> > 17 Penyebab dan Cara mengatasi Cucak Ijo Salto dengan Mudah - Hewan.id
Connect with us

17 Penyebab dan Cara mengatasi Cucak Ijo Salto dengan Mudah

Cucak Ijo Salto, penyebab Cucak Ijo Calto, Cra merawat Cucak Ijo Salto, Cara mengatasi Cucak ijo Salto

Cucak Ijo

17 Penyebab dan Cara mengatasi Cucak Ijo Salto dengan Mudah

Penyebab dan cara mengatasi cucak ijo salto atau balik jungkir dalam waktu 1 minggu. Cucak ijo adalah burung yang banyak diperlombakan selain kenari dan lainnya. Perawatan cucak ijo tidaklah mudah, ada banyak sekali halangan untuk bisa membuat burung cucak ijo menjadi idaman. Semua itu tergantung pada si penangkar bagaimana dia dalam merawat si burung.

Cucak Ijo Salto, penyebab Cucak Ijo Calto, Cra merawat Cucak Ijo Salto, Cara mengatasi Cucak ijo Salto

Dalam dunia lomba burung, khususnya untuk cucak ijo, banyak sekali masalah yang terkait dengan tingkah laku yang bisa membuat kekalahan. Diantaranya adalah ngetem, burung mangap, melet, sampai dengan salto. Khusus burung yang memiliki kebiasaan salto apalagi pas di arena lomba, akan menjadi masalah besar tidak hanya bagi yang sudah ahli, namun terlebih untuk yang masih pemula. Karena itu, Anda perlu tahu penyebab dan cara mengatasi cucak ijo salto yang baik dan benar.

Sebenarnya burung cucak ijo yang memiliki kebiasaan salto bukanlah hal yang baru. Namun untuk penangkar pemula, hal ini tentunya membuat bingun. Secara umum, salto pada burung bisa disebabkan karena beberapa hal diantaranya adalah ukuran yang terlalu besar pada kandang, masih giras atau galak, birahi yang tak terkontrol, seperti apa tangkringannya, atau sedang masa stress. Untuk mengatasinya Anda tak perlu panik karena hanya akan membawa masalah yang lebih besar. Pertama-tama, sebaiknya Anda mengetahui dengan betul seperti apa penyebab secara rinci dari cucak ijo salto.

Penyebab Cucak Ijo Salto :

1. Stress Berlebihan Akibat Penyakit dan Perawatan yang Salah

2. Sangkar Besar Sehingga Terlalu Bebas Untuk Bergerak

Loading...

3. Model atau Ukuran dari Tangkringan yang Kurang Nyaman

4. Masih Giras, Biasanya Karena Burung Belum Mengenal Anda dan Lingkungan Sekitar (Bakalan).

5. Birahi terlalu tinggi.

Jika ada sudah tahu apa saja faktor yang menyebabkan cucak ijo balik jungkir “salto”. Maka anda perlu paham cara merawat dan mengatasinya. Nah berikut ini perawatan serta cara mengatasi cucak ijo salto dengan mudah dan cepat.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Salto :

1. Taruh di Kandang Sedang

Memerhatikan setiap tingkah laku si burung merupakan salah satu tugas dari seorang penangkar yang baik. Untuk masalah burung salto khususnya cucak ijo, beberapa prilaku yang bisa dilihat adalah kurang nyamannya dengan tempat ia bertengker. Hal ini bisa disebabkan karena ukuran sangkar terlalu besar atau tempat tangkirang yang tak cocok. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda menaruhnya di tempat atau sangkar yang ukurannya sedang. Pemberian sangkar yang sempit juga tidak cocok dengan burung karena terbatasnya ruang gerak. Karena itu, ukuran sedang bisa sangat ideal dengan cucak ijo namun perhatikan juga karakter dari burung tersebut.

2. Tangkringan yang Sesuai Dengan Kaki Si Burung

Pilihlah tangkringan yang pas untuk kaki cucak ijo Anda agar ia merasa nyaman. Posisi akibat tangkringan yang miring atau arah yang tak disukai oleh burung juga bisa menjadi penyebab utama burung salto. Maka dari itu, selain memerhatikan ukuran yang baik dan pas untuk cucak ijo, arah dan posisi tangkringan juga harus menunjang rasa nyaman si burung. Bahan yang digunakan juga sangat berpengaruh seperti besi yang rata-rata tak disukai burung. Jika benar, cobalah untuk memberikan tangkringan yang terbuat dari kayu kokoh.

3. Full Krodong

Cara ini bisa membantu untuk meredakan kebiasan saltonya. Dengan melakukan full krodong, burung akan menjadi lebih tenang dan rileks. Karena itu lah ia akan menghentikan segala sesuatu yang bisa membuatnya kelelahan. Selain itu, full krodong membuat jarak pandangnya terbatas sehingga biasanya memilih untuk tidur saja.

4. Proses Memandikan

Sedikit berbeda untuk proses memandikan di mana burung cucak ijo yang sering salto harus dimandikan dengan cara disemprot dari atas. Cara ini gunanya untuk membuat burung takut akibat air yang datang dari atas.

5. Tutup Bagian Atas Sangkar

Untuk mencegah burung salto ke atas, maka buat ia takut dengan apa yang ada di atas mereka. Salah satu metode yang bisa Anda coba adalah dengan memberikan tutup terserah dari apa sehingga burung merasa takut dan tak mau salto ke atas lagi.

6. Jauhkan dari Burung Lain yang Suka Salto

Jangan pernah mendekatkan burung Anda dengan burung lain yang suka salto, apalagi jika keadaan birahi burung Anda sedang sangat tinggi. Mendengar burung lain masih bisa mempengaruhi prilaku si burung, apalagi jika melihatnya langsung.

7. Karet di Langit-Langit Sangkar

Berikan karet gelang yang disusun sedemikian rupa agar menghalangi si burung salto ke atas. Gunanya jika cucak ijo Anda salto, maka akan tersandung dan kembali ke bawah sehingga menimbulkan efek jerah.

8. Tunjang Kesehatan dengan Vitamin

Agar burung salto tak sakit, Anda juga perlu untuk melihat asupan vitamin yang ada dalam tubuh apakah sudah baik atau kah perlu penanganan. Anda dapat menambah multivitamin dengan rutin. Caranya dengan menambah multivitamin maksimal 10 tetes pada air minum burung cucak ijo. Pemberian multivitamin ini dapat mengatasi cucak ijo salto sekaligus menyehatkannya.

9. Menggunakan Sangkar Umbaran

Kandang umbaran membantu melatih nafas si burung agar lebih gacor di perlombaan. Selain itu, penggunaan kandang umbaran yang baik bisa sangat bermanfaat untuk membakar lemak bagi cucak ijo yang gemuk. Tentu saja kebiasaan salto juga bisa hilang karena semakin ia sering salto di sangkar umbaran, semakin dia lupa dengan kebiasaannya itu.

10. Peletakan Posisi Tangkringan yang Tepat

Mengatasi atau merawat cucak ijo supaya tidak salto yaitu dengan mencoba berbagai macam model pangkrian serta tepat dalam menaruhnya. Seekor cucak ijo memiliki kenyamanan yang berbeda di dalam sangkarnya.

Hal ini termasuk pada posisi tangkringannya. Gejala cucak ijo bersalto bisa diakibatkan oleh posisi tangkringan yang tidak nyaman. Anda dapat mengatasi burung cucak hijau salto dengan mengubah posisinya serta mengganti bahan tangkringan dengan bahan lainnya.

Contoh ataupun model tangkringan nya yaitu bisa sejarar dan atas bawah. Dengan menerapkan cara ini dengan tepet maka burung cucak ijo anda tidak dakan salto.

11. Pandai Mengatur Birahi

Burung cucak ijo sering salto atau balik jungkir ketika dalam perlombaan merupakan kerugian besar. Salto pada cucak hijau ketika dalam event perlombaan terjadi karena birahinya terlulu tinggi. Saat over birahi rata-rata cucak hijau tersebut akan monting atau melampiaskannya dengan salto.

Maka sebagai pemilik harus tahu perawatan cucak ijo sebelum lomba yang baik dan benar. Mereka juga harus paham porsi pemberian EF terhadap burung tersebut. Memang ketika cucak ijo lomba harus dengan birahi tinggi supaya mau bongkar isian, namun dengan catatan tidak sampai over birahi.

12. Terapi menggunakan Suara Aam

Penyebab burung cucak ijo salto sering diakibatkan oleh rasa stress. Jika burung Anda salah satunya, maka  anda bisa mencoba memberikan pengobatan dengan terapi suara alam.

Terapi ini menggunakan suara alam seperti suara air hujan, deburan ombak, atau suara air terjun. Walaupun jarang dicoba oleh para ijomana, namun dengan menggunakan metode ini anda dapat mudah mengatasi cucak ijo sering salto.

Baca Juga: 12 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak ijo Sering Mangap

Itulah penanganan serta pengetahuan mengenai apa saja penyebab dan cara mengatasi cucak ijo salto yang baik. Cara mengatasi cucak hijau salto tersebut anda bisa coba di rumah dan diamati ketika berada di gantangan. Coba cara tersebut satu persatu. Jangan pernah putus asa dalam menghadapi masalah cucak ijo salto tersebut. Kuncinya yaitu telaten.

Loading...

Continue Reading

More in Cucak Ijo

To Top