> > 7 Cara Merawat Gelatik Batu Anakan Agar Tidak Mati dan Gacor - Hewan.id
Connect with us

7 Cara Merawat Gelatik Batu Anakan Agar Tidak Mati dan Gacor

Merawat Gelatik Batu Anakan

Gelatik

7 Cara Merawat Gelatik Batu Anakan Agar Tidak Mati dan Gacor

Cara merawat gelatik batu anakan dengan mudah agar terhindar resiko kematian. Merawat gelatik anakan memang merupakan pekerjaan yang asyik dilakukan. Gelatik batu sendiri merupakan salah satu jenis burung gelatik yang sangat banyak dipelihara oleh pecinta burung. Karena suara gelatik batu sangat khas dengan penampilannya yang khas juga.

Merawat Gelatik Batu Anakan

Burung gelatik bisa Anda dapatkan melalui banyak jalur, bisa dari hutan, membeli gelatik batu bakalan, dan memanen dari indukannya. Bagi Anda yang mendapatkan gelatik batu dari indukannya, Anda harus tahu betul bagaimana merawat galatik anakan, trotolan atau piyikannya.

Berbeda dengan perawatan anakan gelatik batu yang benar-benar memerlukan perhatikan ekstra seperti menyiapkan lampu penghangat, incubator, dan lainnya, perawatan anaka gelatik batu sedikit lebih ditingkatkan lagi. Biasanya anakan gelatik batu berumur sekitar 2 minggu sampai mengalami masa mabung untuk pertama kalinya pada usia 2 atau 3 bulan. Tentu saja sebaiknya Anda mempersiapkan segala sesuatu dengan baik.

Gelatik Batu Anakan, Gelatik Anakan

Beberapa ahli mengatakan usia 1 atau 2 bulan adalah waktu yang baik untuk mengambil piyikan dari induknya jika Anda tak merawat piyikan tersebut melainkan memberikan tanggung jawab pada si induk. Umur seperti ini sangat bagus sekali dilakukan pemasteran karena usia ini anakan gelatik batu memiliki konsentrasi yang bagus.

Loading...

Anakan Gelatik Batu

Ada hal penting yang harus Anda ketahui dan siapkan sebelum melakukan perawatan anakan gelatik batu secara mendalam. Diantaranya adalah persiapan kandang, mental Anda, ketekunan, kesabaran, dan keseriusan. Di fase anakan, gelatik batu benar-benar lemah akan mental jadi perlu untuk dilatih. Berikut ini adalah cara merawat gelatik anakan yang baik dan benar.

Cara Merawat Gelatik Anakan :

1. Mempersiapkan Tempat Anakan

Pada usia awal sebaiknya tak ditempatkan pada sangkar atau kandang pada umumnya, melainkan di wadah seperti dus karton atau keranjang yang telah dilapisi bahan empuk atau telah dialasi jerami kering, daun-daun kering, atau kain bekas yang sudah kering. Pastikan tempatnya benar-benar nyaman dan jauh dari hewan-hewan pengganggu seperti tikus, anjing, kucing, dan burung-burung dewasa.

Jika alas yang disediakan sudah sangat kotor akibat kotoran anakan, bersihkan atau ganti dengan yang baru agar anakan gelatik batu Anda terhindari dari segala penyakit akibat bakteri. Pastikan juga suhu ruangan sedikit hangat dan jangan terlalu dingin karena tidak baik untuk kesehatan anakan gelatik batu. Selain itu, periksa apakah tempat itu bersih dari serangga-serangga kecil seperti kecoa, semut, dan lainnya.

2. Berikan Lampu Penghangat

Gelatik batu yang masih anakan atau yang masih sangat kecil harus diberikan kehangatan. Anda boleh mencoba menghangatkan tubuhnya dengan kain halus sedikit tebal sebagai pengganti induknya.

Jika Anda mempunyai fasilitas memadai, cobalah untuk menggunakan lampu penghangat dengan daya 15 watt. Posisi lampu juga menentukan, pastikan sedikit jauh dan jangan terlalu dekat dengan anakan karena bisa berbahaya. Jarak yang disarankan adalah 20 cm sampai dengan 30 cm.

3. Memberikan Makanan Dengan Pipet / Sumpit

Karena masih kecil, anakan gelatik batu cenderung mencari makanan dengan mencari paruh si indukan. Karena itulah jika Anda merawatnya sendiri, berikan makanan dengan alat khusus seperti pipet atau sumpit yang sedikit mirip dengan bagaimana induknya memberikan makanan. Namun perlu diperhatikan, pemberiannya pun sangat hati-hati.

Bahan yang bagus untuk alat pemberi makan Anda adalah bambu kecil yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Jangan dibuat meruncing karena bisa menyakiti gelatik anakan. Selain bahan tersebut, bahan lunak lainnya juga bisa digunakan seperti plastic lunak.

Cara pemberiannya pun sangat hati-hati. Cukup letakkan di ujung paruh anakan gelatik batu dan lepaskan makanan. Mencolok terlalu dalam pipet Anda bisa menyebabkan tenggorokan anakan gelatik batu terluka.

Baca Juga: 5 Jenis Gelatik, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

4. Pakan Untuk Anakan Gelatik Batu

Untuk makanannya sendiri Anda boleh memberikannya voer halus di usia-usia awal agar anakan tak kaget jika langsung diberikan voer kasar. Pemberian voer bisa menggunakan pipet secara pelan-pelan.

Pada usia yang sudah ditentukan seperti usia 1 bulanan, Anda sudah bisa memperkenalkannya dengan voer kasar. Namun lebih baik berikan voer halus dicampur kroto saja dulu agar mendapat nutrisi yang benar-benar bermanfaat.

Anda juga bisa memberikannya makanan EF seperti ulat hongkong dan jangkrik. Namun sebelum diberikan, jangkrik harus dilepaskan dulu kaki dan kepalanya, cukup berikan perutnya saja. Jangkrik yang bagus untuk anakan biasanya jangkrik mabung dengan ciri-ciri badan lembek dan berwarna sedikit keputihan. Selain lembek, jangkrik mabung sangat kaya dengan protein. Pemberian kroto juga bisa dilakukan, jika perlu haluskan terlebih dahulu sebelum diberikan agar mudah dicerna.

Pemberian pakan yang baik untuk anakan gelatik batu adalah pagi dan sore hari. Setiap pagi dan sore hari, berikan 2 atau 3 ekor jangkrik. Pemberian kroto yang baik akan membuat burung sering bunyi nantinya. Kroto mengandung banyak protein yang membantu dalam meningkatkan birahi sehingga membuat burung lebih semangat dalam berkicau. Protein tinggi juga terdapat pada makanan EF seperti jangkrik, belalang, ulat hongkong, dan cacing tanah.

Untuk ulat hongkong, jangan diberikan terlalu sering dan banyak, cukup 4 saja sehari. Menurut ahli, kroto dan ulat hongkong bisa menyebabkan rusaknya mata gelatik batu Anda. Jadi pastikan pemberiannya yang wajar saja.

Untuk pemberian voer harus diberikan setiap hari yaitu pada pagi hari dan sore hari jika perlu. Voer bermanfaat sebagai peningkat stamina dan nutrisi lain yang diperlukan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan makanan lain seperti biji-bijian yang disukai oleh gelatik batu.

Baca Juga: 5 Racikan Khusus Pakan Gelatik Agar Rajin Berbunyi dan Gacor

5. Pemberian Multivitamin

Vitamin sangat di perlukan oleh semua burung, termasuk juga gelatik anakan. Asupan vitamin dapat membatu menyehatkan burung juga dan terbebas dari kematian. Berikan vitamin pada anakan gelatik seminggu dua kali.

6. Jauhkan dari Para Penggangu

Bukan hanya manusia saja yang suka iseng mengganggu burung gelatik batu anakan anda. Namun ada juga para binatang sering menggangu anakan gelatik batu yang sedang dirawat. Jadi para pemilik sebaiknya menjauhkan burung yang anda rawat dari berbagai binatang penggangu lainnya.

Contoh beberapa bintang pengganggu gelatik anakan yaitu semut, kelelawar, kucing, anjing, kleper dan jenis serangga pengganggu lainnya

7. Perawatan Tambahan

Jika burung sudah mencapai usia di mana ia harus dipindahkan ke sangkar, pastikan Anda siap dengan perawatan tambahan seperti membersihkan kandang, memandikan burung, menjemur burung, memaster burung, dan lainnya. Khusus untuk pemasteran, sebenarnya boleh dilakukan saat gelatik batu masih anakan yakni dilakukan pada malam hari menjelang pagi hari.

Pastikan juga untuk menjaga asupan air minum. Pada usia setelah mabung, latih burung Anda agar bermental kuat dengan cara sering-sering dilatih mandi sendiri. Mental yang buruk sejak anakan bisa berakibat buruk nanti jika anakan Anda sudah dewasa.

Baca Juga: Cara Menjinakkan Gelatik Batu dengan Mudah dan Cepat

Itu dia tips bagaimana cara merawat gelatik anakan yang baik dan benar serta mudah diterapkan di rumah Anda. Jangan sampai birahi anakan Anda melunjak karena tidak baik untuk pertumbuhannya nanti. Anda juga dapat membaca cara merawat gelatik batu lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Gelatik

To Top