15 Rahasia Cara Mancing Ikan Mas, Umpan Jitu Dapatnya Banyak
Advertisements

15 Rahasia Cara Mancing Ikan Mas, Umpan Jitu Dapatnya Banyak

Rahasia Cara Mancing Ikan Mas Besar

Cara

15 Rahasia Cara Mancing Ikan Mas, Umpan Jitu Dapatnya Banyak

15 Rahasia Cara Mancing Ikan Mas, Umpan Jitu Dapatnya Banyak

Hewan.id – Mancing ikan tidak hanya aktivitas untuk mengisi waktu senggang. Bukan lagi aktivitas yang mencerminkan pribadi yang malas. Namun kini “memancing” adalah soal gaya hidup dan “peluang dapat duit”. Apalagi kalau soal Mancing Ikan Mas. Selain untuk hobi, juga memberikan keuntungan karena rasanya lezat dimakan. Bisa dimasak untuk anak-istri di rumah. Atau dijual ke tetangga. Ada serangkaian Rahasia Cara Mancing Ikan Mas yang tidak banyak diketahui orang.

Ini adalah teknik khusus yang hanya diketahui oleh mereka yang sudah “dewa” dalam urusan mancing ikan Mas. Soal umpannya pun terkesan anti mainstream. Peralatan memancingnya juga dirakit dan disiapkan khusus agar kail dan umpannya mampu menarik perhatian ikan cantik ini.

Sebelum membahas tentang 15 rahasia cara mancing ikan mas, mulai dari umpan jitu hingga peralatan ampuhnya. Mari bahas dulu tentang apa, siapa dan bagaimana ikan ini. Karena kalau tak kenal, maka tak sayang. Dan tak paham karakternya, maka akan zonk hasilnya.

Rahasia Cara Mancing Ikan Mas

Rahasia Cara Mancing Ikan Mas

Sejarah, Ciri Fisik dan Karakteristik Ikan Mas

Nama Spesies: Cyprinus carpio

Nama Panggilan: Ikan Mas

Habitat: Perairan Tawar, Sungai ketinggian maksimal 200 MDPL

Loading...

Asal-Usul: Konon dari Eropa, sebelum masuk Asia dan Indonesia

Terkenal Sejak: Tahun 1800-an mulai terkenal di Indonesia

Pola Makan: Omnivora, penyuka tumbuhan dan binatang

Mitos: Ikan jelmaan bidadari dari khayangan

Ikan Mas tergolong jenis ikan air tawar yang mudah ditemukan di sungai besar. Ikan ini mampu hidup pada salinitas air di atas 25 dan di bawah 30 ppt. Maka tak heran bila kita bisa pula menjumpai ikan ini di perairan air payau. Jumlah ikan mas melimpah di alam, ini membuat mancing ikan mas sebenarnya mudah saja asalkan umpannya tepat.

15 Rahasia Cara Mancing Ikan Mas

Rahasia Cara Mancing Ikan Mas Besar

Rahasia Cara Mancing Ikan Mas Besar

1. Persiapkan mental berupa kesabaran. Karena mancing ikan pada dasarnya ada sebuah ajang menguji kesabaran. Sembari menunggu umpan dimakan, bisa sambil mendengarkan musik. Supaya enjoy. Bisa pula sambil ngobrol dengan teman sesama pemancing.

2. Berdoa penuh keyakinan. Sebab mendapatkan ikan itu adalah Kehendak dari Tuhan. Sudah takdirnya dapat ikan mas pastilah akan dapat. Makanya berdoalah agar acara memancingnya sukses. Ini sungguh rahasia cara mancing ikan mas.

3. Mencoba meracik umpan sendiri. Bisa melakukan kombinasi pelet yang dihancurkan, kemudian dicampur dengan cacing atau daging binatang lain. Beri susu bubuk atau keju.

4. Menyiapkan walesan pancing ukuran agak besar dan kuat. Ini adalah rahasia cara mancing ikan mas yang kadang diabaikan. Padahal alat pancing yang kuat dan besar itu akan kokoh menahan berat ikan mas yang biasanya besar. Jadi tidak gampang melengkung dan patah. Menarik ikannya ke atas pun tidak sulit.

5. Gunakan benang senar yang ukurannya kecil tapi tidak mudah patah. Senar ini akan mampu menahan bobot ikan mas yang biasanya lumayan berat. Minimalnya 20 gram rata-rata.

6. Mencoba pakai kail kecil tapi tajam. Yang bisa langsung menusuk dan menukik mulut ikan mas. Jadi jangan pilih mata kail yang panjang dan besar. Ini kurang efektif ternyata.

7. Membuat pelampung yang warnanya membaur dengan air sungai dan alam. Tapi cukup menarik bagi ikan. Misalnya pelampung yang bentuknya mirip ikan kecil.

8. Memancing disaat sungai tidak banjir. Agar arusnya tidak terlalu besar.

9. Memilih perairan yang tidak terlalu dalam. Karena ikan mas suka jenis perairan sedang ini.

10. Memilih sungai yang banyak batunya juga menjadi rahasia cara mancing ikan mas. Sungai yang berbatu itu punya arus yang beriak. Di mana ikan mas suka berenang di perairan yang begini.

Baca Lagi: 15 Alternatif Pakan Ikan Selain Pelet, untuk Ikan Hias dan Budidaya

Masih Ada Cara Lainnya, Simak Lagi:

Rahasia Cara Mancing Ikan Mas Jitu

Rahasia Cara Mancing Ikan Mas Jitu

11. Melakukan teknik pergantian umpan jika tidak manjur. Makanya sebaiknya bawalah umpan lebih dari 1 macam. Bisa pula saling bertukar umpan dengan teman.

12. Jangan berpindah-pindah tempat. Kadang seorang pemacing punya mobilitas yang terlalu tinggi. Sebentar-bentar memindahkan mata kail ke arah yang lain. Justru ini membuat ikan jadi enggan memakan umpan.

13. Jangan bolak-balik menarik pelampung (timbulnya). Karena kalau bolak-balik ditarik nanti bisa kendur jadinya. Dan umpan mudah lepas.

14. Berpindah tempat jika dalam waktu 1 jam tidak ada respon. Nah, ini juga adalah rahasia cara mancing ikan mas. Kalau dalam tempo 60 menit tak ada reaksi, maka pindahlah tempat kurang lebih sejauh 10 meter dari lokasi awal.

15. Hindari perairan yang kumuh dan kotor. Karena ikan mas suka dengan air jernih.

Jika seluruh rahasia cara mancing ikan mas di atas sudah dipraktekkan. Maka tinggal tunggu hasilnya saja. Semoga saja bisa membawa puluhan kg ikan ini ke rumah. Lumayan bisa diolah jadi aneka macam makanan. Seperti: ikan goreng dan bakar, pepes, gulai dan asam manis maupun asam pedas. Kandungan gizi ikan mas sudah tidak diragukan lagi. Mengandung protein yang tinggi.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Cara

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top