

Anda penggemar warna merah? Jenis ikan discus Super Red Melon ini bisa menjadi pilihan pertama Anda. Warnanya tampak menyala dan memukau. Warna merah itu juga tampak pekat merata di seluruh tubuhnya tanpa imbuhan warna lain. Namun, Super Red Melon ini berbeda dengan jenis ikan discus Red Marlboro, yang berwarna jingga kemerahan dan ada warna putih di bagian kepalanya.

3. Green Discus

Ikan discus Green berasal dari sungai Amazon Tengah yang membentang melalui wilayah Santarem. Meliputi wilayah Danau Tefe di Brazil hingga sungai Putumayo di Peru Utara. Oleh karena itu, sebagian orang menyebutnya sebagai ikan Tefe desicus.

Ikan discus Green ini ditemukan pertama kali oleh Pallegrin di tahun 1904. Warnanya hijau kebiruan dengan corak garis-garis yang berwarna cokelat kemerahan. Ikan hijau ini menjadi unik diantara varian ikan discus yang dominan warna kemerahan. Sedangkan untuk daftar harganya Anda bisa lihat di bawah ini.

– Ukuran 5 cm: Rp 40.000

– Ukuran 15 cm: Rp 70.000

– Ukuran 20 cm: Rp 100.000

– Ukuran 25 cm: 120.000

4. Angel Blue Diamond

Ikan ini sangat unik dan ‘menyeramkan’. Jika malam hari Anda memperhatikan dengan seksama, ia akan mirip hantu malam yang matanya berpendar merah menyala dengan tubuh yang berwarna biru kehitaman. Meskipun begitu, ikan ini populer karena mempunyai warna biru di seluruh tubuhnya yang bergradasi.

Pada bagian tubuh utamanya terdapat warna biru seperti telur itik dan terdapat sedikit warna biru tua. Sedangkan di bagian siripnya, terdapat warna biru keputih-putihan. Kombinasi warna biru dari berbagai tigkat ini membuat ikan discus ini dinamai Angel Blue Diamond.

Dalam sorotan cahaya akuarium, warna biru keputihan pada bagian sirip ini akan tampak hidup dan menyala. Meski sering dibandrol dengan harga mahal karena padu padan warnanya, ikan discus Angel Blue Diamond ini tetap berkualitas dengan banyak penggemar.

Bagi penyuka biru, pasti tergila-gila dengan ikan discus yang ini. Warna matanya yang merah kontras dengan birunya membuat ikan ini tampak sangar.

– Ukuran 5 cm: Rp 50.000

– Ukuran 15 cm: Rp 80.000

– Ukuran 20 cm: Rp 110.000

– Ukuran 25 cm: Rp 140.000

5. Pearl Pigeon

Ikan ini memiliki warna dasar putih di sekujur tubuhnya dengan corak bintik-bintik yan berukuran kecil dan berwarna merah muda. Ikan discus jenis ini biasanya digunakan sebagai hiasan dan jarang dikawinkan silang untuk pembibitan.

Ikan ini tampak mirip seperti Red Ribbon namun berukuran kecil. Harganya pun lebih murah, lumayan jika tabungan Anda belum sampai untuk Red Ribbon, namun Anda menginginkan coraknya.

– Ukuran 5 cm: Rp 75.000

– Ukuran 15 cm: Rp 120.000

– Ukuran 20 cm: Rp 160.000

– Ukuran 25 cm: Rp 200.000

6. Red Marlboro

Seperti disinggung sebelumnya, ikan ini berwarna merah kombinasi jingga di tubuh bagian belakang. Namun, di bagian kepalanya ikan ini berwarna putih kekuning-kuningan dengan warna mata merah menyala. Sesuai namanya, ikan discus ini bermotif seperti kemasan rokok yang terkenal di pasaran.

Dengan perpaduan merah, jingga dan putih, ikan ini menjadi favorit penyuka warna merah. Sedangkan untuk harga pasarannya adalah sebagai berikut.

– Ukuran 5 cm: Rp 60.000

– Ukuran 15 cm: Rp 100.000

– Ukuran 20 cm: Rp 140.000

– Ukuran 25 cm: 180.000

7. Red Ribbon

Ini dia jenis ikan discus yang paling mahal. Ikan ini dikenali dari corak garis berwarna merah dengan dasar warna putih kekuningan sebagai dasarnya. Yang membuat ikan ini mahal karena coraknya yang berpola bulat nampak abstrak. Sirip ikan ini berwarna bening kemerahan yang menambah daya tariknya di mata penggemar ikan discus. Ikan merah kekuningan dengan corak warna putih ini tampak indah dan tentu saja mahal. Berikut harga-harganya:

– Ukuran 5 cm: Rp 80.000

– Ukuran 15 cm: Rp 150.000

– Ukuran 20 cm: Rp 200.000

– Ukuran 25 cm: Rp 250.000

8. Golden Yellow Diamond

Ikan discus mungil ini berwarna kuning keemasan di seluruh tubuhnya tanpa sentuhan warna lain. Meski polos begitu, ikan jenis ini lumayan merogoh kocek jika dijual saat dewasa. Jenis ikan discus yang kuning keemasan ini cocok untuk akuarium di ruangan Anda yang berwarna gelap. Warnanya yang menyala akan memberi sentuhan tersendiri pada dekorasi ruangan Anda. Dan jika ingin memilikinyam berikut daftar harga ikan tersebut.

– Ukuran 5 cm: Rp 50.000

– Ukuran 15 cm: Rp 75.000

– Ukuran 20 cm: Rp 100.000

– Ukuran 25 cm: Rp 120.000

9. Checkerboard Pigeon

Ikan discus jenis Checkerboard Pigeon ini bercorak sangat bagus dengan warna dasar putih dan dihiasi garis-garis merah di seluruh tubuhnya. Selain warna tersebut, ikan ini juga mempunyai warna kuning di bagian kepala. Sedangkan matanya berwarna selaras dengan garis-garis pada tubuhnya. Kombinasi warna warni yang kompleks pada jenis ini membuat keunikan tersendiri di mata pengagumnya.

Dengan corak yang mengandung unsur merah kekuningan dan putih, jenis ikan discus ini dibandrol dengan harga berikut.

– Ukuran 5 cm: Rp 50.000

– Ukuran 15 cm: Rp 80.000

– Ukuran 20 cm: Rp 110.000

– Ukuran 25 cm: Rp 150.000

10. Brown Discus

Discus jenis ini berwarna lebih kalem daripada jenis diskus lainnya. Warnanya terdiri dari campuran cokelat dan kuning dalam sembilan garis vertikal. Namun seiring dengan pertumbuhan usianya, garis-garis tersebut akan memudar.

Orang kemudian menjadikan tanda garis tersebut untuk mengetahui usia ikan discus ini. Dalam kondisi yang baik dan optimal, corak warna ikan ini akan berkembang dengan kombinasi jingga, merah, bahkan biru di sekitar sirip ekor, sirip perut dan kepala.

Ikan discus Brown ini sangat sensitif terhadap kondisi air habitatnya. Bahkan tingkat kejernihan warnanya tergantung pada kehidupannya yang terawat atau tidak. Misalnya, ikan ini akan muncul corak jingga ketika dia banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karotin.

11. Heckle Discus

Ikan ini dinamai Heckle Discus sebab ditemukan pertama kali oleh Doktor Heckle di tahun 1840. Ikan ini mempunyai ciri khusus yang disebut ‘Heckle Bars’ yang berupa garis-garis khusus. Satu garis terdaat di sekitar mata, kemudian garis yang lain terdapat pada sirip dubur. Namun ada juga garis-garis yang tampak lebih tipis tampak di sekitar tengah tubuhnya.

Heckle discus termasuk jenis yang harus ekstra dijaga karena susah untuk diternakkan dan sering dimangsa predator di habitat aslinya. Selain itu, ikan Heckle Discus ini lebih cocok di air yang sangat hangat ketika diternakkan dibandingkan ikan discus lainnya.

12. Albino White Snake

Ikan discus ini berwarna putih di sekujur tubuhnya seperti tampilan ular putih pada umumnya. Sirip punggungnya nampak tumbuh lebih lebar dari sirip perut dan ekornya. Ikan ini mempunyai mata merah yang tampak kontras dengan warna putih di seluruh tubuhnya.

14. Red Turquoise

Bercorak seperti jenis Snake Skin, ikan discus Red Turquoise ini bercorak totol-totol dengan garis vertikal. Garis-garis vertikal yang tampak berjumlah enam ini melintasi tubuhnya kecuali sirip dan kepala.

15. Golden Red Spotted

Ikan ini berwarna dasar kuning keemasan di seluruh tubuhnya dan memiliki corak titik-titik berwarna merah. Kedua mata kecilnya juga berwarna sama dengan titik-titik pada permukaan tubuhnya.

16. Red Dragon

Berwarna dasar putih, ikan discus ini memiliki corak unik menyerupai batik berwarna merah. Kepalanya dominan ditutup warna merah dengan warna mata hitam.

17. Wild Santarem Reds

Sesuai namanya, ikan discus ini berasal dari area Santarem, sekitar Amazon. Ikan ini tergolong wild discus yang berarti ikan liar asli dari sungai Amazon dan bukan hasil perkawinan silang. Tubuhnya ditutupi warna jingga kemerahan dengan warna sirip abu kehitaman, baik sirip punggung, perut atau ekor.

18. Jewels Diamond Spots

Ikan ini mempunyai warna dasar putih kekuningan di seluruh tubuhnya dan mempunyai bintik-bintik berwarna merah. Matanya mengikuti corak dari bintik di tubuhnya.

19. Hi Body Turquoise

Motif garis-garis mendominasi ikan discus jenis ini. Seluruh permukaan tubuhnya dihiasi garis-garis vertikal dari bagian kepala hingga dubur. Garis-garis berwarna cokelat ini tampak kontras dengan warna dasar putih kehijauan dari ikan Hi Body Turquoise ini.

20. Crimson Spotted

Nampak seperti hologram, ikan discus Crimson Spotted berwarna paduan merah muda, turquoise, dan biru. Pada bagian sirip punggungnya berwarna merah muda, sedangkan sirip dubur dan ekornya berwarna turquoise. Pada bagian tubuhnya terdapat kombinasi gradasi warna biru, turquoise dan merah muda dengan garis-garis vertikal berwarna biru. Jenis ikan discus ini kepalanya berwarna merah muda dan matanya berwarna hitam.

21. Leopard Diamond Spots

Ikan ini tidak kalah unik dan menarik. Ia hadir dengan berbagai motif mengesankan berupa garis-garis. Garis tersebut lebih mirip bercak mengingat penampakannya yang terputus-putus. Warna jenis ini cukup variatif mulai dari putih, semi coklat, hingga kuning dan oranye.

22. Golden Panda

Tentu saja warna jenis ikan discus yang satu ini juga sangat dekat dengan warna keemasan. Ia pun hadir dengan khas bentuk ikan discusnya. Sedangkan untuk perpaduannya, ada warna hitam di sekeliling tubuh ikan yang menghiasi hingga ke ekornya.

23. Leopard Yellow Diamond

Kalau jenis leopard sebelumnya mengandung garis yang terputus-putus, beda sekali dengan yang ini. Jenis ini lebih pekat warna kuningnya. Memang di tubuhnya ada gradasi warna, namun tidak ada motif khusus yang menyertainya. Kecuali di sisi atas bawah dan belakang ikan yang berkombinasi dengan warna hitam.

25. Green Mamba

Ikan discus jenis ini tampak mewah warnanya dengan disertai warna emas di beberapa sisi yang mengkilap. Sedangkan warna dasarnya adalah hijau yang lebih mirip ke tosca. Untuk bentuk, ia standar saja sebagaimana discus pada umumnya.

26. Hi-Fin Diamond

Jenis yang satu ini tampak polos namun disertai gradasi warna. Warna yang mendominasinya adalah birud dan hampir tidak ada perpaduan warna lainnya. Yang nampak hanyalah warna gelap di bagian ekor.

27. Brilliant Blue

Jenis disucs yang satu ini tampak sangat menarik dengan bentuk tubuh khas ikan disucsnya. Sedangkan penampilannya tampak memiliki garis bergelombang berwarna biru. Selain warna biru ada juga kombinasi warna semacam coklat pada tubuhnya yang menambah keindahan dan kemewahan ikan ini.

28. Golden Sunrise

Jenis ini memang memiliki warna yang sangat mirip dengan sunrise atau matahari terbit. Ini membuatnya tampak menyenangkan dipandang. Ada lagi yang membuatnya lebih mirip lagi dengan sunrise, yakni perpaduan warna. Selain warna oranye pekat, ada juga sentuhan warna kuning termasuk sebagai motif bercak-bercak pada ikan tersebut.

29. Cobalt Blue

Sesuai namanya tentu saja ikan yang satu ini berwarna biru. Selain biru, ada juga sentuhan warna hitam keabu-abuan pada tubuhnya. Bentuk corak pada ikan ini sangat unik dan menarik sehingga kedua warna tersebut menghasilkan keindahan tersendiri. Dengan warna dasar biru, ada garis hitam pedek di pinggir ikan dan motif hitam lebar di bagian tengahnya.

30. Giant Violent Blue

Dilihat dari motifnya, ikan ini sangatlah menarik. Ia tampak begitu mewah dengan warna biru mirip sisik pada tubuhnya. Belum lagi ditambah dengan beberapa gradasi warna gelombang yang membuatnya tampak semakin indah. Di bagian ekor dan sekelilingnya, jenis ini berwarna hitam.

31. Marine Blue

Ikan yang satu ini memang mengandung warna biru. Namun tidak lebih cenderung ke biru tua, bahkan seolah ada perpaduan dengan hijau tosca. Ini membuatnya sangat menairk. Demikian juga motif ikan yang unik dengan ekor biru menawan yang menyertainya.

32. Fire Works

Ikan discus jenis ini memiliki motif yang unik, yakni semacam garis putus-putus yang memenuhi tubuhnya. Untuk warna sendiri dasar kulit ikan berwarna putih, kemudian motifnya berwarna oranye. Di samping itu ada juga tambahan warna kuning pada bagian ekor dan kepala ikan meski tidak mendominasi.

33. Crimson Stopped

Jenis yang satu ini memiliki warna tubuh yang begitu menarik. Ada perpaduan banyak warna mulai dari pink, hijau, biru, oranye hingga biru keunguan. Perpaduan tersebut tersebar dibagian tubuhnya pada masing-masing part.

34. Golden Mosaic

Ikan ini memiliki motif yang mirip mozaik pada tubuhnya. Karena itulah dinamakan sedemikian rupa. Sedangkan warna dasarnya adalah warna emas yang berpadu dengan warna netral putih. Pada motif juga ada sentuhan warna oranye yang kian membuatnya menarik.

35. Melon Red

Jika melihat namanya saja, tentu sudah bisa dibayangkan bahwa ikan ini berwana merah. Dan memang benar demikian bahwa dominasi warnanya adalah merah. Namun ada juga warna putih sedikit kuning yang menjadi kombinasi pada tubuhnya. Karena itulah menjadi mirip-mirip dengan lemon. Bentuk ikan ini tanpak simple namun tetap saja sangat menarik.

Jenis Ikan Discus Lainnya :

36. Yellow White

37. Yellow Marlboro

38. White Face Marlboro Red

39. White Eruption

40. White Dragon

41. White Diamonds

42. White Butterfly

43. Web Pigeon

44. Violet Reflection

45. Tangerine Dream

46. Turquoise Pigeon

47. Super Red Turquoise

48. Super Red Royal

49. Super Blue Angel

50. Super Angel Diamond

51. Sunshine

52. Sunset Tiger

53. Striated Cobalt

54. Striated Blue Turquoise

55. Spotted Pigeon

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang jenis ikan discus, karakteristik, dan harganya di pasaran. Sudah mejadi rahasia umum bagi pencinta ikan hias bahwa ikan discus ini menyaingi pamor ikan louhan. Ikan ini bercorak warna terang sehingga cocok untuk dipajang di akuarium hias.

Harga ikan discus ini juga bervariasi sesuai corak dan warnanya. Semakin kompleks coraknya atau semakin rumit proses ternak dan perkawinan silangnya, harganya juga semakin tinggi. Seperti ikan hias unik lainnya, ikan discus memiliki perawatan yang khusus sehingga dibutuhkan kesabaran dan ketekunan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *