> > 13 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Hanya Ngriwik - Hewan.id
Connect with us

13 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Hanya Ngriwik

Cucak Ijo Ngriwik, Cucak Ijo Tidak Mau Ngeplong

Cucak Ijo

13 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Hanya Ngriwik

Penyebab dan cara mengatasi cucak ijo hanya ngriwik tidak mau ngeplong. Banyak masalah yang dihadapi oleh seseorang penghobbi burung khususnya cucak ijo, salah satunya adalah cucak ijo ngriwik. Masalah seperti ini bukanlah hal yang baru, Anda hanya perlu untuk bersikap tenang dalam menanggapai masalah burung ngriwik ini. Karena jika anda salah tindakan, bisa jadi membuat burung anda malah menjadi makin parah.

Cucak Ijo Ngriwik, Cucak Ijo Tidak Mau Ngeplong

Jangan pernah untuk memberikan obat yang tak terpercaya pada burung hanya karena burung cucak ijo anda ngriwik. Tidak jarang kasus terjadi di mana pemilik memberikan obat penggacor cucak ijo dengan niat menyembuhkan masalah ngewirik, al hasil membuat suara burung pecah dan rusak. Sebagai penghobbi yang baik, Anda wajib mengetahui penyebab dan cara mengatasi cucak ijo hanya ngriwik.

Cucak ijo ngeriwik atau tidak mau ngeplong biasanya disebabkan karena masalah pada birahinya. Birahi memang menjadi pusat dari segala masalah dari prilaku burung, namun dengan kontrol yang baik, akan membuat burung dapat gacor dan ngeplong semangat. Pemilik burung harus lebih ekstra dalam perawatan dan sabar dalam mengatasi hal seperti ini, itu adalah kuncinya.

Mental cucak ijo juga menjadi kuncinya. Mental yang baik adalah mental kuat, bisa dilatih dengan mendisiplin burung dan tak memanjakannya. Dalam beberapa kasus, kalah setelah beradu bisa membuat cucak ijo ngriwik. Hal ini membuktikan bahkan mental lemah bisa membuat burung susah ngeplong atau ngriwik. Pertama-tama, Anda harus tahu apa saja penyebab mengapa burung bisa ngriwik.

Penyebab Cucak Ijo Ngriwik :

1. Giras Karena Merupakan Tangkapan Hutan.

Loading...

2. Masih dalam Masa Mabung.

3. Terjadi Sebelum atau Pasca Mabung.

4. Kalah Pasca Diadu dengan Burung Lain.

5. Kurangnya Birahi.

6. Masih Dalam Tahap Penjinakkan.

7. Pernah Trauma akan Sesuatu.

Jika ada sudah tahu apa saja faktor yang menyebabkan cucak ijo sulit atau susah ngeplong “ngriwik”. Maka anda perlu paham cara merawat dan mengatasinya. Nah berikut ini perawatan serta cara mengatasi hanya ngriwik dengan mudah dan cepat.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Ngriwik :

1. Tingkatkan Birahi

Pada umumnya, cucak ijo dapat ngeplong dan ngentrok jambul karena birahi yang telah diatur oleh pemilik sampai ke titik tertentu, tidak berlebihan namun tidak juga kekurangan. Beberapa masalah seperti ngriwik saja di tengah lomba bisa diakibatkan oleh birahi yang terlalu rendah.

Hal yang harus Anda lakukan adalah tingkatkan birahi burung namun jangan sampai over birahi. Semuanya juga tergantung dengan karakter burung seperti apa. Cobalah untuk meningkatkan pakan EF seperti ulat hongkong, jangkrik, cacing tanah yang sangat ampuh dalam meningkatkan birahi pada cucak ijo.

Meningkatkan birahi tidak hanya bisa melalui makanan, namun juga bisa dengan penjemuran. Penjemuran yang sedikit panas dan lama akan membuat birahi burung naik secara drastic. Jika biasanya cucak ijo Anda jemur setiap 1 jam sehari, maka tingkatkan menjadi 2 sampai 3 jam tergantung karakter burung.

Waktu penjemuran cucak ijo yang bagus adalah 2 jam dan sebelum pukul 10 siang, hentikan penjemuran karena menjemur terlalu lama bisa membuat burung sakit. Selain penjemuran, proses mandi sebaiknya dipangkas atau tidak sama sekali selama burung masih bersih agar birahi burung benar-benar memuncak.

2. Masih Dalam Masa Penjinakkan

Burung yang belum terlalu jinak biasnya tak mau ngeplong, baik itu cucak ijo lomba atau harian. Pasalnya belum terlalu mengenal Anda dan lingkungannya dan hanya mengulang apa yang Anda perdengarkan pemasteran secara abal-abal.

Untuk mengatasinya cucak ijo ngriwik tentu dengan kesabaran karena melatih dan menjinakkan burung itu bukanlah perkara mudah. Para ahli saja membutuhkan waktu sekurang-kurangnya 6 bulan untuk benar-benar membuat cucak ijo miliknya lunak sejinak-jinaknya. Jika sudah jinak, Anda boleh memberikan setingan ekstrim untuk membuatnya ngeplong dari sebelumnya.

Burung yang belum jinak biasanya berasal dari penangkar yang kita beli sebagai bakalan cucak ijo. Selain itu, cucak ijo yang ditangkap dari hutan menjadi masalah terbesar karena belum pernah melakukan kontak dengan manusia. Biasanya proses penjinakkan burung yang berasal dari hutan sedikit lebih lama, namun semua tergantung dari usaha Anda.

Saran untuk menjinakkan lebih cepat adalah melakukan segala sesuatu dengan tangan Anda. Dengan begitu, Anda secara tak langsung membuat burung berpikir bahwa Anda bukanlah ancaman yang besar.

3. Berada Dalam Masa Mabung

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah menunggu masa mabungnya selesai. Di fase ini, cucak ijo akan merasa malas dan ngriwik saja. Tak heran jika penyebab yang paling banyak mengenai cucak ijo ngriwik adalah mabung. Namun Anda bisa mempercepat masa mabungnya agar bisa kembali plong lagi seperti sedia kala.

Salah satu cara mempercepat mabung adalah pemberian pakan voer, multivitamin, dan EF yang terkontrol sangat bagus. Khususnya EF perlu diperbanyak karena saat mabung, burung memerlukan banyak sekali asupan protein. Selain itu, proses mandi dan penjemuran sebaiknya tak dilakukan terlalu sering bahkan untuk mandinya sendiri, boleh tak dilakukan selama burung masih bersih.

Baca Juga : 20 Cara Merawat Burung Mabung dan Pantangannya

4. Melatih Mental Cucak Ijo

Melatih mental sangat penting untuk burung apalagi burung lomba dan harian. Mental yang baik bisa membuat burung lebih semangat dan berkicau lebih kencang lagi. Selain itu, mental kuat juga mempengaruhi kesehatan karena dengan mental kuat, burung akan terus berpikiran positif bahwa dirinya harus tetap hidup.

Ada banyak cara untuk melatih mental si burung. Pelatihan mandiri seperti mandi sendiri juga termasuk pelatihan mental. Selain itu, burung Anda perlu tindakan karantina.

Baca Juga: Cara Melatih Mental Burung Cucak Ijo Untuk Harian dan Lomba

5. Perawatan Sebelum dan Sesudah Mabung

Burung cenderung tak mau ngeplong saat masa mabung, setelah mabung, atau bahkan sebelum mabung. Semuanya disebabkan karena rasa malas si burung karena mabung sangat terikat dengan rasa malas.

Hanya satu hal yang harus Anda lakukan jika berada di fase ini, Anda hanya perlu memberikan asupan nutrisi yang baik seperti vitamin, bird mineral, pakan EF, voer dan lainnya. Karena masa mabung adalah masa di mana burung akan menghabiskan hampir 70% nutrisi dalam tubuh untuk menumbuhkan bulu-bulu barunya.

6. Kurangnya Pengalaman

Pengalaman dalam lomba sangat baik untuk burung karena bisa melatih mental dan membuat ia lebih plong. Kurangnya pengalaman bisa membuat burung menjadi ngriwik, biasanya terjadi pada burung muda. Untuk itu, Anda harus sabar untuk tetap memberikan pengalaman yang baik sembari memenuhi asupan nutrisinya.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Tidak Mau Mandi Karamba

Itu dia tips bagaimana penyebab dan cara mengatasi cucak ijo hanya ngriwik yang baik dan benar serta bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah. Dalam kasus cucak ijo ngriwik, mental dan birahi menjadi kuncinya. Birahi tinggi boleh saja, namun tetap perhatikan apakah stabil atau kah kurang stabil. Mental yang baik dikombinasikan dengan birahi terkontrol tentu tak akan membuat burung ngriwik. Jangan lupa untuk membaca tips burung cucak ijo lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Cucak Ijo

To Top