in

15 Cara Budidaya Ikan Bandeng dengan Berbagai Media

Budidaya Ikan Bandeng – Tentunya Anda sudah mengenal dengan baik yang namanya ikan bandeng. Rasanya yang enak, apalagi kalau dimasak dengan cara presto, ikan ini bisa lansung kalian makan tanpa khawatir tertelan atau mendapat duri yang menyangkut. Lalu bagaimanakah cara melakukan budidaya terhadap ikan yang satu ini? Nah kali ini akan membahas bagaimana cara lengkap budidaya ikan bandeng.

Budidaya ikan bandeng sekarang telah banyak dilakukan para pengusaha budidaya, karena bandeng merupakan jenis ikan yang banyak disukai masyarakat dan permintaan pasarnya cukup tinggi. Apakah kalian juga tertarik untuk melakukan budidaya ikan bandeng? Berikut ini jenis budidaya ikan bandeng yang bisa kalian pelajari. 

Budidaya Ikan Bandeng di Kolam Terpal

Jenis budidaya ikan bandeng yang pertama adalah di kolam terpal. Budidaya yang satu ini banyak dilakukan karena caranya yang praktis dan tidak memerlukan biaya besar, kalian hanya membutuhkan kolam terpal untuk melakukan budidaya ikan bandeng. Lalu bagaimana cara melakukannya?

Sebelum memulai budidaya ikan bandeng, kalian harus memilih dulu terpal yang berkualitas baik agar ikan yang di budidaya tidak berbau lumpur. Selain itu usahakan terpal yang digunakan tidak terkena geosim, apakah itu? Geosim adalah senyawa organik dengan bau dan aroma alami khas yang dihasilkan oleh sejenis Actinobacteria.

Bila terkena geosim, terpal akan memiliki bau tanah dan ikan bandeng nantinya akan memiliki rasa tanah, karena itu usahakan terpal tidak terkena geosim ataupun bakteri penghasil geosim. Untuk memberantas hama gunakan saponin yang nantinya ditebar di media budidaya.

Meskipun ikan bandeng termasuk jenis ikan yang mudah beradaptasi dengan air kondisi apapun, disarankan untuk menyediakan air bersih yang berkualitas agar terhindar dari lumpur dan limbah.

Saat memulai budidaya ikan bandeng di kolam terpal, pertama-tama pastikan lokasi yang digunakan jauh dari pemukiman, bersih, bebas limbah ataupun hewan liar yang bisa mengganggu ikan yang di budidaya seperti kucing.

Setelah itu suhu kolam harus mencapai suhu dua puluh enam hingga tiga puluh dua derajat celcius, jangan sampai suhu air dalam kolam terpal mengalami penurunan dibawah suhu dua puluh enam derajat ini sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup bandeng nantinya.

Kalian juga harus menentukan berapa banyak ikan bandeng yang ingin dibudidaya, satu kolam terpal bisa cukup untuk seratus ikan bandeng. Untuk berjaga-jaga, kalian bisa menyiapkan dua kolam terpal sehingga jika sudah melebihi seratus ikan bandeng, sisanya bisa dipindahkan ke kolam terpal yang satunya.

Budidaya Ikan Bandeng di Kolam Tembok

Media budidaya yang kedua adalah kolam tembok. Persiapan kolam tembok lebih lama dan susah dibanding kolam terpal, karena membuatnya membutuhkan waktu sekitar dua minggu dan tanah yang luas. Jika kolam tembok sudah jadi, disarankan jangan mengisi kolam dengan air terlebih dahulu.

Biarkan kolam kering, setelah itu taburkan pupuk kandang atau kompos ke seluruh permukaan kolam lalu diamkan lagi. Setelah itu, kalian bisa mengisinya dengan air sekitar dua puluh sampai tiga puluh centimeter.

Setelah kolam terisi dengan air, kalian bisa meletakkan daun-daunan seperti daun pisang, daun singkong, atau enceng gondok. Tanaman-tanaman ini berguna untuk menghangatkan suhu kolam. 

Langkah selanjutnya setelah kolam terisi adalah menyebar benih ikan bandeng, pilihlah benih yang terbaik dan berkualitas. Cara menyebar benih adalah dengan ukuran yang seragam, yaitu antara delapan sampai dua belas centimeter. Pastikan juga kondisi benih ikan bandeng sehat dan tidak ada yang cacat.

Budidaya Ikan Bandeng di Ember

Jenis budidaya selanjutnya yaitu di ember. Cara ini sangat praktis, karena ember mudah didapat dan melakukannya pun tidak begitu sulit. Pertama-tama isi ember berukuran kecil dengan air seratus liter. Dengan ember yang berukuran 100 liter air kita bisa menebar benih sekitar delapan puluh sampai seratus ikan bandeng.

Jika ingin menerapkan budidaya di ember, berikut ini alat-alat dan bahan yang harus disiapkan. Yang pertama tentu saja ember berukuran seratus liter dan benih ikan bandeng untuk menampung delapan puluh sampai seratus ikan bandeng.

Selain melakukan budidaya ikan bandeng, kelebihan tehnik ini adalah kalian juga bisa menanam kangkung diatas air dengan menggunakan gelas plastik. Jadi dengan tehnik budidaya di ember ini kita bisa melakukan dua usaha, yaitu merawat ikan bandeng dan menanam kangkung.

Pertama-tama kalian bisa melubangi gelas plastik yang sudah disiapkan, hal ini dilakukan agar kangkung yang ditanam nantinya bisa menyerap air. Berikutnya siapkan kawat, lalu potong kawat yang lentur tadi sekitar lima belas centi meter lalu bengkokan seperti huruf U. hal ini dilakukan agar kawat bisa dikaitkan di ember.

Selanjutnya, anda bisa mengisi gelas plastik tadi dengan bibit kangkung. Lalu isi gelas plastik dengan arang, ini digunakan untuk media pengganti tanah, sehingga air tidak tercampur dengan tanah atau lumpur. Setelah itu anda bisa mengisi ember dengan air, lalu biarkan selama tiga hari agar suhu stabil.

Setelah tiga hari, kalian bisa memasukkan bibit-bibit ikan bandeng ke dalam ember yang berisi air. Berikutnya kalian tinggal menunggu ikan-ikan bandeng panen dan kangkung yang ditanam membutuhkan waktu panen selama 4 bulan, setelah panen kalian bisa menggantinya dengan bibit kangkung yang baru.

Budidaya Ikan Bandeng di Akuarium

Jenis budidaya selanjutnya adalah di akuarium, mungkin banyak dari kalian yang belum tahu kalau akuarium juga bisa jadi media budidaya ikan bandeng. Akuarium juga biasa digunakan sebagai tempat budidaya ikan-ikan air tawar seperti bandeng. Berikut ini cara dan alat-alat yang harus digunakan untuk melakukan budidaya ikan di akuarium.

Pertama, siapkan akuarium kaca berukuran besar yang panjangnya satu meter dan kedalaman lima puluh centi meter. Lalu bersihkan akuarium dengan air agar terhindar dari kuman dan bakteri. Supaya lebih bersih kalian bisa mengelap kaca akuarium dengan alkohol tujuh puluh persen agar kuman dan bakteri di tempat itu hilang.

Langkah berikutnya kalian bisa memakai aerator di dalam akuarium, aerator berguna untuk menghasilkan gelembung udara yang gunanya adalah menggerakkan air di dalam akuarium agar airnya kaya akan oksigen terlarut yang mana sangat dibutuhkan oleh semua ikan air tawar seperti ikan bandeng.

Selanjutnya kalian sudah bisa mengisi akuarium dengan air, tapi jangan masukkan benih ikan bandeng terlebih dahulu. Kalian masih harus menunggu tiga hari barulah bisa memasukkan benih ikan bandeng kedalam akuarium.

Kalian juga harus memperhatikan kebersihan akuarium dengan mengganti airnya setiap seminggu sekali atau lebih baik tiga kali sehari untuk menghindari tumbuhnya kuman dan bakteri.

Cara Budidaya Bandeng Bagi Pemula

  1. Mempersiapkan media untuk budidaya.
  2. Memperhatikan kualitas air.
  3. Memperhatikan tingkat suhu air.
  4. Membuat media untuk proses pembesaran.
  5. Menyeleksi bibit bibit yang berkualitas.
  6. Menyiapkan media untuk menebarkan bibit.
  7. Proses penebaran bibit yang telah diseleksi.
  8. Proses pemeliharaan.
  9. Berikan pakan yang berkualitas.
  10. Dapat mengatasi setiap problem, baik itu hama dan penyakit.
  11. Panen.
  12. Pemasaran.

Rincian Jenis Pakan Ikan Bandeng

Untuk pakan perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis yang bisa Anda berikan. Di antaranya terdiri dari pakan utama ikan bandeng, pakan alternatif hingga makanan yang berupa suplemen. Makanan ini secara umum bisa juga terdiri dari pakan alami dan pakan buatan. Keduanya tentu saja sama-sama aman selama jenis yang dipilih pun merupakan jenis pakan yang sehat.

Dalam memberikan makan ikan bandeng dalam hal ini Anda harus rutin sehingga budidaya bisa berhasil. Selain itu pastikan juga menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisi ikan itu sendiri. Demikian juga dengan umurnya, tentu akan lebih baik jika Anda juga berusaha menyesuaikan hal tersebut. Berkaitan dengan suplemen, tentu saja penggunaannya sangat disarankan. Hal ini mengingat suplemen dapat menunjang pertumbuhan ikan bandeng sendiri.

Analisis Usaha Budidaya Ikan Bandeng

Ikan bandeng adalah ikan yang populer di Indonesia karena rasanya yang enak, bahkan bila di presto durinya menjadi empuk. Hal itulah yang membuat ikan ini menjadi banyak pilihan pengusaha budidaya ikan. Apa anda juga tertarik untuk berbisnis budidaya ikan bandeng? Berikut ini kami akan menjelaskan tentang analisis budidaya ikan bandeng.

Untuk memulai bisnis budidaya ikan bandeng, anda harus mempunyai tanah atau lahan luas untuk membangun tambak, ikan bandeng merupakan ikan laut, sehingga jika ingin membudidayakannya anda harus membuat tambak terlebih dahulu.

Tambak dalam perikanan adalah kolam buatan, yang biasanya ada di pesisir pantai. Karena itulah, bila anda ingin berbisnis ikan bandeng anda harus mempunyai lahan atau tanah di sekitar pantai.

Bagaimana cara membangun tambak? Untuk membangun tambak, anda bisa mencari orang yang ahli dan sudah terbiasa dalam membuat tambak atau kolam ikan. Setelah kolam atau tambak untuk bendeng sudah jadi, anda bisa mulai membeli bibit dan menyebarkannya di tambak.

Pilihlah bibit ikan bandeng yang berkualitas dan tidak cacat agar mendapat ikan bandeng kualitas terbaik saat panen nanti.

Selain itu untuk menjaga agar tanah dasar kolam tidak mengalami retak, anda bisa memberikan pupuk organik di dasar tanah agar tanah subur dan ditumbuhi lumut, lumut yang muncul bisa dijadikan makanan untuk bandeng dan tanah dasar kolam juga tidak mengalami retak-retak.

Dengan memberi pupuk organik di dasar kolam, anda tidak perlu memberikan pakan untuk ikan selama 2 minggu, karena bandeng bisa memakan lumut yang tumbuh di dasar kolam. Setelah 2 minggu, anda bisa memberi makan ikan bandeng dengan pakan berkualitas yang bisa anda cari di toko ikan atau hewan.

Ikan bandeng panen bisa selama 6 bulan jika tanah kurang subur karena itulah anda bisa memberi pupuk organik di dasar kolam untuk mempercepat panen ikan anda. Jika di dasar kolam sudah diberi pupuk, panen ikan bandeng bisa lebih cepat dari tidak diberi pupuk. Jika diberi pupuk organik panen bandeng bisa selama 5 bulan.

Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha budidaya ikan bandeng adalah sebesar 10.985.000. Modal itu akan dipakai untuk menyewa tanah bila anda belum mempunyai tanah untuk dijadikan tempat budidaya. Lalu juga untuk dibelikan pompa air, selang, jaring dan peralatan lainnya untuk menjalankan usaha budidaya ikan bandeng ini.

Selain modal awal, anda juga membutuhkan dana untuk operasional usaha budidaya ikan bandeng. Contohnya seperti bibit ikan bandeng yang bisa kalian cari di toko ikan, makanan ikan, pupuk untuk memunculkan lumut dan menyuburkan tanah, biaya air dan listrik, serta pekerja yang bisa membantu anda untuk menjalankan usaha ini.

Lalu apakah anda bisa mendapatkan keuntungan dari menjalankan usaha budidaya ikan bandeng ini? Tentu bisa, meskipun modal yang dibutuhkan cukup besar, keuntungan yang akan didapat juga besar. Satu ikan bandeng dihargai seharga 25.000, misalkan anda mempunyai ikan bandeng seberat 40 kg berarti harganya adalah 1.000.000. Bila anda bisa menjual sehari 40 kg, anda bisa mendapatkan 30.000.000 selama sebulan.

Dengan pendapatan kotor 30.000.000 sebulan dikurangi modal sebesar 10.985.000, berarti anda mempunyai penghasilan bersih sebesar 19.015.000, sangat untung bukan?

Namun untuk bisa balik modal, anda harus menunggu selama kurang lebih 5 bulan jika dasar kolam menggunakan pupuk organik. jika tidak memakai pupuk organik, anda harus menunggu lebih lama, yaitu 6 bulan. Selama menunggu panen, anda juga harus menyiapkan modal tambahan untuk berjaga-jaga.

Seperti menyiapkan makanan ikan yang banyak, biaya air dan listrik selama 5-6 bulan, serta gaji untuk pekerja jika anda tidak sanggup untuk melakukan perkerjaan ini sendiri. Selama menunggu 5-6 bulan itu, anda harus menyiapkan modal tambahan untuk berjaga-jaga sebesar 5.000.000, untuk membeli makanan ikan, biaya air dan listrik selama 5 bulan dan gaji untuk pekerja anda.

Melihat analisis di atas, masih tertarikkah Anda memulai usaha budidaya ini? Tentu saja minus maupun plus ini tergantung bagaimana Anda menjalankannya. Jika budidaya bisa dijalankan dengan baik dan serius, kemungkinan keberhasilannya pun tinggi.

Itulah tadi cara budidaya ikan bandeng dan pakan yang bisa kalian berikan, selamat mencoba dan memulai usaha Anda. Pastikan di sini Anda menjalankannya dengan tekun dan penuh kesabaran. Hal tersebut merupakan kunci keberhasilan yang memang harus dipegang teguh. Di samping itu Anda juga membutuhkan lebih banyak wawasan lagi dalam mengaplikasikan beberapa panduan cara di atas.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Gurami di Beragam Tempat

Selama proses budidaya maupun persiapannya sendiri, pastikan bahwa Anda terus menambah wawasan tentang budidaya ikan bandeng ini. Semakin tinggi wawasan yang Anda miliki maka akan semakin maksimal juga proses perawatan Anda selama budidaya ikan tersebut. Meski saat ini sudah banyak yang melakukan budidaya ikan bandeng, namun tingkat keberhasilannya tentu berbeda-beda. Oleh sebab itu wawasan tinggi sangat penting bagi Anda.  

Written by Portal Hewan