Connect with us

19 Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Sulit Buang Kotoran / Faces

Cucak Ijo Sulit Buang Kotoran

Cucak Ijo

19 Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Sulit Buang Kotoran / Faces

Loading...

Penyebab dan cara mengatasi cucak ijo sulit buang kotoran dengan mudah dalam waktu satu minggu. Sulit atau susah buang kotoran merupakan problem yang sering dialami oleh kicaumania. Banyak sekali masalah yang bisa ditemukan jika menjadi seseorang yang merawat burung cucak ijo. Demi hobby mungkin semuanya bukan lah masalah, namun bagaimana Anda dalam menyikapinya harus lah benar agar tak terjadi kemungkinan yang tak diinginkan.

Cucak Ijo Sulit Buang Kotoran

Loading...

Cucak ijo menjadi salah satu burung yang banyak sekali diperlihara oleh para pecinta burung. Tapi tak sedikit yang menyerah dan pindah ke burung lain karena masalah yang dihadapi pada cucak ijo. Cucak ijo sulit buang kotoran menjadi salah satu masalahnya. Untuk mengatasi masalah seperti ini tak perlu dilakukan tindak ceroboh seperti langsung memberikannya obat khusus yang tak terbukti kebersihan dan keampuhannya. Ada baiknya Anda bertanya terlebih dahulu kepada yang sudah ahli dalam masalah ini.

Sebelum itu, ketahui dulu seperti apa cucak ijo Anda jika sedang susah dalam buang kotoran. Burung akan bertingkah aneh saat susah buang kotoran, seperti mengangkat dan menurunkan ekor serta terlihat malas untuk bergerak.

Ciri – Ciri Cucak Ijo Sulit Buang Kotoran :

  1. Sering mengangkat dan menurunkan ekor.
  2. Burung terlihat lesu.
  3. Nafsu makan menurun.
  4. Macet bunyi atau jarang berkicau.
  5. Rata-rata burung selalu ada di dasar sangkar.

Tentu jika Anda melihat ciri-ciri seperti itu dan memerhatikan dengan teliti dan ternyata cucak hijau Anda sedang feces (susah buang kotoran), maka segera lakukan tindakan. Karena itulah jangan berpikiran manusia saja yang bisa mengalami sembelit, burung pun sama.

Gejala seperti ini bisa mengakibatkan banyak penyakit susulan, bahkan resiko terparah adalah kecacatan dalam tubuh khususnya pencernaan burung. Berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi cucak ijo sulit buang kotoran.

Penyebab Cucak Ijo Sulit Buang Kotoran :

1. Kurangnya Cairan dalam Tubuh.

2. Gangguan Pencernaan.

3. Masalah Higienitas atau Pakan yang Tak Bersih.

4. Mengkonsumsi Jangkrik yang Telah Lama Mati.

5. Mengkonsumsi Kroto Basi.

6. Mengkonsumsi Pakan Kering / Voer Berjamur.

7. Infeksi pada Organ Dalam.

8. Perawatan Terkait Makanan yang Salah.

9. Kurang Menjaga Kebersiahan Sangkar.

Jika ada sudah tahu apa saja faktor yang menyebabkan cucak ijo sulit buang kotoran “Faces”. Maka anda perlu paham cara merawat dan mengatasinya. Nah berikut ini perawatan serta cara mengatasi cucak susah buang kotoran dengan mudah dan cepat.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Sulit Buang Kotoran:

1. Perhatikan Asupan Mineral Burung

Air minum cucak ijo harus tetap terjaga dan terisi penuh dalam kandang harian. Jangan hanya terpaku pada makanannya saja Karena jika tidak, burung akan mengalami kekurangan cairan yang bisa mengakibatkan kotoran menjadi padat dan terjadi penyumbatan area jalur dubur si burung.

Sebagai pencegah, jangan sampai kebutuhan air minum cucak ijo menipis. Namun banyak kasus di mana burung susah untuk minum atau malas minum. Hal ini bisa saja terjadi dan mengakibatkan susah buang kotoran. Meski jarang terjadi, cara yang bisa Anda lakukan adalah pemberian buah-buahan berair seperti papaya dan lainnya. Dengan pemberian buah seperti itu akan menjaga kesehatan burung sekaligus memenuhi asupan nutrisi si burung.

2. Hentikan Pemberian Voer

Voer bukan menjadi menu utama dalam makanan cucak ijo, walaupun ada juga yang memakainya. Namun jika cucak ijo Anda mengalami susah buang kotoran, maka untuk sementara hentikan pemberian voer setiap hari. Voer hampir sama dengan nasi bagi manusia, jika terlalu banyak tentu bisa membuat sembelit dan susah buang air besar.

Sama seperti cucak ijo, kemungkinan voer yang dimakan lebih banyak dari air yang seharusnya ia minum. Jadi untuk menjaga asupan nutrisi tetap seimbang meski tak di beri voer untuk sementara, maka cukup berikan cacing tanah dan extra fooding kroto yang masih sangat segar.

Selain itu, pemberian buah-buahan dan sayur-sayuran bisa diberikan. Kalau bisa dapat diloloh sehingga sistem pencernaan burung dapat mencerna dengan baik karena tak menutup kemungkinan, susah buang kotoran disebabkan karena kurang baiknya keadaan pencernaan dalam si cucak ijo.

Pemberian biji-bijian sebenarnya juga bisa diberikan namun mungkin akan sedikit susah pada cucak ijo karena termasuk burung pemakan serangga. Tapi jika memang bisa maka lakukan karena biji-bijian sangat baik untuk membantu mengatasi masalah susah buang kotoran pada cucak ijo. Tidak hanya itu, kandungan serat pada biji-bijian dan sayuran membantu dalam mengencerkan kotoran kembali sehingga lancar dalam buang kotoran.

3. Pemberian Minyak Zaitun

Minyak zaitun berkhasiat bisa mengatasi masalah susah buang kotoran untuk cucak ijo dan sangat terbukti. Namun masalahnya adalah cucak ijo jika disuguhkan minyak zaitun secara langsung tak akan mau. Sebagai seorang pemelihara harus lah cerdas dalam bertindak, apalagi ini adalah urusan kesehatan cucak ijo.

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah memanfaatkan pakan jangkrik. Siapkan menu jangkrik pengganti voer, sisihkan kaki dan kepalanya kemudian celupkan ke dalam wadah yang berisi minyak zaitun kemudian berikan pada cucak ijo Anda. Selain jangkrik, cara yang sama bisa diterapkan kepada cacing tanah dan makanan EF cucak ijo lainnya.

Jika burung Anda lagi tak berselera untuk makan dan ingin minum saja, Anda boleh memberikan minyak zaitun secara cukup di tempat air minumnya. Dua tetes disarankan oleh para penghobby burung yang sudah ahli, namun semuanya tergantung sebanyak apa dan sebesar apa air dalam wadah tersebut.

4. Pemberian Multimineral dan Multivitamin

Salah satu cara mengatasi cucak ijo sulit buang kotoran adalah dengan memberikannya multimineral yang menurut Anda baik. Dalam hal ini, yang paling disarankan adalah BirdMineral yang sudah banyak dipercaya bisa mengatasi masalah seperti susah buang kotoran pada cucak ijo. Namun jangan hanya memberikan multimineral saja, ada baiknya untuk tetap menjaga keseimbangan antara vitamin dan mineral dengan cara memberikan multivitamin juga.

5. Gangguan Pencernaan

Jika masalah luar sudah dimaksimalkan solusinya dan masih saja tak kunjung sembuh, maka bisa jadi burung Anda terkena gangguan pencernaan yang mengakibatkan susah buang kotoran. Pada umumnya, masalah seperti ini akibat penyakit seperti berak kapur dan berak darah. Untuk mencegah agar tak terjadi seperti itu adalah pemberian BirdVirt secara rutin serta menjaga asupan mineral dan nutrisi lainnya.

Ciri-ciri dari kedua penyakit tersebut adalah burung terlihat lesu, mata sering tertutup, sakit, bulu kusut, dan lainnya. Jika sudah seperti ini dan parah maka jangan mengambil tindakan yang berbahaya, serahkan langsung pada dokter spesialis burung karena mereka lebih tahu permasalahan kesehatan yang serius seperti kedua penyakit tersebut.

Baca Juga: 4 Jenis Makanan Cucak ijo Liar, Lomba, Harian, dan Mabung

Itu dia tips tentang bagaimana cara mengatasi cucak ijo sulit buang kotoran yang baik dan benar. Jangan sampai penyakit ini berlangsung lama karena bisa membuat burung Anda lebih sakit, atau bahkan resiko terbesar adalah mengakibatkan kematian. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu apa yang membuat burung Anda susah buang kotoran dan mencocokkannya dengan tips-tips di atas, semoga membantu. Jangan lupa untuk membaca tips burung cucak ijo lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Cucak Ijo

To Top