> > 18 Harga Ikan Hias Terbaru 2018, Berdasarkan Jenis-Jenis Ikan
Connect with us

18 Harga Ikan Hias Terbaru dan Terpopuler Tahun 2018

Harga Ikan Hias

Harga

18 Harga Ikan Hias Terbaru dan Terpopuler Tahun 2018

18 Harga Ikan Hias Terbaru dan Terpopuler Tahun 2018

Hewan.id – Ikan Hias adalah jenis ikan air tawar maupun laut yang fungsinya untuk keindahan semata. Pemanfaatannya hanya sekadar dipelihara karena keindahan tubuhnya. Meskipun sebenarnya aman-aman saja dimakan, namun sudah terlanjur ada dikotomi antara “ikan hias” dengan “ikan konsumsi”. Harga ikan hias biasanya jauh lebih mahal daripada ikan konsumsi.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sedang menggenjot laju ekspor ikan hias. Di bawah komando sang menteri nyentrik, Susi Pudjiastuti, kini ikan hias sedang digenjot produksinya dan laju ekspornya. Karena KKP menganggap Indonesia masih tertinggal dari Singapura dan negara lain. Ekspor Ikan Hias Indonesia baru di peringkat ke-5 di dunia. Padahal Singapura yang negaranya kecil bisa menduduki peringkat 1.

Harga ikan hias yang dari Singapura bahkan bisa lebih mahal dari Indonesia. Ini tentu saja menjadi pertanyaan besar. Kenapa Indonesia yang notabene punya laut 2/3 luas wilayahnya. Dengan garis pantai terpanjang di dunia. Kok bisa kalah dari Singapura yang negara kecil sekali? Itulah kenapa, kini Menteri Susi dan KKP ingin mencoba menggarap pangsa pasar ikan hias ini.

Harga Ikan Hias

Tidak dapat dipungkiri bahwa hobi ikan hias ini adalah hobi yang sifatnya universal. Manusia di berbagai negara punya hobi ikan. Permintaan akan ikan hias sangatlah tinggi. Untuk itu, seharusnya Indonesia mampu menunjukkan taringnya dengan menyajikan komoditi ikan ini dengan melimpah.

Apalagi Indonesia pun punya banyak sekali spesies ikan hias. Mengingat lautan Indonesia pun dihimpit oleh 2 samudera besar, Hindia dan Pasifik. Banyak ikan endemik maupun ikan migrasi yang berenang-renang di lautan nusantara ini. Jika demikian, harga ikan hias pun seharusnya Indonesia berani bermain mahal. Asalkan kualitasnya memang jempolan.

Loading...

Pemerintah Indonesia sendiri menyadari bahwa selama ini kelemahan Indonesia dalam bidang ekspor ikan hias ada pada distribusinya. Masalah penangkapan di lautan sudah baik. Ikan dalam kondisi bagus. Pengemasan pun berusaha baik. Tapi terkadang saat dibawa dalam perjalanan, banyak ikan yang jadi turun kualitas.

Harga Ikan Hias Air Laut

Ikan Hias itu sama saja dengan ikan konsumsi. Kalau ada sedikit saja kerusakan dan cacat, pastilah tidak akan dibeli. Harga ikan hias nya pun jadi jatuh. Bahkan sama sekali tidak laku lagi.

Untuk itu, Indonesia mesti belajar kepada negara-negara yang sukses di bidang ekspor ikan hias ini. Jangan mau kalah dari negara-negara kecil yang ternyata mampu jadi pioneer number one untuk urusan ekspor ini. Meskipun Indonesia sudah menduduki ranking 5 sedunia, tetap saja, harusnya setidaknya masuk ranking 1 atau 2.

Masalah harga ikan hias yang fluktuatif juga sangat bergantung pada permintaan dan ketersediaan stok. Meskipun ekspor sudah digenjot, tapi kalau ikan di lautan tidak ada. Maka akan susah pula. Biasanya kelangkaan ikan hias di laut terjadi karena faktor alam maupun faktor manusia.

Harga Ikan Hias

Kalau faktor manusia, itu misalnya karena gencarnya penangkapan tanpa disertai upaya pelestarian. Ikan terus menerus ditangkapi, sampai kepada benih-benihnya. Ini membuat pasokan ikan hias di laut jadi langka. Dan akhirnya dampaknya ada pada harga ikan hias yang jadi melambung tinggi.

Sedangkan faktor alam misalnya karena ada El Nino atau La Nina. Atau badai laut yang menyebabkan arus laut jadi ekstrim dan ikan-ikan jadi pada mati atau migrasi jauh. Ini juga dampak yang kerap membuat kelangkaan dan tingginya harga ikan hias di pasaran.

Selain ikan hias air laut, ada pula ikan hias air tawar. Ini artinya jenis ikan yang hidup di perairan bukan laut. Misalnya, ikan sungai dan danau. Biasanya untuk mencari ikan hias air tawar sangat sulit. Karena tidak di semua sungai dan danau ada. Alih-alih mendapatkan ikan hias, malah kebanyakan orang hanya mendapat ikan konsumsi.

Baca Lagi: 110 Jenis Ikan Laut, Nama-Nama, Habitat, Ciri Fisik, Sifat dan Gambarnya

Di bawah ini adalah harga ikan hias terbaru dan terpopuler:

Harga Ikan Hias Air Tawar

1. Harga Ikan Cupang

Harga ikan hias cupang beragam. Tergantung dari ukurannya. Mulai dari Rp2000 hingga Rp100.000 per ekor.

2. Harga Ikan Arwana

Harga ikan hias arwana juga beragam. Mulai Rp500.000 hingga puluhan juta rupiah. Tergantung pada jenis dan umurnya.

3. Harga Ikan Louhan

Harga ikan hias louhan pada masa kejayaannya cukup mahal. Bisa mencapai puluhan juta rupiah per ekor.

4. Harga Ikan Koi

Jika ingin tahu harga ikan hias koi terbaru, sebaiknya langsung datang ke toko ikan. Karena jenis ikan ini cenderung sangat fluktuatif. Perkiraan harganya antara puluhan ribu hingga belasan juta.

5. Harga Ikan Koki

Harga ikan hias yang dijuluki koki atau mas koki ternyata juga cukup menguras kantong. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

6. Harga Ikan Black Ghost

Jika ingin membeli ikan black ghost haruslah sabar. Karena susah sekali dapatnya. Harga ikan hias ini pun mhal, selalu di atas 1 juta.

7. Harga Ikan Botia

Harga ikan hias botia adalah Rp2000.000 kurang lebih.

8. Harga Ikan Corydoras

Harga ikan hias corydoras pun sebagaimana pada umumnya ikan hias. Paling mahal 5 juta.

9. Harga Ikan Tetra

Ikan tetra bentuknya kecil. Tapi harga ikan hias ini adalah Rp4000.000-an.

10. Harga Ikan Angelfish

Harga ikan hias angelfish kisaran Rp5000.000.

11. Harga Ikan Watchman Goby

Harga ikan hias watchmangoby adalah Rp5000.000-an.

12. Harga Ikan Blue Devil

Jika ingin membeli blue devil. Pastikan dulu uang cukup untuk menebus harga ikan hias ini yang bisa tembus 10 juta per ekor.

13. Harga Ikan Botana Blue Tang

Harga ikan hias botana blue tang kisaran 1 juta hingga 6 juta rupiah.

14. Harga Ikan Yellow Tang

Sedangkan harga ikan hias berwarna kuning Yellow Tang ini adalah Rp5000.000 hingga Rp15.000.000 per ekor.

15. Harga Ikan Badut

Harga ikan badut murah kok. Ratusan ribu saja sudah dapat.

16. Harga Ikan Dottyback

Harga ikan dottyback adalah 500.000 hingga dua juta rupiah.

17. Harga Ikan Lionfish

Harga ikan hias lionfish kisaran Rp1000.000, tapi hati-hatilah memeliharanya karena ikan ini beracun.

18. Harga Ikan Butterfly Fish

Sedangkan yang terakhir adalah harga ikan butterfly fish yang bisa mencapai 4 juta per ekor.

Loading...

Continue Reading

More in Harga

To Top