17 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Liar Giras Banget - Hewan.id
Advertisements

17 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Liar Giras Banget

Cendet Susah Jinak, Cendet Tilar, Pentet Giras, Cedet Giras, Penyebab Cendet Giras, Cara Mengatasi Cendet Giras

Cendet

17 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Liar Giras Banget

Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Giras atau Susah Jinak – Cendet atau orang biasa menyebutnya pentet merupakan sejenis burung berukuran kecil yang memiliki ciri khas dapat menirukan berbagai macam suara burung lainnya. Burung predator ini juga dapat memiliki suara yang gacor dan indah jika anda rajin melatihnya. Hal tersebut membuat cendet menjadi salah satu primadona bagi pecinta burung.

Cendet Susah Jinak, Cendet Tilar, Pentet Giras, Cedet Giras, Penyebab Cendet Giras, Cara Mengatasi Cendet Giras

Masalah klasik yang dihadapi oleh para pecinta burung cendet adalah giras atau susah jinak. Ada beberapa faktor yang menyebabkan cendet mengalami masalah tersebut. Berikut penyebab dan cara mengatasi cendet giras.

Penyebab Cendet Giras :

Cendet yang giras dapat disebabkan oleh banyak faktor. Jika anda mengetahui penyebabnya maka anda dapat dengan mudah mengatasinya. Berikut beberapa faktor penyebab cendet menjadi giras.

  1. Masih beradaptasi dengan lingkungan baru
  2. Sangkarnya jatuh
  3. Kaget mendengar suara yang keras dan mendadak
  4. Dikerodong
  5. Voer yang diganti
  6. Pola makan yang berubah
  7. Burung takut karena didekati atau diserang hewan predator seperti kucing, anjing, maupun burung yang bersifat agresif
  8. Perjalanan jauh
  9. Salah perawatan
  10. Pernah terlepas kemudian tertangkap kembali

Cara Mengatasi Cendet Giras :

1. Terapi keramaian

Jika cendet giras karena masih bakalan ataupun yang baru dibeli dari pengepul memang butuh kesabaran untuk menjinakkannya. Anda bisa menggantungkan cendet anda di area rumah yang ramai. Jika rumah anda sepi, anda perlu secara rutin membawa cendet anda ke tempat yang ramai. Cara lain anda dapat membawa cendet anda ke perlombaan burung untuk sekedar digantung di tempat perlombaan yang tentu saja ramai orang.

2. Terapi kerodong

Jika cendet awalnya jinak kemudian menjadi giras karena didekati atau diserang hewan predator seperti kucing, anjing, maupun burung yang bersifat agresif, sangkar terjatuh, pernah terlepas kemudian tertangkap kembali, perjalanan jauh, kaget mendengar suara keras, dll maka anda dapat memberikan full kerodong.

Loading...

Terapi mengatasi cendet liar giras ini bisa dibarengi dengan memberi pakan yang burung anda sukai dengan porsi lebih banyak. Anda juga dapat menggunakan metode lidi ataupun tangan agar cendet anda merasa lebih dekat dengan pemilik. Namun, jika cendet anda sudah tidak giras maka anda harus menghentikannya. Jika terus dilakukan maka cendet anda bisa bersikap miyik atau manja. Hal tersebut tentu saja tidak anda inginkan.

3. Terapi lapar

Terapi ini mungkin terbilang ekstrem. Hal ini dikarenakan cendet tidak diberi makan sehingga kelaparan. Cara ini banyak digunakan oleh pecinta burung karena terbilang efektif. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memandikan cendet anda kemudian menjemurnya di bawah terik sinar matahari tanpa makan dan minum.

Jika cendet anda sudah terlihat mulai kelaparan, dia akan terpaksa mau memakan pakan yang kita berikan langsung dari tangan. Hal ini dilakukan agar cendet atau pentet anda terbiasa makan dengan tangan anda. Sekali lagi kami ingatkan, jangan terlalu sering memberi makan dengan tangan karena cendet anda akan bersikap miyik.

4. Terapi mandi

Terapi mandi dilakukan untuk cendet giras yang sudah beberapa hari ada di rumah (3 – 4 hari). Mandikanlah cendet anda sampai basah kuyup. Setelah itu, eluslah punggungnya dengan perlahan. Awalnya cendet anda mungkin ketakutan. Namun, lama kelamaan dia akan diam dan menganggap elusan tangan anda adalah rasa sayang anda.

5. Terapi suara alam dan suara air

Cendet yang giras mungkin disebabkan oleh stres. Terutama burung yang baru anda dapatkan dari pengepul. Menempatkannya bersama burung sejenisnya tidak akan membuatnya jinak. Anda dapat memperdengarkan suara alam dan suara air agar stres burung berkurang atau bahkan hilang. Cendet anda juga akan merasa rileks dengan terapi tersebut.

6. Terapi sangkar kecil

Letakkan cendet giras anda pada sangkar yang kecil. Hal ini akan menyebabkan cendet anda lebih banyak diam di dalam sangkar. Setelah beberapa hari letakkan burung tersebut pada sangkar yang lebih besar atau sangkar semula. Setelah dipindah maka cendet anda akan jinak seperti saat di sangkar kecil.

7. Terapi mandi sauna

Cara ini dapat anda lakukan dengan memandikan cendet anda namun tidak sampai basah kuyup. Cukup semprotkan air sedikit saja dengan menggunakan penyemprot atau sprayer. Setelah itu, masukkan burung ke dalam sangkar dan kerodong. jangan lupa kerodong juga dibasahi. Jemur sangkar dan lakukan penyemprotan berulang jika kerodong kembali kering. Cara ini terbilang cukup ekstrem. Lakukan cara ini hanya jika cendet anda membandel jika dijinakkan.

Baca Juga: 13 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Macet Bunyi dengan Cepat

Kondisi burung bervariasi, ada yang mudah dijinakkan dan adapula yang susah untuk dijinakkan. Keberhasilan dalam menjinakkan cendet giras membutuhkan kesabaran. Demikian informasi penyebab dan cara mengatasi cendet giras yang dapat kami berikan kepada anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda cendetmania. Jangan lupa untuk membaca tips cendet lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Cendet

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top