15 Contoh Hewan Amfibi, Sejak Era Jurassic Hingga Sekarang
Advertisements

15 Contoh Hewan Amfibi, Sejak Era Jurassic Hingga Sekarang

Contoh hewan amfibi diplocaulus

Contoh

15 Contoh Hewan Amfibi, Sejak Era Jurassic Hingga Sekarang

15 Contoh Hewan Amfibi, Sejak Era Jurassic Hingga Sekarang

Contoh Hewan Amfibi  ada ratusan spesies, beberapa sudah punah, yang lainnya masih hidup. Jenis amfibi ini memang hidup di era jurassic hingga modern seperti sekarang.Di era Jurassic ada Ichthyostega yang bentuknya sangat mirip komodo dan di era modern sekarang, terkenal katak sebagai hewan amfibi.

Bicara mengenai contoh binatang amfibi, agak kurang lengkap dan susah dibandingkan jenis binatang yang lainnya. Sebab, jumlah spesiesnya memang banyak, namun keberadaannya agak susah ditemui manusia. Apalagi yang berada di dalam tanah.

Hewan Amfibi

Contoh hewan amfibi

Di bawah ini adalah beberapa contoh hewan amfibi yang hidup di era Jurassic maupun modern. Banyak di antaranya yang memiliki habitat di Indonesia. Namun ada juga yang hanya dijumpai di daerah Amerika saja.

1. Ichthyostega

Contoh hewan amfibi, ichthyostega

Contoh hewan amfibi, ichthyostega

Nama Ichthyostega nampaknya sudah tidak asing lagi di benak pecinta binatang. Apalagi binatang ini pun sering muncul di dalam game-game bertema Jurassic. Contoh hewan amfibi purba yang memiliki nama lain Fish Roof ini punya badan macam buaya, komodo atau kadal raksasa. Dilaporkan dalam referensi mengenai binatang purba bahwa panjang tubuhnya bisa mencapai 150 cm.

2. Axolotl

contoh hewan amfibi axolotl

Hewan amfibi Axolotl sangatlah unik, di mana ia hanya dapat dijumpai di danau-danau di Meksiko, salah satunya danau Xochimilco. Penggambaran atas contoh hewan amfibi ini biasanya berupa binatang aneh yang berkulit pink, abu-abu gelap atau coklat, yang bisa berjalan-jalan di dalam air.

Loading...

Axolotl konon sejenis Salamander, sering disebut sebagai Salamander Meksiko. Memiliki nama spesies Ambystoma mexicanum. Hewan endemik Meksiko ini sudah sangat sulit ditemui hingga status konservasi IUCN pun ditingkatkan menjadi Critically Endangered, artinya berada di zona merah hampir punah.

3. Diplocaulus

Contoh hewan amfibi diplocaulus

Masih sejenis Salamander juga, namun memiliki keunikan pada bagian kepalanya yang berbentuk segitiga bumerang. Contoh hewan amfibi ini benar-benar aneh sekali dan unik. Bentuk kepalanya yang lebar dan pipih bagai mata bumerang ini berfungsi untuk mempercepat gerak di air, agar bisa menerjang arus air dengan mudah.

Hewan amfibi dari genus Diplocaulus ini memiliki 5 spesies yang telah ditemukan, yakni:

  • minimus dutuit
  • recurvatus olson
  • brevirostris
  • magnicornis cope
  • salamandroides cope

Seperti Axolotl, Diplocaulus juga sudah berada di zona merah, terancam punah. Bahkan beberapa referensi mengatakan sudah punah beneran. Sebab tidak pernah ditemukan lagi hewan amfibi ini di habitatnya di daerah perairan Amerika Utara.

4. Labyrinthodontia

contoh hewan amfibi labyrinthodontia

Contoh hewan amfibi Labyrinthodontia sudah punah. Hewan ini hidup sekitar 150-390 juta tahun yang lalu, di era Mesozoik dan Paleozoik. Binatang vertebrata mirip kadal ini memiliki kulit berwarna kehijauan hingga kecoklatan. Pada bagian punggung hingga ekornya ada strip-strip tipis warna coklat kehijauan.

Mulutnya lancip dan memiliki struktur rahang dan gigi mirip labirin. Giginya memang melintang bagaikan jalinan labirin. Makanya hewan purba ini dijuluki Labyrinthodontia. Oleh karena termasuk vertebra atau hewan bertulang belakang, maka fosil yang ditemukan pun biasanya menyisakan tulang belakang dan tengkoraknya.

5. Anthracosauria

contoh hewan amfibi Anthracosauria

contoh hewan amfibi, Anthracosauria

Anthracosaurus ini adalah contoh hewan amfibi yang mirip dengan reptil. Memiliki julukan lain sebagai “coal lizards“. Bentuknya mirip dengan Labyrinthodontia, hanya saja ukuran tubuhnya lebih besar. Ada banyak perdebatan di kalangan ilmuwan karena bingung memasukkan hewan ini ke dalam kelas reptil atau amfibi. Pada akhirnya mereka malah menjuluki binatang purba ini sebagai “reptil yang mirip amfibi”.

Hewan amfibi era jurassic ini berdasarkan hasil uji karbon dating terhadap fosilnya menunjukkan bahwa ia hidup di periode awal Permian. Hewan ini tergolong ke dalam filum tetrapoda, alias hewan yang berkaki 4. Spesies mirip kadal raksasa ini di zamannya dulu cukup mendominasi, ia hidup di daerah yang kaya dengan batubara, makanya dijuluki juga sebagai Kadal Batubara.

6. Katak

contoh hewan amfibi katak

Siapa yang tidak kenal dengan Katak? Contoh hewan amfibi yang dalam bahasa Inggris disebut Frog ini memiliki ratusan spesies yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Umumnya Katak punya kemampuan melompat yang baik. Warnanya hijau dengan kulit yang licin.

Habitat Katak mulai dari sungai, gunung, sawah, hingga daerah-daerah lembab di sekitar pemukiman manusia. Ia makan serangga. Binatang dari ordo anura ini mayoritas beracun, sedangkan beberapa bisa dimanfaatkan oleh manusia, terutama dagingnya, konon bisa untuk obat meningkatkan energi.

7. Kodok

contoh hewan amfibi Kodok

Binatang yang juga dari ordo anura ini dalam bahasa Inggris disebut Toad, sedangkan dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama Kodok Bangkong. Kalau dalam bahasa Cina, kodok disebut Swie Kiee, yang artinya ayam air. Perbedaan Kodok dengan Katak ada pada kulitnya yang coklat dan kasar (menonjol-nonjol), serta memiliki kaki yang pendek.

Selain itu, contoh hewan amfibi ini juga punya ukuran tubuh yang lebih besar daripada Katak. Ia lebih senang menghuni daerah yang lembab dengan air sedikit. Beda dengan Katak yang cenderung memilih daerah yang berair banyak, atau justru di pohon sekalian, seperti spesies Katak Pohon.

8. Sesilia

contoh hewan amfibi sesilia

contoh hewan amfibi, sesilia

Namanya memang cantik, namun bentuknya sungguh menggelikan karena mirip dengan cacing besar, bahkan ular. Contoh hewan amfibi dari ordo Gymnophiona ini biasanya tinggal di pinggiran sungai atau rawa. Mereka memilih tanah-tanah yang gembur dan basah sebagai habitatnya.

Tidak dapat diketahui dengan pasti apa makanan dari Sesilia. Sebab binatang ini susah sekali ditangkap karena langkanya dan habitatnya yang di dalam tanah itu. Namun pernah ada percobaan pembedahan perut sesilia ditemukan serpihan-serpihan makanan seperti cacing tanah dan rayap.

9. Salamander

Contoh hewan amfibi salamander

Contoh hewan amfibi, salamander

Binatang bernama Salamander ini merupakan contoh hewan amfibi yang memiliki lebih dari 500 spesies. Bentuknya mirip dengan Kadal, namun lebih besar. Warnanya bermacam-macam, ada yang oranye, hijau tua hingga coklat. Yang membedakan Salamander dengan Kadal hanyalah kulitnya yang tutul-tutul. Jadi Salamander itu kulitnya berbintik.

Selain itu, Salamander juga memiliki keunikan di mana ia suka berjalan-jalan di dasar perairan air tawar, seperti danau. Contoh hewan amfibi ini dulu banyak ditemukan di danau-danau yang ada di Meksiko, namun kini sudah sangat sulit ditemukan.

10. Common Mudpuppy

Contoh hewan amfibi common mudpuppy

Contoh hewan amfibi, common mudpuppy

Hewan amfibi bernama Common Mudpuppy sebenarnya adalah salah satu jenis Salamander. Ciri khas fisiknya ada di kepala yang pipih segitiga dengan sedikit untaian-untaian kulit yang aneh di kepala yang sepertinya adalah daun telinga. Binatang dari ordo Caudata ini memiliki nama latin Necturus maculosus.

Common Mudpuppy endemik di USA dan Kanada. Hewan yang punya nama lain Sirena maculosus ini memiliki panjang tubuh antara 20 hingga 45 cm. Jumlah giginya banyak dan melingkar sepanjang rahangnya. Contoh hewan amfibi ini lebih banyak ditemukan di perairan atau pinggirannya. Jarang sekali bergerak di daratan.

11. Neuse River Waterdog

Contoh hewan amfibi neuse river waterdog

Masih berkerabat dengan Common Mudpuppy, sebab sama-sama dari genus Necturus. Salamander Neuse River ini memiliki status IUCN near threatened. Memiliki habitat asli di North Carolina. Contoh hewan amfibi ini sudah sangat sulit dicari, makanya pemerintah sangat gencar melindunginya.

12. Suriname Horned Frog

contoh hean amfibi suriname horned frog

Contoh hewan amfibi ini memiliki nama lain Katak Mulut Raksasa.  Nama spesiesnya Ceratophyris cornuta. Bentuknya sangat aneh dengan kepala yang terkesan pipih namun bermulut besar. Warna tubuhnya kombinasi hijau muda dan coklat muda.

Baca Lagi: 4 Klasifikasi Hewan Amfibi, Taksonomi dan Ciri Fisiknya

13. Olm

Contoh hewan amfibi olm

Contoh hewan amfibi, olm

Contoh hewan amfibi bernama olm ini amat aneh, bentuk tubuhnya seperti sidat. Warnanya albino bak kulit babi yang pink. Binatang amfibi yang memiliki nama ilmiah Proteus anguinus ini sudah sangat sulit ditemukan. Statusnya rentan hampir punah. Olm endemik di perairan sungai Karst Soca yang ada di Italia, Kroatia dan Slovenia.

14. Purple Frog

Contoh hewan amfibi purple frog

Contoh hewan amfibi, purple frog

Sesuai dengan namanya, nama contoh hewan amfibi ini memang Purple Frog, yang artinya Katak Ungu. Binatang amfibi ini memiliki nama binominal Nasikabatrachus sahyadrensis. Katak Ungu ini endemik di daerah Sahyadri, India. Bentuk fisiknya nampak sangat berbeda dengan kodok pada umumnya, karena kepalanya sangat kecil dan seolah menyatu dengan punggung.

Binatang  ini punya kaki yang besar namun pendek. Kalau berjalan seolah sangat menunduk. Bola matanya kecil dan bibirnya agak sedikit monyong. Warna kulitnya memang ungu tua. Kadang-kadang jadi mirip sama Kudanil kecil.

15. Edopoid

Contoh hewan amfibi edopoid

Contoh hewan amfibi purba Edopoid ini menggambarkan seekor binatang yang punya tubuh mirip dengan buaya, namun bukan reptil. Perawakannya besar dan ia memiliki gigi yang banyak. Amfibi purba ini digolongkan ke dalam ordo Temnospondyli. Fosilnya ditemukan dan disimpan di museum fur Naturkunde, Berlin.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Contoh

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top