> > 18 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Tidak Mau Mandi Karamba - Hewan.id
Connect with us

18 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Tidak Mau Mandi Karamba

Cucak Ijo Tidak Mau Mandi Karamba

Cucak Ijo

18 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Tidak Mau Mandi Karamba

Penyebab dan cara mengatasi cucak ijo tidak mau mandi karamba atau sudah mandi dalam karamba. Mandi merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk burung khususnya cucak ijo karena selain membantu dalam menyegarkan tubuh dan pikiran, mandi juga membantu dalam merontokkan para kutu dan memperkuat bulu burung. Metode mandi pun terbilang sangat banyak. Anda boleh memandikannya sendiri dengan banyak metode pula seperti menyemprotkannya dari luar sangkar, memandikannya dengan cara dipegang, dan lainnya.

Cucak Ijo Tidak Mau Mandi Karamba

Burung cucak ijo giras yang dimandikan dengan cara dipegang adalah hal yang tepat karena membantu dalam proses penjinakkan. Namun jika Anda melakukan cara tersebut, Anda harus tahu bagaimana memegang burung yang baik dan benar. Selain cara-cara tersebut, mandi di keramba juga menjadi pilihan. Sayangnya banyak sekali kasus di mana cucak ijo tidak mau mandi karamba. Sebenarnya cucak ijo tidak mau mandi karamba itu bukan lah hal yang baru, namun prilaku burung seperti ini kadang membuat kita bingun bagaimana dalam menyikapinya.

Penyebab burung tak mau mandi di keramba banyak sekali, salah satunya adalah kesalahan dalam pemberian EF. Memang birahi sangatlah menentukan setiap prilaku burung karena pengaruhnya sangat besar. Birahi yang tak terkontrol bisa menyebabkan masalah seperti cucak ijo tidak mau mandi karamba. Untuk mengatasinya tentu Anda harus pintar dalam mengontrol birahi burung. Berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi Cucak ijo tidak mau mandi karamba yang baik dan benar.

Penyebab Cucak Ijo tak Mau Mandi Keramba :

1. Kebiasaan Jarang Mandi.

2. Kebiasaan Mandi dengan Disemprot.

Loading...

3. Terbiasa Mandi Cepuk.

4. Tidak Pernah dimandikan Dalam Keramba.

5. Birahi yang Tak Terkontrol.

6. Keramba Kurang Nyaman.

7. Kurang Disiplin dan Mental.

8. Adanya Rasa Takut / Trauma.

Jika ada sudah tahu apa saja faktor yang menyebabkan cucak ijo sulit atau susah mandi dalam karamba. Maka anda perlu paham cara merawat dan mengatasinya. Nah berikut ini perawatan serta cara mengatasi cucak ijo susah mandi karamba dengan mudah dan cepat.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Tidak Mau Mandi Keramba :

1. Mengontrol Birahi Cucak Ijo

Pada umumnya, hal seperti ini bisa disebabkan karena birahi burung yang tak terkontrol. Birahi burung yang sedang tinggi-tingginya cenderung akan membuat burung tak mau berurusan dengan air. Untuk mengatasinya tergantung dari perawatan Anda sendiri. Untuk mengontrol birahi bisa menggunakan makanan seperti jika birahi yang di rasa terlalu rendah, maka berikan EF jangkrik dan jika birahi di ras sudah sangat tinggi dan susah dikontrol, berikan EF ulat bambu untuk menurunkan birahi si burung.

2. Keramba Mandi Tak Nyaman atau Kotor

Keramba mandi yang baik adalah memiliki ukuran yang besar sehingga burung bisa mandi dengan bebas. Jika terlihat kotor maka bersihkan lah karena bisa saja penyebab burung Anda tak mau mandi di keramba adalah keramba tersebut kotor. Kandang mandi keramba jika terlalu sempit bisa jadi burung tak mau mandi karena merasa tak nyaman. Akibatnya burung akhirnya tak mau mandi. Selain itu, pembatasan gerakan burung pada saat mandi tidak dianjurkan.

3. Dengan Sedikit Rangsangan

Jika burung Anda tidak mau mandi di keramba, biasanya hanya diam saja di keramba sehingga tak mandi-mandi pada akhirnya. Hal yang harus Anda lakukan bukan malah mengeluarkannya, namun cobalah untuk memancingnya untuk mandi.

Rangsangan yang dimaksud adalah dengan menyemprotkannya menggunakan sprayer sehingga akan terpancing untuk mandi di keramba karena sudah basah. Cara ini sangat ampuh karena mengingat burung juga memiliki keinginan, pasti setelah basah akan berpikiran untuk melanjutkannya saja. Metode ini terus di ulang jika burung masih tak mau mandiri untuk mandi sendiri sampai benar-benar mau mandi di keramba pada lain hari.

4. Menggunakan Batu Krikil

Pada dasarnya, burung biasanya takut jika berhadapan dengan air yang terlihat dalam karena takut tenggelam. Hal ini bisa saja terjadi pada burung yang pertama kali melihat keramba yang luas dengan air yang terlihat dalam, apalagi warna air tersebut terlihat dalam.

Untuk mengakalinya, anda boleh mengambil krikil-krikil kecil yang tak kotor kemudian letakkan dalam keramba tersebut sehingga terlihat dasarnya. Dengan begini, burung tak akan takut lagi untuk turun dan mandi. Tidak hanya krikil, Anda boleh menggunakan media lain namun pastikan benar-benar bersih dak tak tercampur dengan bahan-bahan kimia berbahaya.

5. Trik Tangkringan Lengkung

Melatih burung untuk mandiri banyak caranya, salah satunya adalah menggunakan tangkringan lengkung dalam kandang keramba. Cara ini terbilang cukup ampuh karena secara perlahan tangkringan yang Anda siapkan akan menuntun burung untuk menyentuh air di tengah tangkringan. Bagian tengah yang melengkung dari tangkringan pastikan menyentuh sedikit air sehingga burung juga akan terkena air dan menarik kemauannya untuk mandi.

6. Menggunakan Bak Kecil Sebelum Keramba

Lakukan pelatihan kecil terlebih dahulu sebelum memindahkan burung untuk mandi sendiri di keramba. Siapkan burung Anda dalam kandang keramba yang telah diletakkan bak kecil berisi air didalamnya. Perlahan jika burung ingin mandi, ia akan turun dan mandi di bak kecil tersebut karena kurangnya rasa takut karena sama dengan mandi biasanya. Jika burung sudah di rasa sudah cukup pelatihannya, maka cobalah untuk memandikan burung di kandang keramba.

7. Memasukkan Pasangan di dalam Keramba

Mandi tidak hanya sekedar membersihkan bulu namun juga menjadi salah satu metode mencari jodoh sekaligus bisa membuat burung Anda mandi di dalam keramba. Caranya adalah dengan memasukkan pasangan betina pada keramba yang berisi burung Anda. Jika memang mereka berjodoh, mereka akan mandi bersama namun jika tidak, mereka akan saling mengusir satu sama lain. Jika hal itu terjadi, segera jauhkan keduanya. Jika Anda ingin menggunakan metode ini, tambahkan satu tangkringan lagi agar burung bisa leluasa bergerak.

8. Menggunakan Ikan Kecil

Mandi di keramba sebenarnya tak hanya sekedar mandi, namun juga sebagai obat stress dan hiburan. Menaruh ikan kecil di dalam air keramba akan memunculkan minat untuk mandi. Selain itu, cara ini juga membantu dalam menurunkan stress burung dan meningkatkan mentalnya.

9. Menggunakan Jangkrik

Anda bisa saja mengakalinya dengan menggunakan jangkrik yang di gantung dalam karamba. Cara tersebut dapat mempercapat burung masuk dan mandi dalam karamba.

10. Mengkrodong Selama Dua hari

Cara ini sangat ampuh mengatasi cucak ijo susah mandi karamba. Mengkrodong cucak ijo selama dua hari dapat membuatnya gerah dan birahinya naik. Hal ini memacu burung untuk mandi. Cobalah cara ini, dijamin burung cucak ijo anda mau mandi dalam karamba.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Sulit Ngentrok Jambul

Itu dia tips dan trik bagaimana cara mengatasi cucak ijo tidak mau mandi karamba yang baik . Jangan lupa untuk membersihkan kandang keramba mandi dan airnya terlebih dahulu agar tak membawa penyakit. Jika air sudah lama digunakan atau lama tak digunakan, sebaiknya di buang saja karena tanpa kita sadari siapa tau sudah terinfeksi oleh bakteri dari hewan-hewan pengganggu seperti tikus dan kecoa.

Sebenarnya mandi dalam karamba untuk cucak ijo merupakan pilihan. Rata-rata kicau mania lebih suka mandikan cucak ijo dengan menggunakan cepuk. Karena lebih efisien dan praktis dalam merawatnya. Jangan lupa untuk membaca tips burung cucak ijo lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Cucak Ijo

To Top