15 Harga Ikan Louhan Terbaru 2018, Terlengkap dan Terupdate
Advertisements

15 Harga Ikan Louhan Terbaru 2018, Terlengkap dan Terupdate

Harga Louhan Terbaru

Harga

15 Harga Ikan Louhan Terbaru 2018, Terlengkap dan Terupdate

15 Harga Ikan Louhan Terbaru 2018, Terlengkap dan Terupdate

Hewan.id – Ikan Louhan pernah menjadi trendsetter ikan hias sekitar tahun 2003-an. Kala itu, Harga Ikan Louhan mendadak melambung tinggi. Permintaannya banyak dan stoknya mulai langka. Ikan dengan penampilan kepala cunong ini dipandang sebagai “simbol kekayaan dan kemapanan”. Biasanya hanya orang kaya dan mapan saja yang sanggup membelinya.

Dulu, orang yang memiliki uang banyak pastilah membeli ikan louhan “yang sudah jadi”. Maksudnya adalah louhan yang kepalanya sudah sangat nonong. Dahi menonjol ini kan justru jadi ciri khas ikan ini. Sampai-sampai orang melakukan berbagai cara agar dahi lohannya makin nonong tiap harinya.

Harga Ikan Louhan

Memang kepala cunong pada ikan ini justru membuat harga ikan louhan jadi makin mahal. Selisihnya bisa puluhan kali lipat. Harga louhan yang kepalanya datar-datar normal saja itu palingan dengan uang 2 juta rupiah saja bisa dapat. Beda dengan Louhan yang kepalanya cunong. Bisa 10 hingga 20 juta. Bahkan lebih.

Ada-ada saja memang tingkah laku dan tren para maniak ikan. Sampai-sampai muncul berbagai trik untuk membuat ikan louhan jadi cunong dahinya. Yaitu dengan membuat kolam akuariumnya memiliki dinding kaca yang dapat untuk bercermin si ikan louhannya itu.

Ikan itu kan cenderung suka bertarung kalau jumpa dengan ikan lainnya. Apalagi kalau belum terbiasa. Makanya ikan ini pada akhirnya menubruk-nubrukkan kepalanya ke akuarium yang mencerminkan bayangan tubuhnya itu sendiri. Layaknya kejedot, maka lambat laun kepala ikan louhan ini pun jadi jenong.

Loading...

Harga Louhan Terbaru

Harga ikan louhan jenong yang kelewat mahal pernah dikritik oleh para pemerhati konservasi ikan. Karena semua orang jadi berlomba-lomba menjenongkan kepala ikan louhannya. Padahal ikan itu kan bernyawa dan bisa sakit.

Manusia saja kalau menabrakkan kepalanya ke kaca sakit, begitu pun dengan ikan. Meski ini perilaku natural si ikan sendiri. Tapi tetap saja ini dianggap sebagai penganiayaan yang seharusnya tidak terjadi. Apalagi pernah beberapa kali terekspos orang yang sengaja membenturkan kepala ikan louhan agar jenong.

Meskipun harga ikan louhan memang fantastis. Namun ikan tetap makhluk hidup yang berhak hidup nyaman. Meski tergolong ikan hias untuk dipelihara, tetap saja ikan ini tak selayaknya dieksploitasi begitu. Malah pernah pula ada orang yang saking penasaran sama isi dari jenong kepala ikan louhannya, ia membedah ikan itu.

Gambar Ikan Louhan, Harga Louhan

Ia melongok ke dalam kepala jenong louhannya dan memastikan sebenarnya isinya apa sih. Kemudian setelah membedahnya, pria ini kemudian menggoreng louhannya yang katanya harga louhan miliknya itu menyentuh Rp8000.000.

Sontak saja, netizen geram dengan tindakan pria iseng itu. Dan pada akhirnya lambat laun dengan semakin banyaknya kasus ikan louhan. Pada akhirnya pamor ikan ini surut. Tidak lagi jadi primadona ikan hias. Harganya pun perlahan turun. Dan bahkan keberadaannya hilang dari pasaran.

Profil Ikan Louhan, Si Jidat Jenong

Foto Ikan Louhan, Harga Ikan Louhan

Nama Populer: Ikan Louhan

Nama Spesies: Amphilopus trimaculatus

Penyebutan Nama Lain: Flowerhorn Fish, Karoi, Ikan Kapal Perang, Ikan Benjol Kelam

Ciri Fisik: Benjol jenong di kepalanya, corak seperti aksara cina di tubuhnya (pinggir tubuh)

Habitat Asli: Taiwan dan Malaysia

Mitos: Ikan Pembawa Keberuntungan dan Nasib Baik, Membuat Orang Jadi Kaya

Masa Popularitas: 1993-2009

Puncak Popularitas: 2003

Harga Ikan Louhan: Rp200.000 – Rp200.000.000

Jenis Perairan: Ikan Air Tawar

Ikan Louhan Keren, Harga Ikan Louhan

Ikan Louhan sejak awal pembenihannya di tahun 90-an, kerap disilangkan dengan Ikan Parrot Chiclid. Sama-sama ikan hias yang cantik tapi galak. Mungkin kegalakan dari Louhan yang selama ini dikenal luas masyarakat itu benar-benar merupakan kode genetik dari Parrot Fish. Maklum saja, mayoritas ikan louhan yang beredar saat ini kan hasil dari perkawinan silang dengan si Chiclid itu.

Oleh karena Louhan dianggap bukan varietas murni lagi. Mulai banyak orang yang mengkritik. Terutama dari para pecinta ikan parrot chiclid itu. Louhan itu hanyalah sebuah tren yang terlalu dipaksakan. Dan karena mulai banyaknya muncul stigma buruk tentang Louhan, ikan ini hilang dari trendsetter. Dan harga ikan louhan pun merosot.

Beruntung bagi orang yang pernah memiliki ikan louhan ini dan menjualnya dikala harga louhan masih mahal. Jadi dirinya tidak rugi-rugi banget. Tapi tetap saja sih rugi, karena menjelang masa punahnya popularitas, ikan ini kan harganya memang turun drastis.

Baca Lagi: 16 Harga Ikan Arwana Terbaru, Kualitas Unggulan Cocok untuk Bisnis

Di bawah ini adalah daftar harga louhan berdasarkan dengan jenis-jenisnya:

Ikan Louhan Jenong, Harga Ikan Louhan, Isi Jenong Kepala Louhan

1. Harga Ikan Louhan Strom

Harga Louhan Strom adalah Rp10.000.000

2. Harga Ikan Louhan Kemalau

Harga Louhan Kemalau adalah Rp12.000.000

3. Harga Ikan Louhan Super Red Synspillum

Harga Louhan Super Red Synspillum adalah Rp15.000.000

4. Harga Ikan Louhan Golden Base

Harga Louhan Goden Base adalah Rp10.000.000

5. Harga Ikan Louhan Rainbow King

Harga Louhan Rainbow King adalah Rp18.000.000

6. Harga Ikan Louhan Cencu

Harga Louhan Cencu adalah Rp10.000.000

7. Harga Ikan Louhan Super Red Texas

Harga Louhan Super Red Texas adalah Rp25.000.000

8. Harga Ikan Louhan Super Red Kamfa

Harga Louhan Super Red Kamfa adalah Rp28.000.000

9. Harga Ikan Louhan Super Red Dragon

Harga Louhan Super Red Dragon adalah Rp30.000.000

10. Harga Ikan Louhan King Kamfa

Harga Louhan King Kamfa adalah Rp40.000.000

11. Harga Ikan Louhan ACDC

Harga Louhan ACDC adlah Rp10.000.000

12. Harga Ikan Louhan Thai Silk

Harga Louhan Thai Silk adalah Rp15.000.000

13. Harga Ikan Louhan Red Magma

Harga Louhan Red Magma adalah Rp30.000.000

14. Harga Ikan Louhan Kamfa Tiger Series

Harga Louhan Kamfa Tiger Series adalah Rp50.000.000

15. Harga Ikan Louhan Kamfa Viper Series

Harga Louhan Kamfa Viper Series adalah Rp30.000.000

Harga-harga di atas tidaklah paten. Namun merupakan harga yang fluktuatif dan diambil rata-ratanya. Dan perlu pula ditekankan di sini bahwa kini popularitas ikan louhan semakin menipis. Sehingga harganya pun bisa menjadi sangat murah.

 

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Harga

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top