Connect with us

11 Cara Merawat Ciblek Harian Agar Gacor dan Fighter

Ciblek

11 Cara Merawat Ciblek Harian Agar Gacor dan Fighter

Loading...

hewan.id – Dalam cara merawat ciblek harian, ada hal yang harus diperhatikan yaitu memerhatikan dan membedakan tata cara merawat burung ciblek harian. Baik itu ciblek yang di ambil dari penangkaran, burung hasil tangkapan, atau ciblek yang telah Anda rawat dari kecil.

Ciblek adalah tipe burung petarung dengan perawatan yang terbilang susah. Ciri dari ciblek adalah memiliki suara yang hampir mirip dengan suara anak ayam. Sayangnya, suara seperti itu kurang banyak di minati banyak orang dan karena itu lah mereka mencoba untuk membuat cilbek harian mereka menjadi gacor.

Merawat Ciblek Harian, Ciblek Gacor, Ciblek Ngebren

Loading...

Perawatan ciblek harian berbeda-beda. Ciblek yang dirawat dari kecil dan yang di beli dari penangkaran burung memiliki cara perawatan yang sedikit berbeda. Namun disini Anda akan di jelaskan bagaimana cara merawat ciblek harian agar gacor atau ngebren dan cocok juga untuk di ikutkan lomba.

Sebelum memulai, Anda harus memiliki calon burung ciblek yang akan Anda rawat. Anda bisa membeli nya di penangkaran. Dalam pemilihan burung sebelum membeli pastikan Anda memilih burung yang sehat, muda, dan tidak cacat. Hal ini sangat di perhatikan jika Anda berniat untuk membeli, karena jika Anda mendapatkan ciblek dengan menangkap, baik itu disawah dan lainnya, kondisi burung ciblek tangkapan seperti ini biasanya memiliki kondisi tubuh yang kuat karena terbiasa di alam bebas.

Jika Anda memiliki ciblek hasil tangkapan, hal pertama yang harus di lakukan sebelum perawatan adalah membuat ciblek tersebut nyaman di dekat Anda dengan kata lain membuat burung menjadi jinak. Jika burung sudah ada, hal selanjutnya adalah menyiapkan sangkar, pakan, dan segala kebutuhan yang di perlukan.

Baca Juga: 21 Cara Membedakan Ciblek Jantan dan Betina Beserta Gambar

Cara Merawat Ciblek Harian dengan Benar :

Setelah apa yang diperlukan sudah ada seperti burung ciblek yang sehat, kandang, pakan, air minum, dan segala kebutuhan ciblek. Maka langkah selanjutnya adalah membiasakan diri Anda melakukan rutinitas perawatan ciblek di bawah ini.

  1. Membersihkan kandang setiap hari, hal ini wajib dilakukan agar ciblek tetap merasa nyaman dan terjaga kesehatannnya.
  2. Pada pukul 6.00 – 6.30 pagi, keluarkan kerodong burung dari sangkarnya.
  3. Memandikan burung, hal pertama yang dilakukan sebelum memandikan burung adalah semprot burung beberapa kali kemudian mandikan seperti biasanya. Bisa menggunakan cepuk yang ada dalam sangkar.
  4. Setelah memandikan burung, angin-anginkan ciblek beberapa saat hingga bulunya kering.
  5. Jika air burung terlihat kotor, maka ganti dan jika terlihat kurang, maka isi lah.
  6. Selanjutnya memberikan makan. Dalam hal makanan, ciblek menyukai serangga kecil seperti jangkrik dan belalang namun Anda juga bisa memberikan makanan lain yang menurut Anda cocok dengan si ciblek.
  7. Masih dalam hal makanan, jika Anda memberikan makanan extra jangkrik, menu yang di anjurkan adalah 2 ekor jangkrik setiap pagi dan sore hari.
  8. Dalam pemberian pakan kroto, Anda bisa memberikan porsi sekitar 1 sendok teh saja.
  9. Makanan utama dan paling di anjurkan adalah voer. Tips dalam memberikan pakan voer adalam mencampurkannya dengan susu bubuk kemudian dilembutkan. Poin 6, 7, 8, dan 9 harus Anda kondisikan dengan kebutuhan sang burung dan juga diri Anda.
  10. Saat sore hari, krodongkan kembali sang burung dan biarkan beristirahat total agar kembali bangun dengan segar di pagi hari.
  11. Tips tambahan, beberapa peternak ciblek tak menyarankan menjemur burung jika akan di ikutkan dalam lomba namun pemberian makan extra, pakan kroto dan jangkrik tetap Anda lakukan. Anda juga bisa menambahkan menu multivitamin seperti OrBird.

Baca Juga : 7 Penyebab dan Cara Mengatasi Ciblek Macet Bunyi

Cara merawat ciblek harian di atas tak dianjurkan untuk burung bakalan atau pun burung lomba karena persiapannya berbeda. Namun jika Anda seorang perawat ciblek rumahan, maka tips di atas sangat di anjurkan untuk Anda terapkan. Anda juga dapat membaca artikel tentang ciblek lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Ciblek

To Top