23 Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Over Birahi - Hewan.id
Advertisements

23 Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Over Birahi

Cucak Ijo Over Birahi, Cucak Ijo Melet, Cucak Ijo OB

Cucak Ijo

23 Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Over Birahi

Cucak Ijo Over Birahi (OB) – Cucak ijo merupakan burung yang unik dengan suara bagus. Sayang sekali banyak yang mengeluh tentang cucak ijo yang mudah sekali over birahi. Memang benar, banyak orang yang pernah merasakan burung cucak ijo mereka over birahi atau birahi yang terlalu tinggi. Namun kembali lagi kepada diri Anda karena semuanya tergantung bagaimana anda dalam merawat burung Anda. Sebagai seorang penangkar yang baik, Anda harus tahu betul penyebab dan cara mengatasi cucak ijo over birahi yang baik dan benar.

Cucak Ijo Over Birahi, Cucak Ijo Melet, Cucak Ijo OB

Over birahi memang bisa saja terjadi pada setiap jenis cucak ijo, khususnya cucak ijo ternak. Semua problem itu terjadi karena diakibatkan ada sebuah kesalahan perawatan. Contoh misalnya, pemberian pakan yang salah atau berlebihan seperti pemberian EF peningkat birahi yang terlalu tinggi. Apalagi cucak ijo merupakan burung yang mudah sekali terpacu birahinya.

Perlu anda ketahui juga ada berbagai ciri yang menonjol ketika burung cucak ijo sedang over birahi. Ciri-ciri cucak hijau ketika over birahi antara lain.

Ciri-Ciri Cucak Ijo Over Birahi :

  1. Macet Bunyi atau Jarang Berbunyi.
  2. Sering Ngentrok / Jambul.
  3. Burung terlihat agresif.
  4. Terlihat galak jika di dekatkan dengan burung lain.
  5. Cucak ijo sering menjulurkan atau memelet-meletkan lidah.
  6. Burung sering mbalon atau terlihat mengembang bulu-bulunya.
  7. Jika over birahi cucak ijo terlalu tinggi rata-rata burung akan ciak bulu atau mencabuti bulu-bulunya.
  8. Sering ngeriwik dan jarang ngeplong atau gacor.

Over birahi rata-rata jarang sekali ditemukan pada cucak hijau bakalan atau yang hidup di alam liar. Over birahi pada cucak ijo sering sekali terlihat ketika burung tersebut sedang di ternak atau ditangkarkan.

Untuk itu, Anda diwajibkan untuk membatasi dan mengetahui karakter burung itu sendiri. Di samping dari dalam tubuh cucak ijo itu sendiri, birahi terlalu tinggi juga bisa disebabkan oleh perawatan lain seperti proses mandi, penjemuran yang terlalu lama, pembersihkan kandang, dan lainnya. Meski pengaruhnya sedikit, tetap saja bisa berpengaruh pada birahi si burung. Untuk selengkapnya, berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi cucak ijo over birahi.

Loading...

Penyebab Cucak Ijo Over Birahi :

1. Terlalu Banyak Pemberian EF Peningkat Birahi.

2. Perawatan yang Salah.

3. Porsi Pengumbaran Kurang.

4. Terlalu di Full Krodong.

5. Porsi Waktu Jemur Yang Terlalu Panjang

6. Digantang Dekat Burung yang Memiliki Warna Cerah.

7. Terlalu dekat atau Mendengar Suara Burung Sejenis atau betina.

Jika anda sudah paham apa saja hal-hal yang mempengaruhi cucak ijo OB atau over birahi maka sebaiknya juga tahu cara mengatasinya. Berikut ini cara mengatasi cucak ijo birahi dalam waktu sehari.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Over Birahi :

1. Pengumbaran

Cara ini terbilang ampuh dalam menurunkan birahi cucak ijo dalam waktu singkat. Cobalah untuk menempatkan cucak ijo di kandang umbaran dengan ukuran yang besar. Fungsinya agar burung terbiasa dalam olahraga karena umumnya burung yang over birahi adalah burung yang memiliki kelebihan tenaga.

Jadi tujuan utamanya dilakukan pengumbaran adalah untuk memangkas tenaga tersebut dan kembali normal. Selain itu, proses pengumbaran juga membantu dalam menurunkan berat badan si burung cucak ijo yang terbilang gemuk karena terus bergerak dan berolahraga. Proses ini bisa dilakukan mulai dari pagi hari sampai sore hari setiap harinya hingga benar-benar birahi burung sudah stabil.

2. Mandi Sering / Mandi Malam

Mandi sering dapat membantu dalam menurunkan birahi burung karena hawa sejuk yang selalu dirasakannya. Frekuensi yang disarankan adalah pagi hari, sore hari, dan malam hari. Jika memang diperlukan, tambahkan jadwal mandi pada siang hari sebagai ekstranya.

Selain itu, selama masa pengumbaran, bak mandi bisa ditempatkan di dalam sangkar umbaran dan biarkan burung cucak ijo Anda mandi dengan sendirinya. Setelah bergerak dan beraktivitas seharian, tentu rasa ingin mandi akan mengarahkan burung ke bak mandi yang tersedia.

3. Penjemuran

Penjemuran tak dianjurkan terlalu lama, cukup 15 sampai 30 menit saja setiap hari atau jika perlu, tak perlu dilakukan penjemuran sama sekali. Saat dalam masa pengumbaran, letakkan kandang umbaran tersebut ditempat yang terkena matahari namun tidak secara langsung. Letakkan lah pada bawah pohon di mana daun-duanan akan membuat teduh untuk si burung. Jadi cucak ijo bebas mau berteduh ataukah berjemur dibawah terik matahari.

4. Jangan Berikan EF Protein Tinggi

Sebenarnya pilihan ini hanya opsional saja, pemberian boleh dilakukan namun dipangkas dan boleh tak diberikan namun digantikan dengan pakan lain dengan protein rendah. Jika memang burung memiliki birahi yang sangat lah tinggi dan mengakibatkan ciri-ciri ekstrim seperti giras dan mencabuti bulunya sendiri, maka hentikan pemberian EF peninggi birahi.

5. Perlakuan Kurang Baik

Banyak hal yang bisa memicu kembali datangnya birahi tinggi pada si cucak ijo. Salah satunya adalah sering menggodanya menggunakan tangan. Selain itu, Anda juga wajib dalam membersihkan kandang secara rutin dan melakukan proses mandi sesering mungkin agar birahi si burung dapat stabil lagi.

Mental cuak ijo juga harus lah dijaga karena cucak ijo yang sedang over birahi sangat mudah tertekan dan giras di mana jika dibentak, akan berdampak buruk untuk kedepannya nanti.

Baca Juga: Cara Melatih Mental Burung Cucak Ijo Untuk Harian dan Lomba

6. Penempatan yang Baik

Jangan tempatkan pada tempat yang ramai, apalagi berdekatan dengan burung jenis apapun itu. Melihat jenis burung lain dapat memicu birahi si burung kembali tinggi. Apalagi jika melihat lawan jenis cucak ijo betina, birahi burung akan tak terkendali. Tidak hanya harus dijaga matanya, jaga juga telinga si cucak ijo agar tak mendengar suara burung lain. Jika cucak ijo Anda mendengar, pasti birahinya akan kembali tinggi.

7. memperbanyak Porsi Pemberian Buah

Untuk mengatasi cucak ijo over birahi jenis buah yang disarankan adalah papaya, timun, sawo, pear dan buah naga. Selain itu jangan berikan buah atau makanan yang sudah di sebut kan tadi.

Rata- rata papaya sangat dipercaya bisa menurunkan birahi cucak ijo yang tinggi, selain itu mudah terjangkau di pasaran dan harganya murah.

8. Konsisten

Konsisten dalam hal merawat cucak ijo harian akan membantunya menurunkan burung yang sedang over birahi. Rawatlah burung cucak ijo anda dengan teratur dan temat waktu agar mudah gacor kembali.

Baca Juga: Cara Menurunkan Birahi Cucak Ijo Dalam Waktu 1 Hari

Over birahi memang bisa saja terjadi di setiap burung, termasuk juga jenis cucak ijo. Nah itulah tips bagaimana penyebab dan cara mengatasi cucak ijo over birahi yang baik dan benar serta bisa dengan mudah Anda terapkan di rumah.

Hal yang penting adalah bagaimana Anda mengatur apa saja yang masuk ke dalam perut burung karena makanan merupakan pengaruh tertinggi dalam urusan birahi tinggi. Jangan lupa untuk membaca tips burung cucak ijo lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Cucak Ijo

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top