Connect with us

15 Cara Membedakan Kucing Jantan dengan Betina, Jenis Kelaminnya

Cara Membedakan Kucing

Cara

15 Cara Membedakan Kucing Jantan dengan Betina, Jenis Kelaminnya

15 Cara Membedakan Kucing Jantan dengan Betina, Jenis Kelaminnya

Hewan.id – Terlihat sepele, namun ternyata banyak orang yang belum paham tentang bagaimana cara membedakan kucing jantan dengan betina. Sehingga masih selalu salah mengenali. Untuk para pecinta kucing yang sudah malang-melintang lama di dunia perkucingan pastilah sudah paham karakteristik fisik kucing jantan maupun betina. Namun untuk yang pemula, agaknya mesti mikir lama dulu.

Membedakan Kucing Jantan dengan Betina memang bukan mudah. Untuk itu perlu belajar dulu tentang ciri-ciri kucing betina dan ciri-ciri kucing jantan. Jika sudah memahami ini, pastilah hanya dengan melihat sekilas kucing akan langsung bisa menyimpulkan. Apakah ini kucing jantan ataukah betina.

Membedakan Kucing

Membedakan Kucing

Loading...

Ada kalanya seseorang memelihara kucing jika berdasarkan jenis kelamin kucing. Beberapa orang ada yang lebih suka dengan kucing jantan karena tidak akan merepotkan bilamana bunting.

Namun ada pula yang suka pelihara betina karena berharap akan menyaksikan kelahiran bayi kucing kelak. Kalau kucingnya dipelihara sejak bayi, pastilah akan tahu bagaimana cara membedakan kucing.

Terlepas dari pemilihan jenis kucing itu. Pada dasarnya perilaku kawin kucing agak susah ditebak. Banyak kucing peliharaan yang lepas kendali, malah mengawini kucing lain. Bahkan kasus perkawinan kucing ras dengan kucing lokal sudah banyak terjadi.

Jadi mau pelihara jantan maupun betina, sama saja. Kasus kehamilan kucing itu bisa dilakukan oleh kucing itu sendiri. Tidak mesti dibantu oleh manusia.

Cara Membedakan Kucing

Cara Membedakan Kucing

1. Anus

Cara membedakan kucing bisa melihat dari anusnya. Pada kucing jantan memiliki anus yang lebih menonjol. Sedangkan kucing betina lebih rata.

2. Alat Kelamin

Cara membedakan kucing paling simple dan akurat tentu saja dengan melihat alat kelaminnya. Kucing jantan memiliki penis. Sedangkan kucing betina punyanya vulva. Lokasi alat kelamin ini ada di bawah anus.

3. Kepala

Kemudian, untuk membedakan kucing juga dapat melihat kepalanya. Bentuk kepala kucing jantan lebih besar daripada kucing betina.

4. Postur Tubuh

Masalah postur tubuh juga menjadi indikator dalam membedakan kucing. Postur tubuh kucing jantan lebih kekar, besar, tinggi dan panjang tubuhnya. Tapi kucing betina juga bisa besar, apalagi kalau sedang hamil.

5. Warna dan Corak Bulu

Untuk membedakan kucing juga sangat nampak dari warna dan corak bulunya. Kucing betina memiliki penanda yang khas, yaitu memiliki 3 warna dan corak bulu. Biasa disebut 3 kembang telon. Sedangkan kucing jantan hanya memiliki 1 warna yang monoton.

Jarang sekali bahkan tidak ada kucing jantan dengan corak kembang telon itu. Makanya kalau ada kucing jantan kembang telon, akan dianggap keramat dan harganya jadi mahal.

6. Perilaku

Perilaku pun bisa dijadikan alat untuk membedakan kucing. Pada kucing Jantan, mereka punya perilaku lebih agresif. Hobinya berburu membuat pergerakannya lincah.

Kalau kucing betina biasanya hanya duduk-duduk saja, sambil menunggu tikus lewat. Memang yang betina ini bisa dibilang lebih kalem.

Baca Lagi: 15 Ciri-Ciri Kucing Himalaya, Jenis, Harga, Cara Merawat dan Gambarnya

7. Pergaulan

Pergaulan pada kucing sangat akurat untuk membedakan jenis kelamin. Kucing Jantan biasanya punya sedikit teman. Ia terlihat lebih sering jalan-jalan sendirian. Tapi kalau sudah punya sahabat bakalan dekat. Selain itu ia juga suka berkelahi, kalau ketemu musuh.

Beda dengan kucing betina, yang mana ia lebih sering nampak bergumul dengan kucing lainnya. Terutama anak-anaknya sendiri. Namun pada kucing dewasa betina yang sudah berkali-kali hamil dan melahirkan. Serta umurnya sudah tua, ia kerap pasif. Lebih sering nampak duduk termenung menunggu tikus datang.

8. Suara Meongan

Suara meongan kucing dibedakan menjadi 2, yaitu: saat kucing emosi atau saat kucing biasa saja perasaannya. Emosi marah pada kucing membuat suara kucing jantan begitu mengerikan. Begitupun dengan kucing betina. Jadi akan susah dibedakan. Tapi masalah suara ini sangatlah khas sebagai alat ukur membedakan kucing.

9. Kehamilan

Sudah tentu kehamilan adalah unsur paling nyata dan valid dalam membedakan jenis kelamin kucing. Kalau kucing betina tentunya bakalan hamil. Sedangkan kucing jantan tidak.

10. Kelincahan

Untuk membedakan kucing juga akan terlihat dari kelincahannya. Kucing jantan cenderung lebih lincah bergerak. Ia suka meloncat-loncat dan menjulurkan tangannya sembari mencakar-cakar. Sedangkan kucing betina tidak demikian. Ia lebih sering berdiri atau duduk diam saja.

11. Interaksi dengan Binatang Lain

Seringkali kita melihat kucing suka interaksi dengan binatang lain. Misalnya ia mengejar kupu-kupu, capung dan serangga lainnya. Ternyata yang lebih agresif dalam melakukannya adalah kucing jantan.

Sungguh sangat unik dijadikan alat ukur membedakan jenis kelamin kucing, kan? Lihat saja saat mereka interaksi dengan binatang lain.

12. Suka Kawin

Perilaku kawin kucing adalah hal yang lumrah dan bisa jadi indikator membedakan kucing. Kucing pejantan biasanya bertindak sebagai kucing yang duluan ngajak kawin.

Si Betina nya dikejar-kejar. Kemudian jantan akan menjilat kepala kucing betina. Ini adalah teknik membedakan kucing paling simple dan akurat.

13. Angka Harapan Hidup

Angka harapan hidup pun bisa untuk membedakan kucing. Jenis kucing betina punya angka harapan hidup lebih tinggi. Bisa mencapai 15-20 tahun jika benar-benar sehat. Sampai sudah sangat sepuh dan berkali-kali melalui masa kehamilan.

14. Interaksi dengan Manusia

Untuk membedakan kucing juga dapat terlihat dari cara kucing interaksi dengan manusia. Kalau kucing pejantan biasanya aktif interaksi. Seperti diajak bersalaman mau, lompat-lompat, berusaha mencakar. Sedangkan kucing betina biasanya diam saja, lemah lembut.

15. Kecintaan Pada Kitten

Ketika ada 2 ekor kucing dewasa dengan beberapa kitten di sekitarnya. Akan sangat mudah membedakan mana jantan dan mana betina. Kalau kucing betina pastinya nampak cinta sekali pada kitten. Sampai-sampai kitten menyusu padanya.

 

Loading...

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 17 Jenis Kucing Paling Langka dan Mahal di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Cara

Lihat Juga

Perbedaan Kodok dengan Katak
Contoh hewan amfibi diplocaulus
Contoh hewan amfibi
Jenis Ikan Koi, Budidaya Ikan Koi, Ikan Mas Koi
Burung Walet Collocalia vestita
Bekantan
Ayam Serama Sombong, Fakta Ayam Serama
Fakta Tupai Kekes
Fakta Bajing Kelapa
Jenis Tupai, Spesies Tupai, Tupai Endemik
Beda Bajing dengan Tupai
Jenis Bajing, Bajing Hidung Panjang
Harga Ikan Koki, Jenis Ikan Koki
Mitos Ayam Cemani
Harga Ayam Kampung Terbaru Hari Ini
To Top