Connect with us

10 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Mengembangkan Bulu

Cendet Mengembangkan Bulu, Bulu Cendet Mengembang, Masalah Pentet

Cendet

10 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Mengembangkan Bulu

Loading...

Cendet Mengembangkan Bulu – Dikenal sebagai burung petarung, ternyata burung cendet yang juga biasa disebut pendet ini juga memiliki kelemahan. Terkenal  juga sebagai jenis burung yang galak, ternyata cendet juga seringkali berada pada posisi tidak berdaya. Kondisi ini dapat dilihat ketika burung cendet mengembangkan bulunya.

Cendet Mengembangkan Bulu, Bulu Cendet Mengembang, Masalah Pentet

Loading...

Dimiliki sebagai burung petarung, kondisi seperti ini akan sangat meresahkan bagi para kicau mania. Karena tampilan burung cendet akan sangat mengganggu dan tidak menarik dipandang mata. Saat kondisi ini pula, burung cendet akan mengalami pengurangan pada frekuensi kicaunya. Hal ini akan sangat menyulitkan apabila terjadi saat diikutkan kontes.

Oleh karena itu, para kicau mania harus memperhatikan apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi cendet mengembangkan bulu. Sehingga nantinya tidak akan menyulitkan kicau mania, terutama saat hendak diikutkan kontes.

Cendet mengembangkan bulu merupakan salah satu masalah yang dihadapi kicau mania saat memelihara burung ini. Burung cendet biasanya mengembangkan bulu saat didekati atau bertemu dengan musuh. Berikut ini adalah penyebab dan solusi yang bisa dilakukan saat burung cendet mengembangkan bulu.

Penyebab Cendet Mengembangkan Bulu :

1. Mengembangkan Bulu karena Kondisi Kurang Fit

Penyebab yang sering terjadi sehingga cendet mengembangkan bulunya adalah kondisi burung yang kurang sehat, kurang nutrisi, atau mendapatkan perawatan yang kurang baik dari pemiliknya.

2. Mengembangkan Bulu karena Manja

Disamping kondisi yang kurang fit, burung cendet biasanya mengembangkan bulunya karena kondisi burung yang manja. Mengembangkan bulu ditujukkan sebagai ekspresi jinak dan ketergantungan cendet terhadap pemiliknya.

Kondisi burung cendet yang manja biasanya disababkan oleh beberapa hal. Diantaranya karena pemberian jangkrik yang selalu dari tangan dan seringnya dikudang. Kebiasaan tersebut membuat cendet menjadi manja dan sering mengembangkan bulunya.

Selain itu, kondisi burung yang kurang mendapatkan terik matahari atau kurang dijemur juga dapat menyebabkan burung ini menjadi manja dan menyebabkan bulu cendet mengembang. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak meberikan jangkrik dari tangan langsung ataupun mengkudang burung ini terlalu sering.

3. Mengembangkan Bulu karena Perawatan yang salah

Tidak ada panduan khusus yang bisa digunakan untuk merawat burung. Hal ini dikarenakan setiap burung memiliki karakter berbeda antara satu dengan yang lain. Perawatan yang dilakukan tidak sesuai dengan karakter burung juga dapat menyebabkan burung cendet mengembangkan bulunya.

Contoh kasus, ada kalanya cendet hanya ingin dimandikan satu kali dalam seminggu. Tetapi ada pula cendet yang ingin mandi setiap hari. Maka pemilik harus memperhatikan karakter ini, karena apabila tidak melakukan perawatan sesuai dengan kemauan si cendet bisa menyebabkan burung ini mengembangkan bulunya.  Selain mengembangkan bulu, cendet kadangkala juga akan mogok kicau atau bahkan menjadi sangat atraktif.

Selain itu, ada juga cendet yang memiliki karakter pengaturan extra fooding rendah dan tinggi. Semua harus dipahami oleh kicau mania. Karena apabila perawatan harian cendet yang diberikan salah, burung ini bisa berubah menjadi galak.

4. Mengembangkan Bulu karena Over Birahi

Salah satu penyebab burung cendet mengembangkan bulunya adalah karena over birahi. Hal ini biasanya terjadi karena pemberian extra fooding (EF) yang terlalu berlebihan. Pemberian porsi EF yang berlebihan akan membuat burung ini menjadi agresif.

5. Mengembangkan Bulu karena Kekurangan Vitamin dan Nutrisi

Jenis vitamin untuk cendet memang banyak ragamnya. Bisa jadi, masalah timbul karena pakan yang diberikan kurang cukup untuk memenuhi nutrisi cendet. Sehingga para kicau mania juga harus memperhatikan asupan protein yang diberikan kepada cendet. Tidak hanya jangkrik, tetapi asupan protein dapat ditambah dengan jenis vitamin pendukung lainnya. Karena, cendet yang kekurangan nutrisi akan terlihat seperti sakit dan mulai kurang bersuara hingga bisa menjadi galak.

Baca Juga: 12 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Galak dengan Mudah

Jika ada sudah tahu apa saja faktor yang menyebabkan cendet mengembangkan bulu. Maka anda perlu paham cara merawatnya atau mengatasinya. Nah berikut ini perawatan serta cara mengatasi cendet mengembangkan bulu.

Cara Mengatasi Cendet Mengembangkan Bulu :

1. Mengembangkan Bulu karena Kondisi Kurang Fit

Solusi yang bisa dilakukan :

  • Berikan perawatan yang baik dan benar untuk burung cendet Anda, seperti mandi, menjemur, memberikan extra fooding (EF), dan pengerodongan.
  • Berikan perawatan secara konsisten.

2. Mengembangkan Bulu karena Manja

Solusi yang dapat dilakukan :

  • Berikan terapi kejut untuk burung cendet yang manja.
  • Apabila sedang lewat di depan burung atau ingin memberikan pakan, maka langsung semprot badan burung dengan menggunakan semprotan.
  • Setel semprotan pada kondisi paling kasar agar bisa langsung mengenai tubuh burung dan menimbulkan efek kejut.
  • Perhatikan durasi jemur burung cendet.

3. Mengembangkan Bulu karena Perawatan yang salah

Solusi yang harus dilakukan :

  • Mengenali karakter burung cendet yang dimiliki.
  • Memberikan perawatan yang sesuai dengan karakter cendet.

4. Mengembangkan Bulu karena Over Birahi

Solusi yang dapat dilakukan apabila menemui cedet yang memiliki masalah ini yaitu :

  • Berhenti memberikan extra fooding (EF) untuk sementara waktu
  • Mencampur sedikit voer lele atau voer ayam yang tinggi protein ke dalam voer hariannya.

5. Mengembangkan Bulu karena Kekurangan Vitamin dan Nutrisi

Solusi  yang dapat dilakukan :

  • Berikan multivitamin secara rutin 2-3 kali dalam seminggu.
  • Menambah pemberian extra fooding harian.
  • Pemberian kroto segar.
  • Lakukan pengerodongan.
  • Mandikan cendet untuk mengurangi tingkat stres.

Baca Juga: 12 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Galak dengan Mudah

Itulah penyebab dan solusi untuk burung cendet yang mengembangkan bulunya. Sehingga kicau mania bisa langsung mengambil solusi ketika ada masalah dengan burung ini. Sebagai cendetmania jangan pernah menyerah ketika mendapati burung cendet nya tiba-tiba mengembangkan bulunya. Kondisi tersebut pasti akan dialami setiap burung. Jangan lupa untuk membaca tips cendet lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Cendet

To Top