> > 6 Cara Jitu Merawat Cendet Harian Agar Mudah Gacor - Hewan.id
Connect with us

6 Cara Jitu Merawat Cendet Harian Agar Mudah Gacor

Merawat Cendet harian

Cendet

6 Cara Jitu Merawat Cendet Harian Agar Mudah Gacor

Apakah kamu tahu tentang burung cendet atau pentet? Apakah kamu tahu juga bagaimana cara merawat cendet harian? Pasti jika kamu seorang kicau mania pasti sudah tidak asing lagi dengan nama burung cendet. Burung cendet atau sering disebut dengan burung pentet merupakan jenis burung predator yang mempunyai suara variasi isian yang sangat baik.

Merawat Cendet harian

Masih banyak orang khususnya buat para kicau mania yang beranggapan, jika merawat cendet harian itu susah. Padahal perlu kamu ketahui, merawat burung cendet sendiri khususnya dalam perawatan harian sama mudahnya dengan merawat burung berkicau lainnya. Misalnya jangan telat mengasihkan makan (kroto, jangkrik, belalang), memandikan, membersihkan kandang burung, dan lain sebagainya.

Jadi buat kamu yang ingin ataupun belum tahu bagaimana cara merawat cendet harian. Berikut ini informasi mengenai tata cara merawat burung cendet harian. Akan tetapi sebelum bagaimana cara merawat burung cendet atau pentet, alangkah baiknya kita mengetahui dulu tentang burung cendet dan perawatan harian.

Burung cendet atau yang lebih sering disebut dengan plentet adalah burung jenis predator yang mempunyai suara bervariasi yang sangat baik. Cendet sendiri merupakan salah satu burung cerdas yang berasal dari keluarga Turdidae. Selain itu cendet juga terkenal dengan jenis burung yang pintar menirukan berbagai suara burung. Maka tidak heran jika burung cendet merupakan salah satu burung favorit buat para kicau mania.

Pengertian Perawatan Harian

Perawatan harian adalah salah satu perawatan yang dilakukan secara rutin setiap harinya. Tujuan dari dilakukannya perawatan harian adalah untuk selalu menjaga stamina dan kesehatan dari burung cendet sendiri. selain untuk menjaga kesehatan, perawatan harian juga bermanfaat untuk meminimalisir burung agar tidak over birahi. Maka dari itu, saat merawat cendet harian harus dilakukan dengan cara yang benar dan rutin.

Loading...

Cara Merawat Cendet Harian :

Setelah kita mengetahui apa itu burung cendet dan juga manfaat dari perawatan harian. Saatnya mengetahui bagaimana cara merawat burung cendet harian. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan dari cara merawat burung cendet harian.

1. Setiap Pagi Hari Cendet Dianginkan Atau Diembunkan

Cara merawat cendet harian yang pertama dilakukan adalah setiap pada pagi hari cendet diangin-anginkan. Sebelum kamu berangkat kerja ataupun sebelum mau melakukan aktivitas, menyempatkan diri sejenak untuk mengangin-anginkan cendet.

Kamu bisa mengangin-anginkan burung cendet di teras ataupun di depan pekarangan rumah. Dengan kamu melakukan hal tersebut secara rutin, maka burung kesayangan kamu akan selalu sehat. Saat mau ataupun ingin mengangin-anginkan burung cendet alangkah baiknya dilakukan sekitar jam 07.00.

2. Dimandikan Secara Rutin

Dengan kita mandi setiap hari secara rutin maka tubuh kita pun juga akan terasa segar dan tentunya sehat. Sama halnya dengan burung, jika burung cendet dimandikan setiap hari secara rutin maka cendet pun juga akan terhindar dari penyakit. Kamu bisa memandikan burung kesayangan sekitar jam 08.00-10.00. Akan tetapi kamu tidak perlu memandikan burung cendet tiga kali sehari, melainkan setiap hari sekali saja. Dengan begitu burung cendet kesayangan kamu akan selalu sehat.

3. Dijemur

Selain perlu dimandikan, burung cendet sendiri juga perlu dijemurkan secara rutin. Kamu bisa melakukan penjemuran setelah memandikan burung cendet. Pada umumnya penjemuran yang baik dilakukan sekitar jam 08.00 – 11.00 selama kurang lebih satu sampai dua jam lamanya. Selama penjemuran dilakukan, alangkah baiknya burung cendet tidak diperbolehkan untuk melihat burung sejenis. Jika sudah selesai dijemur, maka burung cendet di angin-anginkan sekitar 10 menit lalu sangkar dikerodong.

4. Selalu Dibersihkan Kandangnya

Mungkin hal yang satu ini sering diabaikan ataupun sering dilupakan oleh seorang kicau mania. Padahal dengan membersihkan kandang burung secara rutin sangat berpengaruh dengan kesehatan dari burung itu sendiri. Dengan kandang yang bersih maka burung pun juga akan mengalami rasa nyaman dan terhindar dari penyakit ataupun rasa stress. Jadi buat kamu yang masih sering mengabaikan membersihkan kandang. Alangkah baiknya mulai sekarang lebih sering rutin membersihkan kandang.

5. Jangan Telat Memberi Makan dan Minum

Mungkin cara yang satu ini pasti tidak akan dilupakan oleh seorang kicau mania. Jika kita telat memberi makan dan minum, otomatis cendet akan kelaparan bahkan bahkan bisa mati. Jadi kamu harus rajin-rajin memantau makanan dan minuman di sangkarnya.

Jika stok makanan ataupun minuman mau habis, maka kamu sebaiknya memberi stok yang cukup. Seperti kamu ketahui, kalau cendet merupakan salah satu jenis burung pemakan serangga. Jadi kamu bisa memberi makanan cendet seperti kroto, jangkring, ulat dan belalang.

6. Dimaster Dengan Burung Master Lainnya

Setelah semua cara di atas dilakukan, maka langkah terakhir untuk merawat cendet harian adalah di master dengan suara master burung lainnya. Cara yang satu ini bertujuan agar burung cendet bisa menirukan suara burung lainnya. Kamu bisa melatih burung cendet ini sekitar jam 10.00 – 15.00 WIB.

Akan tetapi saat melakukan langkah yang satu ini kamu perlu mengawasi burung cendet terhadap gangguan. Karena cara yang satu ini sangat berpengaruh terhadap kelincahan untuk menirukan suara burung lainnya. Masteran cendet yang baik salah satunya yaitu burung kolibri.

Cara merawat cendet diatas tidak hanya dikususkan untuk jenis tertentu. Namun perawatan kenari harian diatas juga dapat di terapkan untuk beberapa jenis cendet contohnya saja yaitu cendet madura, cendet lokal dan cendet semi.

Hal yang penting disamping tips diatas adalah tetap perhatikan mental cendet. Mental yang buruk bisa berakibat buruk juga bagi kesehatan, bahkan mempengaruhi kualitas cendet secara permanen. Apalagi jika cendet atau pentet sedang masa-masa giras atau belum jinak. Anda juga dapat membaca tips serta cara merawat cendet lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Cendet

To Top