19 Tips Cara Memilih, Merawat dan Model Sangkar Cucak Ijo - Hewan.id
Advertisements

19 Tips Cara Memilih, Merawat dan Model Sangkar Cucak Ijo

Sangkar Cucak Ijo, Memilih Sangkar Cucak Ijo, Merawat Sangkar Cucak Ijo, Model Sangkar Cucak Ijo

Cucak Ijo

19 Tips Cara Memilih, Merawat dan Model Sangkar Cucak Ijo

Cara memilih dan merawat sangkar cucak ijo kualitas bagus agar awet di gunakan. Sangkar, kandang atau kurungan burung menjadi wadah untuk burung dapat mengaplikasikan pikirannya. Tentu sebagai seorang penghobbi cucak ijo, penyediaan wadah seperti sangkar atau kandang menjadi hal pertama yang harus disiapkan sebelum memulai hobbi mereka.

Sangkar Cucak Ijo, Memilih Sangkar Cucak Ijo, Merawat Sangkar Cucak Ijo, Model Sangkar Cucak Ijo

Karakter pada setiap cucak ijo berbeda-beda, karena itulah sebenarnya perawatan harian yang baik ditentukan oleh diri Anda sendiri dan burung Anda, bukan dari orang lain. Saran hanya boleh di dapat oleh para ahli namun pada akhirnya semua tergantung pada diri Anda sebagai seorang yang merawat burung. Maka dari itu, pemilihan sangkar cucak ijo baik dari segi bentuk dan model sangat perlu diperhatikan.

Pada umumnya sangkar menjadi rumah bagi si cucak ijo. Rumah yang nyaman tentu membuat si penghuninya juga menjadi nyaman. Karena itulah tak jarang kasus cucak ijo yang bermasalah karena sangkar bisa terjadi. Untuk mengatasinya, Anda sebagai perawatnya harus memilih sangkar terbaik.

Cucak ijo merupakan burung yang terbilang memiliki bentuk tubuh yang sedang, tak terlalu besar namun juga tak terlalu mungil. Ukuran sedang sangat banyak disarankan oleh para ahli. Bukan tanpa alasan, namun medium size memang menjadi pilihan terbaik karena jika terlalu kecil akan membatasi gerak cucak ijo sedangkan jika terlalu besar maka akan membuat burung cepat lelah karena selalu bergerak ke sana ke sini. Berikut ini adalah cara memilih model sangkar cucak ijo yang baik dan benar.

Tips dan Cara Memilih Model Sangkar Cucak Ijo :

1. Pemilihan Ukuran Sangkar Cucak Ijo dari Sifat Burung

Ukuran sangkar menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah sangkar. Namun sebelum itu, Anda diwajibkan untuk meniliti seperti apa sifat burung Anda. Pada dasarnya tingkah laku burung ada tiga, aktif, malas, dan sedang-sedang saja. Jika burung Anda terlihat aktif sekali seperti sering loncat, sering terbang, maka pilihan yang bagus adalah memakai ukuran kandang yang sedang atau sedikit lebih besar. Berbeda dengan burung yang hanya tinggal ditangkringan dan kurang aktif seperti terbang ke sana ke mari, maka cobalah untuk memberikan kandang sedang atau sedikit lebih kecil. Semua itu tergantung seperti apa sifat dari burung tersebut.

Loading...

2. Lihat Bahan Sangkar Cucak Ijo yang Digunakan

Percuma memiliki sangkar besar namun tak kuat. Pada akhirnya akan cepat rusak dan tentu selain mengeluarkan biaya lagi, dampak buruk bisa terjadi pada burung seperti kembali giras akibat kandang baru karena sudah terlanjur nyaman dengan sangkar lama tadi yang rusak. Maka dari itu, jauh sebelum memilih dan memutuskan, sebaiknya Anda memerhatikan bahan yang digunakan dalam membuat sangkar. Kawat Besi bisa menjadi pilihan yang baik untuk dipilih karena besi adalah material yang kuat dan tahan lama.

Di sisi lain, bahan kayu memiliki material yang lemah dan cepat rusak tergantung dari jenis kayu yang digunakan. Banyak yang menyarankan untuk memakai bahan bambu saja, sebenarnya bahan bambu juga sangat bagus tergantung dari ukuran yang diinginkan. Ukuran kecil ke medium lebih baik menggunakan bahan kayu atau bambu sedangkan untuk sangkar berukuran besar atau sangkar umbaran, disarankan untuk menggunakan bahan kawat besi.

3. Jeruji Sangkar Cucak Ijo

Untuk jerujinya sendiri tak sembarangan. Jeruji menjadi pembatas pergerakan si burung sekaligus dinding dari sangkar. Selain alas dan langit-langit, dinding jeruji menjadi bagian penting karena kerusakan bisa mengakibatkan burung keluar. Selain itu, tak sedikit burung mengalami masalah ngeruji di mana burung akan menggigit dan merusak jeruji, umum disebabkan oleh over birahi. Untuk mengatasinya, pemilihan jeruji dari bambu sangat disarankan karena memiliki bahan yang kuat. Jeruji juga haruslah lentur dan kuat serta tak jarang dan tak juga longgar. Jeruji yang telah dihaluskan terlebih dahulu sangat disarankan demi mencegah burung terluka karenanya.

4. Alas Sangkar Cucak Ijo

Jangan pilih alas sangkar yang tipis karena akan cepat rusak. Selain itu, pemilihan alas sangkar harus lah tebal bisa terbuat dari tripleks berlapis yang dilengkapi dengan laci kotoran. Laci kotoran membantu dalam membersihkan kotoran yang menumpuk dengan mudah. Cukup dilepas saja, dan ingat untuk memilih tripleks alas yang mudah dilepas. Penempatan alas dan laci penampung kotoran jangan terlalu dekat karena bisa merusak kesehatan burung.

5. Pemilihan Tangkringan pada Sangkar Cucak Ijo

Tangkringan yang baik adalah sesuai dengan diameter dari kaki cucak ijo. Bisa tebal namun cukup dicengkraman kaki burung. Selain itu, tangkringan yang bagus terbuat dari bambu atau bahan kayu yang kuat agar tak mudah rusak, patah, dan lapuk. Jika sangkar Anda termasuk big size, cobalah untuk memberikan beberapa tangkringan didalamnya agar burung tak merasa bosan berada di tangkringan yang itu-itu saja. Variasinya tergantung, bisa berbentuk seperti tangga untuk melatih burung mendaki dan bentuk horizontal untuk melatih burung melompat.

6. Gantangan yang Kuat pada Sangkar Cucak Ijo

Gantungan sangkar juga perlu diperhatikan. Pilihlah yang berbahan kuat agar tak muda jatuh. Kecelakaan seperti ini sangat berbahaya bagi burung, apalagi tempat gantungan sangat lah tinggi. Jika sampai terjadi, resiko tertinggi adalah kecacatan fisik bahkan bisa mengakibatkan kematian.

7. Pemilihan Pintu Sangkar Cucak Ijo

Lihatlah pintu yang memiliki bahan baik agar tak mudah rusak nantinya. Engsel pintu juga perlu diperhatikan, jangan sampai terbuat dari bahan yang abal-abal. Selain itu, pilihlah pintu yang otomatis tertutup sebagai solusi pagi pengobby burung yang suka lupa menutup pintu sangkar. Posisi pintu yang baik adalah di tengah karena akan mempermudah memandikan dan lainnya. Pintu juga harus lah lebar, tidak kecil karena akan menyusahkan burung atau tangan Anda untuk keluar masuk.

8. Model Sangkar Cucak Ijo

Model sangkar sangat banyak, mulai dari yang biasa saja dengan harga murah sampai sangkar mewah ukiran terbaik dengan harga yang mahal. Semua tergantung Anda dan karakter burung Anda.

Macam – Macam Model Sangkar Cucak Ijo :

Sangkar Cucak Ijo Model Ukir

Sangkar Cucak Ijo Model Kosan

Sangkar Cucak Ijo Model Cukit

Sangkar Cucak Ijo Ukir Kotak Tanpa Tiang, Sangkar Cucak Ijo Elegan

Sangkar Cucak Ijo Model BNR, Sangkar Cucak Ijo Simple

Sangkar Cucak Ijo Model Ebod

Sangkar Cucak Ijo Model Radja

Sangkar Cucak Ijo Model Oriq Jaya

Sangkar Cucak Ijo Model Bulat, Sangkar Cucak Ijo Mewah

 

9. Ukiran, Motif, Corak, dan Warna Sangkar Cucak Ijo

Penghobby burung yang suka mengikutkan lomba si cucak ijo, pasti memiliki sangkar yang berwarna warni demi menarik perhatian juri. Namun sebaiknya Anda menggunakan warna yang sesuai dengan warna burung agar serasi dan lebih indah. Untuk motif, corak, dan ukirannya sendiri tergantung selera Anda.

10. Merawat Sangkar Cucak Ijo

Jika anda telah memilih serta membeli langkah terakhir yaitu harus merawat sangkar cucak ijo dengan baik. Mulai dari rutin memberihkan sangkar atau kandang, membersikan cepuk makan dan minun serta membersihkan tebok sangkar.

Jika hal tersebut selalu anda lakukan dengan baik, maka burung yang anda pelihara akan sehat. Selain itu sangkar cucak ijo yang anda beli juga awet dan terlihat bersih.

Itu dia tentang pengetahuan cara merawat dan memilih sangkar cucak ijo yang baik. Jangan lupa untuk tetap pastikan seperti apa karakter burung Anda sebelum memilih sangkarnya. Soalnya percuma memilih sangkar cucak ijo yang tidak sesuai dengan karakternya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Cucak Ijo

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top