Connect with us

278 Jenis-Jenis Bajing, Berbagai Ciri Fisik dan Gambarnya

Jenis Bajing, Bajing Hidung Panjang

Bajing

278 Jenis-Jenis Bajing, Berbagai Ciri Fisik dan Gambarnya

278 Jenis-Jenis Bajing, Berbagai Ciri Fisik dan Gambarnya

Jenis-Jenis Bajing di dunia itu ada 278 spesies yang terbagi ke dalam 5 sub family dan 51 genus. Family Sciuridae ini menjadi salah satu hewan liar yang populer untuk peliharaan.

Orang sering salah kaprah soal Bajing. Menganggapnya sama dengan Tupai. Padahal berbeda sekali. Meski sama-sama binatang pengerat, namun ordonya jelas berbeda. Tupai itu Ordo Scandentia. Sedangkan Bajing itu Sciuridae.

Memang antara Bajing dengan Tupai itu mirip ukuran tubuh dan bulunya. Namun kalau dilihat lebih detail dan berdekatan, keduanya sangat berbeda pada wajah. Tupai itu kepalanya moncong. Sedangkan Bajing lebih membulat.

Jenis-Jenis Bajing

Loading...

Bicara soal Bajing sebenarnya sangat luas kajiannya karena banyaknya spesies. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis-jenis Bajing yang endemik, seperti Jelarang, Bajing Kelapa, Bajing Pohon dan Bajing Terbang. Sedangkan spesies yang tidak dijumpai di Indonesia, seperti Bajing Tanah, Bajing Merah dan Chipmunk.

Secara umum, saintist sependapat bahwa pada dasarnya Bajing terbagi ke dalam 2 kelompok besar, yaitu:

  1. Sciuridae (kelompok Bajing tanah dan pohon), yakni jenis Bajing yang hidup di antara pepohonan dan tanah.
  2. Pteromydae (kelompok Bajing Terbang dan Loncat), yakni jenis Bajing yang memiliki kemampuan loncat mumpuni, hingga seperti bisa terbang.

Profil Ilmiah Bajing

Foto Bajing Bagus

Nama              : Bajing

Nama Lain      : Squirrel, Chipmunks, Marmota, Tamias

Family             : Sciuridae

Class                : Mamalia

Ordo                : Rodentia

Filum                : Chordata

Mitos                : Sering dianggap Tupai, padahal beda. Masyarakat menganggap Bajing adalah binatang nakal yang suka mencuri dan jahat. Makanya ada ungkapan dalam Indonesia, “bajingan”, yang artinya negatif.

Jenis-Jenis Bajing Berdasarkan Sub-Family

Dari 278 jenis-jenis Bajing, ada beberapa yang sangat terkenal karena bentuk tubuhnya yang eksotis dan keunikan yang lainnya, yaitu:

1. Bajing Terbang

Jenis Bajing Terbang memiliki perawakan yang sangat unik. Ia memiliki sayap. Membuatnya mirip sama kelelawar. Memang jenis bajing ini memiliki kemampuan terbang yang baik. Ia biasanya hidup di pohon-pohon dan tergolong hewan nokturnal.

Jenis Bajing, Harga Bajing, Bajing Terbang

2. Bajing Merah

Jenis Bajing Merah punya bulu warna merah maroon. Cuping telinga tegak lurus ke atas. Ia memiliki ekor yang lebat dan melengkung ke bawah.  Spesies ini adalah salah satu dari jenis-jenis Bajing yang seringkali ditangkap untuk diperjual-belikan. Keberadaannya terancam punah.

Jenis Bajing, Harga Bajing, Bajing Merah

3. Bajing Kelapa

Salah satu dari jenis-jenis Bajing yang hidupnya endemik di Indonesia adalah Bajing Kelapa. Jenis Bajing ini bisa ditemukan dengan mudah di beberapa pohon kelapa yang tumbuh jauh dari pemukiman manusia. Bajing Kelapa termasuk jadi binatang buruan untuk diperjualbelikan. Maklum saja, banyak orang yang hobi memeliharanya.

Jenis Bajing, Harga Bajing, Bajing Kelapa

4. Jelarang

Siapa sangka binatang berbulu hitam dengan ekor panjang ini ternyata adalah satu dari jenis-jenis Bajing. Si bulu hitam ini pun rupanya endemik di Indonesia, terlihat dari namanya pun sangat Indonesia, “Jelarang”. Sangat sulit menemukannya di alam, sebab keberadaannya sudah langka karena derasnya laju deforestasi.

Jenis Bajing, Harga Bajing, Jelarang

5. Bajing Pohon

Jenis-jenis Bajing pun ada yang hidupnya di pohon, seperti Bajing Pohon ini. Namun penamaan Bajing Pohon tidaklah sekadar menunjukkan habitatnya, namun juga kepada ciri fisik dan nama spesiesnya. Keunikan dari Bajing Pohon ini adalah ia memiliki tubuh yang jauh lebih besar daripada jenis bajing yang hidup di tanah.

Jenis Bajing, Harga Bajing, Bajing Pohon

6. Tamiops

Spesies Tamiops punya ciri khas pada tubuhnya yang bergaris. Sehingga seringkali dianggap sama dengan Chipmunks. Ukuran tubuhnya cukup besar, banyak ditemukan di Asia Tenggara.

Jenis Bajing, Harga Bajing, Bajing Chipmunks

7. Bajing Tanah

Jenis Bajing Tanah hidupnya di tanah. Seluruh spesies dari jenis-jenis Bajing Tanah ini punya kemampuan menggali yang baik. Ia juga sangat gesit dan lincah seperti tikus. Ukuran tubuhnya ada yang besar dan ada pula yang kecil.

Jenis Bajing, Harga Bajing, Bajing Tanah

8. Alpine Marmota

Tidak banyak yang sadar bahwa ternyata Alpine Marmota ini masih tergolong jenis Bajing Pula. Memang tidak seperti jenis-jenis Bajing lainnya, Alpine Marmota punya tubuh lebih besar. Ia juga sangat mirip dengan marmut. Namun ternyata ia masih anggota dari family Sciuridae.

Jenis Bajing, Harga Bajing, Bajing Alpine Marmota

9. Bajing Kerdil

Tak banyak jenis-jenis Bajing yang tubuhnya mini. Namun Bajing Kerdil ini memang punya tubuh sangat kecil. Ia bahkan sering dianggap sebagai Tupai dan Tikus. Ekornya panjang sebagaimana jenis Bajing lainnya. Bulunya warna abu-abu gelap.

Jenis Bajing, Harga Bajing, Bajing Kerdil

Baca Lagi: 40 Foto Kucing Persia, Gambar-Gambar Kucing Persia Lucu dan Imut

10. Bajing Hidung Panjang

Entah kenapa spesies ini dinamakan Bajing Hidung Panjang. Sepertinya karena memang setelah diteliti, ternyata hidungnya jauh lebih mancung daripada jenis-jenis Bajing yang lainnya. Warna bulunya merah maroon, mereka cenderung suka hidup berkoloni kecil.

Jenis Bajing, Bajing Hidung Panjang

11. Xerus Rutilus

Ada keunikan dari Xerus Rutilus yakni ia punya kumis hitam yang panjang. Bagian wajahnya juga nampak sintal dan runcing, jadi mirip sama Tupai. Namun ekornya tetap panjang dan lebat, khas Bajing.

Jenis Bajing, Harga Bajing, Bajing Xerus Rutilus

12. Bajing Moncong Panjang-Sulawesi

Ini adalah jenis Bajing yang endemik di pulau Sulawesi. Di bagian mulutnya memang nampak lebih moncong daripada jenis-jenis Bajing yang endemik Indonesia lainnya.

Jenis Bajing, Harga Bajing, Bajing Moncong Panjang Sulawesi

13. Sciurotamias

Jenis-jenis Bajing kebanyakan punya ekor yang panjang dan lebat. Namun beda dengan Sciurotamias yang ekornya nampak tidak ada. Tubuhnya gempal membulat. Ia suka makan kacang-kacangan.

Jenis Bajing, Harga Bajing, Bajing Sciurotamias

14. Bajing Merah Nearktik

Jenis Bajing Merah Nearktik dilindungi. Keberadaannya sudah sangat sulit ditemukan. Sebagaimana jenis-jenis Bajing berbulu merah lainnya, memang Bajing Nearktik ini sangat eksotis penampilannya. Ia menjadi komoditi perburuan ilegal.

Jenis Bajing, Harga Bajing, Bajing Nerah Nearktik

15. Lariscus

Jenis Bajing Lariscus punya hidung yang panjang. Tubuhnya agak besar dan punya loreng hitam dan coklat keputihan pada bagian samping tubuhnya. Wajahnya yang moncong dengan bulu dominan kelabu kehitaman ini membuatnya sangat mirip tikus besar.

Jenis Bajing, Harga Bajing, Bajing Lariscus

Itulah jenis-jenis Bajing yang ada di dunia. Meskipun sama-sama Bajing, ternyata memang ada pembeda berupa ciri fisik dan habitatnya. Ke-15 Bajing di atas hanyalah sebagian kecil dari Family Sciuridae yang terdiri dari 278 spesies ini. Dan patutnya bersyukur beberapa spesiesnya ternyata endemik di Indonesia.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bajing

Lihat Juga

Perbedaan Kodok dengan Katak
Contoh hewan amfibi diplocaulus
Contoh hewan amfibi
Jenis Ikan Koi, Budidaya Ikan Koi, Ikan Mas Koi
Burung Walet Collocalia vestita
Bekantan
Ayam Serama Sombong, Fakta Ayam Serama
Fakta Tupai Kekes
Fakta Bajing Kelapa
Jenis Tupai, Spesies Tupai, Tupai Endemik
Beda Bajing dengan Tupai
Jenis Bajing, Bajing Hidung Panjang
Harga Ikan Koki, Jenis Ikan Koki
Mitos Ayam Cemani
Harga Ayam Kampung Terbaru Hari Ini
To Top