Connect with us

12 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Galak dengan Mudah

Burung Cendet Galak, Burung Cendet Buas

Cendet

12 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Galak dengan Mudah

Loading...

Cendet Galak atau Buas – Burung cendet merupakan burung yang manja. Pentet atau cendet galak merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh para penghobi burung atau cendet mania. Selain salto, sering ngetem dan tidak mau bunyi problem yang sering dialami para kicaumania adalah cendet berubah menjadi galak.

Burung Cendet Galak, Burung Cendet Buas

Loading...

Memang jika dipikir cendet merupakan burung liar yang karnivora. Pasti burung tersebut memiliki sifat maupun karakter buas / galak. Hal tersebut harus di anggap wajar. jika cendet bakalan. Namun ketika sudah lama dirawat tiba-tiba cendet menjadi galak, maka ada faktor penyebabnya. Nah lantas apa saja sebenarnya penyebab burung cendet bersifat galak dan bagaimana solusinya.

Berikut ini ada beberapa faktor penyebab yang menyebabkan burung cendet menjadi galak benget. Disini kami akan mengulas satu persatu secara detail.

Cara Mengetahui Penyebab Cendet Galak

Burung cendet yang tiba-tiba menjadi galak ternyata disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa hal tersebut antara lain:

1. Cendet Jarang Bertemu Lawan Jenis

Layaknya manusia burung cendet ternyata juga memiliki ketertarikan dengan lawan jenis. Burung Cendet yang jarang dipertemukan dengan lawan jenis akan lebih galak dibandingkan burung cendet lainnya. Normalnya Burung cendet akan sering berkicau, namun karena jarang dipertemukan dengan lawan jenis burung cendet menjadi galak. Hal semacam ini juga berpengaruh terhadap kualitas kicauan burung cendet.

2. Cendet Memasuki Masa Kawin

Untuk mengetahui masa kawin burung cendet ternyata mudah. Ketika burung cendet Galak maka itu merupakan tanda burung bendet memasuki masa kawin. Masa kawin burung merupakan fase perkembangbiakan yang tidak bisa dielakkan. Oleh karena itu nurung bendet juga harus mengalami masa kawin atau perkembangbiakan.

3. Perawatan Kurang Maksimal

Perawatan burung cendet ternyata juga menjadi alasan kenapa burung cendet menjadi galak. Bila anda memiliki burung cendet anda harus memperhatikan secara maksimal bagaimana perawatannya. Jika anda kurang maksimal dalam perawatan cendet bisa menyebabkan burung berulah atau menjadi galak.

Bentuk perawatan yang harus anda lakukan misalnya adalah memandikannya atau menjemurnya. Anda yang jarang melakukan keduanya bisa menyebabkan burung cendek bersifat galak.

4. Kekurangan Nutrisi

Penyebab burung cendet menjadi galak lainnya adalah kurang nutrisi yang anda berikan. Nutrisi sangat penting bagi burung cendet. Burung cendet akan berkicau semakin keras jika nutrisinya cukup. Oleh karenanya anda perlu memperhatikan nutrisi burung bendet dengan baik.

Penyebab kekurangan nutrisi burung cendet bisa disebabkan karena kurangnya makanan yang anda berikan. Bisa juga karena kurangnya air yang ada. Apalagi kalau urusan makanan tambahan juga bisa membuat nutrisi burung cendet berkurang.

5. Karakter Bawaan

Selain karena disebabkan faktor eksternal ternyata faktor internal dari burung Cendet berpengaruh pada emosinya. Faktor internal yang menyebabkan burung cendet galak adalah karakter bawaannya. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa karakter bawaan burung cendet sedikit banyak berpengaruh terhadap sifat galak burung cendet.

6. Stres

Stres tingkat tinggi dapat menyebabkan menyebabkan cendet galak banget. Banyak faktor yang menyebabkan burung pentet menjadi stres, contohnya saja kebersihan, gangguan binatang liar dan masih banyak yang lainnya.

Namun apa bila ada perubahan perilaku cendet menjadi galak yang diakibat terlalu over birahi OB, maka cara mengatasi atau menanganinya yaitu harus menstabilkan birahu cendet tersebut terlebih dahulu. Jika birahi pentet stabil maka secara berangsur atau bertahap perilaku galak mulai menurun dan bahkan akan normal kembali.

Jika ada sudah tahu apa saja faktor yang menyebabkan cendet galak banget. maka anda perlu paham cara merawatnya atau mengatasinya. Nah berikut ini perawatan serta cara mengatasi cendet galak.

Cara Mengatasi Cendet Galak

Hal-hal yang menyebabkan cendet galak bisa diatasi dengan beberapa hal di bawah ini:

1. Sering Dipertemukan Dengan Lawan Jenis

Untuk mengatasi Burung Cendet yang galak karena jarang dipertemukan dengan lawan jenis tentu harus mempertemukannya dengan lawan jenis. Dalam perawatan manusia Burung Cendet akan jarang dipertemukan dengan pasangannya. Oleh karenanya anda perlu mempertemukannya dengan lawan jenisnya. Agar kegalakannya turun maka anda perlu menuruti kebutuhan seksual Burung Cendet.

2. Mengawinkan Atau Mengurangi Protein

Jika anda ingin mengatasi kegalakan Burung Cendet akibat bisa mengawinkan Burung Cendet. Perkawinan akan lebih mudah jika anda memiliki pasangannya. Apalagi kalau anda bisa membawanya ke rumah maka akan semakin mudah. Akan tetapi kalau anda tidak bisa melakukan perkawinan tersebut anda bisa menggunakan solusi lainnya. Solusi lainnya adalah mengurangi makanan berprotein tinggi. Karena makanan berprotein tinggi bisa meningkatkan birahi dari Burung Cendet.

3. Memaksimalkan Perawatan

Untuk mengatasi kegalakan Burung Cendet anda bisa memaksimalkan perawatan anda. Jika anda kurang melakukan perawatan maka anda harus memaksimalkanya. Seperti jika awalnya anda memandikan Burung Cendet seminggu sekali anda bisa memandikannya dua hari sekali. Lalu jika anda menjemurnya tiga hari sekali anda bisa menjemurnya setiap hari. Tak hanya itu anda bisa mengajaknya bicara atau berkicau untuk memancingnya berkicau juga. Ini juga akan melatih kicauannya.

4. Memperhatikan Nutrisi

Burung Cendet juga membutuhkan perhatian terhadap makanannya. Selain anda memberikan makanan yang cukup juga minumnya harus cukup. Bisa juga anda memberikan tambahan makannya dengan jangkrik, ulat atau pisang. Dengan memberikan nutrisi yang cukup bagi Burung Cendet akan mencegah terjadinya perubahan sikap Burung Cendek menjadi galak. Manusia saja kalau lapar bisa berubah menjadi galak. Maka dari itu Burung Cendet mengutarakannya menjadi kegalakannya. Anda harus memperhatikan nutrisinya setiap harinya, setiap waktu kalau perlu setiap menit.

5. Menuruti Keinginan Burung Cendet

Kalau masalah galaknya karena bawaan maka yang bisa dilakukan adalah memanjakan burung cendet. Dengan memanjakannya diharapkan sifat bawaan burung cendet yang galak bisa berkurang. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memanjakan burung cendet antara lain memberikannya jangkrik.

Burung cendet suka dengan jangkrik maka anda bisa memberikannya. Pemberiannya apabila jarang bisa diseringkan. Kalau misalnya jumlahnya kurang bisa diperbanyak. Namun apabila sudah tidak galak lagi maka perawatannya bisa dikembalikan seperti semula. Memanjakanya juga tidak boleh berlebihan misalnya dalam penjemurannya berlebihan.

Normalnya burung cendet dijemur setiap agi paling lama dua jam. Jika terlalu lama dijemur bukannya burung cendet berkurang galaknya bisa menjadi semakin galak. Jika tidak bisa melakukannya bisa dilakukan pengembunan atau dikeluarkan ketika fajar.

6. Hindarilah Faktor Penggagu

Cedet atau pentet galak karena adanya faktor penggangu. Maka jauh kanlah burung tersebut dari beberapa faktor penggagu serta tempatkanlah di dalam ruangan yang tenang.

Baca Juga: Cara Merawat Cendet Anakan Agar Gacor dan Tidak Mati

Cendet galak ternyata bisa diketahui sebab dan cara mengatasinya. Bagi anda yang memiliki Burung Cendet dengan permasalahan semacam ini bisa melakukan beberapa tips di atas. Rawatan harian cendet yang rutin dan konsisten dapat meminimalir permasalahan tersebut.

Sebagai cendetmania jangan pernah menyerah ketika mendapati burung cendet nya tiba-tiba menjadi galak. Menang kondisi tersebut pasti akan dialami setiap burung. Jangan lupa untuk membaca tips cendet lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Cendet

To Top