Connect with us

15 Perbedaan Bajing dengan Tupai, Berdasarkan Ciri Tubuhnya

Beda Bajing dengan Tupai

Bajing

15 Perbedaan Bajing dengan Tupai, Berdasarkan Ciri Tubuhnya

15 Perbedaan Bajing dengan Tupai, Berdasarkan Ciri Tubuhnya

Perbedaan Bajing dengan Tupai perlu diketahui biar tidak salah kaprah dalam mengenali kedua hewan pengerat ini. Memang selama ini banyak orang masih bingung membedakannya. Dikira antara Bajing dan Tupai itu sama. Padahal beda bila dilihat dari struktur dan ciri tubuhnya.

Bajing memiliki bentuk kepala membulat dengan tubuh cukup besar. Sedangkan Tupai itu bentuk kepalanya lonjong memanjang, dengan tubuh lebih kecil. Memang keduanya itu sekilas mirip karena warna bulu dan habitatnya yang hidup di pepohonan. Namun, keduanya sangat berbeda jika ditilik dari klasifikasi ilmiahnya.

Perbedaan Bajing dengan Tupai

Perbedaan Bajing dengan Tupai

Loading...

Secara ilmiah, Bajing tergolong dalam Family Sciuridae yang terbagi ke dalam 278 spesies. Sedangkan Tupai tergolong Family Tupaiidae dan Ptilocercidae yang terbagi menjadi 20 spesies. Dari keduanya, beberapa spesiesnya endemik di Indonesia.

Tabel Klasifikasi Ilmiah Perbedaan Bajing dengan Tupai

NAMA NAMA LAIN ORDO FAMILY MITOS GAMBAR
Bajing Squirrel Rodentia Sciuridae Memiliki kemampuan berburu dalam kegelapan. Spesies Bajing Terbang punya sayap yang aneh. Squirrel adalah penjelmaan malaikat pencabut nyawa
Tupai Chipmunk Scandentia Tupaiidae dan Ptilocercidae Chipmunk memiliki ekor yang eksotis. Salah satu jenisnya, yaitu Tupai Ekor Putih dipercaya sebagai penjelmaan dari Dewi Bulan

Berdasarkan tabel klasifikasi di atas terlihatlah bahwa pada dasarnya, Bajing dengan Tupai memiliki trah kekerabatan yang jauh. Namun memang fisiknya saja yang agak mirip. Selain itu, perbedaan Bajing dengan Tupai dapat dilihat pada 15 poin di bawah ini:

Beda Bajing dengan Tupai

Beda Bajing dengan Tupai

1. Ukuran Tubuh

Ukuran tubuh Bajing lebih besar daripada Tupai. Ia memiliki paha yang besar pula. Jari-jarinya lebih besar dan secara keseluruhan, memang Bajing ini punya bobot lebih dibandingkan Tupai. Perbedaan Bajing dengan Tupai terkait dengan ukuran tubuhnya ini bisa menjadi acuan utama bagi yang masih bingung.

2. Kepala

Bentuk kepala Bajing dengan Tupai memang agak mirip, namun bukan berarti sama. Kepala Tupai itu lebih kecil dan pipih, dengan moncong pada mulutnya yang lebih runcing. Sedangkan Bajing itu kepalanya besar dan membulat, moncongnya juga tak terlalu panjang.

3. Bulu

Selanjutnya, perbedaan Bajing dengan Tupai juga terlihat pada bulunya. Jika dilihat dengan saksama, bulu Bajing jauh lebih lebat dibandingkan Tupai. Walau memang untuk warnanya ada yang sama persis. Namun Bajing itu punya warna dasar bulu yang lebih melimpah, Bajing Merah saja ada, belum lagi 277 spesies lainnya.

3. Ekor

Ternyata ekor juga bisa menjadi indikator perbedaan Bajing dengan Tupai. Ekor Bajing lebih lebat bulunya sehingga terkesan besar. Ekornya juga melengkung ke atas, beda dengan Tupai. Kalau Tupai kan ekornya pendek, kecil dan lurus saja, tidak melengkung.

4. Makanan

Sulit membedakan makanan Bajing dengan Tupai, namun yang paling mendasar adalah soal kegemarannya makan Serangga. Tupai cenderung suka sekali makan serangga, sedangkan Bajing tidak. Namun keduanya sama-sama gemar makan kacang-kacangan.

5. Habitat

Dengan melihat habitatnya, perbedaan Bajing dengan Tupai cukup sulit dikenali. Keduanya sama-sama ada yang menghuni tanah dan pohon. Namun umumnya Tupai lebih sering ditemukan di pohon. Sedangkan banyak jenis  Bajing lebih nyaman tinggal di dalam tanah, mereka menggali tanah dengan kedua tangannya.

6. Kebiasaan

Bajing memiliki kebiasan duduk yang mirip sama hewan mamalia kucing. Ia kalau duduk tegak, beda dengan Tupai yang duduknya tetap tengkurap.

7. Perilaku

Untuk perbedaan Bajing dengan Tupai yang ditinjau dari perilaku juga ada. Keduanya memang sama-sama binatang yang ramah kepada manusia. Namun Bajing cenderung lebih galak dan susah sekali dikendalikan manusia.

8. Bentuk Wajah

Bentuk wajah Bajing lebih chubby. Beda dengan Tupai yang tirus. Hidung Tupai lebih mancung memang daripada Bajing. Namun kalau urusan gigi, sama-sama tajam.

9. Mata

Squirrel alias Bajing punya mata yang lebih besar daripada Chipmunk (Tupai). Mata Tupai memang cenderung sipit. Namun keduanya sama-sama punya warna mata hitam. Kecuali Bajing Albino, matanya merah.

10. Telinga

Perbedaan Bajing dengan Tupai dapat terlihat dari telinganya. Beberapa spesies Bajing punya daun telinga yang berdiri ke atas. Beda dengan Tupai yang daun telinga kecil dan normal menyamping.

11. Cara Berdiri

Tubuh Bajing lebih tinggi dibandingkan Tupai. Sehingga kalau lagi berjalan, ia pun masih jenjang. Cara berdiri Bajing mirip dengan Kucing, sedangkan Tupai tetap membungkuk.

Baca Lagi: 18 Jenis Sugar Glider, Harga Terbaru dan Karakteristiknya

12. Kemampuan Bergerak

Antara Bajing dengan Tupai sama-sama punya kemampuan bergerak cepat. Ini sebagai mekanisme perlindungan diri dan adaptasinya di alam, serta membantunya dalam berburu makanan. Namun ada perbedaan Bajing dengan Tupai yang mendasar, yaitu pada kemampuan meloncat dan terbang. Yang bisa loncat dan terbang adalah Bajing. Sedangkan Tupai hanya bisa berlari saja, melompat pun tidak sejauh dan setinggi Bajing.

13. Tingkat Agresif

Kemudian, antara Bajing dengan Tupai itu sama-sama agresif. Mereka pada dasarnya adalah tergolong jenis hewan liar yang mengalami proses domestifikasi (dipelihara) untuk tujuan hobi segelintir orang saja. Baik Bajing maupun Tupai punya cakar dan gigi tajam yang siap menerkam siapa saja. Namun kalau keduanya berhasil dijinakkan, maka sama-sama jadi sahabat baik manusia. Umumnya, menjinakkan Bajing jauh lebih lama dibandingkan Tupai.

14. Perilaku Kawin

Bajing cenderung kawin dengan sesama spesiesnya. Sedangkan Tupai bersedia kawin dengan spesies Tupai yang lainnya. Biasanya setelah kawin, sang jantan akan pergi meninggalkan betinanya. Sama saja dengan perilaku hewan mamalia lainnya.

15. Spesies

Tentu saja perbedaan Bajing dengan Tupai sangat terlihat dari banyaknya jumlah spesies. Meski mirip, keduanya beda soal jumlah. Bajing jumlahnya ada 278 spesies. Sedangkan Tupai hanya 20 spesies. Oleh karena itu, di seluruh benua di Planet Bumi mudah sekali ditemukan Bajing, bahkan di daerah kutub saja ada.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bajing

Lihat Juga

Perbedaan Kodok dengan Katak
Contoh hewan amfibi diplocaulus
Contoh hewan amfibi
Jenis Ikan Koi, Budidaya Ikan Koi, Ikan Mas Koi
Burung Walet Collocalia vestita
Bekantan
Ayam Serama Sombong, Fakta Ayam Serama
Fakta Tupai Kekes
Fakta Bajing Kelapa
Jenis Tupai, Spesies Tupai, Tupai Endemik
Beda Bajing dengan Tupai
Jenis Bajing, Bajing Hidung Panjang
Harga Ikan Koki, Jenis Ikan Koki
Mitos Ayam Cemani
Harga Ayam Kampung Terbaru Hari Ini
To Top