7 Cara Merawat Beo Mabung dengan Benar - Hewan.id
Advertisements

7 Cara Merawat Beo Mabung dengan Benar

Merawat Beo Mabung

Beo

7 Cara Merawat Beo Mabung dengan Benar

hewan.id – Jika Anda seorang penangkar burung, pasti mengetahui bahwa semua jenis unggas apapun itu akan mengalami fase yang disebut masa mabung. Masa mabung, ngurak atau molting kerap ditemukan oleh setiap unggas atau hewan-hewan yang berbulu. Masa mabung merupakan fase dimana bulu unggas akan rusak dan digantikan dengan bulu-bulu yang baru. Beo menjadi salah satu jenis unggas yang akan mengalami masa mabung. Untuk Anda yang mencari cara merawat beo mabung, cobalah untuk menerapkan tips dan trik di bawah ini.

Merawat Beo Mabung

Sebelum itu, Anda perlu tahu seperti apa beo jika sedang mabung. Ada beberapa ciri yang perlu Anda ketahui untuk mengetahui apakah beo tersebut sedang mabung atau tidak. Diantaranya adalah bulu yang terlihat acak-acak atau kriting, bulu terlihat mudah patah, rusak, dan kering. Beo juga kerap terlihat menarik-narik bulunya hingga terlepas. Ciri paling menonjol adalah kepala burung yang tampak botak namun sebagian saja. Jika Anda menemukan ciri-ciri diatas, sudah pasti si beo sedang mabung dan memerlukan perhatian lebih.

Mabung pada beo biasanya terjadi saat beo berusia 5 sampai 6 bulan. Di usia ini, beo akan mengalami yang namanya “Mabung pertama” dan akan terjadi lagi dimasa-masa dewasanya dimana bulu lama akan bergantu ke bulu baru. Secara umum, biasanya setiap burung atau unggas mengalami mabung 1 sampai 2 kali setiap tahunnya. Berbeda dengan burung lainnya, beo memiliki masa relatif cepat saat mabung.

Kita juga bisa melihat ciri-ciri beo sedang memasuki masa mabung dari prilaku yang sering ia lakukan.

Ciri-Ciri Beo Mabung

  • Bulu mulai terlihat kering dan mudah rusak atau patah.
  • Bulu burung sering terlihat keriting dan acak-acakan.
  • Burung selalu memainkan dan menarik-narik bulunya.
  • Kepala pada burung beo tampak botak sebagian.

Jika beo anda mengalami tanda-tanda tersebut, maka sang burung sedang dalam kondisi berganti bulu atau mabung. Nah dari situlah ada harus paham cara-cara merawat beo mabung. Perawatan beo saat mabung lebih efektif dari pola perawatan hariannya. Berikut ini beberapa cara merawat beo mabung yang bisa Anda terapkan.

Loading...

Cara Merawat Beo Mabung:

1. Cekatan dalam merawat agar setelah melewati masa mabung bulu-bulu yang tergantikan akan lebih kokoh dari yang lama.

2. Masa mabung merupakan masa yang sangat tidak nyaman bagi unggas, termasuk beo. Meski merupakan fenomena yang umum, namun faktanya beo akan tetap terganggu. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba rutin untuk memandikan beo setiap hari.

3. Untuk mandinya, berikan mandi dengan air yang fresh dan dingin 2 sampai 3 kali sehari saat masa mabung. Gunanya untuk membantu beo agar tetap dingin karena panas pada kulitnya akibat rontok. Mandi juga bisa membuat menurunkan tingkat stress beo, karena beo merupakan jenis jalak yang suka mandi.

4. Berikan makanan pakan dan EF seperlunya saja, sama dengan hari-hari biasanya. Namun ada baiknya tingkat pemberian buah-buahan atau sayuran bisa sedikit ditingkatkan. Untuk ekstra food nya sendiri, Anda bisa memberikannya jangkrik 1-2 ekor sehari.

5. Berikan multivitamin untuk meningkatkan daya tahan fisik agar beo tak mudah lelah.

6. Untuk membantu mempercepat pergantian bulu, Anda bisa memberikan minyak ikan cukup sekali seminggu pada si beo. Selain itu, pemberian minyak ikan juga akan meningkatkan kualitas bulu baru yang lebih mengkilat dari biasanya.

7.Saat mabung, Anda bisa melakukan pemasteran. Selain menghilangkan stress si beo, hal ini juga bisa meningkatkan daya tangkap untuk berbicara pada si beo.

Itu dia beberapa cara merawat beo mabung agar menghasilkan bulu yang lebih kokoh dan kuat dari biasanya. Cara-cara di atas juga bisa membuat bulu lebih rapih dan berkilauan.

Baca Juga: Karakteristik Beo Betina yang Lebih Ganas dan Pandai Bicara

Mabung merupakan hal yang alami, tak perlu panik dalam menyikapinya dan kadang mabung pada burung tak perlu terlalu diperhatikan. Namun untuk memberikan yang terbaik, sebagai seorang penangkar burung khususnya beo akan lebih baik lagi jika dirawat lebih baik lagi. Anda juga dapat membaca artikel tentang beo lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Beo

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top