Connect with us

15 Mitos Ayam Cemani, Jenis-Jenis dan Harganya

Mitos Ayam Cemani

Ayam

15 Mitos Ayam Cemani, Jenis-Jenis dan Harganya

15 Mitos Ayam Cemani, Jenis-Jenis dan Harganya

Mitos Ayam Cemani sangat terkenal magis dan mengerikan. Ayam yang memiliki bulu dominan hitam ini sering dimasukkan sebagai prasyarat dalam ritual perdukunan. Satu ekor Ayam Cemani bisa dihargai ratusan juta rupiah, apalagi kalau digosipkan “memiliki tuah” alias kekuatan gaib.

Ayam Cemani identik dengan praktek ilmu hitam. Darah Cemani dipandang sakral dan kaya dengan kekuatan. Sehelai bulu cemani ibarat senjata yang begitu ampuh sebagai pusaka. Dan fantastisnya, mitos ini begitu dipercaya dan susah dihilangkan dalam kultur masyarakat Nusantara, terutama Jawa.

Mitos Ayam Cemani

Mitos Ayam Cemani

Loading...

Ayam Cemani memiliki nama lain Ayam Kedu. Berasal dari wilayah Kedu Jawa Tengah. Ini merupakan jenis ayam ras lokal asli yang sengaja dibudidayakan untuk keperluan ritual dan budaya masyarakat semata. Jadi daging maupun telurnya tidak lazim dikonsumsi.

Untuk jenis-jenis Ayam Cemani pada dasarnya ada beberapa. Tidak hanya yang berbulu hitam saja, alias Cemani Hitam. Ayam Kedu ini juga ada yang bulunya putih. Berikut adalah jenis-jenis dan harga Ayam Cemani:

Mitos Ayam Cemani

  • Ayam Cemani Hitam

Jenis Ayam Kedu ini berwarna hitam. Cemani Hitam yang sangat terkenal. Namun bagian tubuhnya tidak seutuhnya hitam, jengger kloakanya masih kemerahan. Harganya kisaran Rp300.000 – Rp1000.000/ekor.

  • Ayam Cemani Hitam Legam

Kemudian, Jenis Ayam Cemani Hitam Legam merupakan kualitas yang sangat super. Seluruh bagian tubuhnya hitam. Bahkan darah dan dagingnya juga. Ini adalah jenis yang bisa dijual hingga puluhan juta rupiah. Apalagi kalau dipandang memiliki tuah gaib.

  • Ayam Cemani Merah

Penampakkan Cemani Merah mirip dengan Cemani Hitam. Hanya saja, Ayam Kedu Cemani ini punya jengger merah yang lebih menyala warnanya. Merah cerah jenggernya. Harga Ayam Cemani Merah kurang lebih Rp100.000 per ekor.

  • Ayam Cemani Putih

Bisa dibilang, ini adalah versi albino dari Ayam Cemani. Jenis Ayam Cemani Putih ini berbulu putih seutuhnya. Dan tidak begitu laris sebagai hewan ritual perdukunan. Kalau pun dipakai, biasanya hanya untuk lambang kekuatan aliran putih. Harga Ayam Cemani Putih kisaran Rp150.000/ekor.

Itulah jenis-jenis dan harga Ayam Cemani. Untuk Mitos Ayam Cemani, silahkan simak uraiannya di bawah ini:

Mitos Ayam Cemani

Mitos Ayam Cemani

1. Ayam Cemani sebagai Hewan Ritual yang Wajib Disediakan

Mitos Ayam Cemani yang pertama adalah jenis ayam ini merupakan syarat wajib yang harus disediakan. Dalam ritual pemanggilan arwah atau ritual meminta kesaktian pada lelembut gaib.

2. Cemani Hitam Simbol Kekuatan Gaib

Pada dasarnya, Ayam Kedu Cemani yang berwarna hitam dan berparas sangar ini dipandang sebagai simbol dari kekuatan gaib.

3. Misteri Bulu Ayam Cemani

Sehelai bulu ayam cemani pun mengandung mitos ayam cemani. Bahwa bulunya bisa menjadi media pengasihan dan meningkatkan aura seseorang.

4. Mitos Darah Ayam Cemani

Darah Ayam Cemani memang berwarna hitam. Dan darahnya menjadi minuman kesukaan jin. Manusia yang minum darah cemani juga jadi orang yang kebal dan tahan terhadap santet.

5. Efek Magis Makan Daging Ayam Cemani

Mitos Ayam Cemani tak bisa lepas dari dagingnya. Daging ayam kedu ini berwarna coklat kehitaman. Siapapun yang memakannya, maka akan memiliki kesaktian mandraguna. Sampai-sampai konon jadi punya 9 nyawa, ketika ditembak pakai pistol, tidak akan mati.

6. Dampak Menabrak Ayam Cemani Hingga Mati

Hati-hatilah saat berkendara. Sebab, ketika seseorang menabrak Ayam Cemani dengan kendaraannya, hingga ayam ini tewas. Maka orang tersebut bakalan dikejar oleh kekuatan gaib, hingga dia meninggal pula. Bila pun tidak meninggal, maka anggota keluarganya, terutama anaknya akan meninggal dan lahir cacat.

7. Ayam Cemani untuk Pengobatan Penyakit Gaib

Terlepas dari Mitos Ayam Cemani, ayam ini dianggap berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit gaib. Yakni jenis penyakit yang tidak bisa ditangani secara medis, oleh karena disebabkan serangan ilmu hitam.

8. Cemani, Ayam Khusus Keluarga Kerajaan

Di zaman dulu, Cemani itu dipandang sebagai ayam khusus keluarga kerajaan. Hanya orang ningrat saja yang boleh memeliharanya sebagai tameng dan pagar gaib.

9. Ciri-Ciri Ayam Cemani Bertuah

Ciri-ciri ayam cemani bertuah ada pada matanya. Mitos ayam cemani meyakini bahwa jika memang seekor cemani itu istimewa, memiliki tuah kekuatan gaib, maka bola matanya akan sangat tajam tatapannya. Dan di malam hari akan memancarkan cahaya kuning kemerahan.

10. Mitos Ayam Cemani Makanan Jin

Misteri Ayam Cemani memang meyakini bahwa bangsa jin sangat menyukai jenis ayam ini. Makanya mereka selalu meminta menu Cemani sebagai sesajinya.

Baca Lagi: 6 Ciri-Ciri Arwana Golden Red, Harga, Cara Merawat dan Gambarnya

11. Ayam Cemani Bisa Menolak Kesialan

Tapi, ada mitos Ayam Cemani yang mengatakan bahwa meskipun energi cemani itu negatif dan gelap. Tapi bisa menjadi alat untuk menolak kesialan.

12. Minum Darah Ayam Cemani untuk Kekebalan Tubuh

Ayam Cemani memang begitu magis. Sampai-sampai, manusia yang minum darahnya bakalan punya kekebalan tubuh.

13. Ayam Cemani dalam Ritus Pesugihan

Dalam tiap ritus pesugihan, Ayam Cemani selalu jadi syarat.

14. Darah Hitam Ayam Cemani untuk Minuman Jenglot

Jenglot adalah jenis jin yang sangat suka minum darah Ayam Cemani.

15. Mitos Ayam Cemani untuk Santet

Misteri Ayam Cemani erat hubungannya dengan santet. Konon, ayam ini sering dikirim sebagai media santet.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ayam

Lihat Juga

Perbedaan Kodok dengan Katak
Contoh hewan amfibi diplocaulus
Contoh hewan amfibi
Jenis Ikan Koi, Budidaya Ikan Koi, Ikan Mas Koi
Burung Walet Collocalia vestita
Bekantan
Ayam Serama Sombong, Fakta Ayam Serama
Fakta Tupai Kekes
Fakta Bajing Kelapa
Jenis Tupai, Spesies Tupai, Tupai Endemik
Beda Bajing dengan Tupai
Jenis Bajing, Bajing Hidung Panjang
Harga Ikan Koki, Jenis Ikan Koki
Mitos Ayam Cemani
Harga Ayam Kampung Terbaru Hari Ini
To Top