15 Cara Budidaya Ikan Koi Mudah, Cepat Panen dan Sukses
Advertisements

15 Cara Budidaya Ikan Koi Mudah, Cepat Panen dan Sukses

Budidaya Ikan Koi

Cara

15 Cara Budidaya Ikan Koi Mudah, Cepat Panen dan Sukses

15 Cara Budidaya Ikan Koi Mudah, Cepat Panen dan Sukses

Hewan.id – Cara budidaya ikan koi dilakukan demi bisa merambah bisnis jual koi. Memang ikan ini sejak dulu selalu jadi dambaan, Trennya hampir tidak pernah surut. Kalau bicara soal ikan hias, pastilah yang ada dalam benak adalah ikan koi. Hobi memelihara ikan hias sangat identik dengan koi.

Sayangnya untuk membudidayakan ikan koi butuh proses. Karena ikan hias cantik ini butuh perlakuan khusus agar dirinya tidak cepat mati. Salah-salah asuhan, modal sudah keluar banyak, malah pada akhirnya merugi. Ini sudah banyak kasusnya.

Budidaya Ikan Koi

Bisnis budidaya ikan harus dilihat secara luas dan cerdas. Tidak hanya ikan-ikan konsumsi saja yang layak dikembangbiakkan. Memang ikan seperti Lele, Gurame, Nila, Mujair dan Bawal itu permintaannya tinggi tiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan pasar kuliner. Tapi rupanya, ikan hias juga jika sedang musim hobinya, maka akan sangat laris.

Cara Budidaya Ikan Koi sangat lekat dengan kultur lintas negara. Tidak hanya di Indonesia saja ikan ini dikenal dan dekat dengan masyarakat lokal. Namun, di Jepang, Koi juga sangat terkenal. Ikan ini disimbolkan sebagai curahan cinta dan kasih sayang. Orang yang memelihara Koi bakalan memiliki kebijaksanaan hidup. Dirinya menjadi lebih welas asih, memiliki semangat humanisme yang tinggi.

Profil Ikan Koi

Jenis Ikan Koi, Budidaya Ikan Koi, Ikan Mas Koi

Loading...

Nama: Ikan Koi

Penyebutan Internasional: Karper

Julukan Lain: Nishikigoi

Nama Spesies: Cyprinus carpio

Habitat Asli: Perairan Air Tawar Cina

Ciri-Ciri Fisik: Memiliki bentuk tubuh gilig memanjang. Mirip ikan mas. Memiliki warna dasar oranye, merah, putih, hitam, kuning, biru dan krem. Warnanya bisa kombinasi.

Macam-Macam Jenis: yang paling terkenal adalah Gosanke yang terdiri dari sub jenis: Kohaku, Taisho Sanshoku dan Showa Sanshoku. Dinamai dengan istilah-istilah Jepang karena ikan ini titik penyebaran awalnya dari Jepang. Meskipun habitat aslinya berasal dari Cina, seperti disebutkan dalam buku Yogyokyo, yang merupakan literatur buku kuno tertua tentang ikan Koi.

Mitos: Ikan Koi dianggap sebagai ikan para dewa. Orang dewasa yang memeliharanya akan mengalami peningkatan derajat hidup. Ikan Koi juga dijadikan sebagai simbol cinta.

15 Cara Budidaya Ikan Koi dengan Mudah, Cepat Panen dan Sukses

Cara Budidaya Ikan Koi

Untuk membudidayakan ikan koi, ada beberapa tahapan yang mesti dilakukan, antara lain:

1. Mempelajari Segala Hal tentang Ikan Koi

Mempelajari ikan koi sangat penting sebagai langkah awal cara budidaya ikan koi. Pelajarilah tentang jenis-jenis ikan koi, cara perawatan dan pemberian pakannya. Jangan lupa cari tahu pula tentang info pasar koi.

2. Membuat Masterplan Perencanaan Bisnis

Masterplan untuk perencanaan bisnis Koi sangat penting dilakukan. Pada tahapan ini, buatlah perincian mengenai anggaran belanja dan analisis SWOT nya. Buatlah pemetaan yang bagus pula mengenai desain kolam penangkarannya. Analisis untung dan rugi yang bakal terjadi juga amat penting.

3. Menyiapkan Perlengkapan dan Peralatan

Persiapkan dengan maksimal perlengkapan dan peralatan. Gunakan semua alat yang kualitas terbaik. Belilah semua peralatan yang baru karena ini akan meminimalisir resiko kerusakan.

4. Mengatur Lokasi Budidaya yang Cocok

Cara budidaya ikan Koi juga berkaitan erat dengan lokasi kolam. Sebaiknya kolam dibangun di tanah yang rata. Rimbun pepohonan juga akan membuat ikan ini tumbuh sehat. Menambahkan tanaman perindang di seputar kolam, seperti tanaman keladi juga baik.

5. Membeli Benih Ikan Koi Unggulan sebagai Cara Budidaya Ikan Koi

Kalau beli benih jangan sampai tanggung-tanggung. Pilihlah hanya benih yang unggulan! Supaya hasil panen melimpah dan maksimal kualitasnya.

6. Menabur Benih Koi dan Melakukan Pemeliharaan Hingga Siap Panen

Penaburan benih koi dan pemeliharaan juga menjadi simpul penting dalam cara budidaya ikan Koi. Sebaiknya pada tahap awal, ketika menabur benih ke kolam dan pemeliharaan ini harus didampingi oleh ahlinya yang sudah paham betul budidaya Koi.

7. Melakukan Riset Pemasaran Koi

Riset pemasaran Koi dilakukan sebagai jalan memahami pangsa pasar. Dan untuk mempelajari seluk-beluk tentang bagaimana proses distribusi dan penjualan ikan ini.

8. Menjalin Relasi Bisnis sebagai Cara Budidaya Ikan Koi Paling Penting

Relasi bisnis sangat penting dijalin. Tanpa relasi, mustahil bisnis Koi bisa berkembang. Cara Budidaya Ikan Koi memang pada dasarnya harus merespon pula masalah relasi ini.

9. Melakukan Upaya Penunjangan Gizi Melalui Obat, Suplemen atau Makanan Khusus Ikan Koi

Bertanyalah kepada dokter hewan atau ahli Koi tentang gizi dan makanan yang tepat untuk ikan. Pemberian pakan Koi yang tepat bisa membuat Koi tumbuh gemuk.

10. Memanen Koi dengan Teknik yang Benar

Panenlah Koi dengan teknik yang benar. Pilih hanya Koi yang sudah cukup umur dan memiliki harga tertinggi. Agar modal bisa cepat balik.

Baca Lagi: 18 Umpan Jitu Ikan Mas, Cara Membuat Umpan Ikan Mas yang Ampuh

11. Mengemas Ikan Koi dengan Baik Agar Tetap Segar di Tangan Konsumen

Ikan Hias itu juga harus dalam kondisi segar saat sampai di tangan Konsumen. Maka pelajarilah tentang teknik packaging yang baik.

12. Menambah Jumlah Bibit Koi dan Jenisnya

Cara Budidaya Ikan Koi yang kerap dilupakan orang adalah tentang pengembangan secara internal. Ketika modal sudah balik dan pendapatan makin besar, maka sudah saatnya menambah jumlah bibitnya. Agar nantinya pendapatan akan terakumulasi secara signifikan.

13. Mencoba Melakukan Kawin Silang Koi untuk Mendapatkan Varietas Unggulan

Usaha perkawinan silang antar varietas juga memungkinkan buat meningkatkan kualitas ikan Koi. Jangan takut melakukannya!

14. Mempertahankan dan Melebarkan Jaringan Relasi Bisnis

Pertahankanlah relasi bisnis karena ini cara budidaya ikan Koi yang ampuh. Selagi pertahankan customer lama, sembari cari pula customer baru. Ini langkah cerdas!

15. Mencoba Internet Marketing dan Branding Produk Ikan Koi Agar Lebih Menarik

Cobalah menengok tentang pemasaran ikan Koi melalui internet. Buatlah branding yang bagus tentang perusahaan. Meski hanya skala rumahan, tapi kalau budidaya ini bisa merambah internet marketing, niscaya pemasarannya bisa tembus pasar ekpor ikan hias. Karena di internet, konsumennya kan juga dari orang luar negeri.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Cara

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top