Connect with us

7 Cara Merawat Gelatik Batu Bakalan Agar Gacor

Merawat Gelatik Batu Bakalan

Gelatik

7 Cara Merawat Gelatik Batu Bakalan Agar Gacor

Loading...

Cara merawat gelatik batu bakalan, bahan, muda hutan dan ombyokan agar mudah gacor. Biasanya gelatik batu bakalan bisa di dapat dengan mudah di pasar. Banyak orang yang membeli gelatik batu bakalan karena ingin instant dan tak mau repot-repot merawat piyikannya. Namun setelah Anda membeli bakalannya, Anda wajib tahu bagaimana cara merawat gelatik batu bakalan yang baik dan benar agar menciptakan gelatik batu dengan suara bagus dan sehat selalu.

Merawat Gelatik Batu Bakalan, Gelatik Batu Ombyokan, Gelatik Batu Gacor, Gelatik batu Muda Hutan

Loading...

Gelatik batu memang sangat menarik, apalagi suaranya dengan ciri khas wucit di mana suara tersebut muncul selama berulang-ulang dan ngeroll panjang. Biasanya orang hanya ingin menjadikannya sebagai pajangan rumah atau diikutkan dalam suatu lomba. Tentu dengan dua tujuan tersebut, Anda benar-benar harus selektif dalam memilih mana bakalan yang baik dan bisa Anda latih dengan mudah. Kita juga tahu harga gelatik memang tiap tahun mengalami peningkatan.

Untuk cirinya sendiri tak terlalu banyak. Cukup pilih bakalan gelatik batu yang sehat, postur tubuh baik, warna bulu terang, terlihat lincah, dan bulu rapi. Itu saja yang menjadi patokan umum dalam memilih bakalan yang berkualitas.

Gelatik Batu Bakalan

Namun ada satu hal yang harus Anda lewati sebelum masuk ke fase perawatan harian gelatik batu, yaitu membuatnya menjadi jinak. Pada umumnya, bakalan akan sedikit giras dan liar saat pertama kali Anda beli karena memang belum mengenal Anda dan lingkungan barunya. Berikut ini adalah tips dalam merawat gelatik batu bakalan yang baik dan benar.

Cara Merawat Gelatik Batu Bakalan:

1. Proses Penjinakkan

Terlebih dahulu Anda harus menjinakkan. Hal ini wajar terjadi pada setiap burung yang baru saja Anda beli. Namun penjinakkan tak separah jika Anda mendapat burung hasil tangkapan hutan karena sudah terbiasa dengan tangan-tangan para pelaku budidaya gelatik batu tempat di mana Anda membeli. Pertama, sebaiknya Anda siapkan tempat yang nyaman untuk melakukan proses penjinakkan. Siapkan kandang atau sangkar dan letakkan pada lokasi yang sunyi.

Khusus untuk beberapa gelatik batu, penempatan di tempat yang ramai bisa membantu ia beradaptasi dengan cepat sehingga penjinakkan bisa lebih mudah dan cepat. Selain itu, Anda harus bermain lebih sering dengannya dan sering menggunakan tangan Anda baik sedang bercanda dengan si gelatik batu, memberinya makan, memandikannya, dan segala kegiatan Anda tentang gelatik batu. Lakukan hal tersebut sampai gelatik batu Anda benar-benar jinak. Biasanya memakan waktu satu bulan atau lebih tergantung dari usaha Anda.

Sebagai tambahan dan menurut ahli cara ini sangat ampuh. Cobalah untuk meletakkan ulat hongkong atau jangkrik ke telapak tangan kanan Anda. Kemudian perlahan pindahkan ke tangan kiri dan lakukan secara bergantian di depan gelatik batu. Pastikan gelatik batu memerhatikan gerakan tangan Anda dan biarkan ia perlahan mendekat. Lakukan terus menerus seperti sedang bermain dengannya. Jika sudah sangat dekat dengan tangan Anda, maka berikan makanan EF tadi.

2. Pengembunan Rutin

Pengembunan berfungsi untuk membuat otak burung lebih segar, jadi disarankan untuk sebelum melakukan proses mandi dan penjemuran pada pagi hari lebih baik diembunkan terlebih dahulu. Pengembunan bisa dilakukan antara pukul 5.00 pagi sampai 6.00 pagi. Selain bisa membuat gelatik batu tak mudah stress, pengembunan juga bisa membantu dalam menjaga stamina dan membuat gelatik batu terus berkicau seharian.

Namun Anda juga harus siaga dan perhatikan cuaca yang bagus untuk dilakukan pengembunan. Tidak disarankan dilakukan pada cuaca hujan karena bisa membuat gelatik batu menggigil. Pada saat masa pengembunan berlangsung, berikan makanan kroto sebanyak 1 sendok the saja. Taruh di dalam capuk makanan dengan ulat hongkong 2 ekor di sisi capuk yang berbeda, jangan dicampur.

3. Proses Memandikan

Memandikan burung bisa membantu dalam memberishkan kotoran pada bulu-bulu burung dan menyegarkan pikirannya. Metode memandikannya pun beragam. Bisa dengan cara disemprot, mandi sendiri di capuk mandi, atau menggunakan kandang keramba mandi.

Mandi yang baik adalah setelah matahari terbit, kira-kira pukul 7.00 atau sedikit diatasnya namun jangan dimandikan terlalu lama di atas jam 8.00 pagi. Proses mandi boleh 2 kali sehari, pada pagi hari dan sore hari. Namun dalam keadaan mabung atau sedang sakit, mandi harus dipangkas atau dihilangkan saja sementara.

4. Pemberian Makanan

Untuk makanannya bisa diberikan saat sudah mandi. Siapkan voer dan isikan air minum yang telah kosong. Berikan EF seperti jangkrik dan ulat hongkong masing-masing 3 ekor saja. Lebih baik diberikan dengan tangan agar burung tahu betapa tak berbahayanya Anda. Pada saat sudah dijemur kurang lebih selama 2 jam, cari tempat teduh dan berikan setengah sendok teh kroto dan 1 ekor ulat hongkong.

Untuk makanan sore harinya, berikan kembali EF jangkrik dan ulat hongkong masing-masing sebanyak 3 ekor. Jadi total untuk sehari adalah 6 ekor masing-masing jangkrik dan ulat hongkong sebagai makanan EF. Anda juga bisa memberikan makanan lain seperti buah-buahan, biji-bijian, atau pun sayuran sebagai makanan tambahan yang baik diberikan pada siang hari pukul 12.00 siang sampai 14.00 siang.

5. Pemasteran

Proses pemasteran bisa dilakukan dengan banyak metode, diantaranya adalah menggunakan alat elektronik mp3player yang telah diisikan suara burung master yang sudah gacor. Cara lain dengan menggunakan burung sungguhan. Namun cara kedua terbilang susah karena banyak biaya yang diperlukan dan tidak bisa digunakan dengan lama. Jadi cara pertama sangat direkomendasikan.

Pemasteran bisa dilakukan pada pagi hari, siang hari, sore hari, atau semalaman. Tergantung apakah burung sedang tidak sibuk karena jika saat gelatik batu sedang istirahat, maka saat itu lah waktu yang pas untuk melakukan pemasteran. Untuk memaksimalkan proses pemasteran, boleh dilakukan pada malam hari mula dari pukul 6.00 sore sampai pagi harinya. Untuk volumenya sebaiknya di set sedang saja, cukup gelatik batu saja yang mendengar agar mengganggu yang lain.

6. Jauhkan dari Para Penggangu

Bukan hanya manusia saja yang suka iseng mengganggu burung gelatik batu bakalan anda. Namun ada juga para binatang sering menggangu ombyokan gelatik batu yang sedang dirawat. Jadi para pemilik sebaiknya menjauhkan burung yang anda rawat dari berbagai binatang penggangu lainnya. Contoh beberapa bintang pengganggu gelatik bahan yaitu semut, kelelawar, kucing, anjing, kleper dan jenis serangga pengganggu lainnya.

7. Pemberian Multivitamin

Multivitamin sendiri sangat berguna dalam menunjang asupan nutrisi untuk bakalan gelatik. Pemberian yang disarankan untuk membuat gelatik bisa gacor adalah produk multivitamin Ebod Vit yang memiliki kualitas baik dan sudah banyak dipercayai oleh para penangkar ahli.

Baca Juga: Cara Membedakan Burung Gelatik Batu Jantan Dan Betina

Itu dia tentang pengetahuan bagaimana cara merawat gelatik batu bakalan yang baik dan benar. Bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah. Jika gelatik batu baru saja sampai di rumah Anda, sebaiknya tak perlu terlalu buru-buru. Biarkan burung mencoba untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan kepada diri Anda. Jangan lupa untuk malam hari lakukan full krodong saat gelatik batu sedang dimaster.

Loading...

Continue Reading

More in Gelatik

To Top