10 Cara Melatih Mental Cendet Agar Siap Gantang - Hewan.id
Advertisements

10 Cara Melatih Mental Cendet Agar Siap Gantang

Melatih Mental Cendet, Melatih Mental Cendet Lomba, Melatih Mental Cendet Harian, Melatih Mental Pentet

Cendet

10 Cara Melatih Mental Cendet Agar Siap Gantang

Biasanya buat para penggemar burung khususya cendet mania, sering berlomba-lomba untuk melatih mental burung cendet mereka. Hal tersebut semata-mata agar cendet kesayangannya saat dewasa menjadi juara dalam perlombaan. Tapi apakah kamu tahu bagaimana cara melatih mental cendet? melatih mental burung cendet sendiri bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab, dalam melatih mental burung cendet harus membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang ekstra.

Melatih Mental Cendet, Melatih Mental Cendet Lomba, Melatih Mental Cendet Harian, Melatih Mental Pentet

Nah bagi anda yang ingin tahu atau merawsa penasaran tentang rawatan cendet supaya mentalnya jadi, simak cara-cara di bawah ini.

Cara Melatih Mental Cendet :

1.  Cendet Sering Di Ajak Jalan-Jalan

Cara pertama untuk melatih mental cendet adalah dengan sering mengajak jalan-jalan cendet keluar. Bahkan disinyalir cara yang satu ini merupakan salah satu cara terbaik dalam melatih mental burung cendet. Sebab dengan sering mengajak jalan-jalan, maka cendet akan menghadapi suasana dan lingkungan yang baru. Kamu bisa mengajak cendet jalan-jalan dengan cara menggunakan mobil, sepeda motor ataupun mengajak ke taman yang ditumbuhi pepohonan. Akan lebih baik jika kamu melakukan cara tersebut satu sampai dua kali dalam seminggu

2. Jangan Sekali-Kali Mengubah Posisi Tangkringan

Bagi burung predator seperti cendet, tangkringan merupakan salah satu tempat yang paling nyaman untuk santai. Maka dari itulah posisi tangkringan jangan sekali-kali dirubah-rubah. Sebab, jika cendet sudah merasa nyaman dengan posisi tangkringan secara tidak langsung akan meningkatkan mental dari cendet. diperbolehkan untuk merubah atau mengganti tangkringan jika cendet merasa tidak nyaman. Sepeti saat kaki cendet tidak bisa mencengkeram secara sempurna atau tangkringannya terlalu licin

3. Jangan Sekali-Kali Mengubah Posisi Wadah Pakan Dan Minum

selain tidak boleh mengubah posisi tangkringan, saat melatih mental cendet juga tidak diperbolehkan merubah posisi pakan dan minum. Sebab jika kamu sering mengubah posisi pakan dan minum cendet, biasanya cendet akan menjadi garang dan tidak mau diam. Maka dari itu, jika kamu saat mengganti pakan atau mengisi air minum  pastikan kedua wadah tersebut dalam posisi semula.

Loading...

4. Masuklah Pakan Hidup Dalam Sangkar Cendet

Seperti kamu ketahui, bahwa cendet merupakan salah satu jenis burung yang mempunyai paruh berkait, mirip dengan paruh burung falcon. Bentuk paruh seperti inilah yang biasanya sering digunakan untuk membunuh mangsanya. Di alam liar sendiri cendet juga terkenal sering memangsa lawannya seperti, katak besar, kadal, tikus dan burung berukuran kecil.

Sedangkan dalam pemeliharaan di dalam sangkar, cendet jarang sekali memakan pakan seperti di alam liar. Jadi buat kamu yang ingin mencoba untuk melatih meningkatkan mental cendet tidak ada salahnya memasukkan pakan hidup di dalam sangkar cendet. kamu bisa memasukan pakan hidup seperti tikus putih ataupun burung emprit dalam sangar cendet. dengan cara tersebut berguna untuk meningkatkan naluri mental cendet sebagai salah satu burung predator

5. Mencoba Terapi Adenonis Triphosphate (ATP)

Mungkin jika kamu mencoba melatih mental burung cendet dengan memaskukan pakan hidup dalam sangar tidak tega. Kamu bisa mencoba cara lain dengan terapi adenonis triphosphate (ATP) yang secara ilmiah sudah teruji. Dengan menggunakan adenonis triphosphate berguna untuk meningkatkan dan membangkitkan kembali mental cendet. Jika ingin menggunakan adenonis triphosphate kamu bisa membelinya di toko burung yang ada disekitanya.

6. Mencoba Perdengarkan Cendet Dengan Audio Natural Terapi

Dengan mencoba mendengarkan cendet dengan audio natural terapi juga bisa melatih mental cendet. jadi saat di rumah kamu bisa mencoba untuk mencari audio natural therapy untuk didengarkan pada cendet yang dalam masa pembentukan mental. Sebaiknya saat melakukan proses pendengaran audio natural terapi dilakukan selama beberapa hari. Hal tersebut berfungsi agar mental cendet sendiri lebih terbentuk.

7. Memelihara Cendet Lain

Dengan memelihara cendet lain juga bisa membantu untuk menaikkan mental dari burung cendet. Akan tetapi jika kamu memelihara cedet lain, sebaiknya melihara cedet yang mentalnya lebih buruk dibandingkan cendet yang akan dilatih. Hal tersebut semata-mata untuk memancing cendet yang akan dilatih mentalnya. Dengan begitu cendet yang sedang dilatih mentalnya akan gacor karena melihat cendet lain yang ada di sekitarnya diam.

8. Mendekatkan Cendet Dengan Yang Lain

Jika tidak mempunyai atau tidak ingin memelihara burung cendet lain, kamu juga bisa mendekatkan cendet dengan yang lain. Akan tetapi saat ingin mendekatkan cendet dengan yang lain, pastikan cendet kamu sudah terbentuk sebelumnya. Hal tersebut bermanfaat untuk mengantisipasi agar cendet kamu tidak mudah drop saat bertemu dengan cendet yang lain.

9. Di kerodong

Saat ingin melatih mental cendet, kamu juga bisa melakukan dengan cara di kerodong. Hal tersebut juga sangat membantu prosesnya pembentukan dari mental burung cendet. akan tetapi jika kamu ingin mengkerodong cendet, sebaiknya menggunakan kerodong transparan dan warna yang bervariasi.

10. Usahakan Bervariasai Dalam Menggantang

Cara terakhir saat melatih mental cendet adalah menggantang cendet dengan berbagai variasi. Jadi saat kamu ingin menggantang cendet di rumah, sebaiknya usahakan untuk bervariasi cara peletakannya.

Maksudnya bervariasi di sini yaitu setiap hari kamu mencoba mengubah lokasi gantangannya. Akan tetapi lebih baik jika menggantang cendet pada lokasi yang lebih ramai dengan cara bertahap. Hal tersebut berfungsi agar cendet sendiri tidak merasa bosan ataupun jenuh.

Baca Juga: 7 Cara Jitu Merawat Cendet Mabung Agar Cepat Tuntas

Itulah beberapa tips mengenai cara melatih mental cendet agar selalu siap dalam perlombaan. Semoga tips tersebut bisa diterapkan dan cendet atau pentet anda mempunyai mental yang bagus untuk bertarung dalam perlombaan atau ketika ditrek di rumah. Anda juga dapat membaca tips serta cara merawat cendet lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Cendet

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top