19 Fakta Ayam Serama, Gagahnya Ayam Hias Asal Malaysia
Advertisements

19 Fakta Ayam Serama, Gagahnya Ayam Hias Asal Malaysia

Ayam Serama Sombong, Fakta Ayam Serama

Ayam

19 Fakta Ayam Serama, Gagahnya Ayam Hias Asal Malaysia

19 Fakta Ayam Serama, Gagahnya Ayam Hias Asal Malaysia

Fakta Ayam Serama, jenis ayam hias ini memiliki tubuh yang gagah dan macho. Postur tubuhnya tegap seperti sedang parade baris-berbaris ala militer. Dadanya nampak membusung dan warna bulunya begitu indah dan cerah.

Ayam Serama memang bukan sembarang ayam. Jenis ayam ini dipelihara hanya untuk keperluan hobi dan kontes belaka. Oleh karenanya, harga Serama cukuplah tinggi dibandingkan ayam potong.

Jenis ayam Serama seringkali dikira ayam Kate. Ini karena bentuk ekornya yang sama-sama tegak lurus ke atas. Padahal antara Serama dan Kate itu beda. Perbedaan mencolok ada pada ukuran tubuh, caranya berdiri dan kemampuan membusungkan dadanya. Selain itu juga soal asal-usulnya.

Kontes Ayam Serama, Fakta Ayam Serama

Ayam Serama berasal dari Malaysia. Namun habitat asli ini pun masih simpang siur. Sebab pihak Malaysia sendiri juga bingung menjelaskan mengenai sejarah pasti kemunculan Ayam Serama di sana. Banyak pendapat yang bermunculan. Paling terkenal adalah soal kelahiran Serama yang berasal dari perkawinan silang antara burung merpati dengan ayam lokal.

Seekor Serama dapat dikatakan sempurna bila tubuhnya membusungkan dada secara maksimal. Hingga tampak dadanya seperti memiliki payudara saja. Selain itu, keindahan bulu juga menjadi perhitungan dan penilaian tersendiri dalam kontes ayam hias.

Loading...
Ternak Ayam Serama, Fakta Ayam Serama

Fakta Ayam Serama

Profil Ayam Serama

NAMANAMA LAINHABITAT DAN PENYEBARANMITOSGAMBAR
Ayam SeramaAyam Serama MalaysiaMalaysiaAyam Serama yang misterius asal-usulnya. Tidak jelas bagaimana akhirnya ia muncul ke dunia. Konon karena percobaan perkawinan silang antara burung merpati dengan ayam katik
Ternak Ayam Serama, Fakta Ayam Serama
Ayam SombongIndonesiaKonon mulai terkenal semenjak terjadi pemberian hibah Ayam Katik oleh Raja Thailand kepada Sultan MalaysiaJenis Ayam Serama, Fakta Ayam Serama
Gallus gallus domesticusAsia TenggaraNama Serama berasal dari tokoh Rama dalam cerita wayang Ramayana. Menggambarkan tokoh yang sakti, kuat dan percaya diri. Namun lemah soal cintaAyam Serama Sombong, Fakta Ayam Serama

Melihat profil di atas, tampaklah bahwa jenis Ayam Serama memang begitu unik dan menarik. Fakta Ayam Serama selalu berbalut dengan mitos yang simpang siur. Namun terlepas dari itu semua, pada dasarnya, Serama memang layak dipelihara karena kegagahannya. Di bawah ini adalah 19 fakta Serama yang mesti diketahui para pecinta ayam:

1. Ayam Hias Tergagah di Dunia

Fakta Ayam Serama menunjukkan bahwa jenis ayam ini dipandang sebagai ayam hias tergagah di dunia. Tubuhnya yang kekar dan membusungkan dada, seolah hendak menunjukkan betapa kuatnya otot-ototnya. Tubuh macho bagaikan manusia yang sixpack.

2. Ayam Serama Terkecil di Dunia

Ada pula yang menyebutkan bahwa Serama merupakan ayam terkecil di dunia. Benarkah? Tidak juga ternyata. Sebab bobot tubuh Serama antara 300-750 gram. Ukuran tubuhnya pun lebih besar dari ayam Kate. Jadi kurang tepat kalau disebut sebagai ayam terkecil.

Ayam Serama Sombong, Fakta Ayam Serama

3. Wee Yean Een, Pencipta Ayam Serama

Mitosnya memang menyebutkan kalau ayam Serama itu tidak jelas asal-usulnya.  Namun kalau fakta ayam Serama, ternyata Ia sengaja diciptakan oleh manusia dan yang menciptakannya adalah orang Malaysia bernama Wee Yean Een, pada tahun 1971. Ia mengawinkan ayam Kate dengan ayam Bantam, jadilah Serama.

4. Kenapa Ayam Serama Berdiri Membusungkan Dada?

Pada dasarnya kenapa Serama bisa “petantang-petenteng” seolah hendak ngajak kelahi demikian, itu karena kebiasaan saja. Sudah lazim di kalangan binatang untuk menunjukkan ketangguhannya. Begitu pun dengan Serama, ia suka menunjukkan betapa gagahnya dirinya kalau sedang berdiri. Namun perlu diketahui bahwa fakta ayam Serama, ia bisa berdiri membusungkan dada juga karena dilatih oleh pemiliknya.

5. Harga Ayam Serama

Fakta ayam Serama menunjukkan bahwa harga jenis ayam ini tergolong mahal. Telurnya saja bisa dihargai ratusan hingga jutaan rupiah. Anakan serama harganya mulai Rp2000.000, sedangkan harga ayam Serama dewasa bisa mencapai 50 juta rupiah. Apalagi kalau jenis ayam jagoan kontes, bisa 300 juta.

6. Perbedaan Ayam Serama dengan Ayam Kate

Adakah perbedaan antara Serama dengan Kate? Tentu saja berbeda. Meskipun Kate adalah indukan dari Serama pada mulanya, namun seiring berjalannya waktu, Serama keluar dari sifat genetik indukannya ini. Misalnya warna tubuh yang lebih beragam, badan yang lebih tinggi, serta kemampuan berdiri yang hebat. Belum lagi dada yang menonjol, ini adalah sifat asli yang keluar dari spesies hibrid ini.

7. Susahnya Ternak Ayam Serama

Benarkah beternak ayam Serama itu susah? Mengapa demikian? Ternyata ini benar, sebab ayam Serama memiliki pola makan yang susah-susah gampang. Ia juga mudah jatuh sakit di usia kanak-kanaknya. Makanya para pecinta Serama lebih senang membeli ayam yang sudah jadi (sudah dewasa). Tinggal dilatih sedikit saja dan diberi vitamin khusus, pasti sudah bisa disuruh ikut kontes ayam hias.

Ayam Serama, Fakta Ayam Serama

8. Tips Memelihara Ayam Serama

Ada tips memelihara ayam Serama. Fakta ayam Serama menunjukkan bahwa jenis ayam ini cukup susah untuk dikawinkan. Jadi jangan coba-coba mengawinkan kalau belum ada tanda-tanda ingin kawin. Soalnya nanti malah bisa sakit dan mati ayamnya.

9. Kontes Ayam Serama

Banyak diadakan kontes ayam Serama di dunia. Fakta ayam Serama memang sangat unik, di mana jenis ayam ini telah menyebar. Tidak hanya di Asia Tenggara saja. Namun juga sudah ke Eropa dan Amerika. Biasanya kontes ini diikuti oleh Serama berjenis kelamin jantan, sebab tubuh mereka jauh lebih gagah.

10. Harga Ayam Serama Juara Kontes

Berapa harga ayam Serama juara kontes? Ternyata harganya menyentuh 100-750 juta rupiah per ekor. Mengapa bisa mahal sekali? Sama saja dengan tren hewan kontes lainnya. Makin sering menang lomba, harga jualnya makin tinggi. Namun fakta ayam Serama menunjukkan bahwa seorang pecinta dan kolektor Serama sejati tentu saja akan alot jika ingin menjual Seramanya. Sebab, kontes ayam hias ini juga menjadi lahan penghasilan uang bagi mereka.

11. Pakan Ayam Serama

Sebagaimana jenis ayam lainnya, Serama doyan makan fur dan bekatul. Kalau Serama dewasa tidak terlalu sulit pakannya. Namun kalau masih anakan kecil, ini seringkali susah. Jadi mesti trial and error terus sampai benar-benar menemukan racikan pakan yang tepat.

12. Makanan Kesukaan Ayam Serama

Makanan kesukaan Serama adalah fur atau voor, yakni pakan konsentrat hasil pabrikan yang merupakan olahan tepung khusus. Bentuk butiran fur ini tentu saja harus dilumerkan dulu dengan air.

Ayam Hias Serama, Fakta Ayam Serama

13. Kandang Ayam Serama

Fakta ayam Serama memang begitu banyak.Termasuk soal kandangnya. Serama suka tinggal di dalam kandang yang tinggi dan luas. Sebab jenis ayam ini suka jalan-jalan. Jadi jangan pelit dan perhitungan soal kandang, buat saja yang luas. Khusus untuk ayam juara kontes harus dipisahkan kandangnya dengan yang lain, jadi kudu sendirian. Soalnya ayam Serama juara cenderung galak pada sesama.

14. Perkawinan Ayam Serama

Memang fakta ayam serama memperlihatkan jenis ayam ini susah sekali buat kawin, namun bukan berarti mustahil. Perkawinan serama terjadi pada usia dewasanya. Jika ingin mencoba mengawinkan, bisa dipicu dengan mengurung betina dan jantan Serama dalam satu kandang.

Baca Lagi: 2018 Harga Ayam Kampung Terbaru Hari ini

15. Indukan Ayam Serama

Sebaiknya kalau memilih indukan Serama yang berasal asli dari Malaysia. Jangan yang sudah anakan hasil kawin silang ayam ras Indonesia, sebab nanti hasil akhirnya kurang memuaskan. Seperti ayamnya susah dilatih berdiri.

16. Anakan Ayam Serama

Ketika masih anak-anak, fakta ayam Serama kecil anakan ini sangat mirip dengan ayam Katik alias ayam Bantam. Menjelang dewasa sangat mirip dengan Kate. Sedangkan ketika sudah benar-benar dewasa matang dan tua, barulah keluar sifat unik Serama, seperti berdiri dengan menonjolkan dada.

Jenis Ayam Serama, Fakta Ayam Serama

17. Peternakan Ayam Serama

Sesuai dengan habitat aslinya, fakta ayam Serama menunjukkan bahwa peternakan jenis ayam ini banyaknya di Malaysia. Sebab di negara kecil inilah ayam ini pertama dibiakkan.

18. Fakta Ayam Serama di Indonesia

Di Indonesia, jenis ayam Serama cukup banyak peminatnya. Namun kebanyakan dari kalangan orang kaya saja. Sedangkan orang dengan ekonomi menengah ke bawah lebih senang pelihara ayam kampung jago untuk aduan (sabung ayam).

19. Peluang Bisnis Ayam Serama

Ini adalah fakta ayam Serama paling menarik. Jenis ayam ini bisa menjadi peluang bisnis peternakan. Tak ada salahnya mencoba peuntungan dengan mengembang-biakkan Serama meskipun konon susah. Namun kalau punya ilmunya pasti bisa. Harga jualnya kan mahal, bisa cepat balik modal.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ayam

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top