19 Ciri-Ciri Bekantan, Monyet Hidung Belanda Asal Kalimantan
Advertisements

19 Ciri-Ciri Bekantan, Monyet Hidung Belanda Asal Kalimantan

Bekantan

Bekantan

19 Ciri-Ciri Bekantan, Monyet Hidung Belanda Asal Kalimantan

19 Ciri-Ciri Bekantan, Monyet Hidung Belanda Asal Kalimantan

Ciri-Ciri Bekantan sangat mudah dikenali, yakni pada bagian hidungnya yang besar mirip hidung orang Belanda. Makanya, jenis monyet ini dikenal pula dengan nama Monyet Belanda. Hidungnya yang besar dan mancung memang membuatnya jadi nampak seperti “wong bule” atau “wong landa”.

Jenis monyet ini masih cukup banyak ditemukan di pulau Kalimantan. Sebab memang di sanalah habitat asli dan penyebarannya. Ketika bicara Kalimantan sebagai sebuah pulau Borneo, maka otomatis tercakup pula wilayah negara Brunei dan Malaysia. Bekantan pun dapat ditemukan di kedua negara itu, yang wilayahnya berada di dalam pulau Kalimantan.

Bekantan

Ciri-Ciri Bekantan

Pulau Kalimantan hingga detik ini memang masih berupa hutan yang luas. Pemukiman manusia memang banyak, begitu pun dengan perkebunan dan pertambangan. Namun rupanya, Bekantan menjadi primata yang cukup mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman.

Misalnya di wilayah kecamatan Sandaran, kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, di sana masih lazim dijumpai Bekantan yang jalan-jalan di perumahan warga. Orang sana menyebutnya sebagai “Monyet Belanda”. Tidak galak pada manusia, namun usil, suka mencuri apa saja yang ada di dalam rumah. Dan bikin berantakan rumah manusia, kalau sampai masuk.

Monyet Hidung Belanda

Ciri-Ciri Bekantan

Namun seiring derasnya laju deforestasi di Kutai Timur, Bekantan pun sudah banyak yang bergerak lebih dalam ke hutan lebat. Mulai meninggalkan pemukiman manusia dan perkebunan Kelapa Sawit. Angka kejadian Bekantan masuk ke pemukiman warga paling hanya 1 bulan sekali.

Meskipun masih bisa ditemukan di Borneo, namun belakangan dikabarkan bahwa jenis monyet ini sudah jarang sekali terlihat. Status konservasi pun ditingkatkan, menjadi “waspada punah”. Jangan sampai deh, primata unik yang endemik di Indonesia ini musnah dari dunia, apalagi di era modern seperti sekarang.

Loading...
Monyet Belanda

Ciri-Ciri Bekantan

Profil Ilmiah Bekantan, Monyet Hidung Belanda

NAMA SPESIESNAMA LAINHABITAT DAN PENYEBARANMITOSGAMBAR
Nasalis larvatusBekantanBorneo (Pulau Kalimantan Habitat Aslinya)Monyet Hidung Belanda adalah seekor primata yang dikutuk Tuhan. Dulunya dia adalah manusia, seorang penjajah dari bangsa Belanda di era kolonialMonyet Bekantan
Monyet Hidung BelandaIndonesia (Endemik Indonesia)Bekantan bisa bicara seperti manusia dan mengerti bahasa manusia, terutama bahasa-bahasa yang berkembang di BorneoBekantan Sepasang
BangkatanMalaysia (Penyebaran)Monyet Belanda hidup secara misterius, bagai hewan amfibi. Ia kadang tidur di dalam airMonyet Hidung Panjang
Monyet BuleBrunei Darussalam (Penyebaran)Bekantan sangat tidak suka dengan anak kecil yang suka sendirian. Apalagi menjelang malam hari. Ia akan menculik anak itu, tapi untuk dikembalikan pada orang tuanya, agar tak berkeliaran saat sandekalaMonyet Kalimantan

Selama ini, Bekantan terkenal sebagai primata besar yang cukup ramah kepada manusia. Bukan suatu hal aneh, jika masyarakat pedalaman Kalimantan interaksi dengan monyet hidung belanda ini. Ada kecintaan mendalam dan penghormatan yang diberikan masyarakat Borneo kepada Bekantan. Sampai-sampai, hewan ini pun dijadikan maskot provinsi Kalimantan Selatan.

Sudah selayaknya memang, manusia sadar bahwa Bekantan harus dilindungi dan diperjuangkan kelestariannya. Agar keberadaannya terus aman dan eksis. Sehingga tidak tinggal dongeng belaka. Agar kelak, anak cucu generasi bangsa Indonesia tahu bahwa ternyata Indonesia punya monyet unik yang hidungnya seperti orang bule Belanda ini.

Bekantan Kalimantan

Ciri-Ciri Bekantan

Spesies Nasalis larvatus ini memang sangat unik. Nah, untuk menambah kecintaan pada Bekantan, silahkan simak 19 Ciri-Ciri Bekantan di bawah ini:

1. Hidung Monyet Belanda

Bicara soal ciri fisik Bekantan, tentu yang mula-mula patut diselidiki adalah hidungnya. Sebab, hidung inilah yang sangat khas dan membedakannya dari jenis primata lainnya.

Dari sekian banyak hewan yang tergolong ordo Primata, yang hidungnya begini ya cuma Monyet Belanda. Hidungnya besar dan mancung, agak gepeng dan melengkung ke bawah. Mirip sama hidungnya orang Belanda.

2. Ukuran Tubuh Bekantan

Ciri-Ciri Bekantan selanjutnya adalah soal ukuran tubuhnya. Tahukah bahwa ada perbedaan mencolok ukuran tubuh betina dan jantan Bekantan? Sebagaimana manusia, ternyata Bekantan jantan memiliki ukuran tubuh lebih besar daripada betinanya.

Bobot tubuh jantan bisa mencapai 40 kg, dengan tinggi badan kurang lebih 100 cm. Sedangkan betina hanya mencapai 25 kg, dengan tinggi badan kurang lebih 80 cm. Namun jika melihat kenyataan yang ada di hutan, seringkali Bekantan bisa tumbuh sangat besar. Gemuknya Bekantan ini menandai bahwa wilayahnya aman dan dipenuhi cadangan makanan yang melimpah.

3. Warna Kulit Bekantan

Kulit Bekantan ditumbuhi bulu yang lebat, agak tebal dan agak panjang. Warna bulunya kombinasi coklat muda dan coklat tua. Pada bagian wajah, kulitnya sangat coklat tua. Sedangkan tangan dan kakinya warna coklat muda, kadang-kadang ada yang abu-abu.

4. Cara Membedakan Bekantan Jantan dengan Betina

Cara membedakan Bekantan jantan dengan betina mudah saja. Ciri-Ciri Bekantan ini bisa dilihat dari postur tubuhnya. Selain itu dari menyusuinya. Yang menyusui anak-anak Bekantan tentu saja adalah yang jenis kelaminnya betina. Monyet Hidung Belanda yang jantan biasanya punya wajah nampak ganteng dan ia punya kemampuan berjalan cepat dan gesit.

Monyet Hidung Panjang

Ciri-Ciri Bekantan

5. Makanan Monyet Bekantan

Bekantan adalah hewan Herbivora, ia lebih banyak makan makanan berbasis tumbuhan, seperti buah-buahan dan biji-bijian. Namun pada lingkungan hutan bakau dan hutan dekat pantai, ia juga seringkali berenang dan makan ikan atau udang. Jadi bisa pula dikategorikan sebagai omnivora. Tapi makanan prioritasnya tetap buah dan biji.

6. Habitat Bekantan

Pulau Kalimantan terdiri dari hutan, rawa-rawa , sungai, muara dan pantai. Maka di habitat macam itulah Bekantan akan ditemukan. Ia hidup di dataran rendah hingga perbukitan rendah yang tersebar di seluruh penjuru Kalimantan. Daerah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur jadi wilayah yang paling banyak ditemukan Bekantan.

7. Kebiasaan Hidup Berkoloni Monyet Bekantan

Ciri-Ciri Bekantan selanjutnya adalah kebiasaannya hidup berkoloni. Rupanya jenis primata ini doyan sekali hidup berkelompok. Ada dua macam tipe koloni Bekantan, yaitu: (satu jantan-beberapa betina-anak/ one male) serta (beberapa bekantan jantan/ all male). Kelompok yang beberapa bekantan jantan saja ini biasanya terdiri dari Bekantan-Bekantan remaja atau justru sudah tua sekali.

8. Ciri-Ciri Bekantan Bisa Berenang

Sungguh mengagumkan, ternyata Bekantan bisa berenang, loh! Kemampuan berenangnya sangat mumpuni. Namun ia biasanya hanya berenang di sungai-sungai kecil saja atau malah di laut sekalian.

Kemampuan berenangnya sangat hebat dan ini menjadi mekanisme alamiahnya juga untuk bisa bertahan hidup. Jika melihat di bagian kaki Bekantan, antara sela-sela jarinya itu ada selaput tipis, seperti kaki bebek. Fungsinya untuk membantu berenang.

Kalau di sungai besar muara agak kurang berani. Soalnya di Kalimantan sana kan muaranya banyak dihuni spesies Buaya Muara yang besar-besar sekali ukuran tubuhnya. Dan Bekantan menjadi salah satu makanan favorit buaya.

9. Interaksi Bekantan dengan Manusia

Sejak dulu, Ciri-Ciri Bekantan yang tak boleh dilewatkan memang soal kemampuannya interaksi sama manusia. Meskipun primata ini bertubuh agak besar dan termasuk binatang liar. Namun ia ramah kepada manusia. Tapi sayangnya, keramahan Monyet Belanda harus dibalas dengan perilaku buruk sebagian manusia yang malah membunuhnya demi keuntungan.

Monyet Kalimantan

Ciri-Ciri Bekantan

10. Perburuan Liar Terhadap Monyet Bekantan

Sangat sulit untuk memutus rantai perburuan liar. Sebab kegiatan ini melibatkan oknum yang kompleks. Selain masyarakat lokal pedalaman Kalimantan yang masih hobi berburu, rupanya Bekantan juga sengaja ditembaki mati demi pembabatan hutan dan jual-beli binatang ini secara illegal.

11. Status Konservasi Monyet Bekantan

Untuk saat ini, status konservasi Monyet Belanda adalah resiko tinggi, artinya jenis monyet ini selangkah lebih maju menuju kepunahan. Jika tak segera dilakukan perlindungan satwa liar ini, niscaya 10 tahun ke depan, Bekantan hanya tinggal kenangan, alias punah.

Baca Lagi: 5 Jenis Kambing Etawa, Jamnapari, Super, Kaligesing, Senduro, PE

12. Perkawinan Monyet Hidung Belanda

Nampaknya Bekantan senang melakukan poligami. Di dalam sebuah koloni (one-male), biasanya seluruh bekantan betina dapat disebut sebagai istrinya. Makanya, anakan Bekantan jantan yang sudah dewasa akan memutuskan keluar dari koloni dan masuk ke dalam koloni (all-male) untuk proses pencarian jodoh.

13. Anakan Monyet Bekantan

Ciri-Ciri Bekantan yang merenyuhkan hati adalah rupanya orang tua Bekantan sangat cinta pada anaknya. Anakan Bekantan hidup dalam kasih sayang yang besar, hingga masanya ia remaja dan mampu hidup sendirian.

Bekantan Sepasang

14. Tingkat Kecerdasan Monyet Hidung Belanda

Primata adalah binatang yang sangat cerdas di bumi. Kecerdasannya bahkan melampaui manusia. Begitu pun dengan Bekantan, ia tergolong binatang yang punya kecerdasan tinggi. Ditandai dengan berbagai perilakunya yang begitu mengagumkan, lucu dan kadang-kadang nampak “manusiawi”.

15. Bekantan Sebagai Binatang Endemik Indonesia

Monyet Belanda adalah hewan endemik Indonesia. Binatang ini hanya bisa ditemui di Indonesia. Primata asli Indonesia ini harusnya jadi kebanggaan bangsa Indonesia dan sepatutnya warga negara menjaga kelestariannya.

16. Masa Depan Monyet Bekantan

Berdasarkan Ciri-Ciri Bekantan terkait dengan eksistensinya hari ini, monyet hidung mancung ini terancam punah. Sebab kegiatan ekonomi-kapitalis yang menggerus wilayah Kalimantan bersifat sangat antroposentris. Semuanya tidak memperhatikan unsur kelestarian flora dan fauna.

17. Gerakan Konservasi Perlindungan dan Selamatkan Bekantan

Percuma mengetahui dengan fasih Ciri-Ciri Bekantan, jika pada akhirnya kepunahan Bekantan tak dapat dicegah. Harus ada tindakan panjang, keras dan tegas dari pemerintah serta NGO untuk selamatkan Bekantan. Jika perlu dibangun sekalian balai konservasinya.

Ciri-Ciri Bekantan

Ciri-Ciri Bekantan

18. Kebiasaan Unik Monyet Bekantan

Ciri-Ciri Bekantan selanjutnya adalah soal kebiasaan uniknya. Jika kebanyakan binatang liar memilih menghindari pemukiman manusia, beda dengan Bekantan. Ia justru selalu terlihat ingin berkunjung ke rumah manusia.

19. Benarkah Monyet Hidung Belanda adalah Jelmaan Manusia yang Dikutuk?

Mitos masyarakat menyebutkan bahwa Bekantan adalah jelmaan manusia. Benarkah? Sekali lagi, mitos tetaplah mitos. Ciri-Ciri Bekantan memang menunjukkan bahwa binatang ini punya fisik yang rupawan mirip manusia. Namun bukan berarti ia adalah kutukan dan jelmaan.

 

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bekantan

    Advertisements

    Lihat Juga

    Advertisements

    Pencarian Populer

    To Top