> > 13 Cara Jitu Membedakan Ciblek Anakan Jantan dan Betina - Hewan.id
Connect with us

13 Cara Jitu Membedakan Ciblek Anakan Jantan dan Betina

Membedakan Ciblek Anakan Jantan dan Betina

Ciblek

13 Cara Jitu Membedakan Ciblek Anakan Jantan dan Betina

Cara jitu membedakan ciblek anakan jantan dan betina dengan mudah. Ciblek merupakan salah satu jenis burung yang berkicau dengan bodi yang sangat mini mirip dengan burung pleci. Biasanya burung ciblek juga sering disebut dengan burung prenjak. Burung yang satu ini menjadi kebanggaan tersendiri buat para kicau mania, sebab kemampuan dari ciblek saat berkicau sangat hebat. Tapi apakah kamu tahu bagaimana cara membedakan ciblek jantan dan betina anakan?

Membedakan Ciblek Anakan Jantan dan Betina

Pada umumnya cara membedakan ciblek jantan dengan ciblek betina ketika masih anakan tau trotolan juga bisa dilihat dari segi fisiknya. Misalnya dilihat dari bentuk paruh, bentuk tubuh, bentuk kaki dan lain-lainnya. Akan tetapi buat para kicau mania yang masih awam tentu masih bingung saat membedakan anakan ciblek jantan dengan ciblek betina. Terlebih sekarang sudah banyak penjual yang sering menipu pembelinya yang tadinya ingin membeli ciblek jantan dikasih ciblek betina.

Perlu kamu ketahui, ciblek yang mampu berkicau dengan berbagai macam variasi dan merdu hanyalah berjenis kelamin jantan. Jadi buat kamu yang belum tahu atau belum bisa membedakan ciblek jantan dan betina trotolan. Di sini kami akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara membedakan ciblek jantan dengan ciblek betina. Dengan begitu kamu tidak akan salah lagi saat membeli ciblek yang kamu harapkan.

Cara Membedakan Ciblek Anakan Jantan dan Betina :

1. Dilihat dari Bentuk paruh

Cara pertama untuk membedakan ciblek anakan (jantan dan betina) adalah bisa dilihat dari bentuk paruhnya. Pada umumnya ciblek jantan yang masih anakkan mempunyai bentuk paruh yang ujungnya berwarna hitam. Akan tetapi jika ciblek jantan yang sudah dewasa mempunyai bentuk paruh yang berwarna hitam pada bagian bawahnya saja.

Sedangkan jika ciblek betina sendiri mempunyai bentuk paruh warna putih di bagian bawahnya. Jadi buat kamu yang ingin membedakan ciblek jantan dengan ciblek betina tidak ada salahnya mencoba dengan melihat dari bentuk paruhnya.

Loading...

2. Dilihat dari Warna bulu

Cara kedua untuk membedakan ciblek anakan (jantan dan betina) adalah melihat dari warna bulu ciblek itu sendiri. pada umumnya ciblek jantan sendiri mempunyai bulu dada berwarna hitam pada bagian atasnya.

Sedangkan pada bagian dada samping kiri dan kanan dari ciblek jantan anakan mempunyai warna hitam. Berbeda dengan ciblek anakan betina, jika ciblek jantan mempunyai warna bulu yang hitam sedangkan ciblek betina mempunyai warna bulu yang pudar.

3. Dilihat dari Postur tubuh

Jika kamu masih bingung membedakan kelamin ciblek jantan dan betina ketika masih trotolan anda bisa melihat dari bentuk paruh dan warna bulu. Kamu bisa membedakan anakan ciblek jantan dengan ciblek betina dari postur tubuhnya.

Mungkin cara yang satu ini lebih mudah dibandingkan dengan cara yang lainnya. Sebab, jika dilihat dari kasap mata sudah kelihatan perbedaan antara anaksn ciblek jantan dengan ciblek betina. Biasanya ciblek jantan sendiri mempunya postur lebih besar. Sedangkan ciblek betina anakan mempunyai postur yang lebih kecil daripada ciblek jantan.

4. Dilihat dari bentuk Ekor

Untuk membedakan mana ciblek jantan dan mana ciblek betina trorolan juga bisa dilihat dari bentuk ekornya. Mungkin buat orang yang masih awam tentang burung ciblek cara yang satu ini akan merasa sedikit bingung. Sebab saat melihat bentuk ekor ciblek, kita harus benar-benar teliti agar tidak keliru mana ciblek jantan dan mana ciblek betina.

Pada umumnya ciblek anakan jantan mempunyai bentuk ekor yang cenderung lebih rapat dan juga panjang. Sedangkan ciblek betina sendiri mempunyai bentuk ekor yang tidak begitu rapat dan panjang.

5. Dilihat dari kepala burung

Cara lain untuk membedakan ciblek anakan jantan dan betina juga bisa dilakukan dengan kita melihat kepala dari burung ciblek. Untuk cara yang satu ini kamu harus benar-benar jeli agar tidak salah membedakan ciblek jantan dengan ciblek betina.

Biasanya ciblek anakan jantan akan mempunyai kepala yang berbentuk bulat, selain itu kepalanya juga terlihat besar. Sedangkan dari burung ciblek betina sendiri mempunyai bentuk kepala yang lebih kecil dibandingkan bentuk kepala ciblek jantan

6. Dilihat dari bentuk kaki

Perlu kamu ketahui juga, membedakan ciblek jantan dengan ciblek betina anakan juga bisa dilakukan dengan cara melihat bentuk kaki dari ciblek. Biasanya cara yang satu ini sering dilakukan oleh para kicau mania saat ingin membeli burung ciblek di pembelinya.

Jika kamu ingin membeli ciblek jantan berarti kamu mencari bentuk kaki ciblek yang panjang dan terlihat proposional. Sedangkan jika ingin membeli ciblek betina, kamu mencari ciblek yang bentuk kakinya cenderung tidak panjang dan lebih kecil. Selain itu jika ingin membeli ciblek betina, kamu bisa melihat bentuk kaki ciblek yang berwarna pink atau kemerah-merahan.

7. Dilihat dari suaranya

Cara yang terakhir untuk membedakan ciblek jantan dan betina anakan adalah dengan mendengarkan suara kicauan dari burung ciblek. Perlu kamu ketahui juga jika ciblek jantan lebih mahal dibandingkan dengan ciblek betina.

Hal tersebut dikarenakan ciblek jantan anakan sendiri mampu berkicau dengan suara tembakan yang bervariasi dan merdu. Sedangkan ciblek anakan bentina sendiri suara kicauannya lebih cenderung monoton dan tidak bervariasi. Maka saat kamu ingin membeli ciblek jantan jangan sampai salah membeli ciblek betina.

Ciri-Ciri Ciblek Anakan Jantan dan Betina :

Sebenarnya ciri-ciri ciblek anakan jantan yang telah menginjak usia dewasa tidaklah terlalu susah. Ciri utamanya anakan cibelk jantan pada bagian paruh tampak hitam pekat baik atas maupun bawah, sementara betina paruh bawahnya berwarna putih. Bagian kuku ciblek anakan jantan memiliki warna hitam pekat. Namun pada ciblek anakan betina mempunyai kuku yang berwana putih memudar.

Ciri Ciblek Anakan Janan dan Betina

Kita tahu membedakan kelamin ciblek anakan memang susah apa lagi ketika masih diloloh indukannya. Akan tetapi ada juga sebagian ciblek anakan yang telah menunjukkan ciri-ciri posistif berkelamin jantan. Nah ciri-ciri ciblek jantan dan betina anakan atau trotolan yaitu :

  1. Bagian atas tampak berwarna hitam. Sedangkan untuk bagian bawahnya terlihat warna hitam semburat. Warna semburat hitamnya tersebut terlihat dari bagian atas pangkal sampai ke pertengahan paruh.
  2. Sedangkan untuk ciblek betina bagian ujung pangkal paruh berwarna hitam. Namun warna hitamnya tersebut seiring pertumbuhan umur akan mulai memudar.
  3. Warna kuku untuk ciblek anakan jantan berarna gelap, namun tidak berwarna hitam pekat.
  4. Sedangkan untuk ciblek anakan betina pada bagian kuku berwarna pudar atau pink.
  5. Ciri ciblek jantan dan betina ketika masih anakan akan mudah dilihat ketika dalam satu induk atau satu sangkar lolohan. Dari satu sangkat tersebut kita akan mudah membedakan jenis kelamin ciblek ketika masih anakan.

Nah jika anda telah mahir dalam melihat ciri ciblek anakan jantan dan betina sebagaimana yang dijelaskan di atas, maka tidak usah susah lagi mengajak pakar untuk memilihkan ciblek. Walaupun dalam kita tahu ciri-ciri di atas kadang belum bisa memenuhi kriteria bahawa itu 100% ciblek anakan berkelamin jantan.

Loading...

Continue Reading

More in Ciblek

To Top