Advertisements
Connect with us

10 Ciri-Ciri Ikan Arwana Super Red – Cara Merawat, Gambar dan Harga

Ikan Arwana Super Red

Ikan

10 Ciri-Ciri Ikan Arwana Super Red – Cara Merawat, Gambar dan Harga

10 Ciri-Ciri Ikan Arwana Super Red – Cara Merawat, Gambar dan Harga

Loading...

Hewan.id – Ikan Arwana Super Red adalah jenis ikan Arwana yang memiliki tubuh warna merah menyala. Pada sisiknya nampak keperak-perakkan sehingga kalau kena cahaya matahari itu seperti berkilau. Makanya ikan ini jadi primadona untuk dipelihara di akuarium.

Memang hingga hari ini, Arwana itu masih jadi produk ikan hias unggulan. Permintaannya banyak. Orang yang membutuhkan ikan Arwana biasanya dari kalangan penghobi ikan. Mereka rela mengeluarkan banyak uang hingga jutaan untuk membeli ikan cantik ini.

Memang harga ikan Arwana Super Red itu mahal. Bisa mencapai hampir Rp10.000.000 untuk tiap ekornya. Bahkan konon ada yang sampai ratusan juta. Wah, ini benar-benar angka yang fantastis. Padahal belum tentu juga setelah dibeli si Arwana Merah ini bisa bertahan hidup lama. Untuk itu, dibutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang cara merawat ikan Arwana varietas Super Red ini.

Ikan Arwana Super Red

Ikan Arwana Super Red

Loading...

Perlu pula diketahui bahwa jenis ikan Arwana itu ada banyak. Tidak hanya si Super Red ini. Namun ada pula varian yang Golden Red. Harganya pun sama saja mahal. Jadi siap-siap saja lah kalau pelihara Arwana itu siapkan dompet yang tebal isi banyak uang.

Karena tingginya harga ikan Arwana Super Red, maka peminatnya sudah tentu dari kalangan berekonomi mapan. Mereka yang uangnya memang “sisa” dan “lebih” untuk bisa berfoya-foya dalam geliat tren memelihara ikan hias.

Biar bagaimana pun, ikan Arwana itu kan adalah jenis ikan hias air tawar yang menjadi mahal dikarenakan wabah tren. Nah, di bawah ini adalah penjelasan lengkap tentang ciri-ciri ikan Arwana Super Red, Cara Merawatnya, Harga, serta Gambarnya. Biar tidak bingung lagi membedakan dengan spesies yang lain.

10 Ciri-Ciri Ikan Arwana Super Red

Ciri-Ciri Ikan Arwana Super Red

Ciri-Ciri Ikan Arwana Super Red

Ciri-ciri ikan Arwana Super Red sangatlah jelas. Terutama pada warnanya yang merah sekali. Kalau pada jenis Arwana lain memang ada merahnya, namun hanya semu-semu saja. Kebanyakan adalah warna hitam. Namun, tubuh merah sempurna pada ikan ini dicapai di saat usia dewasanya. Jadi kalau masih kanak-kanak ikannya itu sama saja dengan varitas lain. Warnanya abu-abu agak kekuningan.

Maka disarankan jika ingin membeli dan memelihara ikan ini, maka konsultasikan dulu kepada ahlinya. Pastikan bahwa ikan yang hendak dibeli itu benar-benar ikan Arwana Super Red. Pasalnya dengan tingginya harga jual Arwana, banyak oknum yang nakal menipu para awam. Bilangnya varietas super red, ternyata bukan.

Untuk itu, langsung saja simak 10 ciri-ciri ikan Arwana Super Red di bawah ini, biar tidak salah mengenali:

  1. Warna tubuh ikan arwana super red dominan merah. Sisiknya pada bagian pinggir agak keperakan.
  2. Panjang tubuhnya mencapai 50-70 cm
  3. Bola matanya tidak terlalu besar, warna hitam
  4. Sirip punggung dan ekornya sebagaimana jenis arwana lainnya
  5. Tubuhnya agak gempal dan bisa tumbuh begitu gempal jika diberi makanan yang bagus
  6. Suka makan ikan-ikan kecil
  7. Senang di akuarium yang besar sendirian, tanpa ada ikan lain
  8. Sisik keperakannya kadang juga nampak keemasan
  9. Saat masih anakan, warna merahnya belum muncul
  10. Agak susah membedakan arwana super red dengam varietas lainnya saat masih kecil

Cara Merawat Ikan Arwana Super Red

"<yoastmark

Merawat ikan ini sama saja dengan merawat ikan pada umumnya. Mula-mula, terkait dengan pemilihan akuarium. Sebaiknya besar. Karena ikan arwana super red kan punya tubuh yang besar.

Akuarium yang besar dapat memberikan keleluasaan, jadinya ikan bisa berenang dengan bebas. Selain itu, akuarium besar juga akan memberikan nilai estetika karena bisa menampilkan dengan jelas bagaimana gaya ikan arwana super red dalam berenang. Menampilkan pesona merah meronanya yang bersinar keperakan. Dan penting pula diketahui bahwa akuarium besar juga mendukung tumbuh-kembang arwana agar mau besar maksimal ukuran tubuhnya.

Kemudian, yang kedua adalah pakannya, pilihlah makanan berkualitas tinggi. Biasakan memberikan pakan yang alami saja, meskipun banyak dijual pelet. Tapi kalau bisa menyiapkan pakan alami, kenapa tidak?

Banyak pengalaman orang menunjukkan bahwa ketika suatu binatang peliharaan diberi makan alami, yang bahkan kadang di luar mainstream, justru bisa mendukung binatang itu untuk mau tumbuh besar. Misalnya seperti kambing yang diberi makan kulit pisang, bakalan gemuk-gemuk. Dan bisa mencoba Arwana diberi makan kroto dan kodok. Pastilah jadi gemuk-gemuk pula.

Baca Lagi: 6 Ciri-Ciri Arwana Golden Red, Harga, Cara Merawat dan Gambarnya

Harga Ikan Arwana Super Red

Harga Ikan Arwana Super Red

Harga Ikan Arwana Super Red

Tubuh ikan Arwana Super Red sangatlah khas karena memiliki warna merah mencolok. Yang mana warna ini tidak dimiliki oleh varietas lain. Merahnya Arwana Super Red memberikan keunggulan pada harga jualnya. Jadinya harganya pun selalu tinggi di pasaran. Selalu di atas Rp1000.000.

Ada tips membeli ikan Arwana Super Red agar bisa mendapatkan harga yang miring, tapi juga kualitasnya bagus. Yaitu belilah kepada sesama pecinta arwana, biasanya harga yang dipatok kan adalah harga persahabatan.

Namun juga mesti melihat kualitas ikan itu. Jangan sampai membeli ikan yang ternyata tidak sehat. Yang ada ke depannya bakalan rugi. Karena ikan arwana super red nya cepat mati.

Loading...
Advertisements

Continue Reading

More in Ikan

To Top