7 Cara Merawat Cendet Anakan Agar Gacor dan Tidak Mati - Hewan.id
Advertisements

7 Cara Merawat Cendet Anakan Agar Gacor dan Tidak Mati

Merawat Cendet Anakan

Cendet

7 Cara Merawat Cendet Anakan Agar Gacor dan Tidak Mati

Siapa coba yang tidak kenal dengan nama burung cendet? Burung cendet atau sering disebut burung plentet merupakan salah satu jenis burung kicauan yang sangat terkenal. Tapi apakah kamu tahu bagaimana cara merawat cendet anakan? Merawat cendet dari mulai anakan memang terbilang lebih sulit dibandingkan dengan merawat burung cendet yang sudah dewasa ataupun sudah gacor. Karena dalam merawat anakan cendet atau sering dikenal dengan trotolan harus memerlukan kesabaran dan perawatan yang ekstra.

Merawat Cendet Anakan, Merawat Cendet Trotolan, Merawat Cendet Bayi, Cendet Anakan Prospek

Biasanya saat melakukan perawatan terhadap cendet anakan hal ynag harus diperhatikan adalah pola makanan, latihan, kebersihan sangkar, dan pemasteran. Dengan melakukan perawatan cendet anakan bertujuan untuk menghasilkan cendet yang berkualitas dan kelak bahkan bisa menjadi juara.

Jadi buat kamu yang mempunyai burung cendet yang masih anakan di rumah dan belum bisa atau belum tahu cara merawatnya. Berikut ini cara jitu merawat cendet anakan yang tepat dan benar, agar saat dewasa nanti cendet kesayangan kamu menjadi juara.

Cara Merawat Cendet Anakan :

1. Memberikan Makanan Yang Berprotein Tinggi

Cara pertama untuk merawat cendet anakan agar saat dewasa menjadi juara adalah dengan memberikan pola makan yang benar dan berkualitas. Jika ingin memberikan pakan terhadap burung cendet anakan sebaiknya memberi pakan yang mengandung protein tinggi.

Kamu bisa memberi pakan burung cendet dengan jangkrik ataupun belalang, karena jangkrik dan belalang adalah pakan asli dari cendet. Dengan memberikan protein yang tinggi terhadap cendet berfungsi untuk menunjang pertumbuhan dari fisik cendet itu sendiri.

Loading...

2. Memberikan Tambahan Multivitamin

Selain memberikan pakan yang berprotein tinggi, kamu bisa memberikan multivitamin terhadap cendet anakan. Dengan diberikan multivitamin, akan berguna untuk menjaga kondisi cendet agar selalu sehat dan fit. Kamu bisa memberikan multivitamin terhadap burung cendet tiga kali dalam seminggu sebagai suplemen agar menutupi kekurangan dari nutrisi cendet anakan.

3. Membersihkan Kandang atau Sangkar Cendet Secara Rutin

Hal yang harus diperhatikan saat merawat cendet anakan adalah kebersihan dari kandang atau sangkar cendet itu sendiri. jadi buat kamu yang ingin cendet saat dewasa menjadi juara, maka mulai sekarang setiap hari kandang cendet harus selalu dibersihkan.

Tempat minum dan makanan dari burung cendet pun juga jangan sampai lupa untuk dibersihkan. Karena dengan membersihkan kandang secara rutin akan membuat cendet menjadi sehat dan tentunya tidak mudah terkena segala penyakit.

4. Melatih Mental Dari Cendet Itu Sendiri

Walaupun kita kenal jika cendet merupakan jenis burung yang mempunyai karakter tersendiri. Akan tetapi jika tidak dilatih sejak dini, karakter dari cendet yang sebagai salah satu burung predator akan suit terbentuk. Terlebih lagi jika burung cendet dimanjakan dari saat anakan.

Jadi ketika kamu mempunyai cendet yang masih anakan sebaiknya dilatih mentalnya sejak dini. Kamu bisa melakukan dengan cara memasterkan cendet dengan suara kasar dan tajam, memandikan pada waktu malam dan pengembunan. Dengan begitu saat cendet menjadi dewasa burung cendet pun akan terbentuk mentalnya sebagai salah satu burung predator.

5. Jangan Sering Memandikan Cendet Anakan

Burung cendet anakan sendiri sejatinya tidak perlu dimandikan secara rutin setiap hari. Sebab jika burung cendet anakan sering dimandikan seperti layaknya cendet dewasa bisa membuat bulu-bulu cendet semakin kuat.

Dengan mempunyai bulu-bulu yang kuat maka akan menghambat proses dari bergantinya bulu muda menjadi dewasa. Selain itu jika sering memandikan burung cendet anakan juga bisa menghambat optimalisasi pita suara dari cendet itu sendiri.

6. Jangan Menjemurkan Cendet Anakan Terlalu Lama

Selain tidak boleh sering memandikan, burung cendet anakan juga tidak memerlukan penjemuran yang terlalu lama seperti cendet dewasa. Sebab jika dilakukan penjemuran terlalu lama maka akan merusak dari bulu-bulu cendet muda. Jadi sebaiknya jika ingin menjemurkan cendet anakan dilakukan pada waktu pagi hari saat sinar matahari belum terlalu panas.

Jika usia cendet semakin dewasa atau sudah berganti bulu, barulah proses penjemuran ditingkatkan lagi. Karena jika sudah dewasa saat dilakukan penjemuran bisa membantu memaksimalkan pita suara dari cendet itu sendiri. bahkan jika sudah dewasa saat dilakukan penjemuran juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan kesehatan dari burung cendet.

7. Rutin Memaster Cendet Anakan

Cara yang terakhir untuk merawat cendet anakan adalah dengan melakukan pemasteran terhadap anakan cendet sejak dini. Mungkin cara yang satu ini merupakan salah satu cara yang sangat penting dan manfaaatnya bisa dirasakan saat cendet sudah berkicau.

Jadi buat kamu yang mempunyai cendet anakan sebaiknya dilakukan pemasteran sejak dini. Sebab jika dilakukan pemasteran sejak dini, anakan cendet akan lebih mudah mengingat dan merekam suara apa saja yang didengarnya.

Biasanya cara merawat cendet anakan dalam pemasteran ini menggunakan jenis burung seperti, loverbird, cucak jenggot, kenari dan lain-lain. Selain itu belalang sendiri juga bisa digunakan untuk proses pemasteran terhadap cendet anakan. Untuk melakukan pemasteran agar berhasil, harus melakukan beberapa teknik-teknik. Seperti jarak cendet dengan suara master dua meter, pemasteran dilakukan di dalam ruangan dan pastikan suasana lingkungan dalam keadaan tenang.

Baca Juga: 10 Cara Melatih Mental Cendet Agar Siap Gantang

Itulah beberapa cara merawat cendet anakan agar tidak mudah mati dan cepat besar. Metode di atas tentu bisa dirubah dan disesuaikan dengan sifat anakan cendet milik Anda. Dalam hal merawat cendet atau pentet anakan hal yang paling vital yaitu telaten dan sabar. Kedua hal tersebut merupakan faktor yang dapat membuat burung anda ketika dewasa menjadi bagus. Anda juga dapat membaca tips serta cara merawat cendet lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Cendet

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top