Connect with us

17 Cara Merawat Cucak Ijo Harian Agar Ngetrok Jambul

Merawat Cucak Ijo Harian, Cucak Ijo Ngentrok, Cucak Ijo Njambul

Cucak Ijo

17 Cara Merawat Cucak Ijo Harian Agar Ngetrok Jambul

Loading...

Merawat Cucak Ijo Harian – Cucak ijo merupakan salah satu jenis burung yang sangat banyak dirawat karena suaranya yang bagus dan secara visual, cucak ijo memberikan pandangan yang nyaman karena warna hijau bulunya benar-benar indah. Perawatan cucak ijo sendiri terbilang mudah karena secara umum hampir sama dengan burung-burung lainnya seperti kenari, jalak, dan lainnya.

Merawat Cucak Ijo Harian, Cucak Ijo Ngentrok, Cucak Ijo Njambul

Loading...

Satu hal yang sering menjadi masalah untuk para penangkar adalah biayanya yang tak sedikit. Cucak ijo berbeda dengan lovebird di mana lovebird memiliki perawatan yang mudah karena umumnya hanya memakan buah dan sayuran yang terbilang mudah di dapat.

Berbeda dengan cucak ijo dengan EF seperti jangkrik, ulat hongkong, cacing, dan lainnya yang terbilang cara mendapatkannya cukup susah. Sebagai seorang penangkar harian, Anda wajib untuk tahu bagaimana Merawat Cucak Ijo Harian yang baik dan benar.

Karakter menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh para penangkar karena setiap burung memiliki karakter yang berbeda. Jika Anda sudah kenal dengan karakter cucak ijo Anda maka akan mudah untuk membuat racikan atau setingan harian yang baik untuk burung Anda. Namun menemukan setingan yang pas bukanlah kegiatan yang bisa ditemukan dengan mudah.

Anda memerlukan kesabaran tinggi untuk mendapatkan setingan yang benar-benar pas untuk burung Anda. Satu hal yang pasti, pada awalnya setingan Anda mungkin memerlukan waktu untuk diresapi oleh si burung. Maka dari itu jangan pernah mengambil keputusan lebih awal karena bisa membuat burung menjadi bingun. Untuk selengkapnya, berikut ini adalah cara Merawat Cucak Ijo Harian.

Cara Merawat Cucak Ijo Harian :

1. Menentukan Jenis Kelamin Cucak Ijo

Rata-rata penghobi burung cucak ijo, sering melalaikan hal sepele ini. Akan tetapi hal ini merupakan bagian vital dalam merawat cucak ijo harian. Jadi sebisa mungkin ada harus bisa membedakan mana cucak ijo jandan dan yang berkelamin betina.

Walaupun cucak ijo betina juga memiliki suara, namun sang jantanlah yang sering di ikutkan dalam perlobaan. Selain itu harga cucak ijo betina lebih murah di bandingan dengan jantan. Bacalah cara membedakan cucak ijo jantan dan betina ini agar anda tidak sia-sia dalam merawat harian burung tersebut.

2. Mempersiapkan Sangkar Cucak Ijo

Banyak sekali model atau jenis sangkar untuk burung cucak ijo yang anda miliki. Pilihlah sangkar yang pas sesuai dengan karakter burung cucak ijo anda. Ingat jangan memilih atau membeli sangkar cucak hijau dengan ukuran terlalu besar, sebab nantinya burung tersebut susah di setting.

Perhatikan juga dengan aksesoris sangkar seperti cepuk makan dan minum, tangkringan, alas atau karpet, cepuk mandi, dan gantungan untuk meletakkan buah.

3. Teliti dalam Memilih Cucak IJo Bakalan / Ombyokan / Liar

Memang orang sering menyepelekan dalam memilih cucak ijo bahan yang mereka beli di pasar burung. Mereka cuma membeli tanpa memilih bakalan cucak ijo prospek yang ingin dirawatnya.

Perhatikan juga dalam memilih cucak ijo bakalan anda. Banyak cara dan ciri-ciri cucak ijo bakalan yang bagus. Jika anda pemula anda wajib membaca cara memilih bakalan cucak ijo bermental juara.

4. Proses Adaptasi Cucak Ijo Bakalan

Proses adaptasi cucak ijo yang baru saja di beli memang sangat di perlukan. Hal ini merupakan paling vital, karena jika salah maka dapat mengakibatkan burung tersebut mati.

Cara mengadaptasikan cucak ijo bakalan yang ada baru beli yaitu meletakkan kesangkar. Diamkan serta biarkan burung terbiasa dengan kondisi kandang atau habitat barunya. Baru anda dapat melakukan perawan harian mulai dari pengembunan.

5. Pengembunan Cucak Ijo

Pengembunan memiliki manfaat yang baik untuk cucak ijo. Dengan pengembunan, burung akan lebih fresh dan segar serta bisa membantu terhindar dari stress. Selain itu, pengembunan juga menjadi langkah ampuh untuk mengatasi burung yang memiliki over birahi. Khusus untuk cucak ijo, proses pengembunan bisa dilakukan pada subuh.

Diantaranya adalah antara jam 5 pagi sampai dengan 5 atau setengah 7 pagi. Setingan ini hanya lah opsional saja seperti yang Anda simak tadi manfaat yang bisa di dapat dari pengembunan, semua tergantung Anda. Namun bagi burung cucak ijo yang birahi terlalu tinggi wajib melakukan pengembunan. Proses pengembunan wajib anda lakukan dalam merawat cucak ijo harian.

6. Proses Angin-Anginan Cucak Ijo

Setelah melakukan pengembunan, pada pukul 7 pagi angin-anginkan lah burung Anda agar burung Anda tak kaget dan membantu dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Proses ini bisa dilakukan selama 20 sampai 30 menit saja. Atau bisa juga dilakukan selama 1 jam dan berhenti pada pukul 8 pagi.

Proses mengangin – anginkan cacak ijo ini juga membantu dalam menurunkan stress dan terhindar dari banyak penyakit yang bisa diakibatkan oleh stress dan jarangnya adaptasi. Selain itu, proses ini sangat bermanfaat untuk cucak ijo yang masih giras atau galak.

7. Proses Memandikan Cucak Ijo

Setelah di angin-anginkan sejenak, burung kemudian dimandikan menggunakan metode yang biasa Anda gunakan. Boleh menggunakan cara disemprotkan atau dengan mandi di kramba. Memandikan sendiri dilakukan sekitar pukul 7 pagi setelah diangin-anginkan. Mandi pagi membantu dalam menyegarkan tubuh si burung sekaligus membantu dalam mengatasi stress.

Bulu-bulu cucak ijo juga akan menjadi kokoh tak mudah rontok. Metode yang lain bisa Anda lakukan adalah melatih burung Anda mandi sendiri. Caranya mudah, cukup letakkan keramba mandi di depan pintu sangkar dan biarkan burung mandi sendiri. Cara tersebut bisa membantu dalam meningkatkan mental.

8. Pembersihan Kandang atau Sangkar Cucak Ijo

Setelah mandi, bersihkan kandang atau sangkarnya secara menyeluruh. Tidak sekedar disiram dengan air saja, membersihkan kandang bisa menggunakan shampoo khusus pembersih sangkar burung agar lebih maksimal. Sangkar yang kotor apalagi memiliki banyak jamur bisa membuat burung terkena penyakit bahkan bisa menyebabkan infeksi dan berujung dengan kematian.

9. Pemberan Pakan Voer dan Angin-Anginan

Setelah proses membersihkan kandang, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah pemberian voer ke dalam capuk sekaligus mengganti air yang sudah habis. Setelah semua proses tersebut, angin-anginkan kembali atau mengeringkan bulu-bulu burung pasca dimandikan. Namun jangan terlalu kering, cukup 5 menit saja karena selanjutnya kita akan menjemur burung cucak Ijo Anda.

10. Penjemuran Cucak Ijo

Proses penjemuran dilakukan bukan semata-mata membuat bulu kering pasca dimandikan namun bermanfaat untuk merontokkan para kutu yang berdiam di bulu burung. Selain itu, penjemuran bisa membuat bulu menjadi kokoh dan meningkatkan birahi burung yang baik untuk perlombaan. Untuk cucak ijo sendiri, lamanya penjemuran boleh dilakukan sebanyak 1 sampai 2 jam saja untuk setiap harinya. Disarankan untuk dijemur di bawah pukul 11 siang. Setelah proses penjemuran, kemudian angin-anginkan kembali selama 15 sampai 30 menit.

11. Pemberian Makan Tambahan Cucak Ijo

Pada tengah hari sekitar pukul 12 – 14 siang, berikan makanan selingan yang dapat membantu menambah tenaga dan menopang asupan nutrisi yang diperlukan cucak ijo. Di sini, makanan yang disarankan adalah pisang kapok yang bagus untuk cucak ijo. Jika diperlukan, Anda boleh memberinya makanan seperti buah segar, sayur segar, biji-bijian, makanan EF namun jangan terlalu banyak karena sore hari juga akan diberikan.

12. Pemasteran Cucak Ijo

Proses pemasteran boleh dilakukan pada siang hari sampai sore hari saat burung sedang istirahat. Metode pemasteran sendiri terserah Anda, boleh menggunakan metode langsung atau menggunakan metode mp3 player. Pemasteran berfungsi untuk membantu meningkatkan kualitas suara pada si burung. Selain itu, pemasteran juga dapat dilakukan pada malam hari karena akan membuat burung lebih konsentrasi. Cobalah untuk memperdengarkan suara burung master menggunakan mp3 player mulai dari pukul 6 sore sampai esok pagi hari.

13. Angin-Anginan dan Pemberian Extra Fooding atau EF Cucak Ijo

Pada pukul 3 atau 4 sore, angin-anginkan sebentar sebelum memberikan 2 ekor jangkrik yang ditaruh pada capuk makanan burung. Setelah itu, seperti yang telah dikatakan tadi, Anda lakukan pengkrodongan dan lakukan pemasteran sampai pagi hari. Pada masa istirahat malam hari, konsentrasi burung sangat kuat karena sedang dalam masa tak melakukan apa-apa kecuali tidur. Maka waktu malam adalah waktu yang pas untuk melakukan pemasteran.

14. Jauhkan Cucak Ijo Para Penggangu

Bukan hanya manusia saja yang suka iseng mengganggu burung cucak ijo anda. Namun ada juga para binatang sering menggangu cucak hijau bakalan yang sedang dirawat. Jadi para pemilik sebaiknya menjauhkan burung yang anda rawat dari berbagai binatang penggangu lainnya.

Contoh beberapa bintang pengganggu cucak ijo yaitu semut, kucing, kelelawar, anjing, kleper dan jenis serangga pengganggu lainnya.

15. Menjinakkan Cucak Ijo

Burung jinak akan lebih cepat gacor dibandingakan dengan bakalan. Maka ada beberapa metode dalam menjinakakan cucak ijo. Contohnya saja terapi lapar, menggantang di tempat ramai dan masih banyak yang lainnya. Anda bisa mencoba cara tersebut satu-persatu. Jika cara tersebut tidak anda lakukan maka akan sulit untuk ngetrok dan jambul.

16. Melatih Mental Cucak Ijo

Melatih mental cucak ijo harian dengan mudah agar siap tampil di lapangan atau event lomba. Hal tersebut menjadi kepuasan tersendiri untuk untuk penghobi seekor burung cucak ijo. Banyak cara untuk melatih mental cucak ijo. Mulai dari menempatkan di tempat yang ramai, sering di bawa ke arena perlombaan dan sering lakukan penggantian sangkar.

Mengadu atau “ngetrek” sesama burung cucak ijo dirumah merupakan hal yang baik. Agar mental burung cucak ijo cepat jadi. Namun dengan catatan maksimal mengadu sesama cucak ijo dua kali dalam 1 minggu.

17. Pemberian Vitamin Cucak Ijo

Pemberian vitamin pada cucak ijo bertujuan burung tersebut selalu dalam kondisi vit. Anda dapat melakukannya dengan memberikan beberapa tetes vitamin ke dalam cepuk air minun. Pemberian vitamin pada burung cucak ijo dapat anda lakukan tiga kali dalam satu minggu.

Ingat yang diberikan berupa vitamin bukan doping. Karena jika pemberian doping terlalu banyak akan menyebabkan cucak ijo macet bunyi atau mati.

Baca Juga: Cara Ternak Cucak Ijo Sederhana Bagi Pemula Agar Sukses

Itulah bagaimana cara merawat cucak ijo harian yang baik dan benar serta bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah Anda. Perawatan mental juga bisa diterapkan seperti pelatihan mandi sendiri, penjemuran, dan lainnya.

Konsisten dalam merawat burung cucak ijo harian yang harganya cuma ratusan ribu bakal bisa jadi ratusan juta rupiah.

Loading...

Continue Reading

More in Cucak Ijo

To Top