17 Harga Kucing Anggora Berdasarkan Ras, Warna dan Umurnya
Advertisements

17 Harga Kucing Anggora Berdasarkan Ras, Warna dan Umurnya

Kucing Anggora Bermata Ganjil

Harga

17 Harga Kucing Anggora Berdasarkan Ras, Warna dan Umurnya

17 Harga Kucing Anggora Berdasarkan Ras, Warna dan Umurnya

Hewan.id – Kucing Anggora adalah seekor kucing ras asli yang berasal dari Turki. Di negara Turki sendiri, spesies kucing anggora dilindungi dengan baik oleh pemerintah. Terutama yang jenis Anggora Bermata Ganjil. Ini adalah kucing yang memiliki warna bola mata berbeda, antara yang kanan dengan yang kirinya. Warnanya adalah biru dan kuning keemasan. Harga Kucing Anggora cukup terjangkau, kisaran Rp1000.000 – Rp10.000.000.

Kenapa Anggora Bermata Ganjil ini dilindungi, tak lepas dari urban legend yang berkembang di Turki. Bahwa konon, kucing dengan warna bola mata yang berbeda ini adalah penjelmaan reinkarnasi dari Mustafa Kemal Ataturk. Ia adalah pemimpin revolusi turki. Yang membawa Turki lepas dari sistem kerajaan Islam (kekaisaran ottoman), menjadi sebuah negara yang republik dan nasionalis.

Kucing Anggora Bermata Ganjil

Kucing Anggora Bermata Ganjil

Masyarakat Turki masih memandang Kemal Ataturk sebagai sosok yang penting dalam sejarah Turki. Konon ketika Kemal Ataturk itu sedang sekarat hampir mati, ia mengatakan ingin lahir lagi ke dunia. Ia akan lahir kembali dalam wujud seekor kucing anggora putih yang memiliki warna mata berbeda, biru dan kuning keemasan.

Jika ditilik dari sudut pandang spiritual, biru dan kuning keemasan itu adalah warna dari mata batin. Memang warna ini bukan sembarang warna, namun menjadi ciri dari aktifnya cakra ajna, sebuah gerbang energi mata batin yang mampu menembus alam gaib.

Kemudian terlepas dari warna mata kucing ganjil ini. Asal-usul kucing Anggora masihlah simpang siur. Ada yang mengatakan kucing ini berasal dari Turki, namun ada pula yang mengatakan kucing ini dari Afrika. Anggora dulunya adalah kucing liar yang kemudian menjadi jinak karena dijinakkan oleh masyarakat Suku Tartar.

Harga Kucing Anggora yang variatif ini sangat tergantung pada beberapa hal, yaitu:

Harga Kucing Anggora Turki

Harga Kucing Anggora Turki

Ras

Kalau berdasarkan ras ini maksudnya adalah harga kucing Anggora yang ditentukan dari ras asli atau ras lokal. Kalau ras Asli yang langsung berasal dari Turki, tentu harganya jauh lebih mahal. Sedangkan kalau ras lokal ini hasil budidaya atau pengembangbiakkan di luar Turki, harganya jauh lebih murah.

Loading...

Ras ini juga menyangkut dengan ciri fisik. Harga Kucing Anggora bermata ganjil yang punya 2 warna mata itu jauh lebih mahal. Dibandingkan Anggora dengan 1 warna mata

Umur

Masalah harga kucing Anggora ini juga sangat ditentukan oleh umur. Kitten alias anakan Anggora dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah. Ketimbang Anggora yang sudah berumur 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun. Tapi sebaiknya kalau membeli Anggora itu yang umurnya 6 bulan. Ini sudah sangat ideal.

Baca Lagi: 3 Tips Memelihara Kucing Persia, Anggora dan Savannah

Jenis Kucing Anggora Berdasarkan Ras, Warna dan Umurnya

Tips Pelihara Kucing Anggora

Kucing Anggora

Untuk mengelompokkan jenis kucing Anggora ini memang agak sulit. Pasalnya, kucing ini pada dasarnya hanya terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu: Ras Asli dan Ras Campuran. Kedua ras ini pun sangat mempengaruhi harga kucing anggora.

Kalau yang Ras Asli merupakan kucing anggora berdarah murni. Yang mana genealogi dan perkawinannya sangat dijaga, baik di Turki maupun di negara lainnya. Cara menjaganya tentunya dengan mengawinkan Anggora Asli hanya dengan Anggora Asli. Ini untuk menjaga kemurnian trah.

Sedangkan Ras Campuran adalah jenis kucing Anggora yang sudah melalui perkawinan silang dengan Anggora yang Bukan Ras Asli. Contohnya: perkawinan antara Kucing Anggora Turki dengan Kucing Persia. Di mana anakan mereka, akan dianggap sebagai Anggora Campuran alias Anggora Bukan Ras Asli.

Namun tidak perlu terlalu pusing dalam mengelompokkan yang demikian. Karena Organisasi Pendaftaran Kucing sendiri fokus melakukan klasifikasi Anggora sebatas pada warna dan corak bulunya. Semakin bagus warna dan coraknya, harga kucing anggora pun akan melejit.

Berikut adalah 9 Jenis Anggora yang sudah teridentifikasi dan sangat mempengaruhi harga kucing anggora:

Harga Kucing Anggora

Kucing Anggora

1. Anggora Turki Bermata Ganjil

2. Anggora Turki Bermata Normal

3. Anggora Turki dengan Tutul Kehitaman dan Perak

4. Anggora Turki Berwarna Bagaikan Asap Hitam Kelabu

5. Anggora Turki Berwarna Bagaikan Asap Biru

6. Anggora Turki Berwarna Hitam

7. Anggora Turki Berwarna Hitam dan Putih

8. Anggora Turki Berwarna Coklat Tua

9. Anggora Turki Berwarna Krem dan Putih

Ke-9 Jenis Anggora di atas adalah ras asli yang dijaga kemurniannya. Kalau pun Anggora sudah berada di luar Turki, akan selalu ada upaya dari pemilik kucing ini untuk mengawinkan hanya dengan sesama Anggora Ras Asli.

Untuk masalah harga kucing Anggora, rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Harga Kucing Anggora Ras Asli Kitten Baru Lahir: Rp1000.000
  2. Ras Asli Kitten Umur 3 Bulan: Rp2500.000
  3. Kucing Anggora Ras Asli Umur 6 Bulan: Rp5000.000
  4. Anggora Ras Asli Umur 1 Tahun: Rp10.000.000
  5. Harga Kucing Anggora Ras Campuran Kitten Baru Lahir: Rp500.000
  6. Ras Campuran Kitten Umur 3 Bulan: Rp1000.000
  7. Kucing Anggora Ras Campuran Umur 6 Bulan: Rp2000.000
  8. Anggora Ras Campuran Umur 1 Tahun: Rp5000.000
  9. Harga Kucing Anggora Turki Bermata Ganjil: Rp15.000.000
  10. Bermata Normal: Rp10.000.000
  11. Harga Kucing Anggora Tutul Kehitaman dan Perak: Rp12.000.000
  12. Berwarna Bagaikan Asap Hitam Kelabu: Rp14.000.000
  13. Bagaikan Asap Biru: Rp13.000.000
  14. Harga Kucing Anggora Berwarna Hitam: Rp10.000.000
  15. Hitam dan Putih: Rp9000.000
  16. Berwarna Coklat Tua: Rp8000.0000
  17. Harga Kucing Anggora Krem dan Putih: Rp11.000.000

 

Loading...
Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Harga

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top