14 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Sering Didis di Lomba - Hewan.id
Advertisements

14 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Sering Didis di Lomba

Cucak Ijo Didis, Cucak Ijo Menyisir Bulu, Cucak Ijo Lomba, Cucak Ijo Gacor

Cucak Ijo

14 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Sering Didis di Lomba

Penyebeb dan cara mengatasi cucak ijo didis di lomba maupun di rumah. Didis atau menyisis bulu merupakan salah satu masalah yang terdapat pada setiap burung di mana selalu terlihat menyisir bulu. Disorientasi kendala saat bermain di lapangan merupakan didis. Tidak hanya bisa di alami oleh burung cucak ijo, didis juga bisa di alami oleh setiap burung. Cucak ijo merupakan burung yang terbilang susah dalam merawat karena memang seimbang dengan hasil yaitu suara yang bagus.

Cucak Ijo Didis, Cucak Ijo Menyisir Bulu, Cucak Ijo Lomba, Cucak Ijo Gacor, Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Sering Didis di Lomba

Selain itu, cucak ijo bisa memakan banyak biaya dalam perawatannya. Terlepas dari semua itu, masalah didis bisa saja terjadi karena perawatan yang salah. Sebagai seorang penangkar yang baik, Anda dianjurkan untuk tahu penyebab dan cara mengatasi cucak ijo sering didis di lomba yang baik dan benar.

Cucak ijo didis terjadi karena kurangnya rasa nyaman pada si burung dalam perawatannya. Untuk itu, sebaiknya Anda mencari setingan yang benar-benar cocok dengan karakter cucak ijo Anda agar tak mengakibatkan didis. Didis pada saat lomba bisa mengakibatkan masalah-masalah yang bisa membuat burung Anda kalah, salah satunya adalah ngetem.

Baca Juga: Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Over Birahi

Ngetem merupakan keadaan di mana burung tiba-tiba berhenti berkicau, biasanya disebabkan karena perawatan yang salah dan didis. Hal ini bisa terjadi Karena burung Anda kurang cocok atau belum mengenal lingkungan dan perawatan Anda sehingga burung tak merasa nyaman. Berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi cucak ijo sering didis di lomba.

Loading...

Penyebab Cucak Ijo Sering Didis di Lomba :

1. Birahi yang Terlalu Tinggi

2. Cucak Ijo Kurang Mandi

3. Bulu Burung Kering

4. Kurang Penjemuran

5. Penyakit Kutuan

6. Kurang Nyaman di bagian Kulit

7. Jarang Memandikan Cucak Ijo dengan Shampo Burung

Cara Mengatasi Cucak Ijo Sering Didis di Lomba :

1. Kontrol Birahi Burung

Penyebab utama cucak ijo didis adalah birahi yang terlalu tinggi. Karena over birahi, burung akan sering menarik bulu-bulunya bahkan di arena lomba. Untuk itu, batasi pemberian EF peningkat birahi yang bisa membuat over birahi. Selain itu, pemberian EF penurun birahi juga diperlukan jika terlalu over birahi. Memang birahi tinggi sangat menguntungkan pada saat lomba, namun kelebihan bisa saja mengakibatkan kelakuan seperti didis dan ngetem.

2. Sering Dimandikan

Proses mandi memiliki banyak manfaat, khususnya untuk kebersihan burung cacak ijo. Dengan mandi, kutu burung akan keluar dan pergi untuk selamanya. Selain itu, mandi bisa membantu dalam menyehatkan bulu si cucak ijo. Untuk metode mandinya sendiri terserah Anda, boleh dengan disemprot, dibasahi namun tidak sampai basah kuyup atau dimandikan dengan tangan Anda secara lemah lembut. Cara ini dapat mengatasi cucak ijo didis saat lomba.

3. Merawat Bulu Burung Cucak Ijo

Bulu yang bagus dan terawat tentu bagus untuk kesehatan si burung. Bulu yang kering akan membuat burung tak merasa nyaman pada saat lomba. Untuk mengatasi burung yang memiliki bulu kering adalah meningkatkan nutrisi dan vitamin yang bisa menyehatkan bulu si burung. Untuk produknya sendiri, Anda boleh mencoba Shampoo Natur E yang bisa membantu untuk tidak membuat bulu burung kering dan rontok. Selain itu, perawatan lain juga sangat membantu seperti penjemuran dan proses mandi.

4. Kurang Penjemuran

Dijemur memiliki banyak khasiat untuk si burung. Diantaranya adalah membantu dalam merontokkan setiap kutu dan membantu menguatkan bulu-bulu burung agar tak mudah rontok. Mandi yang baik biasanya dilakukan sekitar 1-2 jam dan baik dilakukan sebelum jam 11 siang. Namun perlu diingat, penjemuran yang terlalu lama bisa membuat burung menjadi tak sehat baik untuk tubuh dan bulunya.

5. Kutuan

Untuk mengatasi masalah kutuan ada banyak caranya. Diantaranya adalah dengan menggunakan shampoo khusus pengusir kutu, penjemuran, sering dimandikan, dan dukungan dari nutrisi vitamin. Selain itu, kutuan juga bisa diakibatkan karena kurangnya kebersihan kandang. Maka dari itu sebaiknya Anda diharapkan terus meninjau kebersihkan kandang agar tak membawa kutuan. Kandang yang berjamur juga bisa mendatangkan penyakit-penyakit berbahaya dengan resiko tertinggi yaitu kematian.

6. Masih Dalam Masa Mabung

Mabung merupakan istilah dalam dunia burung di mana burung akan terus menerus merontokkan bulunya dan menggantikan bulu dengan bulu yang baru dan lebih sehat. Mabung bukanlah penyakit, namun sudah alami terjadi. Ada banyak metode yang bisa digunakan untuk mempercepat masa mabung dan sebaiknya tidak diikutkan dalam lomba untuk sementara waktu karena bisa membuat cucak ijo didis.

7. Sering Dikrodong

Sering dikrodong pada siang hari juga bisa menjadi penyebab burung didis ditengah lomba karena dari sananya, burung cucak ijo tidak suka di krodong pada siang hari. Untuk malam harinya tidak apa-apa karena membantu dalam masa istirahatnya dan menjauhkan dari hewan-hewan pengganggu seperti kucing, tikus, anjing, dan lainnya.

Baca Juga: Cara Menurunkan Birahi Cucak Ijo Dalam Waktu 1 Hari

Itu dia pengetahuan mengenai penyebab dan cara mengatasi cucak ijo didis di lomba yang baik dan benar serta bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah. Sekali lagi, perawatan harian cucak ijo yang baik adalah kunci utama untuk membuat burung tak didis di tengah lomba. Jangan lupa untuk membaca tips burung cucak ijo lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Cucak Ijo

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top