Connect with us

10 Ciri-Ciri Burung Walet, Budidaya dan Potensi Bisnis Sarang Walet

Burung Walet Collocalia vestita

Burung

10 Ciri-Ciri Burung Walet, Budidaya dan Potensi Bisnis Sarang Walet

10 Ciri-Ciri Burung Walet, Budidaya dan Potensi Bisnis Sarang Walet

Loading...

Ciri-Ciri Burung Walet (Collocalia vestita) masih sering dicari oleh orang, bahkan oleh para penggiat Walet sendiri. Sebab, burung ini ternyata punya kemiripan dengan jenis burung lain, sehingga membuat bingung. Padahal kalau sampai salah sangka, yang ada hanya merugi. Sebab, yang memiliki nilai ekonomis tinggi kan hanya burung Walet.

Jenis burung yang sering dianggap Walet adalah burung Sriti dan burung Layang-Layang. Ketiganya memang sangat mirip, apalagi Walet dengan Sriti, yang berada dalam genus yang sama, yakni: Collocalia. Sedangkan burung Layang-Layang sering dianggap sebagai Sriti yang mirip Walet, padahal family dan genusnya saja berbeda.

Burung Walet Collocalia vestita

Ciri-Ciri Burung Walet, Collocalia vestita

Loading...

Memang untuk mengidentifikasi ciri-ciri burung Walet, Sriti dan Layang-Layang butuh pemahaman yang baik mengenai ciri fisik masing-masing. Pengalaman langsung di dunia perburungan ini juga akan membuat makin mahir dalam mengenali. Terutama mereka, para penggiat Walet, pebisnis Walet, yang telah menginvestasikan uangnya ratusan juta hingga milyaran rupiah demi beternak Walet. Tentu saja mereka wajib paham perbedaan ketiganya.

Di bawah ini akan disajikan data perbedaan burung Walet, Sriti dan Layang-Layang berdasarkan klafisikasi ilmiah dan ciri yang khas.

Klasifikasi Ilmiah dan Ciri Khas Burung Walet, Sriti dan Layang-Layang

NAMA BURUNG NAMA SPESIES CIRI KHAS GAMBAR
Walet Collocalia vestita Memiliki sarang berwarna putih yang terbuat murni dari air liurnya Burung Walet Collocalia vestita
Sriti Collocalia esculenta Memiliki sarang berwarna keabu-abuan dan terbuat dari campuran air liur dengan material lain yang ada di alam Burung Sriti Collocalia Esculenta
Layang-Layang Hirundo rustica Mempunyai sarang berwarna coklat terang terbuat murni dari air liurnya. Hanya saja harganya jauh lebih murah daripada sarang Walet Burung Layang-Layang Hirundo rustica

Dari data di atas terlihat bahwa memang antara Walet, Sriti dan Layang-Layang sama-sama memiliki keunikan dalam membuat sarang, yakni dengan air liurnya. Proses pembuatan sarangnya pun memakan waktu cukup lama, tidak langsung jadi. Nah, sarang burung inilah yang memiliki nilai ekonomis dan menjadi alasan kenapa banyak orang memelihara ketiganya.

Kembali pada Ciri-Ciri Burung Walet, perlu diketahui bahwa jenis sarang Walet lah yang dihargai paling mahal. Per kilogramnya bisa tembus Rp13.000.000. Permintaannya sangat tinggi di pasaran ekspor. Sarang Burung Walet memang pemanfaatannya cukup banyak untuk manusia, terutama di bidang kesehatan dan kosmetik.

Di bawah ini adalah berbagai karakteristik, fakta dan Ciri-Ciri Burung Walet lainnya yang mesti diketahui:

1. Habitat Burung Walet

Ciri-Ciri Burung Walet

Ciri-Ciri Burung Walet

Burung Walet identik dengan gua, bahwa ia hanya bisa hidup di dalam gua. Namun ternyata pemahaman demikian kurang tepat, sebab Walet ternyata bisa hidup di lingkungan mana saja. Asalkan ia merasa aman dan nyaman. Tidak hanya di gua, sarang Walet pun bisa ditemukan di rumah-rumah kosong manusia tak berpenghuni, di pepohonan di sawah, bahkan di dekat pantai.

Burung Walet menyukai lingkungan yang memiliki ciri-ciri di bawah ini sebagai habitatnya:

  • Luas
  • Redup cahaya
  • Dekat mata air
  • Memiliki kemungkinan buat menempelkan sarangnya
  • Jauh dari manusia

2. Budidaya Burung Walet

Ciri-Ciri Burung Walet, Budidaya Walet

Ciri-Ciri Burung Walet

Kemudian, Ciri-Ciri Burung Walet juga terkait dengan budidayanya. Burung ini meskipun tergolong burung liar, namun bisa dibudidaya. Collocalia vestita menjadi salah satu komoditas ternak unggulan di Indonesia. Meskipun potensi bisnis ternak Walet hanya dikenal oleh mereka para pemodal besar. Pasalnya, untuk memulai bisnis Walet butuh uang yang banyak.

3. Membangun Rumah Burung Walet (RBW)

Ciri-Ciri Burung Walet

Ciri-Ciri Burung Walet

Uang yang banyak itu tentu saja untuk membangun RBW (Rumah Burung Walet) lengkap dengan segala peralatannya. Rumah ini bisa dibuat secara permanen (gedung beton/bata) ataupun secara semi permanen (kayu). Biasanya, RBW dibangun tinggi dan bertingkat.

Ada teknik khusus membangun RBW. Di mana bangunan ini tentu saja berbeda dengan rumah yang dihuni manusia. Masing-masing peternak Walet punya cara tersendiri dalam membangun RBW nya. Sebab, biasanya RBW juga didesain berdasarkan dengan kondisi lingkungan.

4. Suara Panggil dan Inap Burung Walet

Ciri-Ciri Burung Walet, Suara Panggil dan Inap Walet

Ciri-Ciri Burung Walet

Ciri-Ciri Burung Walet selanjutnya adalah mereka akan terpancing bila dipanggil dengan suara-suara tertentu. Rekaman suara pemanggil burung Walet harus disiapkan di RBW. Dipasang dengan speaker dan volume tertentu. Jenis suaranya bermacam-macam. Suara ini pada dasarnya adalah kamuflase atau tiruan dari suara Walet asli.

Jadi seolah-olah di dalam RBW itu memang sudah ada Waletnya, sehingga Walet mau masuk. Memang burung Walet cenderung akan masuk ke dalam RBW yang sudah ada tanda-tanda kehidupan Walet sebelumnya. Kalau benar-benar masih kosong, mereka enggan masuk.

Awal masuk pun tidak langsung bersarang, Namun mereka baru main-main saja dan mengamati. Sambil mengamati terkadang meninggalkan jejak berupa bulu, sedikit liur atau kotorannya. Yang mana jejak ini seringkali membuat para peternak Walet jadi makin optimis bahwa RBW nya bakalan sukses. Untuk mempercepat proses bersarang, tweeter Walet ini pun juga ada yang jenisnya suara inap.

5. Persaingan Antar RBW dan Ciri-Ciri Burung Walet yang Mau Menginap

Ciri-Ciri Burung Walet

Ciri-Ciri Burung Walet

Ada keunikan dari Ciri-Ciri Burung Walet, bahwa jenis burung ini rupanya sangat selektif dalam memilih RBW. Misalnya di dalam suatu desa terdapat 8 gedung RBW. Itu tidaklah mesti semua gedung bakalan dimasuki oleh burung Walet. Hanya gedung tertentu saja.

Rumah Burung Walet yang dibangun dengan sangat teknis dan budget tinggi pun belum tentu sukses. Masuk tidaknya Walet ke RBW sangat ditentukan oleh banyak hal. Ini adalah hak prerogatif Walet yang susah dicampuri kehendak manusia.

Oleh karena perilaku Walet yang begini, banyak petani atau peternak Walet ini berusaha mati-matian belajar serap ilmu dari para master Walet. Tak sedikit dari mereka yang rela mengeluarkan banyak uang demi bisa mendapatkan resep bangun RBW yang tepat, serta bagaimana mendapatkan suara pemanggil yang mampu menggiring Walet masuk RBW nya. Serta bagaimana sebenarnya suara inap yang tepat, agar Walet yang masuk mau membuat sarang.

Bahkan hal konyol pun terjadi di Kalimantan dan wilayah-wilayah pelosok lain. Banyak pengusaha Walet yang percaya pada klenik. Bahwa agar Walet mau masuk RBW, maka mesti menyediakan sesaji-sesaji tertentu. Dan agar Walet mau bersarang, maka pemilik RBW mesti punya jimat berupa batu keramat.

6. Sarang Burung Walet

Ciri-Ciri Burung Walet, Sarang Walet

Ciri-Ciri Burung Walet

Apa yang membuat banyak orang begitu gila menekuni bisnis Walet memang adalah harganya. Seolah tak pernah kenal masa paceklik, harga sarang Walet cenderung stabil tiap tahunnya. Antara Rp7000.000 – Rp13.000.000 per kg. Bahkan di masa lalu, ketika belum banyak muncul peternak Walet, harganya per kilo bisa tembus 30 juta rupiah.

Meskipun Ciri-Ciri Burung Walet menunjukkan bahwa jenis burung ini susah buat ditaklukkan dalam mekanisme ternak. Namun para pengusaha itu tak kenal lelah. Mereka terus-menerus mencoba bisnis ini dan sudah makan asam-garamnya.

7. Jual-Beli Sarang Burung Walet

Ciri-Ciri Burung Walet

Ciri-Ciri Burung Walet

Tidak seperti perdagangan komoditas lainnya, pemerintah Indonesia sangat selektif dan ketat soal perijinan ekspor sarang burung Walet. Ini pun merupakan permintaan dari negara pengimpor, bahwa kualitas Walet yang masuk ke negara mereka harus benar-benar bagus.

Makanya dalam bisnis Sarang Walet ini pun mengenal grade atau tingkatan. Ada Walet yang bentuknya mangkok dan warnanya putih bersih, ini dijual dengan harga termahal, bisa tembus Rp13.000.000 bahkan lebih. Sedangkan sarang Walet yang sudut atau patahan dijual dengan harga lebih murah kisaran Rp5000.000 hingga Rp8000.000.

Namun perlu diketahui bahwa harga tersebut adalah harga di tingkat petani. Sedangkan para pengekspor menjualnya dengan harga 2-3 kali lipat lebih tinggi dari harga di tingkat petani tersebut. Maka dapat dikatakan bahwa bisnis sarang Walet ini menguntungkan dari tingkat hulu hingga hilir.

Baca Lagi: 15 Cara Budidaya Ikan Koi Mudah, Cepat Panen dan Sukses

8. Tengkulak Sarang Walet

Ciri-Ciri Burung Walet, Sarang Walet Asli

Ciri-Ciri Burung Walet

Oleh karena tingginya harga sarang Walet ini, banyak pula orang yang sengaja berprofesi sebagai tengkulak saja. Sebagaimana tengkulak komoditi lain, mereka kerjaannya hanya berburu dan melobi para pengusaha RBW untuk mau menjual sarangnya pada mereka.

Bahkan untuk tingkatan pengusaha Walet besar, dengan RBW banyak dan jumlah produksi sarang banyak, mereka tetap harus menjual sarangnya melalui tengkulak ini. Sebab tengkulak adalah broker yang menghubungkan kepada perusahaan eksportir yang jumlahnya hanya hitungan jari di Indonesia.

Memang, khusus untuk komoditas ekspor sarang Walet ini, pemerintah Indonesia membatasi jumlahnya. Konon eksportirnya di Indonesia hanya ada 2 perusahaan. Yang mana keduanya inilah yang menghandle seluruh urusan ekspor sarang Walet ke luar negeri. Sungguh jumlah yang tak sepadan dengan banyaknya orang yang terlibat dalam rantai hulu-hilir bisnis ini.

9. Ciri-Ciri Sarang Burung Walet Asli

Ciri-Ciri Burung Walet

Ciri-Ciri Burung Walet

Perlu diketahui pula tentang Ciri-Ciri Burung Walet terkait dengan sarangnya yang asli. Hingga hari ini masih banyak beredar sarang Walet palsu dari Indonesia. Sarang yang dimanipulasi warna putihnya dengan pewarna kimiawi. Inilah yang membuat para importir di luar negeri jadi kecewa dan menuntut pemerintah Indonesia agar makin ketat dalam seleksi sarang Walet.

Ciri-ciri Sarang Burung Walet yang asli adalah memiliki warna yang terang, putih atau agak kecoklatan. Baunya sangat khas, bau burung Walet. Biasanya di sarangnya ini pun banyak menempel bulu-bulu hitam Walet. Bentuknya ada 3 macam: mangkok, sudut atau patahan. Kalau ada sarang mangkok yang warnanya sangat putih dan tidak bau khas, patut dicurigai telah dimanipulasi alias sarangnya palsu.

10. Manfaat Sarang Burung Walet

Ciri-Ciri Burung Walet

Ciri-Ciri Burung Walet

Ada banyak manfaat yang bisa diambil dari sarang Walet. Ciri-Ciri Burung Walet yang sehat memang akan menghasilkan sarang yang sehat dan bagus pula. Manfaatnya untuk manusia adalah untuk membuat bahan campuran kosmetik yang mampu menghaluskan dan memutihkan kulit.

Selain itu, sarang Walet juga ampuh untuk meningkatkan stamina. Konon juga bisa untuk mencegah kanker. Yang jelas, penggunaan sarang ini banyak di negara-negara maju seperti Jepang, Cina, Amerika dan Eropa. Biasanya yang mengimpor adalah pabrikan farmasi.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Burung

To Top