11 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Sering Ngetem Saat Digantang - Hewan.id
Advertisements

11 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Sering Ngetem Saat Digantang

Cendet Ngetem, Cendet Sering Ngetem, Cendet Lomba, Tips Cendet, Cendet Gacor, Jencet Juara, Masalah Cendet

Cendet

11 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Sering Ngetem Saat Digantang

Cendet Sering Ngetem – Permasalahan burung cendet yang sering dihadapi pemilik adalah cendet sering ngetem saat berada di gantangan maupun perlombaan. Burung cendet atau pentet seringkali ngetem di saat tiba-tiba. apalagi kalau sedang dalam perlombaan ini sangat berbahaya.

Cendet Ngetem, Cendet Sering Ngetem, Cendet Lomba, Tips Cendet, Cendet Gacor, Jencet Juara, Masalah Cendet

Ngetem sendiri merupakan sebuah istilah atau sebutan di kalangan kicaumania Indonesia. Burung ngetem yaitu menggambarkan kondisi burung berhenti berkicau untuk sementara waktu atau jeda sebentar, sebelum kembali melanjutkan kicauannya. Maka dari itu sering ngetem pada cendet saat lomba akan mempengaruhi poin yang didapatkan.

Bukan hanya miyek dan mbayi saja, ngetem pada cendet saat berada dalam sebuah perlombaan merupakan perkara yang harus diatasi oleh cendetmania di Indonesia. Dalam permasalahan burung ini, cendet sering kali bisu, diam, macet bunyi sementara atau ngetem hingga berulang kali saat perlombaan sedang dimulai.

Permasalahan yang menyedihkan ketika sudah di gantang atau saat start penilaian, cendet diam serta toleh kekanan dan kekiri, sarta baru bunyi dipertengahan lombo. Permasaalahan tersebut  dapat merugikan bagi pemilik dan mengurangi penilaian. Mengapa bisa demikian? Karena dalam penilaian lomba burung dengan kategori cendet harus memiliki durasi kicauan atau bunyi yang full awal sampai akhir.

Nah disitulah mengapa cendet tidak boleh terlalu lama ngetem saat perlombaan. Cendet sering ngetem saat digantang disebabkan oleh banyak sekali faktor. Faktor penyebab cendet sering ngetem saat perlombaan akan dijelaskan satu-persatu dibawah ini.

Loading...

Penyebab Cendet Sering Ngetem :

Permasalahan yang menyebabkan cendet ngetem di perlombaan ternyata ada sebabnya. Penyebabnya antara lain:

1. Belum Mengenal Lingkungan

Burung Cendet biasanya akan ngetem ketika dibawa ke gantangan. Gantangan adalah tempat perlombaan Burung Cendet. Bagi burung-burung yang tidak biasa di gantangan akan mengalami demam panggung atau ngetem. Biasanya gantangan akan berisi banyak burung dengan suara yang berbeda-beda. Jika Burung Cendet milik anda belum pernah dilatih di gantangan pasti akan mengalami hal ini. Ini saat berbahaya bagi anda apalagi di hari perlombaan.

2. Burung Muda

Karakter burung muda yang malu-malu juga tertancap pada diri Burung Cendet. Jika anda membawa Burung Cendet muda ke gantangan Burung Cendet sering ngetem. Burung muda cenderung malu jika ditaruh di gantangan. Apalagi kalau lawannya banyak dan sudah berumur. Burung Cendet muda akan cenderung diam dan sering ngetem. Ini merupakan hal yang wajar, namun Burung Cendet bisa juga dilatih agar tidak sering ngetem.

3. Pakan Tambahan Kurang

Perawatan atau pakan tambahan Burung Cendet bisa saja kurang ketika Burung Cendet ngetem tiba-tiba. Dengan kurangnya pakan tambahan level birahi cendet akan berkurang dan ini membuatnya tidak ingin berbunyi. Inilah mengapa ia terkadang ngetem. Jika akan membawanya ke gantangan penambahan pakan bagi Burung Cendet sangat perlu dilakukan.

4. Cendet Sakit

Burung Cendet yang sakit bisa menyebabkannya malas untuk berbunyi. Akibatnya Cendet sering ngetem ketika disejajarkan dengan teman-temannya. Mengetahui keadaan Burung Cendet sebelum berangkat ke gantangan sangat penting. Jangan sampai Burung Cendet baru diketahui sakit ketika telah sampai di gantangan. Ini akan membuat Burung Cendet semakin terpuruk karena malu dilihat teman-temannya.

5. Cendet Tidak Siap Lomba

Permasalahan lain yang sering terjadi adalah memaksakan diri Burung Cendet berlomba. Padahal keadaan Burung Cendet belum siap benar. Umumnya Burung Cendet yang belum siap lomba akan merasa gugup di depan panggung. Ini bisa membuatnya sering ngetem. Ia belum benar-benar siap untuk mengikuti perlombaan. Dan ini bisa membuat mental Burung Cendet terganggu.

Nah, setelah kita sudah paham tentang apa saja penyebab cendet sering ngetem saat digantangan, maka wajib bagi cendet atau pentetmania harus tahu solusi cara mengatasinya. Cara mengatasi cendet sering ngetem saat perlombaan akan dijelaskan satu-persatu dibawah ini.

Cara Mengatasi Cendet Sering Ngetem :

Selain penyebab ada juga cara mengatasi Burung Cendet yang Sering Ngetem. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Melatih Di Gantangan

Burung cendet agar tidak mengetem pada saat perlombaan perlu dilatih terlebih dahulu. Latihan tersebut bisa sejak Burung cendet masih kecil. Cara lainnya adalah dengan melatihnya pada area yang sempit dan area yang luas. Untuk area sempit anda bisa mengubah-ngubah posisi sangkar burung cendet.

Jika hari ini di depan rumah bisa anda ganti di belakang rumah, atau samping rumah. Untuk area besar anda bisa mengajak burung cendet anda ke tempat teman anda atau pergi ke gantangan. Dengan begitu mental adaptasi burung cendet akan meningkat. Solusi lainnya adalah anda datang lebih awal ke gantangan. Kemudian anda mencari posisi yang pas untuk meletakkan cendet. Anda bisa membuka kerodongnya hingga berbunyi lalu menutupnya. Buka kerodong lagi ketika anda sudah meletakkannya di gantangan.

2. Mengasah Mental Cendet

Untuk bisa menghilangkan sikap demam panggung burung cendet sering ngetem bisa dilakukan dengan mengasah mentalnya. Caranya adalah dengan sering membawanya ke gantangan. Ini penting sekali karena di gantangan Burung Cendet akan bertemu dengan cendet-cendet lainnya. Meskipun usianya berbeda namun Burung Cendet lama-lama akan beradaptasi dengan lingkungannya.

Baca Juga: 10 Cara Melatih Mental Cendet Agar Siap Gantang

3. Memberikan Pakan Tambahan dan Extra Fooding

Burung cendet akan senang berbunyi karena diberi pakan tambahan. Pakan tambahannya biasanya serangga. Bisa jangkrik, belalang, ulat ataupun kroto. Ini akan membuat burung cendet mengeluarkan bunyi maksimal. Anda sebagai pemilik burung cendet harus memperhatikan dengan baik pakan tambahan ini. Karena ketika di perlombaan akan sangat berpengaruh pada bunyi burung cendet.

4. Mengetahui Kondisi Cendet

Tidak semua Burung Cendet siap untuk berlomba. Ada juga Burung Cendet yang sakit sehingga tidak siap untuk bertanding. Kondisi semacam ini perlu diatasi sejak jauh-jauh hari. Burung Cendet harus dicek kondisi fisiknya sebelum dibawa ke gantangan. Anda bisa mengeceknya melalui tanda-tanda fisik dari Burung Cendet. Burung Cendet yang sehat matanya tajam dan bening. Jika mata Burung Cendet anda belum seperti ini sebaiknya anda beri vitamin terlebih dahulu.

5. Menyiapkan Cendet

Menyiapkan fisik Burung Cendet memang penting. Namun yang tidak kalah penting adalah menyiapkan mental Burung Cendet agar siap berlomba. Untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri Burung Cendet yang siap ikut lomba dilihat dari fisiknya. Ekornya yang rapat dan sayapnya yang menyilang merupakan ciri-ciri dari Burung Cendet yang siap berlomba. Anda harus mengetahui kondisi semacam ini.

6. Paham dengan Birahi Cendet

Jika terlalu tinggi birahi pada cendet, maka pada saat perlombaan di mulai burung tersebut banyak sekali ngetem atau jedanya. Untuk mengatasi birahi terlulu tinggi, sebelum memasuki gantangan semprot kaki dan usahakan tangkringan atas maupun bawah basah. Cara tersebut dapat mengontor birahi cendet, Dan ketika di gantangkan kicauan cendet tidak ada sama sekali ngetemnya.

Baca Juga: 20 Cara Merawat Cendet Sebelum dan Sesudah Lomba

Cendet sering ngetem bisa disebabkan karena beberapa hal. Anda bisa mengetahui sebabnya dan cara mengatasinya dengan beberapa hal di atas. Cendet mengalami masalah ngetem, rata-rata burung tersebut baru belajar digantang atau pertama kali masuk perlombaan.

Selain itu, cendet sering ngetem mungkin terjadi pada burung yang baru mencari setingan. baik itu setingan awal maupun setingan cendet setelah mabung. Intinya supaya pentet tidak sering ngetem saat perlombaan anda harus paham perawatan hariannya yang baik dan benar. Semoga dengan informasi di atas burung cendet anda bisa mengeluarkan bunyi yang maksimal.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Cendet

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top