Advertisements
Connect with us

10 Cara Merawat Marmut dengan Baik dan Benar, supaya Sehat

Cara Merawat Marmut

Cara

10 Cara Merawat Marmut dengan Baik dan Benar, supaya Sehat

10 Cara Merawat Marmut dengan Baik dan Benar, supaya Sehat

Loading...

Hewan.id – Marmut adalah salah satu binatang yang banyak dipelihara karena kelucuannya. Binatang ini juga biasa disebut Marmot, Guinea Pig atau Tikus Gunung. Memang bentuk dan perawakannya itu sangat mirip dengan Tikus. Hanya saja besar. Dan untuk memelihara dibutuhkan Cara Merawat Marmut yang baik dan benar.

Nama genus dari Tikus besar ini adalah Marmota. Sedangkan spesiesnya ada banyak sekali, seperti Marmota caudata dan Marmota sibirica. Marmut populer dipelihara anak kecil. Orang dewasa pun ada yang suka. Apalagi sekarang banyak jenis marmut hias yang memiliki bulu panjang. Yang tentunya cara merawat marmut jenis ini jadi lebih kompleks karena harus telaten.

Cara Merawat Marmut

Cara Merawat Marmut

Loading...

Harga Marmut bervariasi mulai dari Rp30.000 hingga jutaan. Semakin cantik dan lucu bentuknya maka akan semakin mahal. Misalnya spesies Abyssinian Long Hair, Peruvian Long Hair, American dan Silky. Semua itu jenis Marmut hias yang harganya ratusan ribu hingga jutaan.

Mungkin terkesan aneh, rela mengeluarkan banyak orang demi seekor tikus besar ini. Tapi Guinea Pig itu tak ada bedanya dengan Anjing maupun Kucing. Sama-sama jadi binatang menggemaskan yang bisa menjadi teman. Apalagi kalau Cara Merawat Marmut nya sudah dilakukan dengan baik. Biasanya binatang ini benar-benar efektif memberikan terapi psikis bagi manusia. Jadi lebih happy suasana hatinya.

Marmut Bulu Panjang

Marmut Bulu Panjang

Baru-baru ini di Instagram heboh dengan seekor Marmut hias lucu yang memiliki keahlian berpose layaknya seorang model. Akun dengan nickname @Fuzzberta sudah memiliki followers sebanyak 184k. Pemiliknya banyak mengupload foto-foto lucu Marmut berbulu coklat itu. Nampaknya mengajak foto-foto marmut adalah cara merawat marmut yang efektif pula. Bikin marmut jadi percaya diri dan ceria.

Salah satu cara merawat Marmut memang adalah memperlakukannya layaknya seorang anak. Anggaplah Marmut seperti bayi yang sedang diasuh penuh kasih sayang. Guinea Pig ini hewan yang cerdas. Ia bisa merespon tiap perlakukan manusiawi dari pemiliknya. Seperti si Fuzzberta itu, disuruh foto ya dia manut aja. Dipakaikan baju dan kacamata juga diam aja dan merespon.

Fuzzberta si Marmut Pintar Bergaya

Fuzzberta si Marmut Pintar Bergaya

Langsung saja simak berbagai cara merawat marmut supaya sehat dan lucu, untuk pemula. Di bawah ini kami sajikan saran untuk mereka yang masih baru memasuki dunia Marmota.

1. Pemilihan Jenis Marmut yang Cocok

Cara Merawat Marmut yang pertama dimulai dari pemilihan jenis marmut yang cocok. Kenapa begitu? Supaya ke depannya seseorang benar-benar cinta sama marmutnya. Orang kalau sudah cinta pasti jadi bertanggungjawab dan perhatian sama binatang peliharaannya. Dan paling penting juga jadi tidak mudah bosan.

2. Pengecekan Kesehatan Marmut ke Ahlinya

Mengecek kesehatan marmut ke ahlinya juga menjadi salah satu cara merawat marmut. Ahli di sini tidaklah mesti dokter hewan. Namun juga mencakup dengan orang yang sangat paham segala sesuatu tentang marmut. Misalnya peternak marmut atau sesama pecinta binatang pengerat ini.

3. Pembuatan Kandang yang Bagus

Cara merawat marmut juga dimulai dari pembuatan kandang yang bagus. Jangan asal-asalan bikinnya. Nanti malah marmutnya kabur. Kandang bisa dibuat dari kayu, bambu, besi, baja atau bahan lainnya yang keras. Berilah ventilasi yang cukup dan jangan terlalu besar. Beri pula lubang pintu. Dan tempat makanan juga sebaiknya dibikin menyatu dengan kandang ini.

4. Pemberian Pakan yang Tepat

Pemberian pakan yang tepat adalah cara merawat marmut yang tak boleh diabaikan. Marmut merupakan binatang herbivora, jadi berikanlah makanan yang berbasis tumbuhan. Makanan terbaik untuk marmut itu namanya Hay. Alias rumput. Ini adalah jenis rumput impor yang dijual di Pet Shop. Harganya bervariasi dan cenderung mahal. Tapi marmut doyan banget.

5. Pemilihan Lokasi Penempatan Kandang

Ini juga penting banget jadi cara merawat marmut yang baik dan benar. Kalau bikin kandang, sebaiknya adalah jenis kandang permanen. Dan letakkan di tempat yang ada atapnya. Meski kandang marmut itu sendiri sudah ada atapnya. Ini untuk memberikan kesan kasih sayang dan naungan kepada marmut.

6. Memelihara Marmut Baru untuk Teman Marmut Lama

Cara merawat marmut selanjutnya adalah peliharalah lebih dari satu marmut. Seandainya marmutnya hanya punya satu, maka berpikirlah suatu hari bakalan beli lagi. Misalnya beli untuk dikawinkan, biar kelak beranak. Biar marmutnya tidak kesepian dan cepat mati.

7. Vaksinasi Marmut sebagai Cara Merawat Marmut Paling Mulia

Tidak hanya anjing dan kucing saja yang butuh divaksin. Marmut juga butuh. Silahkan ikuti program anjuran vaksinasi marmut ini dari dokter hewan pilihan. Paling-paling vaksinnya adalah untuk mencegah penyakit dan menyuntikan vitamin tertentu, seperti vitamin C.

Baca Lagi: 12 Jenis-Jenis Ikan Kerapu, Harga Ikan Kerapu Terbaru

8. Pembersihan Bulu-Bulu Marmut dan Organ Tubuh Lainnya

Sesekali marmut juga harus dimandiin. Paling tidak dilap bulu-bulunya. Kalau yang jenis long hair harus rajin disisir juga.. Biar tidak nampak kusut. Ini adalah cara merawat marmut yang kadang diabaikan pemula. Tapi hati-hati kalau mandiin marmut, maka badannya harus segera dikeringkan. Mencegah masuk angin.

9. Melatih Kecerdasan dan Mental Marmut

Latihlah kecerdasan dan mental marmut dengan sering-sering mengajaknya jalan-jalan dan berkomunikasi. Ikut ke dalam club-club komunitas marmota ini juga langkah yang amat bijaksana dalam serangkaian cara merawat marmut.

10. Tips Mengubur Marmut yang Sudah Mati

Marmut adalah makhluk hidup. Maka suatu hari pasti mati. Nah, jika marmut mati, ada tips yang sangat bijak dan penuh kasih sayang, yaitu kuburkan marmut di dalam tanah yang dalam. Atau buang bangkainya ke sungai yang mengalir deras. Ini cara merawat marmut yang terkesan sepele, tapi pada dasarnya sangat cerdas bertanggungjawab, mulia dan sehat.

Jika seluruh cara merawat marmut di atas sudah dipraktekkan. Niscaya Guinea Pig yang kita pelihara bakalan sehat dan memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Badannya pun akan tumbuh gempal. Marmot pun jadi makin pintar dan bikin gemas banyak orang.

Loading...
Advertisements

Continue Reading

More in Cara

To Top