Connect with us

15 Cara Perawatan Kucing Terbaik, Agar Kucing Sehat dan Pintar

Cara Perawatan Kucing Terbaik

Cara

15 Cara Perawatan Kucing Terbaik, Agar Kucing Sehat dan Pintar

15 Cara Perawatan Kucing Terbaik, Agar Kucing Sehat dan Pintar

Hewan.id – Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan perawatan. Kucing pun membutuhkan Perawatan Kucing Terbaik. Agar ia tumbuh sehat dan pintar. Kucing sehat dan pintar jadi dambaan semua catlovers. Pasalnya kucing ini akan jadi menggemaskan dan sangat menghibur.

Perawatan Kucing Terbaik dimulai dari memperhatikan kebersihan tubuhnya. Seorang pecinta kucing mesti senantiasa mengontrol tubuh kucingnya. Rajinlah membersihkan agar kucing ini bisa sehat selalu. Kebersihan kucing kan memang bermula dari tubuhnya yang bersih.

Kemudian soal pakan juga tak boleh dilewatkan. Pakan kucing yang baik adalah yang mampu direspon dengan baik oleh kucing. Kita tidak bisa memaksakan makanan jenis tertentu kepada kucing yang dipelihara. Mencoba aneka makanan boleh, tapi tetap saja pada akhirnya kucing sendirilah yang menentukan mau memakannya atau tidak.

Jenis makanan kucing kemasan yang instan seringkali dipilih karena dirasa praktis. Tapi mesti dites dulu, apakah kucing peliharaan kita mau memakannya atau tidak. Pada jenis kucing ras asli yang diambil langsung dari alam, jenis makanan instan tidaklah cocok. Para kucing cenderung tidak mau makan, hanya mengendus-ngendus saja.

Cara Perawatan Kucing Terbaik

Cara Perawatan Kucing Terbaik

Loading...

Contohnya adalah Kucing Bengal, yang merupakan jenis kucing hutan. Dia tidaklah mau makan makanan instan. tapi kalau dibeli seekor ikan lele goreng, pastilah dimakan. Memang Perawatan Kucing hutan yang asli itu haruslah selalu gunakan makanan yang alami.

Namun tenang saja. Kebanyakan kucing yang dijual di Pet Shop itu adalah hasil dari peternakan atau budidaya. Jadi jarang sekali, bahkan hampir tidak ada yang merupakan ras asli tangkapan dari alam. Otomatis, Perawatan Kucing hasil beli dari toko binatang kesayangan ini pun tidaklah rumit. Beri saja makanan kemasan.

Lalu langkah selanjutnya yang tak kalah penting dari Perawatan Kucing yaitu soal komunikasi. Menjalni komunikasi yang erat dengan kucing dapat membuat kucing jadi lebih jinak dan pengertian dengan manusia. Sifat galaknya seperti mencakar atau menggigit, itu akan hilang. Bahkan kucing jadi sangat mandiri, seperti mau kencing di tempat yang sudah disediakan.

Baca Lagi: 15 Tips Merawat dan Memelihara Kucing yang Benar Untuk Pemula

Untuk lebih jelasnya tentang Cara Perawatan Kucing Terbaik, silahkan simak 15 uraiannya di bawah ini:

1. Pemilihan Ras Kucing

Jika ingin membeli kucing, biasakan untuk memilih ras yang paling sesuai hati. Orang beli kucing tidak boleh pakai istilah beli dalam karung. Harus tahu seluk-beluk rasnya. Biar nanti ke depannya, perawatan kucing jadi lebih gampang.

2. Menentukan Kandang yang Tepat

Kandang kucing itu perlu tidak, sih? Tentu saja perlu dan bagian dari perawatan kucing yang paling utama. Kandang kan fungsinya untuk menidurkan kucing itu. Jadi tidak sembarangan keliaran tidur di mana-mana. Sebaiknya kalau beli kandang juga sesuaikan dengan ukuran tubuh dan karakter kucing. Materialnya pun harus dari besi atau baja ringan. Minimal aluminium, meski rawan penyok.

3. Pemberian Pakan yang Bergizi

Pakan yang bergizi juga menjadi bagian dari perawatan kucing. Untuk jenis makanan bergizi ini tidaklah ditentukan secara pasti. Karena masing-masing kucing memiliki karakter pakan yang berbeda. Tapi umumnya, untuk jenis ras kucing domestik itu doyan kok diberi makan yang kemasan dijual di Petshop.

4. Membeli Kucing Baru

Setelah 2-3 tahun memelihara jenis kucing tertentu. Maka sebaiknya mulai pelihara kucing dari jenis yang sama sebagai temannya. Membeli kucing baru ini bisa jadi salah satu strategi perawatan kucing.

5. Usaha Mengawinkan Kucing

Pernahkah membayangkan betapa kucing itu kesepian kalau sendiri? Apalagi pada kucing dewasa. Kadang ia juga malah sakit-sakitan gegara belum kawin. Untuk itu, cobalah mulai mencari pasangan untuk dikawinkan dengan kucing peliharaan.

6. Pembersihan Tubuh Kucing

Perawatan kucing yang paling penting juga berkaitan dengan pembersihan tubuh kucing ini. Memandikan kucing, membersihkan telinganya. Menyikat giginya dan memotong kukunya nampaknya langkah yang tak boleh diabaikan.

7. Vaksinasi Kucing

Vaksinasi kucing bisa dibilang sebagai jantung dari berbagai perawatan kucing. Tindakan dari manusia saja tidak cukup untuk memastikan kucing itu benar-benar sehat. Kadang obat-obatan dan vitamin juga mesti turun melalui vaksinasi ini.

8. Kontes Kucing

Ikut kontes kucing bisa menjadi cara perawatan kucing. Selain untuk ajang lomba, kontes ini juga bisa melatih kepribadian kucing domestik agar lebih mampu adaptasi di lingkungan manusia.

9. Komunikasi Intensif dengan Kucing

Lakukanlah komunikasi yang intens dengan kucing peliharaan. Sebab, dengan komunikasilah akan terjalin ikatan rasa antara kucing dengan pemiliknya. Ini bagian dari perawatan kucing untuk sisi psikologis.

10. Ikut Komunitas Kucing

Kalau sudah ikut kontes kucing, biasanya akan ada banyak informasi mengenai organisasi hobi atau komunitas kucing. Ikutlah perkumpulan hobi macam ini. Karena di sana adalah wadah sharing perawatan kucing yang paling nyata dan praktis. Tidak hanya teoritis.

11. Jangan Tidur dengan Kucing

Janganlah tidur dengan kucing. Meski kucingnya sudah divaksin segala macam pun. Karena bulu-bulu kucing pun bahaya.

12. Cara Mengatasi Kucing yang Kurapan

Kalau punya kucing yang kurapan, segera atasi. Carilah dokter hewan dan minta salep karena mereka yang paling paham bagaimana cara perawatan kucing kurapan ini.

13. Jenis-Jenis Penyakit yang Bisa Menimpa Kucing

Kucing juga makhluk hidup. Mereka bisa sakit. Jenis penyakit yang bisa menimpa kucing antara lain penyakit kulit seperti kurap. Dan penyakit jantung, ginjal polikistik dan bahkan batuk. Kalau sudah sakit begini, cara perawatan kucing satu-satunya adalah dengan membawanya ke klinik hewan.

14. Jangan Membiarkan Kucing Berkeliaran Terlalu Jauh dari Rumah

Orang kadang terlalu percaya pada kucingnya bahwa ia pintar dan bisa pulang sendiri ke rumah, mesti dilepas. Memang kucing itu pintar. Tapi kalau sampai hilang karena dicuri kan repot?

15. Melatih Kucing Agar Sopan dan Teratur

Cara Perawatan Kucing yang terakhir adalah melatih kucing agar ia punya sopan santun dan keteraturan. Seperti buang air besar dan air kecil di tempatnya. Serta tidak suka mencakar atau merusak benda-benda di dalam rumah.

Loading...

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 15 Jenis Kucing Anggora, Ciri-Ciri Fisik, Harga dan Gambarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Cara

Lihat Juga

Perbedaan Kodok dengan Katak
Contoh hewan amfibi diplocaulus
Contoh hewan amfibi
Jenis Ikan Koi, Budidaya Ikan Koi, Ikan Mas Koi
Burung Walet Collocalia vestita
Bekantan
Ayam Serama Sombong, Fakta Ayam Serama
Fakta Tupai Kekes
Fakta Bajing Kelapa
Jenis Tupai, Spesies Tupai, Tupai Endemik
Beda Bajing dengan Tupai
Jenis Bajing, Bajing Hidung Panjang
Harga Ikan Koki, Jenis Ikan Koki
Mitos Ayam Cemani
Harga Ayam Kampung Terbaru Hari Ini
To Top