Connect with us

11 Cara Membuat Cucak Ijo Nagen Sambil Bunyi di Atas Tangkringan

Cucak Ijo Negen, Membuat Cucak Ijo nagen, Cucak Ijo Sumatera, Cucak Ijo Jembar, Cucak Ijo Banyuwangi

Cucak Ijo

11 Cara Membuat Cucak Ijo Nagen Sambil Bunyi di Atas Tangkringan

Loading...

Membuat Cucak Ijo Nagen – Sudah tak menjadi masalah langka lagi jika burung nagen, khususnya di kalangan cucak ijo. Bagi pemula mungkin kejadian nagen sedikit membingunkan, namun sebenarnya cara mengatasinya sangat mudah jika Anda tahu apa yang menyebabkan dan penanganannya.

Cucak Ijo Negen, Membuat Cucak Ijo nagen, Cucak Ijo Sumatera, Cucak Ijo Jembar, Cucak Ijo Banyuwangi

Loading...

Namun apa sih sebenarnya arti NAGEN dalam dunia cucak ijo? Nagen merupakan kondis dimana burung cucak ijo memiliki rasa tenang dalam mencengkram tangkringan pada saat berkicau atau sedang di arena perlombaan..

Hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik dan jangan lakukan hal-hal yang tak perlu jika belum ditanyakan terlebih dahulu kepada orang yang sudah berpengalaman. Karena jika Anda salah langkah, bisa jadi membuat burung Anda makin bertingkah aneh. Maka dari itu, hal yang harus Anda ketahui adalah cara membuat cucak ijo nagen.

Kebiasaan ini adalah kebiasaan burung yang sering turun dari tangkringan. Biasanya turun tangkringan ini tak terlalu berdampak untuk cucak ijo ternak namun akan berbeda dengan cucak ijo harian atau cucak ijo lomba. Burung cucak ijo lomba yang terus menerus turun tangkringan, cenderung tak mau berkicau dan bahkan bisa di diskualifikasi dalam sebuah perlombaan. Maka dari itu, Anda harus mengetahui cara membuat cucak ijo nagen si atas tangkringan berikut ini.

Cara Membuat Cucak Ijo Nagen :

1. Menjaga Asupan Makanannya

Sebenarnya over birahi juga bisa membuat cucak ijo Anda turun tangkringan. Hal ini bisa saja terjadi dan semua itu tergantung bagaimana Anda dalam merawatnya. Cobalah untuk menghentikan pemberian EF peningkat birahi seperti serangga kaya protein dan lainnya. Jika memang tak terlalu parah, cukup lakukan pemotongan jatah makan EF sesuai dengan sifat burung Anda karena setiap burung berbeda karakternya.

2. Letakkan Bola Kecil di Dasar Sangkar

Cara ini terbilang ampuh untuk menghukum burung yang sering turun tangkringan. Metode ini menggunakan bola-bola kecil kalau bisa berwarna warni yang kemudian diletakkan atau di sebar di bawah dasar kandang. Dengan begitu, burung akan enggan turun ke dasar karena penuh dengan bola-bola yang penuh warna.

3. Menggunakan Karet

Ikatkan karet pada dasar jeruji dari ujung ke ujung yang lain dan menciptakan deretan karet yang tertarik dari ujung ke ujung di dasar sangkar. Biasanya, burung yang turun ke dasar sangkar akan kaget jika bersentuhan dengan karet sehingga akan naik kembali ke tangkringannya.

4. Menggunakan Es Batu

Taruh es batu di bawah sangkar sehingga burung akan tak mau turun karena kakinya akan dingin dan selalu bertengker di tangkringan. Sayangnya metode ini terbilang cukup menyusahkan karena es akan meleleh dan harus di pantau setiap saat.

5. Menggunakan Rumput Palsu Terbuat dari Plastik

Cobalah untuk menyebarkan rumput-rumput palsu di dasar sangkar untuk mencegah burung turun ke dasar sangar. Rasa tak enak dan terasa seperti di tusuk-tusuk akan membuat burung betah ditangkringannya.

6. Ranjau Duri

Umum dipergunakan untuk mengatasi burung yang sering turun tangkringan. Sebuah alat yang terbuat dari bahan lunak dibentuk berduri akan diletakkan pada dasar sangkar sehingga burung tak berani untuk turun dari tangkringan.

Meski terlihat berbahaya, namun sebenarnya ranjau ini terbuat dari bahan lunak seperti kertas kaku atau bahan plastic namun dengan kelenturan tinggi sehingga tak membuat sakit si burung, namun cukup membuatnya risih.

7. Menggunakan Shampoo

Penggunaan shampoo yang dicampur air kemudian disemprotkan ke bawah lantai sangkar umum dilakukan sebelum lomba agar burung tak turun ke bawah. Shamponya jangan terlalu banyak, kalau bisa airnya sedikit lebih banyak.

8. Metode Lilin

Cara ini terbilang ekstrim dan tak dianjurkan untuk dilakukan kecuali cara-cara mudah telah Anda lakukan dan tak berhasil. Tempatkan lilin dengan api menyala di dasar sangkar. Dengan begitu, burung akan terus berada di tangkringan karena takut dengan api yang menyala dibawahnya.

9. Menempatkan Kipas Angin di bawah Sangkar

Cacak ijo takut dengan angin dingin sehingg akan menjauh jika Anda letakkan kipas kecil di bawah sangar. Sebenarnya sama dengan metode lilin, cara ini juga tak dianjurkan karena bisa mengakibatkan stress pada si burung. Namun cukup efektif jika mental burung kuat namun sering turun ke dasar sangkar.

10. Mengganti Tangkringan

Pada umumnya, burung akan sering turun karena merasa tak nyaman. Maka dari itu, cobalah untuk mengganti tangkringannya dengan tangkringan yang sesuai dengan karakter burung.

11. Air di Dasar Sangkar

Pemberian baskom atau wadah yang berisikan air di bawah sangkar juga cukup ampuh dalam mengatasi burung yang selalu turun ke dasar sangkar. Burung akan merasa enggan untuk turun ke dasar sangkar, kecuali kalau ingin mandi. Meski begitu, cara ini masih layak dipergunakan.

Baca Juga: 5 Jenis Cucak Ijo, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Membuat cucak ijo nagen di atas tangkringan memang terbilang sulit, jika memang karakter burung tersebut tembak lari. Namun jika anda sudah paham bagaimana cara membuat cucak ijo nagen yang baik dan benar, maka bisa Anda coba dengan mudah di rumah.

Ingat, perlakuan Anda juga menjadi salah satu kunci jika berhadapan dengan masalah burung yang menyangkut prilaku seperti ini. Selain itu,jaga mental cucak ijo selama membuatnya nagen juga diperhatikan karena kalau tidak, bisa membuat burung tak mau berubah.Jangan lupa untuk membaca tips burung cucak ijo lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Cucak Ijo

To Top