Connect with us

6 Ciri-Ciri Arwana Golden Red, Harga, Cara Merawat dan Gambarnya

Arwana Golden Red

Ikan

6 Ciri-Ciri Arwana Golden Red, Harga, Cara Merawat dan Gambarnya

6 Ciri-Ciri Arwana Golden Red, Harga, Cara Merawat dan Gambarnya

Hewan.id – Ikan Arwana adalah jenis ikan endemik di perairan Asia Tenggara, khususnya Indonesia dan Malaysia. Arwana merupakan spesies ikan air tawar dari family Osteoglossidae yang lebih umum dijadikan ikan hias, ketimbang ikan konsumsi. Ikan ini jadi salah satu primadona di kalangan pecinta ikan hias. Bersaing dengan Cupang yang juga banyak penggemarnya. Memang ciri-ciri fisik dan warna tubuh ikan Arwana begitu menggoda dan memikat. Misalnya jenis ikan Arwana Golden Red, yang memiliki sisik dan kulit warna kuning keemasan, dengan sirip dan ekor kemerahan.

Spesies ini dianggap sebagai ikan arwana yang cukup mahal . Tidak peduli harganya jutaan, para kolektor yang maniak Arwana, pasti rela merogoh kocek dalam-dalam. Namun jika akan membeli ikan ini, sebaiknya hati-hati. Jangan sampai tertipu karena mayoritas ikan Arwana pada dasarnya memiliki sisik warna emas. Makanya untuk membedakan satu spesies dengan yang lainnya agak susah. Jangan sampai salah membeli Arwana Golden Red dengan Arwana Super Red misalnya. Untuk mengantisipasi hal menyedihkan semacam ini, maka belilah ikan Golden Red ini di penangkaran resminya.

Arwana Golden Red

Ikan Arwana, Family Osteoglossidae

Loading...

Ikan Arwana Golden Red

Nama Ikan: Arwana Golden Red

Julukan Lain: Arwana Emas, Ikan Naga Emas, Red-Tail Golden, Indonesian Golden Arowana

Spesies: Scleropages aureus

Habitat Asli: Perairan Indonesia

Penyebaran: Asia, Afrika, Australia, Amerika

Sejarah: Ikan Arwana adalah salah satu jenis ikan purba. Sudah ditemukan sejak 220.000.000 tahun yang lalu. Spesies Arwana Golden Red pun ditaksir muncul ratusan juta tahun yang lalu.

Mitos: Semua ikan Arwana dianggap bagaikan Naga. Memelihara Arwana akan membawa keberuntungan. Tapi yang paling menguntungkan adalah Arwana Golden Red.

Arwana Golden Red

6 Ciri-Ciri Arwana Golden Red

1. Bentuk dan Ukuran Tubuh

Bentuk ikan Arwana Golden Red sebagaimana jenis Arwana lainnya. Memanjang dengan sisik yang besar-besar. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 40 cm. Biasanya pada ukuran 20-25 cm saja sudah diperjualbelikan. Anakan Golden Red hampir susah dibedakan dengan anakan spesies lain. Makanya sebaiknya kalau mau membeli ikan ini saat ukurannya sedang sekitaran 15-20 cm. Biar langsung ketahuan ini jenis Red-Tail atau bukan.

2. Warna Kulit, Sisik, Sirip, Punggung

Warna dasar kulit dari Arwana Golden Red bisa bermacam-macam. Mulai dari hitam, biru, hijau maupun emas. Makanya terkadang penampakkan satu ikan Golden Red dengan yang lainnya berbeda. Tergantung dari warna dasar kulitnya ini. Namun kalau urusan sisik dan sirip sama semua. Sisiknya warna emas, siripnya warna merah dan punggungnya kehitaman.

Yang membedakan spesies ini dengan jenis Arwana berwarna emas lainnya yaitu pada proporsi warna emas itu sendiri. Kalau Golden Red itu warna sirip emasnya hanya sampai baris ke-4, jika dihitung dari bawah perut. Jika sudah habis warna emas ini biasanya akan muncul warna kemerahan yang kemudian bertemu dengan punggung yang gelap.

3. Ciri-Ciri Sirip, Ekor, Sisik dan Sungut

Bentuk tubuh ikan Arwana Golden Red yang memanjang membuatnya nampak seperti tidak memiliki sirip punggung. Padahal ada, di dekat ekornya. Sirip perutnya juga ada. Pun dengan sirip di dekat ekor. Warna siripnya emas campur kemerahan. Inilah yang membuatnya dinamakan Golden Red.

Arwana Golden Red punya sisik yang tegas. Diameter sisiknya pun besar-besar. Nampak sekali sekat-sekat sisiknya. Ada yang unik dari ikan ini, yaitu memiliki Sungut di dekat bibirnya. Tapi sungutnya nampak besaran seperti dua buah duri yang tertancap. Sungutnya ini juga agak keras dan tebal, tidak seperti sungut Catfish (ikan lele) yang seperti kumis.

4. Macam-Macam Jenis Arwana Golden Red

Ada yang unik dari Arwana Golden Red. Ternyata dalam satu spesies ini masih dibagi lagi ke dalam sub-sub spesies atau jenis. Berdasarkan dengan kriteria warna siripnya. Perbedaan kriteria itu terkait dengan level sisik keemasannya, sampai manakah warna emas ini.

Di bawah ini adalah macam-macam jenis Arwana Red-Tail Golden yang sudah teridentifikasi:

  • Red-Tail Golden Arwana: sisik keemasan sampai level 4
  • Highback Golden Arwana: sisik keemasan sampai level 5
  • Super Highback Golden Arwana: sisik keemasan sampai level 6
  • Crossback Golden Arwana: sisik keemasan menutupi seluruh tubuh, berasal dari Malaysia

5. Habitat Asli dan Penyebaran

Untuk jenis Red-Tail Golden Arwana atau Ikan Arwana Golden Red ini habitat aslinya berasal dari perairan Indonesia, terutama Sumatera. Ikan ini banyak pula ditemukan di perairan sekitaran Riau dan Kepri. Namun bukan berarti di lautan lain tidak ada. Tentu saja ada. Karena ikan ini pun bisa migrasi dan menyebar bahkan ke benua lain, hingga Eropa, Asia, dan Amerika.

Namun untuk jumlah Arwana Red-Tail ini di alam aslinya sudah semakin langka dan dikategorikan hampir punah. Apalagi dengan santernya penangkapan. Makanya sedang digalakkan pemijahan atau pembenihan ikan ini di penangkaran. Supaya ikan purba ini tidak lenyap dari alam semesta ini.

6. Budidaya dan Penangkaran

Budidaya dan penangkaran ikan Arwana Golden Red dilakukan untuk tujuan komersil jual-beli ikan hias. Namun juga untuk keperluan ilmiah seperti riset. Selain itu juga mulai digalakkan untuk tujuan pelestarian karena ikan ini hampir punah. Baik Indonesia maupun Malaysia, kedua negara ini sama-sama berusaha melestarikan ikan bersisik emas ini.

Harga Arwana Golden Red

  • Ikan Arwana Golden Red ukuran 10-12 cm: Rp2000.000
  • Arwana Golden Red ukuran 20-25 cm: Rp3500.000
  • Ikan Arwana Highback Golden ukuran 10-12 cm: Rp4000.000
  • Arwana Highback Golden ukuran 20-25 cm: Rp5000.000
  • Ikan Arwana Super Highback Golden ukuran 10-12 cm: Rp6000.000
  • Arwana Super Highback Golden ukuran 20-25 cm: Rp7000.000
  • Ikan Arwana Crossback Golden ukuran 10-12 cm: Rp10.000.000
  • Arwana Crossback Golden ukuran 20-25 cm: Rp25.000.000

 

Gambar-Gambar Arwana Golden Red

 

 

Arwana Golden Red Kecil

Arwana Golden Red Kecil

 

Red Tail Golden Arwana

Red Tail Golden Arwana

 

Ikan Arwana Golden Red

Cara Merawat Arwana Golden Red

Cara merawat ikan Arwana Golden Red ini tidak ada bedanya dengan cara merawat ikan hias lainnya. Ikan ini bisa dipelihara dalam aquarium yang memiliki air bersih dan sirkulasi udara bagus. Menambahkan asesoris berupa tanaman-tanaman artificial dan batu-batuan akan membuat ikan ini jadi lebih nyaman dalam aquarium sehingga angka harapan hidupnya tinggi.

Untuk pakan Arwana Golden Red bisa bermacam-macam karena ikan ini jenis ikan karnivora alias pemakan daging-dagingan. Bisa coba memberikan cacing sutra atau cacing darah beku pada ikan yang masih muda umurnya (anakan). Dapat pula dengan kecebong atau katak-katak kecil.

Sedangkan untuk yang ukurannya sudah besar di atas 20 cm, bisa mencoba lebih variatif dengan memberi makan kodok besar, ikan-ikan kecil, kelabang, kecoa atau pelet juga bisa. Pokoknya untuk memelihara Arwana jenis ini mudah saja kok urusan pakan. Yang penting adalah kondisi aquarium harus selalu bersih dan cukup kadar oksigennya.

Loading...

Continue Reading
2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: 110 Jenis Ikan Laut, Nama-Nama, Habitat, Ciri Fisik, Sifat dan Gambarnya

  2. Pingback: 10 Ciri-Ciri Ikan Arwana Super Red - Cara Merawat, Gambar dan Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ikan

Lihat Juga

Perbedaan Kodok dengan Katak
Contoh hewan amfibi diplocaulus
Contoh hewan amfibi
Jenis Ikan Koi, Budidaya Ikan Koi, Ikan Mas Koi
Burung Walet Collocalia vestita
Bekantan
Ayam Serama Sombong, Fakta Ayam Serama
Fakta Tupai Kekes
Fakta Bajing Kelapa
Jenis Tupai, Spesies Tupai, Tupai Endemik
Beda Bajing dengan Tupai
Jenis Bajing, Bajing Hidung Panjang
Harga Ikan Koki, Jenis Ikan Koki
Mitos Ayam Cemani
Harga Ayam Kampung Terbaru Hari Ini
To Top