15 Cara Membuat Pakan Ikan Terbaik yang Murah dan Mudah
Advertisements

15 Cara Membuat Pakan Ikan Terbaik yang Murah dan Mudah

Cara Membuat Pakan Ikan

Cara

15 Cara Membuat Pakan Ikan Terbaik yang Murah dan Mudah

15 Cara Membuat Pakan Ikan Terbaik yang Murah dan Mudah

Hewan.id – Kebahagiaan dari memelihara ikan adalah saat ikan menjadi gendut-gendut. Karena semakin gendut tubuh ikan, maka bobotnya akan semakin banyak dan harga jualnya jadi tinggi. Namun untuk memperoleh bobot tubuh ikan yang maksimal ini pada dasarnya membutuhkan cara khusus, seperti cara membuat pakan ikan yang murah dan mudah. Supaya tidak memberatkan dan terkesan mengasyikkan.

Jika diamati dengan baik, memang mayoritas orang yang suka pelihara ikan pasti pernah mencoba bikin pakan sendiri. Entah berdasarkan pada ilmu ngarangnya atau hasil belajar baca referensi. Banyak pula yang hasil meniru pengalaman orang lain. Konon pakan yang paling ampuh adalah jenis pakan yang diracik berdasarkan pengalaman sukses orang lain ditambah dengan analisis karakter ikan serta referensi lainnya.

Pemilik ikan pasti paham bagaimana karakter ikan-ikannya selama ini. Bahkan sangat hafal jam makan ikan itu kapan. Serta pelet paling doyan itu yang mana. Bicara soal pelet, selama ini pakan ikan yang paling praktis tentu saja si pelet ini.Tinggal beli saja di toko sudah bisa langsung dipakai.

Cara Membuat Pakan Ikan

Cara Membuat Pakan Ikan

Namun ternyata berdasarkan pada ilmu sukses beternak ikan, pakan terbaik adalah pakan yang diracik sendiri dengan cara membuat pakan ikan. Sebagaimana jenis ternak lainnya, kombinasi gizi makanan ikan yang dibuat sendiri itu bisa diatur kadarnya. Jadi nantinya ikan bisa menyerap nutrisi sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Pada dasarnya ikan itu kan seperti manusia. Butuh penanganan khusus terkait dengan porsi makan dan kandungan gizi nutrisinya. Manusia saja butuh resep dari seorang dokter gizi untuk bisa menaikkan berat badannya. Sama saja, ikan pun butuh peternak yang cerdas untuk bisa membuatkan pakan terbaik yang murah, mudah dan bermanfaat.

Tahukah bagaimana caranya membuat pakan ikan? Mudah saja kok sebenarnya. Tapi perlu tahu dulu, jenis makanan apakah yang akan diracik. Karena pakan ikan itu terbagi menjadi 3 macam, yaitu:

Loading...

1. Pakan Ikan untuk Karnivora

Yaitu jenis pakan ikan yang ditujukan untuk ikan-ikan karnivora alias pemakan daging-daging hewani. Contohnya: Ikan Patin dan Arwana.

2. Pakan Ikan untuk Herbivora

Adalah jenis pakan ikan yang dibuat untuk ikan-ikan herbivora alias pemakan tumbuhan. Contohnya: Ikan Tawes dan Gurame.

3. Pakan Ikan untuk Omnivora

Merupakan jenis pakan ikan yang diracik untuk ikan-ikan pemakan daging maupun tumbuhan. Contohnya: Ikan Nila dan Ikan Mas.

Nah, setelah tahu semua jenis makanan ikan di atas. Artinya kita sudah siap untuk mengeksekusi 15 cara membuat pakan ikan terbaik yang murah dan mudah seperti di bawah ini.

Cara akan dikelompokkan ke dalam 3 bagian menurut jenis-jenis pakan ikan di atas. Masing-masing bagian terdiri dari 5 cara dan resep pakan ikan yang wajib dicoba.

1. 5 Cara Membuat Pakan Ikan Karnivora:

Cara Membuat Pakan Ikan Karnivora

Cara Membuat Pakan Ikan Karnivora

  • Siapkan 100 gram daging keong hitam maupun keong mas tanpa cangkang. Cuci bersih. Kemudian potong-potong. Campurkan ke dalam bekatul 50 gram. Aduk-aduk. Pakan pun siap disajikan.
  • Ambil pelet 100 gram. Rendam dengan sedikit air sampai hancur dan lembek seperti bubur. Ambil 50 gram cacing, campurkan. Pakan ikan pun siap diberikan.
  • Bersihkan 100 gram ikan-ikan kecil segar. Bedah perutnya. Kemudian lemparkan ke dalam kolam untuk santapan ikan.
  • Cobalah siapkan 100 gram kroto. Langsung saja ditaburkan di kolam ikan.
  • Siapkan 100 gram belalang hijau dan 50 gram jangkrik. Potong kecil-kecil. Kemudian aduk-aduk dan dicampurkan dengan bubur pelet. Maka pakan ikan ini siap diberikan pada ikan karnivora.

Untuk cara membuat pakan ikan karnivora ini sangat mudah memang. Karena bisa langsung saja menggunakan daging-dagingan binatang. Syaratnya adalah peternak harus jeli melihat reaksi ikan, apakah doyan atau tidak. Sebaiknya jangan bolak-balik ganti menu daging. Nanti bisa mabuk dan mogok makan.

Baca Lagi: 15 Rahasia Cara Mancing Ikan Mas, Umpan Jitu Dapatnya Banyak

2. 5 Cara Membuat Pakan Ikan Herbivora:

Cara Membuat Pakan Ikan Herbivora

Cara Membuat Pakan Ikan Herbivora

  • Coba ambil 1 kg sisa sayuran dari spesies brassica, seperti kobis dan sawi. Sisa ini maksudnya adalah sayuran yang sudah layu atau hampir busuk. Bisa mudah didapatkan di pasar atau lapak pedagang sayur. Potong agak kecil-kecil. Dan silahkan taburkan ke kolam untuk pakan ikan herbivora.
  • Ambillah 250 gram wortel layu, labu yang sudah jelek, tomat dan sayuran buah apa saja. Hancurkan jangan sampai hancur sekali. Langsung saja taburkan ke kolam.
  • Siapkan 2 ikat besar kangkung. Bisa saja kangkung yang masih bagus. Dan ceburkan ke kolam ikan. Jika susah dapat kangkung bisa diganti dengan sayuran hijau lain, seperti daun singkong.
  • Beberapa peternak menganggap bahwa sebaiknya memberikan sayuran yang masih segar pada ikan herbivora. Agar ikannya bisa tumbuh lebih baik.
  • Ambil 1 kg bekatul, encerkan dengan air. Masukkan irisan eceng gondok. Dan pakan ikan ini pun siap diberikan.

3. 5 Cara Membuat Pakan Ikan Omnivora:

Cara Membuat Pakan Ikan Omnivora

Cara Membuat Pakan Ikan Omnivora

Selanjutnya, untuk jenis ikan karnivora ini resep cara membuat pakan ikan nya tergantung pada kreasi. Intinya merupakan kombinasi dari cara yang karnivora dengan herbivora. Tapi ada 5 pakan ikan yang sangat disukai ikan omnivore, yaitu:

  • Kroto
  • Cacing Darah
  • Pelet
  • Ikan Kecil
  • Sayuran Hijau dan Sayuran Buah

Itulah keseluruhan cara membuat pakan ikan yang bisa dicoba sendiri oleh para peternak atau orang yang hobi pelihara ikan. Semua cara di atas sangatlah mudah dan murah.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Cara

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top