> > 7 Cara Meningkatkan Birahi Cucak Ijo Agar Bongkar Isian dan Ngentrok - Hewan.id
Connect with us

7 Cara Meningkatkan Birahi Cucak Ijo Agar Bongkar Isian dan Ngentrok

Meningkatkan Birahi Cucak Ijo

Cucak Ijo

7 Cara Meningkatkan Birahi Cucak Ijo Agar Bongkar Isian dan Ngentrok

Cara menaikkan atau meningkatkan birahi cucak ijo agar mau bongkar isian dan ngetrok jambul saat lomba maupun di rumah. Maka di butuhkan birahi yang tinggi agar cucak ijo mau bongkar isian dan bisa ngetrok jambul. Cucak ijo merupakan salah satu jenis burung semi fighter yang sangat banyak disukai oleh para pecinta burung karena memiliki suara yang bagus.

Meningkatkan Birahi Cucak Ijo, Cucak Ijo Ngentrok, Cucak Ijo Ngentrok Jambul, Cucak Ijo Bongkar Isian, Cucak Ijo Banyuwangi

Selain itu, perawatan harian cucak ijo yang terbilang cukup mudah baik yang sudah ahli atau pun masih pemula menambah minat para penghobbi burung diluar sana untuk merawat burung ini. Ada tiga jenis cucak ijo tergolong perawatannya yaitu cucak ijo harian, ternak, dan lomba.

Berbeda dengan cucak ijo harian atau lomba yang biasanya dikhususkan untuk membentuk suaranya agar lebih gacor dan ngentrok. Namun beda perawatan dengan cucak ijo ternak dikhususkan untuk dibudidayakan. Meski berbeda, namun ada satu hal yang perlu diperhatikan pada ketiga jenis tersebut yaitu bagaimana meningkatkan birahi cucak ijo karena birahi sangat lah penting.

Birahi merupakan hal yang penting dalam perawatan burung, karena dengan birahi burung menjadi lebih sehat dan bersemangat. Namun perlu diperhatikan bahwa birahi harus stabil karena jika tidak stabil, akan membuat burung bertingkah aneh. Hal tersebut sering sekali ditemukan di kalangan ijo mania yang mendapati burung cucak ijo over birahi.

Ada banyak cara untuk meningkatkan birahi cucak ijo, salah satunya adalah dengan memberikannya makanan peningkat birahi. Birahi tinggi juga sangat bermanfaat untuk cucak ijo lomba karena akan meningkatkan semangatnya selama pertandingan.

Loading...

Namun pemberian menaikkan birahi cucak ijo yang terlalu tinggi juga tidak baik untuk burung lomba, begitu pun sebaliknya. Nah bagi anda sebagai pemula, berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan birahi cucak ijo yang baik dan aman.

Cara Meningkatkan Birahi Cucak Ijo:

1. Pemberian Pakan EF Peningkat Birahi Cucak Ijo

EF pada setiap burung memiliki dua jenis, pertama makanan EF yang bisa meningkatkan birahi dan yang kedua, makanan EF yang bisa menurunkan birahi. Jadi jenis EF cucak ijo bisa dipakai sesuai kegunaannya seperti jika burung Anda memiliki birahi yang terlalu tinggi, maka gunakanlah EF penurun birahi dan begitu juga sebaliknya.

Birahi yang baik adalah stabil namun sedikit tinggi. Dengan birahi tinggi akan membuat cucak ijo lebih gacor pada saat lomba. Untuk itu, Anda harus memberikan EF peningkat birahi seperti cacing tanah.

Untuk setingan cucak ijo sendiri disarankan untuk dilakukan sebelum lomba. Untuk cucak ijo harian diberikan optimasi setiap hari namun tak seekstrim cucak ijo lomba karena umumnya, keduanya sama saja yakni untuk membuat burung bagus dalam berkicau. Pada setingan harian baik itu cucak ijo lomba atau harian, pemberian EF sedikit lebih banyak frekuensinya daripada voer.

Jika memang ingin dipercepat meningkatkan birahi cucak ijo, maka berikan dua kali lipat makanan EF seperti jangkrik atau cacing tanah. Jika biasanya Anda berikan 3 ekor setiap pagi dan sore, tambah menjadi 6 ekor setiap pagi dan sore.

Karakter burung juga penting, pemberian EF peningkat birahi yang terlalu tinggi bisa membuat cucak ijo over birahi. Untuk mengatasinya boleh dengan memasukkan cucak ijo ke kandang umbaran. Jika perlu, Anda boleh memberikan makanan EF penurun birahi. Untuk cucak ijo sendiri, ulat bambu adalah makanan EF penurun birahi yang sangat manjur.

2. Tingkatkan Lamanya Penjemuran Cucak Ijo

Penjemuran yang baik untuk cucak ijo adalah 1 jam setiap harinya, namun jika Anda ingin meningkatkan birahi si burung. Maka tambah porsi lamanya penjemuran menjadi 2 atau bahka 3 jam.

Setingan harian penjemuran untuk cucak ijo seperti ini bisa Anda mulai dari jam 8 pagi sampai jam 10 siang. Penjemuran di atas jam 10 siang biasanya memberikan dampak negative seperti birahi terlalu tinggi dan burung kepanasan. Resiko terbesar dari penjemuran yang terlalu lama adalah bisa mengakibatkan kematian. Untuk itu, Anda benar-benar harus mengerti seperti apa sifat dari cucak ijo Anda.

3. Jangan Dimandikan Cucak Ijo Terlalu Sering

Mandi bisa membuat birahi burung cucak ijo menjadi turun. Maka dari itu mandi yang terlalu sering tidak akan membuat birahi burung naik secara konsisten. Untuk itu, mandi dilakukan cukup 1 kali sehari dengan waktu yang sebentar saja dan jangan terlalu basah atau basah kuyup.

Jika memang burung sudah sangat bersih, lebih baik tak usah dimandikan karena mandi hanya dilakukan saat burung sedang kotor. Kesimpulannya adalah mandi dikurangi dan penjemuran ditingkatkan, cara ini bisa membuat birahi cucak ijo memuncak.

4. Pancing Menggunakan Cucak Ijo Betina

Meski sudah diberikan makanan EF peningkat birahi dan ditingkatkan frekuensi penjemurannya, tetap saja burung terlihat biasa saja. Anda tak salah dan tak usah bingun, biasanya burung yang seperti itu perlu dipancing sedikit menggunakan lawan jenisnya sendiri.

Cobalah untuk mendekatkan cucak ijo Anda dengan lawan jenis karena akan memicu birahi burung. Dengan catatan, Anda sudah melihat ciri-ciri birahi serta sudah mencoba usaha poin-poin di atas.

5. Burung Cucak Ijo Jangan Dimanjakan

Burung cucak ijo yang terlalu manja bisa membuat burung menjadi gemuk, maka dari itu cobalah untuk tidak terlalu memanjakan burung cucak ijo Anda seperti terlalu banyak memberikan voer dan pemberian makanan berlemak tinggi seperti makanan roti dan lainnya.

Burung cucak ijo gemuk cenderung tak mau bergerak dan hal itu bisa membuat birahi tak mau meningkat. Cara mengatasinya adalah dengan membuat burung Anda sedikit kurus dengan manaruhnya di kandang umbaran. Kandang umbaran akan membuat burung banyak bergerak sehingga mengurangi berat badannya.

6. Menjaga Mental Cucak Ijo

Mental yang baik juga bisa mempengaruhi tingginya birahi. Mental rendah akan membuat burung cenderung menurun birahinya karena pada dasarnya, mental dan birahi harus seimbang untuk menciptakan cucak ijo yang memiliki kicauan gahar.

Untuk itu, salah satu cara yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan mental adalah melakukan pelatihan dan menjaga asupan nutrisi vitaminnya. Seperti memberikannya BirdVit. Untuk tetap menjaga dan meningkatkan mental burung, bisa dengan melakukan tindakan pelatihan disiplin seperti mandi keramba dan lainnya.

7. Melakukan Full Krodong Cucak Ijo Selama Dua Hari

Rata-rata pemain cucak ijo sering menyiapkan burung gacoannya untuk lomba dengan cara melakukan full krodong selama dua hari. Cara ini dapat meningkatkan birahi cucak ijo, serta dapat membuat burung bongkar isian dan ngentrok jambul.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Tidak Mau Mandi Karamba

Itu dia pengetahuan bagaimana cara meningkatkan birahi cucak ijo yang baik dan aman. Tetap perhatikan sifat dari burung Anda dan sesuaikan dengan setingan yang Anda terapkan. Pemberian EF peningkat birahi kadang memberikan efek yang luar biasa bagi sebagian burung sehingga menyebabkan over birahi namun ada juga burung yang tak terlalu merasakan.

Kembali lagi, semua tergantung pada sifat atau karakter dari burung cucak ijo tersebut. Kelebihan birahi bisa mengakibatkan ngetem, mangap tidak jelas, agresif atau giras, ciak bulu, dan resiko terparah adalah kematian karena tidak seimbangnya kadar nutrisi dalam tubuh burung. Jangan lupa untuk membaca tips burung cucak ijo lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Cucak Ijo

To Top