17 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Miyik, Mbayi, Manja - Hewan.id
Advertisements

17 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Miyik, Mbayi, Manja

Cendet Mbayi, Cendet Miyik, Cendet Manja

Cendet

17 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Miyik, Mbayi, Manja

Cendet Miyik, Mbayi, Manja – Cendet atau biasa disebut pentet merupakan salah satu jenis burung yang memiliki ciri khas suara yang keras dan juga indah. Selain itu, cendet juga memiliki kecerdasan menirukan suara ocehan burung yang lain. Tak heran jika banyak orang yang menyukai burung yang berhabitat asli di hutan dan pemangsa yang handal ini.

Cendet Mbayi, Cendet Miyik, Cendet Manja

Burung yang gemar makan serangga, jangkrik, dan belalang ini mudah untuk dijinakkan. Namun, tak jarang juga bersikap miyik (mbayi/manja). Burung cendet yang miyik bukanlah hal baru bagi pecinta burung. Namun ketika cendet dewasa mbayi, hal tersebut merupakan masalah yang paling serius. Karena dapat mengurai atau bahkan didiskualifikasi saat perlombaan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan cendet anda miyik walaupun sudah dewasa. Selain itu, perawatan yang kurang tepat juga dapat menyebabkan cendet tetap manja.  Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi cendet miyik.

Penyebab Cendet Miyik / Mbayi / Manja :

Cendet seringkali bersikap miyik. Bukan hanya cendet muda saja yang terkena penyakit ini, cendet dewasa seringkali menampakkan gejala yang sama. Berikut beberapa penyebab cendet menjadi miyik.

1. Pemberian makan yang tidak teratur

Pemberian makan yang tidak teratur atau tidak memenuhi standar nutrisi dapat menyebabkan cendet anda bersifat miyik. Hal ini menyebabkan burung kekurangan nutrisi (malnutrisi). Selain itu, cendet anda juga dapat defisiensi mineral dan vitamin.

Loading...

2. Kesalahan dalam pemberian pakan

Cendet memiliki adaptasi berupa paruh yang bercagak untuk mendukungnya sebagai predator. Mangsanya biasanya adalah kadal, ikan kecil, dan burung kecil. Jika menu hariannya hanya voer atau jangkrik maka naluri predatornya bisa hilang.

3. Masa menjelang mabung dan pasca mabung

Jika cendet anda miyik karena masa menjelang mabung dan pasca mabung maka cendet anda akan menunjukkan sikap miyik atau manja, makan jangkrik banyak, warna bulu kusam, jatuh bulu, dan mata melotot.

4. Terlalu sering dimanja oleh pemilik

Jika anda terlalu sering memberi pakan langsung dari tangan anda, cendet akan cenderung bersifat miyik, misalnya jangkrik. Sebenarnya cendet perlu sesekali diberi pakan layaknya habitat aslinya sehingga cendet tidak bersifat miyik. Selain itu, kebiasaan buruk seperti menggoda burung dan melambaikan tangan di depan cendet menyebabkan burung tersebut menjadi semakin manja.

5. Karena sakit atau ngedrop

Penyebab lain cendet yang anda sayangi bersikap miyik adalah karena sakit atau ngedrop. Gejala yang akan ditunjukkan yaitu tidak mau makan, tidak ada bulu yang jatuh, mata mengecil atau sayu, dan terlihat tidak sehat.

Jika ada sudah tahu apa saja faktor yang menyebabkan cendet miyik, manja atau mbayi. Maka anda perlu paham cara merawatnya atau mengatasinya. Nah berikut ini perawatan serta cara mengatasi cendet mbayi.

Cara Mengatasi Cendet Miyik / Mbayi / Manja :

Jika burung cendet anda terlanjur bersikap miyik, maka naluri predatornya akan hilang. Hal ini menyebabkan jiwa petarungnya ikut hilang. Jika anda sudah memahami penyebab cendet anda miyik, anda dapat segera mengatasinya. Berikut cara mengatasi cendet yang bersikap miyik.

1. Semprot dengan air dingin

Cara ini terbilang cukup ekstrem tetapi cukup ampuh untuk menyembuhkan cendet anda yang bersikap miyik. Caranya adalah dengan cara mengisi penyemprot (sprayer) dengan air dingin (air es) kemudian semprotkan pada cendet anda. Ulangi cara ini jika cendet bersikap miyik lagi. Semprotan air dingin akan membuat cendet trauma dan menghentikan sikap miyiknya.

2. Tambahkan nutrisi

Jika cendet anda miyik, mungkin anda salah dalam melakukan perawatan. Cendet anda mungkin kekurangan nutrisi. Jika hal ini yang terjadi anda bisa menambahkan porsi makan setiap hari. Makanan yang baik untuk cendet adalah voer dengan kandungan protein sedang (12%-18%), dan cacing setiap dua kali seminggu.

3. Mandi Malam

Cara lain yaitu dengan memandikan cendet saat malam hari. Tidak perlu sampai cendet anda basah kuyup, cukup semprotkan air sedikit. Kemudian gantung di dekat cahaya lampu agar cepat kering. Setelah itu, berikan jangkrik atau ulat. Jika anda memberikan jangkrik, cukup berikan empat ekor saja. Hal ini akan mengembalikan naluri predatornya sehingga jiwa petarungnya kembali.

4. Gantung cendet di tempat yang sepi

Gantung cendet anda yang miyik di tempat yang sepi. Cara ini menyebabkan cendet tak lagi miyik karena tidak ada orang di sekitarnya. Cendet akan tetap miyik jika anda tetap menempatkannya di tempat yang ramai atau banyak orang di sekitarnya.

5. Kerodong

Saat pagi hari tiba, keluarkan cendet anda dari dalam rumah dan gantung di tempat dengan sinar matahari cukup kemudian mandikan. Setelah itu, berikan makan dan gantung kembali di tempat yang jauh dari keramaian. Setelah beberapa saat, mandikan kembali dengan air dingin (air es). Jika sudah kering kerodong cendet dan beri makan di sore hari.

Cara Merawat Cendet Miyik / Mbayi / Manja  Lainnya :

  • Merawat cendet harian secara teratur.
  • Terapi kejut.
  • Membangkitkan kembali naluri predatornya.
  • Durasi jemur yang ditingkatkan.
  • Jangan sering digoda.
  • Cuekin aja.
  • Konsisten.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Mengembangkan Bulu

Semua cendet pasti akan mengalami sifat miyik atau mbayi. Sebagai pecinta burung anda harus jeli mengapa cendet anda mengalami hal tersebut dan segera mengatasinya. Semoga penyebab dan cara mengatasi cendet miyik ini berguna bagi para cendetmania. Jangan lupa untuk membaca tips cendet lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Cendet

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top