Connect with us

19 Fakta Bajing Kelapa yang Keren Banget, Wajib Diketahui!

Fakta Bajing Kelapa

Bajing

19 Fakta Bajing Kelapa yang Keren Banget, Wajib Diketahui!

19 Fakta Bajing Kelapa yang Keren Banget, Wajib Diketahui!

Loading...

Fakta Bajing Kelapa, pernahkah mendengar atau membacanya? Ini adalah fakta-fakta yang menarik dan unik dari  binatang pengerat yang mirip dengan Tupai ini.  Tahukah kenapa dinamakan Bajing Kelapa? Tentu saja penamaan ini tidak asal-asalan, tetapi memang merujuk pada fakta yang ada, bahwa jenis Bajing ini memang amat dekat dengan “kelapa”.

Pohon Kelapa adalah salah satu pohon khas Indonesia. Bajing Kelapa jumlahnya sebanding dengan banyaknya jumlah pohon kelapa. Sebab, hampir di semua pohon kelapa memang dapat ditemukan Bajing. Apalagi kalau pohonnya tumbuh jauh dari keramaian manusia.

Gambar Bajing Kelapa, Fakta Bajing Kelapa, Makanan Bajing Kelapa

Loading...

Bajing Kelapa tinggal di pohon kelapa. Mereka gemar memakan buah kelapa muda maupun tua. Meskipun kulit kelapa keras, namun jenis Bajing ini sanggup melubangi dengan gigi dan cakar tajamnya.

Oleh karena kebiasaannya memakan kelapa ini, akhirnya Bajing Kelapa dicap sebagai hama tanaman. Para petani kelapa sangat membencinya dan sebisa mungkin memberantasnya.

Fakta Bajing Kelapa

Fakta Bajing Kelapa

Dulunya, kalau Bajing Kelapa ditangkap, ujung-ujungnya dibunuh. Namun sekarang seiring bermunculan tren memelihara Bajing Kelapa, maka justru jenis Bajing ini banyak diburu untuk keperluan jual-beli. Para petani pun merasa diuntungkan karena perburuan ini bisa mencegah tanaman kelapanya gagal panen.

Klasifikasi Ilmiah Bajing Kelapa

FAMILY GENUS NAMA SPESIES NAMA LAIN HABITAT DAN PENYEBARAN MITOS GAMBAR
Sciuridae Callosciurus Callosciurus notatus Bajing Kelapa Asia Tenggara Binatang yang cerdik tapi licik. Hanya mau makan buah-buahan yang masih bagus, sehingga jadi musuh petani Fakta Bajing Kelapa
Plantain Squirrel Simbol kekuatan dalam kesederhaaan. Meski tubuhnya kecil, ia mampu mengoyak kelapa yang keras  Gambar Bajing Kelapa, Fakta Bajing Kelapa, Makanan Bajing Kelapa
Bajing Kelapa Albino sangatlah langka. Barang siapa yang memeliharanya bisa celaka, sebab dia minum darah manusia  Apa itu Bajing Kelapa, Fakta Bajing Kelapa

Berdasarkan profil klasifikasi ilmiah di atas, terlihatlah bahwa pada dasarnya Bajing Kelapa sangatlah unik. Di balik stigma yang melekat bahwa binatang ini adalah “hama perkebunan”, sebenarnya banyak fakta-fakta menarik. Seperti di bawah ini adalah Fakta Bajing Kelapa yang keren banget:

Apa itu Bajing Kelapa, Fakta Bajing Kelapa

Apa itu Bajing Kelapa?

1. Tempat Tinggal Bajing Kelapa

Meski namanya Bajing Kelapa, tidak mesti jenis Bajing ini tinggalnya di pohon Kelapa. Memang Fakta Bajing Kelapa menunjukkan spesies ini paling suka tinggal di pohon kelapa, namun ia bisa juga memilih pohon lain. Asalkan pohon tersebut ada buahnya dan dirasa aman dari gangguan manusia.

2. Makanan Kesukaan Bajing Kelapa

Bicara Fakta Bajing Kelapa tak afdol bila tidak menyebutkan mengenai makanan kesukaan. Rupanya Bajing ini sangat gemar makan buah-buahan apa saja. Ia cenderung suka dengan buah yang kulitnya keras. Kacang-kacangan juga favoritnya. Konon, mengapa ia suka buah berkulit keras adalah karena sekaligus buat mengasah giginya.

3. Apakah Bajing Kelapa Boleh Dimakan Manusia?

Daging Bajing aman dimakan manusia. Fakta Bajing Kelapa menunjukkan bahwa selain untuk dipelihara, orang berburu jenis Bajing ini untuk keperluan pengobatan alternatif. Konon, Bajing bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes dan kanker. Sedangkan secara Islam, binatang ini tergolong halal, seperti pendapat yang dikemukan oleh Imam Asy Syafi’i.

4. Cara Menangkap Bajing Kelapa

Ada beberapa cara untuk menangkap Bajing Kelapa. Jika menilik Fakta Bajing Kelapa, selama ini orang menangkapnya secara manual, dengan ditembak (resiko mati) atau diberi perangkap. Kalau para petani biasanya menangkapnya dengan jalan diracun.

5. Bajing Kelapa, Sang Hama Perkebunan

Fakta Bajing Kelapa memang sangat doyan makan buah-buahan. Pada dasarnya di dalam dunia binatang, mereka menganggap seluruh tanaman berbuah adalah milik mereka. Tak pandang apakah tanaman buahnya milik manusia atau bukan, mereka akan tetap memakan buahnya. Jadi tidak bisa pula disebut sebagai hama atau pencuri.

6. Bagaimana Para Petani Memberantas Bajing Kelapa?

Umumnya, para petani akan menggunakan obat-obatan untuk memberantas Bajing Kelapa. Yang digunakan biasanya adalah jenis Rodentisida, yang diperuntukkan untuk membasmi hewan-hewan ordo Rondentia (binatang pengerat). Obat pembasmi ini bisa dipakai untuk membunuh Tikus pula.

7. Hobi Memelihara Bajing Kelapa

Sungguh unik memang, Fakta Bajing Kelapa yang ini. Saking banyaknya orang yang hobi memelihara Bajing, terutama masyarakat urban, binatang ini sampai masuk ke Pet Shop dan dijual mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah.

Fakta Bajing Kelapa

Bajing Kelapa di Pohon

8. Trik Menjinakkan Bajing Kelapa

Untuk menjinakkan Bajing Kelapa memang sulit. Fakta Bajing Kelapa menunjukkan bahwa binatang ini pada mulanya sangat ganas. Jenis Bajing Kelapa kan memang tergolong binatang liar yang baru-baru ini saja didomestifikasi (dijinakkan untuk keperluan dipelihara).

9. Alternatif Pakan Bajing Kelapa

Fakta Bajing Kelapa, meskipun namanya “memakai kelapa”, bukan berarti ia hanya doyan makan kelapa saja. Ada banyak alternatif pakan yang bisadiberikan kepada Bajing peliharaan. Seperti: kacang tanah, ketapang, buah jambu. Bahkan Bajing juga doyan makan hewan kecil-kecil seperti belalang dan jangkrik.

10. Membuat Kandang Bajing Kelapa

Dalam membuat kandang untuk Bajing jenis apapun mesti hati-hati. Sebab mereka adalah binatang dari ordo rodentia. Artinya memiliki kemampuan mengerat yang hebat. Jika hanya dari kayu atau bambu, niscaya bajing bisa melubangi kandang dan kabur. Untuk itu, buatlah kandang dari besi dan baja saja.

11. Perkawinan Bajing Kelapa

Bajing kelapa tentu saja kawin dengan sesamanya. Fakta Bajing Kelapa, mereka akan kawin lebih dari satu kali sepanjang hidupnya. Tapi umumnya jarak antar perkawinan cukup jauh.

Baca Lagi: 20 Jenis Tupai di Dunia, Sembilan Spesies Berasal dari Indonesia

12. Fakta Bajing Kelapa dan Anaknya

Bajing Kelapa tergolong mamalia, artinya ia hewan yang menyusui anaknya. Anakan Bajing akan menyusu hingga beberapa minggu setelah kelahirannya. Ketika anakan sudah bisa cari makan sendiri, biasanya mereka akan hidup memisah dari induknya (sang ibu).

13. Harga Bajing Kelapa

Ini memang sangat unik, Fakta Bajing Kelapa menunjukkan bahwa harga jenis Bajing ini mulai mengalami peningkatan. Sebab keberadaannya di alam sudah agak susah dicari karena gencarnya perburuan. Harga Bajing Kelapa per ekor antara Rp75.000 – Rp750.000/ekor. Kalau sedang musimnya, harganya bisa 75 ribu saja. Sedangkan jika sedang langka, bisa tembus 750 ribu rupiah.

14. Perbedaan Bajing Kelapa dengan Tupai Kelapa

Sangatlah susah membedakan Bajing Kelapa dengan Tupai Kelapa. Kedua binatang ini memang begitu mirip fisiknya. Ukurannya pun setara. Yang membedakan hanyalah bentuk kepala dan ekor. Kalau Bajing bentuk kepalanya membulat, sedangkan Tupai Kelapa itu sangat lancip. Ekor Bajing Kelapa lebih besar daripada Tupai Kelapa.

Makanan Bajing Kelapa, Fakta Bajing Kelapa

Makanan Bajing Kelapa

15. Ciri-Ciri Pohon yang Ada Bajing Kelapanya

Tidak semua pohon buah ada Bajing Kelapanya. Umumnya, Bajing akan memilih tanaman buah yang tumbuh besar, tinggi dan menahun, seperti Pohon Kelapa. Ciri khas dari pohon yang ada Bajingnya adalah biasanya akan ditemukan serakan buah-buahan yang berlubang lebih dari satu titik. Biasanya, jenis buahnya adalah buah berkulit keras.

16. Status Konservasi Bajing Kelapa

Di Indonesia, Fakta Bajing Kelapa memberikan data bahwa jumlah spesies ini masih berada dalam kategori aman. Artinya jumlahnya masih banyak hingga konservasinya lebih menjurus kepada edukasi kepada masyarakat agar tidak langsung membunuh Bajing Kelapa. Jikalau Bajing ini akan dibunuh karena sudah jadi hama kebun, sebaiknya dibunuh dengan cara yang baik dan tetap memperhatikan kelestariannya. Sebab, tidak menutup kemungkinan di masa depan, Bajing Kelapa bisa punah.

17. Hukum Memelihara Bajing Kelapa

Memelihara Bajing Kelapa masih dikategorikan “boleh” dan “aman”. Tidak akan dijerat hukum, sebab Bajing Kelapa statusnya belum dinyatakan punah. Meski begitu, pada dasarnya Bajing itu adalah binatang liar yang alangkah baiknya dibebaskan hidup di alam. Kalaupun dimanfaatkan oleh manusia, sebaiknya hanya untuk keperluan konsumsi saja.

18. Komunitas Pecinta Bajing Kelapa

keberadaan Komunitas Pecinta Bajing Kelapa menambah semarak Fakta Bajing Kelapa. Mereka biasanya tumbuh di lingkungan perkotaan. Masyarakat urban kontemporer kerap berkumpul di alun-alun untuk menunjukkan kelucuan masing-masing Bajing Kelapanya.

19. Masa Depan Bajing Kelapa

Meskipun kini Bajing Kelapa dianggap binatang “yang aman-aman saja dipelihara” dan “jumlahnya melimpah di alam”. Tidak menutup kemungkinan di masa depan Plantain Squrrel ini bakalan punah. Jadi kita mesti belajar melestarkannya dari sekarang. Pemerintah pun sudah mengupayakan pelestariannya melalui cagar-cagar alam dan kebun binatang.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bajing

To Top