30. Penyebab Dan Cara Mengatasi Murai Batu Macet Bunyi

  • Whatsapp

Permasalahan stress bukan hanya dialami oleh manusia saja, hewan juga bisa mengalami permasalahan ini, salah satunya burung. Stress mengakibatkan burung berhenti berkicau, boleh jadi murai batu anda akan mengalami fase ini. Sebenarnya burung tidak mau berkicau bukan hanya disebabkan karena stres namun terdapat penyebab lainnya. Namun sayangnya, banyak para kicau mania cenderung membiarkan dan berharap akan pulih seperti semula. Mereka hanya melakukan perawatan harian tanpa perawatan khusus. Menangani burung murai batu yang stress butuh ketekunan dan ketelitian. Masalah yang sering dihadapi adalah burung murai batu macet berkicau karena stress dan perawatan harian yang salah. Artikel ini akan membahas penyebab dan tips mengatasi murai batu macet bunyi.

Penyebab Murai Batu Macet Bunyi

Secara umum, terdapat beberapa penyebab burung mengalami macet bunyi, di antaranya :

1. Masa Mabung

Jika burung murai batu macet bunyi karena memasuki masa mabung, lakukanlah perawatan yang sesuai dengan perawatan mabung. Biasanya ditandai dengan rontoknya bulu-bulu murai batu. Biasanya masa mabung terjadi selama 2 hingga 3 bulan, tergantung  dengan karakter burung. Biasanya burung yang mengalami masa mabung dapat sembuh sendi setelah masa mabung berakhir.

2. Terinfeksi Pada Tenggorokan

Penyebab lainnya mungkin juga burung kurang sehat karena terkena infeksi pada tenggorokannya. Boleh jadi karena penyakit atau memakan serangga. Jika macet bunyi yang disebabkan oleh gangguan ini, mau tidak mau harus melakukan pengobatan yang sesuai penyakitnya. Anda harus pelajari dan pahami terlebih dahulu mengenai cara mendeteksi gangguan pernafasan dan bagaimana cara mengobatinya.

3. Murai Batu Terinfeksi Tungau Atau Kutu

Jika burung murai batu terkena serangan serangga atau kutu biasanya murai batu akan lebih banyak diam. Bisa juga ditandai dengan asik mematuki atau bahkan mencabuti bulu-bulunya. Murai batu yang terkena serangan ini dapat dilihat dari adanya bulu-bulu sayap yang rusak. Pengobatan harus tetap diberikan. Misalnya dengan pemberian obat dan memandikan burung dengan cara menyemprot sampai basah kuyup.

4. Stress

Penyebab murai batu macet bunyi lainnya adalah karena stres. Murai batu mengalami stress karena beberapa faktor, seperti sangkar pernah terjatuh, kalah dalam kontes atau pernah lepas.

Yang paling sering dijumpai ketika burung murai batu macet bunyi adalah stress akibat kalah mental ketika dilombakan. Atau bisa juga karena terlalu lama mendengarkan burung sejenis dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, sangkar yang terjatuh dapat membuat murai batu drop dan kaget. Demikian juga burung yang pernah terlepas dari sangkarnya, kemudian tertangkap lagi. Sering kali hal-hal seperti itu tidak dapat sama dengan performa awalnya.

5. Terganggu Oleh Peliharaan Lain

Burung merasa terganggu akibat peliharaan lainnya seperti anjing, kucing, tikus dan lain sebagainya. Atau karena terkena polusi udara yang terus menerus. Maka sebaiknya burung urai diberikan suasana yang lebih tenang dan sunyi.

Tips Mengatasi Murai Batu Macet Bunyi

Terdapat beberapa cara umum untuk mengatasi murai Batu macet bunyi, di antaranya :

1. Mengatasi Masa Mabung

Biasanya burung akan menikmati masa mabung tersebut. Cara yang paling tepat dalam mengatasi masa-masa mabung adalah dengan membiarkan burung tersebut. Tidak ada penangan khusus, namun juga harus diperhatikan untuk memberi vitamin, makanan yang baik, dan penjemuran khusus.

2. Pemasteran Dan Relaksasi

Solusi mengatasi murai batu macet bunyi salah satunya adalah menerapkan pemasteran sekaligus relaksasi pada burung murai batu. Biasanya penghobi yang sudah ahli menggunakan suara murai batu yang sesuai dengan karakter, hal ini bertujuan untuk memaster dan merelaksasi burung murai batu.

3. Suara Terapi Sebagai Bagan Pelatihan

Suara terapi dari murai batu dapat bisa kembali meningkatkan semangat murai batu untuk kembali berkicau hingga dapat kembali gacor. Suara terapi dapat diperdengarkan pada burung yang tidak macet bunyi juga. Hal ini berfungsi sebagai pancingan agar cepat gacor.

4. Perawatan Harian Untuk Murai Batu Macet Bunyi

  • Pagi pukul 05.00 burung dikeluarkan dan diembunkan sampai pukul 07.00 setiap hari
  • Mandi 4 kali dalam satu minggu di pagi hari pukul 07.00. setelahnya diembunkan kembali sampai bulu terlihat kering
  • Saat burung murai batu mandi, hendaknya sangkar dibersihkan dengan air yang mengalir. Bersihkan sangkar dengan shampoo jati jajar yang sesuai takaran yang tertera. Shampoo jati jajar mampu menghilangkan kutu dan jamur serta bakteri yang diakibatkan oleh kotoran burung.
  • Setelahnya masukan burung ke sangkar kembali yang sudah dibersihkan
  • Air minum diganti setiap hari. Berilah tiga tetes EBOD VIT setiap kali mengganti guna menghilangkan stress pada burung. Ebod vit merupakan vitamin tambahan untuk menghilangkan stress.
  • Sore hari diberikan ekstra food yaitu jangkrik satu ekor lalu kembali dikerodong sampai esok hari.
  • Dalam satu minggu diwajibkan untuk mandi satu kali dan diberikan ulat jerman 1 ulat saja.

5. Pengobatan Dan Pengendalian Murai Batu Macet Bunyi

Banyak sekali penyebab murai batu mengalami hilang selera untuk berkicau atau biasa kita sebut macet bunyi. Berikut hal-hal untuk pengobatan serta pengendaliannya.

Pisahkan murai batu dari burung lainya agar tak menularkan penyakit. Tambahkanlah suplemen burung seperti Biojanna 6 for bird dengan sosis yang sesuai di botol.

6. Berikan Ketenangan Pada Burung Murai Batu

Hal yang wajib bagi para penghobi dalam mengatasi murai batu macet bunyi adalah memisahkan burung dari burung-burung lain. Burung dapat dipindahkan ke lokasi lain yang lebih tenang dan sepi. Atau anda dapat full kerodong burung disangkar selama beberapa hari.

7. Perawatan Menjelang Lomba

Terdapat perlakuan tambahan pada burung murai ketika akan dilombakan. Menjelang lomba anda perlu menyiapkan H -1 sebelum lomba. Anda dapat memberikan kroto yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Untuk sore hari berikan 5 jangkrik  dan 5 ulat hongkong. Pasca lomba burung dimandikan seperti biasa dan dikerodong sampai pagi hari.

Semoga artikel ini membantu anda, terima kasih.

Related posts